Sponsors Link

3 Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Restore di iTunes

Sponsors Link

Setelah keluarnya iPhone 5 hingga saat ini dengan keluaran iPhone terbaru, pengguna iPhone sering mengalami beberapa kendala atau error pada applikasi iTunes. Ketika software terbaru Apple keluar, ataupun kita hanya ingin upgrade ke iOS terbaru agar applikasi kita up to date, kita wajib memiliki iOS terbaru. Sayang sekali error demi error mulai bermunculan.

ads

Ada beberapa error yang penulis temukan di kalangan pengguna iPhone pada umumnya, restore error setelah update, restore error 21, restore tidak bisa tapi masih dalam keadaan recovery, dan bahkan beberapa teman mengalami iTunes mereka tidal terdetect iPhonenya saat keadaan recovery. Nah, berikut penulis bakal buat beberapa cara buat ngatasin permasalahan-permasalahan nih. Bukan cuman error yang buat orang sebel, sinyal pun bikin sebel, nah kalau masalah sinyal, silahkan check benda yang dapat memperkuat sinyal hp.

Berikut cara mengatasi iPhone tidak bisa restore di iTunes berdasarkan penyebabnya:

1. iPhone tidak bisa restore setelah update

Nah cara ini sebenarnya sangat mudah, ciri-ciri permasalahan ini juga gampang ditemuin, yaitu ketika iPhone dan computer udah sambung, tapi iTunes ga detect iPhonenya, ini permasalahn yang paling sering terjadi. Cara atasinnya? Gunakan recovery mode pada iPhone anda, jadi fungsi recovery mode ini agar iPhone anda dalam keadaan stabil sehingga gampang dideteksi oleh si iTunes, kalau belum tau cara recovery mode, lakukan step step berikut :

  • Update iTunes ke versi yang paling baru (walaupun kayak ga ada bedanya)
  • Matikan semua software anti-virus di computer anda
  • Matikan HP
  • Koneksikan iPhone dan computer via USB dan nyalakan, selagi HPnya booting, tekan tombol Home
  • Akan ada pesan “connect to iTunes” bila itu yang terjadi, maka restorasi dapat dilakukan seperti biasanya

Terkadang cara inilah yang paling jitu, namun sering tidak diketahui oleh banyak orang, tidak perlu download aplikasi tambahan seperti banyak saran saran dari warga dunia maya. Justru sebaiknya mengurangi aplikasi tambahan yang terhubung langsung dengan iTunes, kebanyakan aplikasi tambahan akan membuat iTunes lambat ketika dibuka, dan terkadang akan membuat error error yang baru.

2. iPhone yang suka modifikasi softwarenya

Hal itu biasa dilakukan dengan cara jailbraking, atau kalau di Android disebut dengan root. Para jailbraker akan mengalami error yang kerap terjadi, biasanya akan muncul pesan yang berbunyi “this device isn’t eligible for the requested build”. Santai, sang penulis memiliki solusi yang tepat :

  • Pastikan iPhone dalam mode DFU (Device Firmware Update), caranya :
    • Tekan tombol kunci dan home secara bersamaan selama 10 detik, atau sampai layar menghitam.
    • Lalu lepas tombol kunci, tapi tetap tekan tombol home selama 10 detik lagi
  • Koneksikan iPhone dengan computer, lalu buka iTunes
  • Pada menu bar, pilihlah “summary” lalu klik “restore iPhone

Walaupun inti dari jailbraking adalah membuat iPhone bisa menggunakan banyak aplikasi yang bisa membuat hidup kita lebih mudah (seperti melihat password WiFi), namun tak bisa di pungkiri kalau memiliki aplikasi terbaru berarti harus memiliki software terbaru, cara yang sudah disediakan penulis belum pernah gagal bila itu mengenai restore iPhone yang sudah di jailbreak, namun selayaknya hidup, penulis yakin ada beberapa teman teman yang error yang tidak dapat diselesaikan dengan cara ini.

Sponsors Link

3. Menggunakan Software dr.Fone

Nah buat cara ketiga, penulis akan mencantumkan suatu software yang penulis temukan sangat sangat berguna bagi pengguna iPhone. Software ini bernama dr.fone, software ini bisa deteksi, dan memperbaiki firmware yang ada pada iPhone, segala macam error dapat diselesaikan dengan software, dan penulis pun menggunakannya karena penulis juga mengalami error yang sangat banyak, Download aplikasi dr.Fone di web resminya. setelah download, berikut adalah step untuk mengeliminasi error :

  • Buka aplikasinya dan klik “repair”
  • Setelah klik, akan muncul dimana applikasi akan langsung mengetahui jenis apa iPhone kalian dan firmware mana aja yang cocok buat kalian, nah, bagi yang ingin downgrade ke iOS lama (mungkin merasa tidak nyaman dengan iOS yang baru atau iOS yang baru terlalu banyak error) hal ini bisa dilakukan dengan applikasi ini.
  • Setelah diunduh formwarenya, tinggal tunggu hasilnya, dan selesai!

Nah aplikasi sangat bermanfaat bagi yang iPhonenya sering bermunculan masalah, penulis hanya ingin berbagi aplikasi ini kepada pembaca, tidak ada niatan untuk mempromosikan aplikasi ini dengan cara apapun. Cara-cara yang sudah dijelaskan oleh penulis bisa saja kurang, atau tidak bisa diaplikasikan ke teman-teman sekalian. Namun jika berhasil, jangan lupa share ke teman-teman yang lain ya.

, , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi