Sponsors Link

4 Cara Mengatasi No Service pada iPhone yang Paling Efektif

Sponsors Link

Ada satu pertanyaan yang timbul di kepala para pengguna iPhone termasuk Anda, bagaimana cara yang paling efektif mengatasi gangguan No Service pada iPhone?

ads

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap pengguna iPhone termasuk Anda mengalami gangguan jaringan atau melihat notifikasi ‘No Service’ di pojok kanan atas layar iPhone bersebelahan dengan indikator baterai. Mungkin Anda langsung panik ketika notifikasi tersebut muncul dan menyebabkan Anda tidak dapat mengakses data internet dan melakukan panggilan masuk atau keluar.

Anda tidak perlu terburu-buru membawa perangkat iPhone Anda ke toko servis smartphone hanya karena mengalami gangguan seperti itu. Ada beberapa cara mengatasi No Service pada iPhone yang paling efektif dan murah :

1. Periksa Pengaturan Data Internet

Salah satu permasalahan utama yang biasa terjadi dari munculnya notifikasi “No Service” di layar perangkat iPhone Anda adalah adanya gangguan sinyal pada jaringan operator selular yang Anda gunakan. Hal tersebut dapat terjadi jika Anda berada di lokasi yang tidak terjangkau jaringan atau mungkin juga karena adanya gangguan teknis pada operator selular yang Anda pakai.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, hal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu apakah Iphone Anda berada dalam jangkauan area jaringan operator selular yang Anda gunakan atau tidak. Jika ternyata iPhone Anda masih mengalami gangguan sinyal atau jaringan, maka ada beberapa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi gangguan tersebut, diantaranya:

  • Pastikan kembali bahwa status data selular iPhone Anda sudah dalam posisi ON. Untuk memeriksa status data selular, masuk ke menu Settings>Cellular>Cellular Data
  • Jika Anda berpergian jauh, pastikan juga bahwa status data roaming Anda dalam posisi ON. Untuk mengaturnya, masuk ke menu Settings>Cellular>Data Roaming
  • Anda juga dapat mengatur ulang jaringan selular dengan menyalakan pengaturan Airplane Mode (mode pesawat) selama 1 menit dan kemudian mematikan kembali mode tersebut.
  • Mengubah pengaturan Voice & Data (Suara & Data) juga dapat membantu Anda mengembalikan jaringan internet yang tidak terdeteksi. Untuk mengubah pengaturan tersebut, masuk ke menu Settings>Cellular>Cellular Data Option>Voice & Data>Kemudian ubah pengaturan dari 4G ke 3G atau 3G ke 2G dan begitu sebaliknya.
  • Anda juga dapat mengatur ulang (reset) pengaturan jaringan dengan masuk ke menu Settings>General>Reset>kemudian pilih menu Reset Network Settings. Sangat disarankan untuk menyimpan semua data pengaturan jaringan seperti pengaturan APN atau VPS sebelum melakukan reset jaringan.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan iOS 10.

2. Update Software

Kendala lain yang menyebabkan iPhone Anda mengalami gangguan jaringan (No Service) yaitu software iPhone Anda memiliki versi iOS yang belum update. Anda sangat dianjurkan untuk melakukan update iOS ke versi yang baru agar dapat meningkatkan performa iPhone yang Anda miliki. Sebetulnya, sangat mudah untuk melakukan update iOS pada iPhone Anda. Beberapa langkah untuk melakukannya meliputi:

  • Anda terlebih dahulu harus tersambung dengan jaringan wifi untuk melakukan update software iOS. Masuk ke menu settings>pilih menu General Option>pilih Software Update>klik Download>Install the Update
  • Jika Anda tidak tersambung jaringan wifi, Anda dapat melakukan update dengan tersambung ke komputer dan menggunakan Aplikasi iTunes. Masuk ke iTunes, kemudian pilih device (Iphone), pilih Summary dan terakhir klik “Check for Update”.
Sponsors Link

3. Lepas dan pasang Ulang Kartu SIM

Ada kemungkinan gangguan jaringan yang terjadi pada iPhone Anda adalah karena kartu SIM tidak terpasang dengan baik. Cara untuk mengatasinya adalah dengan melepas dan memasangkan kembali kartu SIM pada iPhone Anda. Sebelum memasangkan kembali kartu SIM ke iPhone Anda, pastikan bahwa tidak ada kerusakan pada kartu SIM Anda. Jika kondisi kartu SIM masih baik, segera pasang kembali dan kemudian nyalakan iPhone Anda untuk memastikan apakah jaringan selular Anda sudah aktif.

4. Atur Ulang Semua Pengaturan iPhone

Langkah terakhir untuk mengatasi gangguan jaringan pada iPhone Anda adalah dengan melakukan reset semua pengaturan yang ada di iPhone Anda atau kembali ke pengaturan pabrik. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah dengan melakukan langkah ini, Anda akan kehilangan semua data dan pengaturan yang telah Anda simpan sebelumnya. Jadi sangat disarankan untuk menyimpan semua data-data penting ke iCloud sebelum Anda melakukan reset pengaturan pabrik.

Sponsors Link

Baca juga: Penyebab Fingerprint iPhone Tidak BerfungsiKelebihan dan Kekurangan Fingerprint pada HP.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan reset pengaturan pabrik di iPhone Anda:

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih menu General
  • Pilih menu Reset
  • Kemudian klik Reset All Settings
  • Masukkan passcode jika dibutuhkan
  • Terakhir, Confirm

Baca juga: Fungsi Fingerprint ScannerGeotagging Android.

Demikian lah beberapa cara mengatasi No Service pada iPhone yang efektif. Ada hal yang perlu juga Anda ketahui bahwa jika beberapa cara di atas tidak memberikan hasil yang seperti Anda harapkan, sebaiknya segera datang ke Service Center iPhone untuk mendapatkan penanganan teknis lebih lanjut.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi