Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Redmi 4X Lemot

Sponsors Link

Smartphone sudah menjadi salah satu barang yang sangat penting bagi manusia di zaman modern ini. Smartphone dapat mempermudah beberapa pekerjaan alam waktu yang singkat. Selain melakukan telepon dan sms, banyak fitur dalam smartphone yang bisa mempermudah segala macam kegiatan manusia. Misalnya saja :

ads
  1. Membaca berita baik dalam maupun luar negeri.
  2. Mengambil foto dan video.
  3. Melakukan berbagai transaksi seperti memesan tiket pesawat, tiket nonton dan lain sebagainya.
  4. Mendengarkan musik yang disukai.
  5. Menonton video streaming.
  6. Bermain game.

Melihat keperluan smartphone yang sangat penting dan terus berkembang ini, banyak vendor yang berlomba-lomba membuat smartphone tercanggih guna menarik minat pembeli. Dari banyaknya vendor yang sering anda dengar, Xiaomi menjadi salah satu smartphone yang paling banyak diminati. Tak terkecuali di negri Indonesia Sendiri.

Selain harganya yang terjangkau jika bersanding dengan vendor lain, Spesifikasi yang diberikan oleh Xiaomi pun tidak bisa dianggap murahan. Hal inilah yang menyebabkan banyak pembeli yang meminati smartphone vendor tersebut. Dan salah satu yang paling diminati adalah Xiaomi Redmi 4X.

Xiaomi Redmi 4X adalah smartphone keluaran xiaomi yang diliris pada 2017 lalu. Harga yang ditawarkan pun menjadi salah satu dari daftar hp termurah di Indonesia dengan spesifikasi cukup tinggi. Tengok saja Chipset yang diberikan yaitu Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435 dengan CPU Octa-Core 1.4 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 505.

Untuk Kamera Redmi 4X memberikan 13 MP pada bagian belakang dan 5 MP pada bagian depan. Dibekali RAM 4 GB untuk versi ROM 64 GB, RAM 3 GB, untuk versi ROM 32 GB, RAM 2 GB untuk versi ROM 16 GB dan baterai 4100 mAH. Redmi 4X sendiri menjadi salah satu dari hp Xiaomi yang tahan air. Oleh karena itu, banyak pembeli yang berbondong-bondong untuk memburu Xiaomi tipe ini.

Dan setiap kelebihan selalu dibarengin dengan kekurangan. Smartphone Xiaomi Redmi 4X ini pun memiliki kekurangan. Baterai Xiaomi yang Non Removeable alias tidak bisa dilepas. Kamera bagian depan yang belum maksimal ketika malam hari, meskipun ada cara meningkatkan kualitas kamera depan di android, tetap saja ini menjadi kelemahan Redmi 4X.

Dan ada pula yang mengeluhkan bahwa Redmi 4X lemot dan tidak stabil saat digunakan. Nah disini saya akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi Redmi 4X lemot. Akan tetapi sebelum itu saya akan memberikan beberapa penyebab Redmi 4X menjadi lemot:

  1. Terlalu Banyak Aplikasi Terpasang

Walaupun smartphone Xiaomi Redmi 4X memberikan penyimpanan internal yang besar, terlalu banyak memasang aplikasi akan membuat penyimpanan internalnya menjadi penuh. Anda harus menyisakan space kosong pada penyimpanan internal karena hal ini akan menyebabkan Xiaomi Redmi 4X anda menjadi lemot. Banyaknya aplikasi yang berjalan akan membuat processor bekerja dengan keras, sehingga menjadi tidak stabil atau lemot. Terkadang ada kasus dimana aplikasi hanya sedikit tapi penyimpanan internal penuh, anda harus mengetahui memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi.

  1. Versi Sistem Operasi yang Lawas

Sistem Operasi atau OS ini berperan penting dalam segala jenis smartphone. Jika Redmi 4X tidak ada Sistem Operasi maka Redmi 4X tidak bisa digunakan. Akan tetapi jika Redmi 4X anda masih menggunakan versi yang lawas segera update versi Sistem Operasi anda dengan yang terbaru.  Dengan menggunakan Sistem Operasi yang lawas bisa membuat Redmi 4X anda menjadi lemot.

  1. Menggunakan ROM Distributor

Jika anda membeli smartphone Xiaomi Redmi 4X ini dengan garansi distributor, biasanya ROM yang diberikan ada ROM distributor. Menggunakan ROM distributor juga dapat membuat Redmi 4X menjadi lemot. Hal ini dikarenakan ROM distributor terdapat banyak aplikasi yang tidak berguna dan hanya memperlambat kinerja Redmi 4X atau biasa disebut aplikasi bloatware.

  1. Class pada Memori Eksternal

Memori Eksternal atau Micro SD cukup penting kegunaannya. Memori eksternal akan menjadi memori tambahan ketika memori internal sudah penuh. Akan tetapi anda pasti hanya terpaku melihat ukuran memori eksternal itu sendiri dibanding melihat Classnya. Padahal bagian terpenting dari memori Eksternal adalah classnya . Class terbaik saat ini pada Micro SD adalah Class 10. Dan untuk melihatnya fokus anda harus tertuju pada ada angka kecil Micro SD seperti 7, 6, dan lain lain.

Itulah tadi beberapa penyebab Xiaomi Redmi 4X menjadi lemot. Dan berikut adalah pembahasan tentang cara mengatasi hp Xiaomi Redmi 4X lemot:

  1. Hapus Widget pada Home Screen

Menggunakan banyak widget di home screen bisa menambah beban kerja pada Redmi 4X anda. Walaupun menggunakan widget dapat memperindah tampilan home screen anda, tetapi akan menambah berat kerja processornya.


  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Pada android banyak aplikasi yang sangat menarik untuk dipasang. Google Play juga menyediakan banyak aplikasi yang sangat menarik hingga akhirnya anda memasang aplikasi itu. Seharusnya anda hanya memasang aplikasi yang menurut anda penting saja. Terlalu banyak aplikasi bisa membuat Redmi 4X anda lemot karena aplikasi berjalan di belakang layar. Dengan menghapus aplikasi yang tidak penting itu sudah sedikit membantu mengurangi lemot pada Redmi 4X anda

  1. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper adalah Wallpaper yang dapat bergerak. Mungkin sangat menarik dibandingkan wallpaper yang biasa biasa saja, tetapi menggunakan Live Wallpaper tentu akan membuat hp anda menjadi lemot. Selain itu, baterai pada Redmi 4X anda juga akan cepat terkuras habis.

  1. Gunakan Clean Master

Clean Master adalah sebuah aplikasi yang berfungsi membersihkan file-file sampah yang ada di dalam memori internal Redmi 4X anda. Gunakan aplikasi ini setiap anda selesai menggunakan internet, karena akan ada file-file sampah dari internet yang masuk ke memori internal Redmi 4X seperti Cache, Cookies, dan lain lain.

Demikianlah 4 cara mengatasi Hp Xiaomi Redmi 4X lemot yang dapat kami sarankan. Semoga bermanfaat dan berikut beberapa poin tambahan untuk anda yang rajin merawat android anda.

  • Baterai menjadi lebih irit karena kerja prosesor tidak berat jadi tidak memakan banyak daya pada baterai.
  • Smartphone jadi tidak cepat panas atau overheat. Terdapat beberapa cara mendinginkan hp android yang panas, tetapi cara diatas mampu membuat prosessor Redmi 4X tidak dipacu dalam keadaan yang berat sehingga bisa menurunkan suhu processor.
  • Redmi 4X menjadi stabil dan dan performa makin ngebut.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi