Sponsors Link

5 Cara Memperbaiki Sensor HP Samsung Secara Cepat dan Mudah

Sponsors Link

Pada setiap smartphone pasti memiliki sensor yang biasa disebut dangan sensor proximity, sensor ini berfungsi untuk mendeteksi objek yang berada di dekat sensor tersebut, ketika ada suatu benda yang di dekatkan pada sensor ini maka layar smartphone secara otomatis akan mati atau sleep. sensor ini biasanya berfungsi saat sedang melakukan panggilan telepon, saat sensor proximity yang letaknya berdektan dengan layar smartphone itu di dekatkan ke telinga atau benda lainnya maka secara otomatis layar smartphone akan mati, sensor ini secara umum berfungsi untuk mencegah aktivitas pada layar smartphone saat melakukan panggilan telepon.

ads

Salah satu merk samrtphone yang sering di cek sensornya adalah smartphone dengan merk Samsung, mengecek sensor samsung sepertinya sudah menjadi tolak ukur apakah smartphone samsung asli atau tiruan dan apakah smartphone tersebut masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak, dan dengan cara mengecek sensor pada samsung kita juga bisa mengetahui sensor mana saja yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Cara untuk cek sensor hp samsung ini adalah dengan menekan *#0*# pada tombol panggilan, setelah menekan kode tersebut maka kita akan secara otomatis masuk ke menu sensor samsung, total ada 22 kotak menu sensor samsung yang bisa di cek kinerjanya. Namun bagaiman jika ketika di cek ada salah satu atau bahkan banyak menu sensor yang rusak dan tidak nerfungsi?

Kerusakan pada sensor secara umum dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal adalah terjadinya error pada sistem dan yang berhubungan dengan sistem pada smartphone, sedangkan faktor eksternal misalnya panel sensor dalam keadaan kotor atau bahkan pecah, namun hal ini sangat jarang terjadi, kemungkin terbesar macetnya fungsi sensor adalah disebabkan oleh faktor internal tadi.

Berikut adalah cara memperbaiki sensor hp samsung:

1. Bersihkan Panel Sensor

Sebelum berburuk sangka pada sistem sensor, ada baiknya terlebih dahulu melihat apakah terdapat kotoran atau goresan di atas sensor proximity, bersihkan area sekitar sensor tesebut bila perlu lepaskan antigores yang melekat pada layar untuk memastikan kebersihannya. Karena tak hanya debu, goresanpun ternyata dapat menghambat kinerja sensor ini.

2. Reboot 

Reboot adalah istilah yang diadopsi dari komputer yaitu restart. Lakukan reboot saat sensor dirasa kurang berfungsi dengan baik. melekaukan reboot hp adalah cara yang paling sederhana apabila terjadi kerusakan ringan terhadap sistem android. dengan melakukan reboot tak hanya bertujuan untuk mematikan dan menghidupkan hp, tapi dengan melakukan reboot sistem android akan secara otomatis mematikan dan menghidupkan kembali semua sistem yang beroperasi pada android, termasuk sistem yang sebelumnya mengalami kerusakan atau lag yang akan dimatikan dan dihidupkan ulang sehingga bisa mengembalikannya ke performa terbaiknya jika kerusakan yang dialami sistem tersebut bukanlah kerusakan yang berat.

3. Factory Reset

Jika kedua cara di atas dirasa belum bisa mengatasi kerusakan pada sensor, maka langkah selanjutnya adalah melakukan factory reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Setelah smartphone di factory reset, semua pengaturan akan kembali pada pengaturan yang sama seperti saat pertama kali smartphone tersebut dibeli. Dengan melakukan factory reset semua pengaturan sistem akan kembali pada pengaturan awal, dan diharapkan dapat mengatasi lag yang dialami oleh sistem termasuk pada sensor.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan factory reset:

  • Buka pengaturan pada smartphone.
  • Pilih backup & reset.
  • Kemudian pilih factory data reset.
Sponsors Link

4. Kalibrasi Sensor Proximity

Jika semua cara di atas dirasa belum bisa mengembalikan kinerja sensor, lakuakanlah kalibrasi pada sensor proximity. Tujuan melakukan kalibrasi pada sensor proximity adalah untuk memperbaiki dan melakukan reset ulang hanya pada sistem sensor tersebut.

salah satu cara untuk bisa melakukan kalibrasi sensor adalah dengan menggunakan aplikasi bernama proximity sensor reset fix calibrate. aplikasi tersenut bisa di download melalui google playstore.

5. Flashing

Semua pengguna android pasti sering mendengar istilah flash ulang hp atau flashing. Prinsip kerja flashing secara umum adalah menginstal ulang semua sistem operasi pada smartphone yang bertujuan untuk meningkatkan performa smartphone. Oleh karena itu, cara ini sering dilakuakn jika terjadi penurunan performa atau kerusakan sistem pada android. termasuk kerusakan pada sensor proximity.

Tujuan melakukan flash ulang ini sebernaya hampir sama dengan melakukan factory reset, yang membedakannya adalah jika factory reset hanya mengembalikan semua pengaturan ke pengaturan awal tanpa melakukan isntal apapun terhadap sistem operasi android, flashing hp sedikit berbeda yang lebih rumit dibandingkan dengan melakukan factory reset. flashing hp mengharuskan pengguna android mengetahui firmware yang sesuai dengan android yang akan di flash, dengan melakukan flashing pengguna android juga dapat mengcustom tampilan android sesuka hati, tinggal disesuaikan apakah firmware yang dipilih kompatibel atau tidak.

Demikian cara memperbaiki sensor hp samsung yang rusak, setelah melakukan salah satu atau beberapa langkah di atas semoga sensor yang rusak bisa kembali berfungsi dengan baik.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi