Sponsors Link

6 Cara Menghidupkan hp Android Tanpa Tombol Power Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat. Telepon genggam yang kita gunakan, mulai berevolusi yang awalnya hanya di gunakan untuk menelepon, lalu beralih menjadi telepon dan sms atau pesan teks, atau dikenal sebagai fitur phone. Hingga saat ini telepon genggam digunakan berupa layar lebar dengan fasilitas layar sentuh yang canggih, atau dikenal dengan era telepon genggam pintar, atau smartphone.

ads

Tombol Pada Smartphone

Walau penggunaan layar hampir meminimalkan penggunaan tombol pada telepon genggam, tetap saja semua telepon genggam pintar, masih membutuhkan tombol untuk hal penting yang di gunakan dalam telepon genggam tersebut, seperti tombol untuk mematikan dan menghidupkan telepon, juga tombol untuk mengecilkan atau membesarkan volume suara yang keluar dari telepon tersebut.

Sayangnya, tombol fisik ini, tidak seperti halnya layar sentuh, yang tidak memiliki mekanik di dalamnya, masih memiliki mekanik yang kalau kita gunakan terus, akan mengalami kerusakan di dalamnya, seperti tidak bereaksi saat kita pencet, atau pun hal yang lain. Apalagi bila yang mengalami kerusakan adalah tombol power, yang merupakan tombol penting, yang digunakan untuk menghidupkan atau mematikan Android kita, bagaimanakah cara untuk menghidupkan kembali Android di saat tombol power mengalami kerusakan ?

8 cara menghidupkan hp android tanpa tombol power

  1. Tekan Tombol Power Melalui Benda Lain
    Walau tombol fisik power nya sudah rusak, bahkan lepas, terkadang masih bisa di pencet langsung melalui jari, atau pun melalui benda lain seperti ujung pensil, atau tusuk gigi. Merepotkan memang, akan tetapi bisa menjadi solusi sementara untuk menghidupkan Android. Ah, sedikit tip juga, jangan di pencet melalui jari saat hp Android sedang di isi baterai dengan kabel listrik, dikarenakan ada beberapa sirkuit yang kadang bisa mengalirkan listrik saat sedang di isi, atau diisi baterai nya ke listrik.
  2. Gunakan Kabel USB ke Komputer
    Dengan menghubungkan hp Android ke komputer, atau lap top. Beberapa hp Android akan langsung menyala sesaat, lalu langsung bisa kita geser atau swipe untuk membuka hp. Walau mungkin sedikit ribet ya, setiap mau menyalakan hp harus mencari colokan usb terlebih dahulu.
  3. Gunakan Power Bank
    Pada prinsipnya, menggunakan power bank sama seperti menggunakan kabel USB ke komputer, bedanya hanya power bank bisa digunakan di mana saja atau portable. sehingga di perjalanan pun kita bisa menghidupkan hp Android tanpa menggunakan tombol power.
  4. Cabut Baterai
    Untuk beberapa hp Android, bisa dilakukan cabut baterai, lalu di pasang kembali secepatnya. Dalam proses tersebut, beberapa hp Android akan mengalami restart, lalu masuk ke halaman utama, sesaat setelah hp reboot. Saat itu kita bisa melakukan swipe atau geser untuk membuka kunci hp. Oh iya, sebaiknya hal ini dilakukan bila dalam kondisi darurat saja ya, dikarenakan tidak terlalu baik untuk sering-sering melakukan cabut baterai dan pasang dengan keadaan masih hidup, atau tidak dilakukan shutdown hp Android terlebih dahulu.
  5. Gunakan Kombinasi Tombol Volume
    Kombinasi tombol bisa dilakukan untuk masuk ke dalam mode recovery, atau mode fastboot Android, akan tetapi tombol kombinasi ini tidak sama antara hp Android yang satu dengan hp Android lainnya, sehingga perlu dilakukan pencarian informasi terlebih dahulu, tombol kombinasi apa yang bisa di gunakan di hp Android yang kita gunakan.
  6. Gunakan Aplikasi Pengganti Tombol Power
    Untuk mengganti tombol power fisik hp Android, bisa dilakukan dengan menginstall beberapa Aplikasi pada Play Store, yaitu :
    Sponsors Link

    1. Download Power Button to Volume Button
      Dari namanya saja sudah bisa kita ketahui, bahwa aplikasi ini mengubah fungsi tombol volume pada hp Android menjadi tombol power, sebenarnya di dalam setting android sendiri, di sediakan opsi untuk menghidupkan layar Android dengan menggunakan tombol volume, akan tetapi aplikasi ini lebih mempermudah nya, dan men-support android versi lama, yang belum memiliki fasilitas tersebut. Fungsi tombol volume dengan menggunakan aplikasi ini, hanya diubah sesaat pada waktu layar hp Android sedang tidak menyala, saat layar hp Android telah menyala, maka tombol volume akan kembali ke fungsi awalnya sebagai tombol untuk mengecilkan atau membesarkan suara volume.
    2. Download Proximity Actions 
      Sponsors Link


      Proximity Sensor, adalah sensor terbaru yang ada pada telepon genggam pintar saat ini, sensor ini sangat bermanfaat bila kita akan melakukan panggilan telepon, pada saat layar touch screen android menyala, maka layar tersebut akan mati sendiri, sehingga menghemat baterai dan juga menghindarkan secara tidak sengaja, ter pencet nya tombol yang ada di layar hp, saat kita menelepon. Untuk menggunakan aplikasi ini, install aplikasinya di Play Store Google, lalu pilih Hold Actions When Screen Is Off, nanti akan muncul pilihan perintah yang dapat anda pilih, salah satunya untuk menghidupkan layar hp Android. Pilih perintah itu agar kita bisa menghidupkan layar hp Android tanpa menggunakan tombol power. Lalu setelah itu, masukkan ke slot “Hold 1”. Posisi proximity sensor sendiri, berada pada bagian atas telepon genggam, biasa berada di dekat speaker yang kita gunakan, untuk mendengarkan suara pada saat kita menelepon. Jadi pada saat kita akan menghidupkan hp Android menggunakan aplikasi ini, tahan cari anda di posisi proximity sensor tersebut selama 1 hingga 2 detik, nanti hp akan bergetar. Getaran ini menjadi tanda untuk kita lepaskan jari kita dari posisi proximity sensor tersebut, nanti layar hp Android anda akan aktif atau menyala. Untuk mematikan layar hp Android anda menggunakan aplikasi ini, anda dapat mengaturnya pada aplikasi ini, pada pilihan Hold Actions When Screen On.

Itulah 6 cara menghidupkan hp android tanpa tombol power, bila masih kurang puas juga, bisa melakukan servis hp Android anda untuk memperbaiki tombol power nya, atau mungkin membeli hp lain yang cocok di kantong anda, semoga bermanfaat. 🙂

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi