Sponsors Link

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Samsung M20 yang Perlu Dipertimbangkan

Sponsors Link

Pada 2019, salah satu produsen smartphone terkemuka dunia yaitu Samsung kembali merilis produk smartphone terbarunya yaitu Samsung M20. Smartphone yang masih merupakan bagian dari keluarga galaxy M ini merupakan smartphone yang akan menyasar pasar milenial. Dengan segala kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M20 ini dipercaya akan bisa bersaing dengan merk smartphone lain yang kini semakin banyak.

Dilengkapi dengan RAM sebesar 3GB dan juga kapasitas internal memory sebesar 32 GB smartphone ini dinilai akan mampu memenuhi berbagai kebutuhan bagi para penggunanya. Spesifikasi lain dari smartphone ini adalah adanya dual kamera pada bagian belakang dengan resolusi 13 mega pixel dan juga 5 mega pixel yang juga ditambah dengan adanya kamera depan yang memiliki resolusi 8 mega pixel.

Dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan tersebut Samsung M20 ini tentunya akan menjadi smartphone yang bisa diandalkan dalam banyak hal. Namun demikian masih banyak kelebihan dan kekurangan Samsung M20 yang bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk membelinya.

Kelebihan Samsung M20

1. Desain layar pada Samsung M20

Bisa dibilang smartphone Samsung M20 ini adalah smartphone keluaran Samsung pertama yang layar nya memiliki “poni”. Samsung M20 ini didesain dengan memiliki layar dengan lebar 6,3 inci dengan ratio 19,5 : 9 yang tentunya memiliki resolusi full HD.Salah satu hal yang dianggap menjadi kekurangan pada layar smartphone ini adalah dengan digunakannya Dragontraill glass sebagai pelapis anti gores pada layar. Besar kemungkinan keputusan untuk menggunakan dragontraill glass dan bukan gorilla glass adalah untuk menekan harga dari Samsung M20 ini agar bisa bersaing dengan smartphone lainnya.

Catatan lain dari Samsung m20 ini adalah dengan digunakannya teknologi PLS TFT. Teknologi ini memang tidak setenar jika dibandingkan dengan teknologi layar IPS LCD ataupun AMOLED. Tapi meskipun demikian hal ini bukanlah sebuah masalah. Teknologi TFT masih bisa menghasilkan warna yang cukup nyaman untuk penggunanya. Hal ini semakin menjelaskan jika Samsung merupakan salah satu produsen layar terbaik yang bisa dipercaya kualitasnya.

2. Desain body yang pas

Bisa dibilang untuk hal ini merupakan salah satu keunggulan dari smartphone Samsung M20 ini. Desain dari smartphone keluaran samsung ini dinilai memiliki ukuran yang sangat pas di genggaman. Dengan bobot yang hanya 186 gram dinilai tidak terlalu berat. Meskipun demikian, catatan kecil yang menjadi sedikit kekurangan dari desain pada smartphone ini adalah letak dari fingerprint yang dianggap terlalu tinggi. Hal lain yang juga menjadi catatan pada desain dari smartphone ini adalah masih digunakannya plastik sebagai bahan dari body pada smartphone ini.

3. Kapasitas baterai yang mumpuni

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan ketergantungan kita pada smartphone maka daya dan kapasitas dari baterai smartphone menjadi salah satu hal yang akan selalu dipertimbangkan. Untuk urusan ini maka Samsung M20 bisa menjadi andalan bagi anda. Dengan kapasitas baterai sebesar 5000mAh maka anda bisa menggunakan smartpone ini selama seharian tanpa takut kehabisan baterai.Hal lain yang juga menjadi keunggulan dari smartphone ini adalah sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging. Dengan dilengkapi dengan USB type C maka pengalaman menunggu lama saat Smartphone sedang di charge tidak akan anda temukan pada Smartphone ini.

4. Kualitas kamera yang bisa menjadi andalan

Untuk mendukung fungsi dan penggunaan dari Smartphone, Samsung M20 ini juga dilengkapi dengan dual camera pada kamera belakang yang masing – masing kamera memiliki resolusi 13 Mega pixel disertai dengan live focus dan juga 5 Mega pixel plus ultra wide angle. Hal ini ditambah dengan masih adanya kamera depan dengan resolusi 8 Mega pixel. Kelebihan dan kekurangan Samsung M20 pada masalah kamera ini merupakan catatan tersendiri. Samsung M20 yang memiliki spesifikasi ultra wide angle maka akan mampu membuat foto dengan sudut sampai 120 derajat tetapi kekurangan dari hal ini adalah foto yang dihasilkan akan memiliki distrosi berupa lengkungan pada tiap bagian samping foto.

Kamera pada smartphone ini juga dinilai akan menghasilkan kualitas foto yang baik jika mendapatkan kondisi tata cahaya yang baik. Namun bila tidak mendapatkan kondisi cahaya yang baik maka kualitas foto yang dihasilkan pun akan menjadi blur. Untuk video, Samsung m20 ini baru bisa mendukung untuk kualitas video full HD atau 1080p dan belum bisa untuk kualitas video 4K.

Kekurangan Samsung M20

Selain catatan diatas, beberapa hal yang juga dianggap menjadi kekurangan dari Samsung m20 ini adalah.

1. Masih menggunakan Android oreo

Kekurangan pertama dari Smartphone ini adalah masih menggunakan Android oreo. Ketika hampir semua smartphone terbaru menggunakan Android pie, Samsung M20 ini justru masih menggunakan Android oreo. Meskpiun nantinya pengguna bisa mengupadate dengan android tipe terbaru namun hal ini juga akan menjadi masalah lain karena akan memerlukan waktu untuk proses pembaharuan ini.  Silahkan pelajari kelebihan dan kekurangan Android Pie.

2. Kapasitas memori internal kecil

Semakin tergantungnya kita pada smartphone maka semakin besar juga kebutuhan kita akan memori yang dibutuhkan. Samsung M20 ini dinilai memiliki kapasitas yang terlalu kecil untuk kebutuhan sekarang saat ini. Ketika smartphone lain dilengkapi dengan memori bahkan sampai 128 GB, Samsung M20 ini hanya dilengkapi dengan kapasitas memory internal sebesar 32 GB. Kekurangan ini sebenarnya menjadi relatif karena tergantung kepada penggunanya. Untuk masalah ini pun sebenarnya Smartphone Samsung tipe ini memiliki pilihan di mana kapasitas memori internalnya mencapai 64 GB. Namun produk dengan kapasitas memory internal 64 GB masih sulit untuk didapatkan.

3. Slot kartu hybrid

Kekurangan lain dari smartphone ini adalah slot kartu yang bersifat hybrid. Samsung M20 ini bisa digunakan dual SIM card atau hanya 1 SIM card plus 1 MicroSD. Penggunaan microSD ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kekurangan pada memory internal.

4. Kapasitas RAM yang terlalu kecil

Hal lain yang juga dianggap sebagai salah satu kekurangan dari Samsung M20 ini adalah dengan hanya memiliki RAM sebesar 3GB. RAM sebesar ini dinilai sebagian besar orang masih terlalu kecil untuk penggunaan pada saat ini. Dengan RAM sebesar 3 GB maka jika terpotong untuk penggunaan sistem maka hanya akan menyisakan ruang hanya sekitar 1 GB.

Itulah beberapa catatan tentang kelebihan dan kekurangan Samsung M20 ini.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Review