Sponsors Link

9 Alasan Kenapa Filter Instagram Tidak Muncul Padahal Sudah Diupgrade ?

Sponsors Link

Filter wajah di Instagram mulai muncul pada 16 Mei 2017. Fitur baru yang mirip dengan Snapchat ini diharapkan mampu menarik minat dan ketertarikan pengguna terhadap Instagram. Tapi, beberapa pengguna Instagram tidak memiliki filter wajah ini di Instagram mereka padahal aplikasi instagram sudah di-upgrade.

Tentu akan sangat disayangkan jika instagram Anda tidak memiliki fitur baru ini. Padahal, ada banyak jenis filter wajah di Instagram yang bisa Anda coba dan Anda upload ke Story Anda atau cukup menyimpannya di galeri. Filter wajah ini dapat digunakan pada kamera depan dan juga kamera belakang.

Untuk permasalahan ini sendiri, ada beberapa penyebabnya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa alasan kenapa filter wajah di Instagram tidak muncul padahal sudah di-upgrade beserta solusinya. Untuk mengetahuinya, mari simak penjelasan dibawah ini.

Berikut dibawah ini beberapa alasan kenapa filter instagram Anda tidak muncul padahal sudah di-upgrade.

1. Update Aplikasi Instagram

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan Anda dengan melakukan update/pembaharuan pada aplikasi instagram melalui Play Store di hp Anda. Setelah itu, ketuk ikon menu pada sudut kiri atas > Aplikasi & game kemudian cari Instagram lalu ketuk tombol Update (jika ada). Selain cara tersebut, cara lainnya adalah dengan mengetik “Instagram” pada pencarian lalu ketuk tombol Update (jika ada).

Baca juga : Cara agar hp android tidak lemot saat internetan

Kenapa update perlu dilakukan? Mungkin salah satu alasan filter wajah Anda tidak muncul adalah karena aplikasi Instagram Anda sudah out of date (kadaluarsa). Biasanya, Instagram memiliki update rutin hampir setiap minggu. Jadi, jika Anda merasa repot, Anda bisa mengaktifkan pembaruan otomatis untuk Instagram.

2. Hapus Cache Aplikasi Instagram

Apa itu cache? Cache adalah data sementara yang disimpan pada sistem penyimpanan internal hp. Setiap aplikasi pada hp pasti memiliki cache termasuk Instagram. Salah satu untuk mengatasi masalah filter wajah yang tidak muncul adalah dengan menghapus cache aplikasi Instagram di hp Anda kemudian lakukan restart. Jika cara pertama yaitu update aplikasi Instagram tidak berhasil maka cobalah cara ini. Setelah itu, cobalah Anda cek kembali apakah filter sudah muncul atau belum. Jika belum, cobalah cara selanjutnya yang ada dibawah ini.

3. Perangkat Anda Tidak Memenuhi System Requirement (Tidak Kompatibel)

Tidak semua hp dapat menjalan beberapa aplikasi tertentu. Aplikasi hanya dapat dijalankan pada hp yang mendukungnya. Artinya spesifikasi Hp harus sesuai dengan system requirement dari aplikasi tersebut. Hal ini juga berlaku untuk filter wajah Instagram. Instagram sendiri telah memberikan batasan terkait sistem operasi Android yang mana sajakah yang bisa menerima fitur-fitur baru mereka.

Baca juga : Tips dan cara menghemat kuota

Bisa saja, sistem operasi android Anda tidak mendukung filter wajah di Instagram. Untuk menangani hal ini, Anda dapat melakukan upgrade sistem operasi android pada hp Anda. Setelah itu, coba periksa kembali apakah filter wajah di Instagram Anda sudah muncul atau belum.

4. Hapus & Install Instagram Kembali

Jika ketiga cara diatas tidak bekerja, Anda dapat mencoba cara yang satu ini. Cobalah untuk menghapus aplikasi Instagram Anda lalu install kembali. Beberapa pengguna Instagram yang mengalami masalah serupa juga melakukan cara ini dan mereka berhasil.

5. Keluar dari Akun Instagram dan Masuk Kembali

Jika Anda sudah melakukan update pada aplikasi Instagram tetapi filter wajah Instagram Anda tetap tidak muncul maka Anda dapat mencoba untuk keluar (logout) dari akun Instagram Anda lalu masuk (login) kembali. Terkadang, cara ini dapat berhasil.

Baca juga : Cara mengatasi lag pada android

6. Pembaharuan Instagram Tidak Serentak

Pembaharuan Instagram tidak dilakukan secara serentak atau bersamaan kepada seluruh pengguna Instagram. Jadi bisa saja, Instagram Anda belum menerima fitur filter wajah tetapi teman Anda sudah memilikinya. Mungkin, fitur face filter belum sampai ke Instagram Anda.

7. Geografis

Salah satu penyebab kenapa Anda belum memiliki fitur filter wajah adalah karena masalah geografis. Mungkin, fitur face filter belum sampai ke wilayah atau daerah dimana Anda tinggal.

8. Kecepatan Koneksi Internet

Pastikan kecepatan koneksi internet Anda tidak lemot alias stabil saat melakukan update aplikasi Instagram. Koneksi internet yang lemot terkadang bisa menghambat proses update aplikasi Instagram Anda. Alhasilnya, pembaharuan tidak berjalan dengan baik atau sempurna. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat koneksi internet yang bisa Anda install melalui Play Store atau Google Play.

Baca juga : Aplikasi mempercepat koneksi internet android

9. Report a Problem (Melaporkan Masalah kepada Pihak Instagram)

Jika kedelapan cara diatas masih belum berhasil maka Anda dapat mencoba untuk melaporkan masalah ini kepada pihak Instagram. Siapkan bukti bahwa Anda tidak memiliki fitur filter wajah pada Insta Story Anda dengan men-capture fitur Insta Story Anda.

Ketuk menu Report a Problem kemudian ketuk lagi Report a ProblemKetuk “+” untuk mengupload bukti screenshoot-nya. Masukkan laporan Anda dengan memberikan keterangan bahwa fitur filter wajah tidak muncul di Instagram Anda padahal sudah di-upgrade. Disini, Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (saya sarankan Anda untuk menggunakan bahasa Inggris). Anda sebaiknya mengirimkan laporan yang detail dengan menyertakan beberapa informasi seperti jenis hp atau perangkat yang Anda gunakan serta langkah apa yang sudah Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Kirim laporan dan tunggu hingga Anda mendapatkan notifikasi yang bertuliskan “Instagram bug reported”.  Tetapi, jika Anda belum mendapatkan notifikasi tersebut, Anda dapat mengirim ulang laporan setelah 3-5 hari. Kenapa? Karena jika Anda mengirim laporan secara beruntun, laporan Anda bisa saja dianggap spam.

Baca juga : Cara mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi

Jika Anda mendapatkan notifikasi tersebut, jangan kirimkan laporan Anda kembali. Tunggu saja sampai fitur filter wajah di Instagram Anda muncul. Mungkin prosesnya tidak akan cepat tetapi pasti akan diproses. Berdasarkan pengguna lain, filter wajah Instagram-nya baru muncul sekitar sebulan setelah dia melaporkannya ke pihak Instagram bahkan ada juga yang tidak sampai sehari, masalahnya sudah diselesaikan oleh pihak Instagram.

Apa tandanya laporan Anda sudah diproses? Jika laporan Anda sudah diproses maka filter wajah akan muncul di Instagram Anda. Jadi, jika belum, Anda sebaiknya bersabar.  Menu Report a Problem ini bukan hanya dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini saja, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk melaporkan masalah lainnya.

Nah, itulah penjelasan kenapa filter instagram tidak muncul padahal sudah di-upgrade beserta solusi untuk memperbaikinya. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi