Sponsors Link

11 Trik Dan Cara Mengatasi Baterai Hp yang Tidak Bisa Penuh

Sponsors Link

Tentu Anda akan sangat kesal ketika baterai smartphone Anda tidak terisi penuh padahal sudah di-charger selama berjam-jam. Hal ini tentu akan sangat mengganggu Anda karena baterai Anda cenderung cepat habis, terlebih lagi saat Anda harus bepergian atau melakukan aktivitas seperti mengambil foto, chat, bermain game, dan yang lainnya.

ads

Sederhananya untuk mengatasi masalah tersebut, kebanyakan orang menggunakan power bank sebagai cadangan daya untuk baterai mereka. Jadi, ketika baterai sudah mau habis, tinggal pasang power bank saja dan simpan didalam tas. Sangat praktis. Tetapi, penggunaan power bank yang terus menerus tidak baik untuk baterai Anda karena arus yang dialirkan tidak selalu stabil.

Selain itu, power bank hanyalah alternatif bukanlah solusi. Anda sebaiknya tetap mencari solusi untuk mengatasi baterai hp Anda yang tidak bisa penuh 100%. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh. Perhatikan penjelasan dibawah ini.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan baterai lithium Ion

Penyebab baterai hp tidak bisa terisi penuh bisa beragam misalnya charger tidak sesuai dengan baterai, port USB pada smartphone rusak/retak, indikator baterai error, baterai hp sudah aus atau sumber arus listrik yang tidak lancar. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut dibawah ini beberapa cara mengatasi baterai smartphone yang tidak terisi penuh.

1. Charger Tidak Original atau Sesuai

 Agar baterai hp dapat terisi secara efektif, Anda seharusnya menyesuaikan kapasitas arus listrik yang dialirkan dengan kapasitas arus listrik yang dibutuhkan oleh baterai. Ketidaksesuain arus listrik yang diterima dapat menyebabkan penurunan kualitas baterai bahkan rusak. Jadi, Anda sebaiknya menggunakan charger smartphone yang asli/original dari pabriknya karena tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan baterai. Ketahui juga cara memilih charger HP yang bagus dan tepat untuk smartphone anda.

2. Hubungkan Kabel USB dengan Benar

Coba periksa kembali apakah Anda sudah menghubungkan kabel USB dengan benar atau belum. Karena penyebab baterai tidak bisa terisi penuh mungkin karena port USB di smartphone Anda sudah rusak akibat kesalahan Anda saat menghubungkannya. Jadi, usahakan kabel charger Anda jangan sampai bengkok.

Selain itu, pastikan port pada smartphone dan kabel USB dalam keadaan bersih/bebas debu. Ada beberapa cara memilihi kabel USB yang bagus dan hal ini tentu sangat berpengaruh dalam proses pengisian baterai.

3. Cek Charger yang Anda Gunakan

Jika baterai Anda tidak bisa terisi penuh, mungkin charger yang Anda gunakan sudah rusak. Coba gunakan charger yang lainnya untuk memastikannya. Atau jika Anda ingin memastikan bagian mana dari charger Anda yang rusak, apakah kepala charger ataukah kabelnya. Coba ganti kepala charger Anda dengan kepala charger original yang lain. Jika hasilnya bekerja dengan baik, berarti mungkin kabel charger Anda yang rusak. Begitu pula sebaliknya.

4. Ganti Baterai Smartphone

Penyebab lainnya baterai Anda tidak bisa terisi penuh saat di-charger adalah karena sudah aus atau rusak. Solusinya adalah dengan menggantikan baterai hp dengan yang lainnya (kondisi baik). Baterai yang rusak umumnya akan terlihat mengembung.

5. Custom ROM (Read Only Memory) Tidak Sesuai

Salah satu penyebab baterai Anda tidak terisi penuh saat pengisian adalah custom ROM yang Anda gunakan tidak sesuai. Custom ROM merupakan firmware smartphone android yang dikembangkan dan dirilis secara tidak resmi oleh seorang developer yang menawarkan tampilan dan fitur baru hingga peningkatan performa. Singkatnya, custom ROM digunakan untuk meningkatkanya kinerja dari smartphone.

Baca Juga : Cara agar HP tidak lemot

Nah, adanya ketidaksesuain custom ROM yang digunakan dapat mengakibatkan indikator baterai menjadi error misalnya pada indikator baterai sudah terisi penuh tetapi hanya tahan kurang dari 30 menit. Solusinya adalah mengembalikan sistem android Anda ke ROM default.


6. Charging Baterai di Tempat yang Sesuai

Sebelum Anda mengisi daya baterai Anda, sebaiknya Anda memastikan sumber listrik yang Anda gunakan mengalirkan arus listrik yang sesuai dengan kebutuhan kapasitas baterai hp Anda. Kita tentu pernah mengisi daya baterai hp melalui laptop, bukan? Perlu kita ketahui bahwa arus listrik yang dihasilkan dari port USB pada laptop hanya sekitar 0.5 A sedangkan arus listrik yang dihasilkan oleh charger USB smartphone sekitar 0.8 – 2 A.

Artinya ada ketidaksesuaian antara arus lisrik yang diterima dengan yang dibutuhkan oleh baterai. Inilah alasan kenapa baterai smartphone Anda tidak terisi penuh saat di-charging. Usahakan tidak terlalu sering men-charging smartphone Anda ke laptop.

7. Pasang Aplikasi Ampere

Sebelum Anda mengganti baterai smartphone, sebaiknya Anda menginstal aplikasi Ampere pada smartphone melalui Play Store atau Google Play. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengecek kualitas dari charger yang Anda gunakan. Pengecekan yang dilakukan seperti bagus atau tidaknya charger tersebut, kecepatannya dalam pengisian baterai melalui nilai ampere charger tersebut yang menunjukkan performa charger saat mengisi daya.

Cobalah bandingkan charger-charger yang Anda punya untuk melihat kualitasnya. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan informasi kondisi (health) baterai, temperatur, besar tegangan (voltase), serta model dan versi Android Anda.

8. Lakukan Update atau Downgrade Android OS

Ketika baterai smartphone Anda tidak terisi penuh setelah di-charging, cobalah untuk melakukan update atau downgrade sistem operasi android Anda. Biasanya pembaharuan sistem dapat memperbaiki bugs yang ada tetapi kemungkinan juga bisa menciptakan bugs baru. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mencoba cara ini. Jika belum berhasil, coba lakukan downgrade pada sistem operasi Anda.

Baca juga : Cara memperbaiki port charger hp


9. Charging Smartphone Anda dalam Keadaan Mati

Sebaiknya Anda mematikan smartphone Anda saat sedang mengisi daya ulang baterai agar proses charging dapat berjalan dengan baik dan baterai smartphone Anda juga akan lebih awet. Menggunakan smartphone sambil charging hanya akan membuat baterai Anda menjadi lebih panas dan dalam jangka panjang dapat rusak.

10. Matikan Smartphone

Untuk mengatasi baterai smartphone yang tidak bisa terisi penuh cobalah untuk mematikan smartphone Anda lalu lepaskan baterai, memory card, dan SIM card. Biarkan saja selama beberapa saat lalu pasang kembali dan nyalakan.

11. Factory Reset

Factory reset sering menjadi andalan saat smartphone bermasalah seperti hang atau error. Factory reset artinya mengembalikan settingan smartphone ke settingan awal atau settingan pabrik. Sebelum melakukan factory reset, Anda sebaiknya mem-backup data Anda.

Bisa saja terdapat error atau kesalahan pada indikator baterai smartphone Anda. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini tentu aman jika Anda lakukan.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh. Semoga ini dapat membantu dan menyelesaikan permasalahan Anda. Selamat mencoba.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi