Sponsors Link

Perbedaan Jaringan 4G dan LTE Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sponsors Link

4G LTE merupakan jaringan komunikasi data yang populer digunakan saat ini. Hampir semua perangkat mobile komunikasi sudah bisa digunakan pada jaringan ini. Jaringan ini juga bisa dibilang sebagai jaringan komunikasi data yang paling cepat yang ada pada saat ini. Jaringan 4G ini merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya yaitu 3G. Jaringan 4G ini bisa mendukung kecepatan transfer data bahkan mencapai 100 Mbps. Dengan kecepatan seperti ini tentu semakin mendukung dengan berbagai pekerjaan kita yang pada masa sekarang. Dengan kecepatan seperti ini jelas tidak akan menjadi penyebab hp lemot saat membuka aplikasi.

Dengan semakin populernya teknologi 4G LTE ini membuat banyak orang menyangka jika 4G LTE adalah teknologi jaringan yang sama. Banyak yang tidak tahu jika ada perbedaan jaringan 4G dan LTE. Jika dibedah lebih dalam maka sebenarnya kedua jaringan komunikasi ini memiliki perbedaan. Meskipun sering disandingkan, 4G dan LTE ini sebenarnya memiliki perbedaan dalam hal penggunaan dan juga definisi teknis nya. Beberapa perbedaan jaringan 4G dan LTE yang juga harus kita ketahui diantaranya adalah :

Jaringan 4G

4G merupakan sebuah jaringan komunikasi yang merupakan pengembangan dari 3G. Jaringan komunikasi generasi ke – 4 ini tentu saja menawarkan berbagai macam kelebihan jika dibandingkan dengan para pendahulunya seperi 3G dan juga 2G.

Pada jaringan 4G ini maka kebutuhan kita akan transfer data menjadi semakin mudah. Jika berpacu pada standar yang dikeluarkan oleh ITU – R (International Telecommunications Union – Radio) maka kecepatan dari transfer data pada jaringan 4G haruslah mencapai 100 Mbps. Bahkan jika kita menggunakan jaringan 4G pada kondisi diam maka kecepatan jaringan nya harus lah mencapai 1Gbps.

Standar kecepatan yang sangat cepat ini membuat beberapa alat belum bisa men-support penggunaan teknologi 4G secara penuh. Di beberapa tempat ujicoba teknologi ini bahkan hanya menghasilkan kecepatan sebesar 20 persen dari kecepatan yang harus nya dicapai.

Secara umum keuntungan dari teknologi 4G ini adalah

  • Kecepatan dalam transfer data menjadi meningkat dibandingkan dengan 3G
  • Kecepatan data yang meningkat memudahkan dalam hal video streaming dan juga video call
  • Latency yang didapatkan semakin kecil

Sementara itu, kekurangan dari jaringan 4G diantaranya adalah

  • belum semua perangkat bisa digunakan pada jaringan 4G secara penuh
  • belum semua tempat tersedia jaringan 4G
  • harga perangkat yang bisa digunakan pada jaringan 4G masih bisa dibilang mahal

Jaringan LTE

Lalu apa yang dimaksud dengan LTE ?.  LTE merupakan kependekan dari Long Term Evolution. Teknologi LTE ini merupakan teknologi yang lebih tinggi dari 3G, bahkan bisa dibilang seperti teknologi 4G. Itulah mengapa muncul sebutan 4G LTE. Sebelum muncul nya standar kecepatan yang dikeluarkan oleh ITU – R (International Telecommunication Union – Radio) semua produk perangkat komunikasi terbaru menjual produknya dengan label 4G LTE. Namun ternyata produk – produk itu tidak mampu memenuhi standar yang diharuskan untuk dikatakan sebagai 4G. Sehingga pada akhirnya kembali disebut LTE

Bisa dibilang teknologi LTE ini merupakan teknologi 4G generasi pertama. LTE disebut – sebut sebagai cikal bakal dari teknologi 4G pada saat ini. Teknologi LTE ini sebenarnya secara teori mampu mencapai kecepatan standar dari jaringan 4G. Namun pada penggunaanya, teknologi LTE hanya mampu mencapai 20 persen dari kecepatan standar 4G.

Saat kini produk teknologi LTE bisa juga dikategorikan sebagai 4G (4G LTE). Ini merupakan produk yang populer digunakan pada saat ini. Teknologi LTE dianggap akan menjadi jalan pembuka bagi teknologi 4G yang sebenarnya nantinya. Dalam beberapa hal jaringan LTE pun dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan kita seperti mencari aplikasi android yang berguna sehari-hari ataupun mencari antivirus untuk iPhone.

Beberapa kelebihan dari produk LTE diantaranya adalah :

  • LTE merupakan produk paling populer yang ada saat ini
  • Kecepatan transfer data nya masih dianggap bisa mencukupi kebutuhan yang ada sekarang
  • Harga perangkat yang relaif lebih murah jika dibandingkan dengan produk 4G

Sementara kelemahan dari produk LTE diantaranya adalah :

  • Tidak semua tempat memiliki akses terhadap jaringan LTE
  • Kecepatan transfer data nya jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan 4G.

Meskipun ada perbedaan jaringan 4G dan LTE, namun kini hampir semua alat komunikasi menggunakan label 4G LTE sebagai jaringan komunikasi mereka. Hal ini karena, sebagian menganggap jika LTE adalah 4G yang sebelumnya. Secara umum ada banyak kelebihan dan juga kekurangan dari jaringan 4G LTE ini. Beberapa keunggulan dari 4G LTE ini diantaranya adalah :

  1. Kecepatan transfer data yang lebih baik

Jika dibandingkan dengan jaringan komunikasi sebelumnya seperti 3G maka jaringan 4G LTE ini jelas memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih baik. Jika dilihat dari kecepatan jaringan LTE nya saja maka kecepatan transfer data nya bisa mencapai 15 Mbps. Bahkan jika dibandingkan dengan kecepatan jaringan 4G yang bisa mencapai 100 Mbps maka jaringan komunikasi ini jelas jauh lebih baik. Ini akan semakin memudahkan banyak hal, terutama bagi mereka yang bekerja dan berkegiatan tergantung pada kecepatan akses data. Salah satu cara setting hp android agar tidak lemot adalah dengan merubah jaringan nya ke 4G LTE

  1. Memperlancar komunikasi

Pada jaringan 4G LTE, dengan kecepatan akses yang jauh lebih baik maka akan semakin memperlancar dalam hal komunikasi. Dengan kecepatan yang lebih baik, maka kebutuhan akan video call pun akan semakin bisa diakomodir. Kecepatan yang lebih baik juga akan memperkecil latency dari sebelumnya sehingga memungkinkan komunikasi lebih realtime.

  1. Video streaming lebih lancar

Kecepatan internet yang lebih baik juga akan membuat kebutuhan entertaint seperti menonton video menjadi lebih nyaman. Koneksi yang cepat akan membuat video streaming menjadi lebih lancar.

Selain keunggulan yang ditawarkan, jaringan komunikasi 4G LTE juga dinilai masih memiliki beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan yang ada pada jaringan 4G LTE pada saat ini diantaranya adalah :

  1. Belum semua daerah ter-cover oleh jaringan 4G LTE

Meskipun teknologi ini sudah lama hadir namun faktanya masih banyak tempat yang sama sekali belum dijangkau oleh jaringan 4G LTE. Salah satu masalah yang menyebabkan hal ini adalah karena faktor biaya yang masih dinilai cukup tinggi. Teknologi 4G LTE memang memiliki perangkat yang sangat berbeda dengan jaringan sebelumnya. Sehingga untuk mendapatkan jaringan 4G haruslah mengganti denga perangkat baru. Beberapa smartphone yang support dengan 4G LTE pun tidak bisa dibilang murah. Perbandingan harga hp di Indonesia dan Singapura yang tidak jauh berbeda pun membuat harga perangkat yang bisa digunakan pada 4G LTE masih bisa dibilang mahal.

  1. Kualitas 4G LTE belum stabil

Masalah lain yang ada pada jaringan 4G LTE adalah kualitas signal yang dianggap belum stabil. Di beberapa tempat jaringan 4G LTE masih sering hilang dan lemah. Jaringan 4G LTE yang masih dalam pengembangan membuat kualitas jaringan ini pun sering turun naik.

Itulah beberapa hal tentang perbedaan jaringan 4G dan LTE serta keunggulan dan kelemahan dari masing – masing jaringan yang bisa menjadi perhatian kita.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi