Sponsors Link

8 Cara Mendinginkan Hp Android yang Panas Banget

Sponsors Link

Sekarang game Android mampu menyaingi game-game yang berada di PC. Sekarang perusahaan perusahaan pendiri game pun tidak cuma bersaing di game berbasis PC, karena penggemar game Android, Windows Phone, iOS dan smartphone lainnya semakin melunjak naik, selain karena bisa dimainkan dimana saja karena juga tidak memakan waktu terlalu banyak untuk memainkannya. Baca juga mengenai kelebihan dan kekurangan baterai tanam.

ads

Nah tentunya kalian tidak mau dong saat asik bermain game hp Android anda terasa panas? karena suhu hp yang terlalu panas dapat merusak komponen perangkat keras pada hp Android anda seperti barai, dll. Langsung saja simak yuk cara mendinginkan hp Android yang panas berikut ini:

1. Hapus aplikasi yang memakan RAM terlalu banyak

Salah satu solusi untuk mengatasi Android yang overheat adalah dengan menghapus atau menguninstall aplikasi dan game yang memakan RAM terlalu banyak, karena pada saat Android mempunyai aplikasi yang memberatkan kinerja pada RAM maka akan menambah kinerja Android kita dan semakin terbebani, hal ini dapat menyebabkan Android anda cepat panas. Maka dari itu anda dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak di perlukan dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti media sosial karena media sosial biasanya selalu berjalan di latar belakang untuk menampilkan pemberitahuan atau notifikasi terbaru pada media sosial anda. Anda juga dapat menghapus aplikasi yang dirasa tidak perlu.

2. Meminimalisir aplikasi yang berjalan di latar belakang

Ada beberapa aplikasi yang bersifat tetap berjalan  di latar belakang walau kita tidak membukanya, biasanya terjadi pada aplikasi seperti Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya karena aplikasi tersebut akan tetap menampilkan notifikasi walaupun anda tidak membuka aplikasi tersebut dalam kurun waktu tertentu. Tentunya hal tersebut akan membuat RAM hp Android anda penuh dan membuat hp Android anda menjadi cepat panas, cara menanganinya adalah dengan mematikan atau menggunakan aplikasi hibernasi seperti Greenify yang bisa di download di Play Store secara gratis. Baca juga mengenai cara merawat baterai tanam.

3. Pemakaian di tempat yang panas

Untuk menghindari Android cepat panas anda juga dapat memperhatikan lingkungan sekitar anda, karena jika anda di lingkungan panas tanpa sengaja Android anda juga terkena dampak nya bukan cuma badan anda. Maka jauhkan Android anda dari suhu yang panas dan sinar matahari yang terik, agar suhu Android anda tetap terjaga dan tidak mudah panas. Baca juga mengenai aplikasi untuk mendinginkan iPhone.

4. Bersihkan hp Android Anda dari debu

Membersihkan hp Android anda dari debu cukuplah mudah, cukup buka cassing hp anda dan lakukan beberapa tiupan agar debu-debu hilang dari hp Android anda. Anda juga bisa menggunakan dust cleaner yang khusus untuk hp anda bisa membeli nya di situs toko-toko online ataupun di konter terdekat. Baca juga mengenai penyebab hp Xiaomi cepat panas.

5. Jangan bermain game saat perangkat Android dicharging

Yang biasa nya terjadi dan sering di alami pengguna Android adalah bermain game saat perangkat sedang di charging. Pada umumnya hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan Android anda. Karena saaat di charging saja suhu Android dapat naik karena menerima daya dari charger dan di tambah tekanan suhu saat bermain game, kinerja Android yang berlebihan dapat memancing suhu menjadi naik dan panas. Selain itu jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka akan menyebabkan baterai Android akan membesar dan akan mudah habis alias drop.

Jadi pastikan anda tidak menggunakan smartphone Android ya ketika dicharging. Dengan demikian anda sudah mengantisipasi dan mengatasi hp dan tablet Android yang cepat panas. Saat sedang di charging anda bisa melakukan aktifitas-aktifitas ringan pada hp Android anda agar kesehatan perangkat keras hp Android anda juga terjaga.

Sponsors Link

6. Jangan menggunakan charger yang bukan miliki/ asli bawaan

Kebanyakan orang jika charger asli sudah rusak lebih memilih charger yang duplikat atau KW karena harganya yang lebih terjangkau dan ada di mana-mana. Namun justru karena charger yang bukan ori bawaan bisa menyebabkan hp Android anda panas dan baterai nya cepat rusak karena tegangan nya yang berbeda dan kadang tidak beraturan. Jadi mending beli yang asli walaupun agak mahal karena akan menjaga kesehatan perangkat keras hp Android anda, tentunya kalian juga tidak mau hp Android kesayangan anda rusak.

7. Mengecek kondisi baterai

Agar Android anda tidak mudah panas, anda perlu memperhatikan kesehatan baterai Android anda. Jika sudah saat nya harus di ganti maka harus di ganti jangan sampai tunggu baterai hingga rusak total karena dapat merusak perangkat keras lainnya pada Android anda. Pilih juga baterai Android yang berkualitas dan sudah teruji ke unggulanya seperti Li-Po atau jenis-jenis baterai Android yang terkenal lainnya. Baca juga mengenai perbedaan layar super amoled dan gorilla glass.

8. Jaringan yang tidak stabil

Jaringan yang tidak stabil juga bisa mengakibatkan hp Android anda cepat panas karena hp anda terus menerus bekerja mencari sinyal dan mengoptimalkan penggunaan baterai juga, solusinya turunkan kualitas jaringan sementara, semisal yang tadinya 4G jadi 3G dan sebagainya.

Semoga info cara mendinginkan Hp Android yang panas, bisa bermanfaat untuk anda dan bisa membantu anda dalam menangani masalah hp Android yang cepat panas.

, , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi