Sponsors Link

9 Cara Memotret yang Baik dengan Kamera Handphone Paling Jitu

Sponsors Link

Zaman sekarang perkembangan gadget sudah memasuki dunia digital dan modern, tidak heran dengan fitur yang beranekaragam mulai dari merk, design, warna, harga dan aplikasi yang tersedia. Semua lengkap ditawarkan dengan masing-masing keunikan dan kelebihannya.

ads

Bagi Anda yang doyan akan dunia fotografi tentulah membutuhkan media sebagai penunjang hobi Anda tersebut, selain foto harus kelihatan bagus, tampilan keren dengan tingkat ketajaman, kecerahan warna sampai fokus gambar haruslah jelas dan jernih. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut memang tidaklah sulit saat ini, dengan memiliki satu buah HP Android atau pintar sudah cukup untuk mengembangkan hobi berfoto Anda.

Mungkin membeli kamera DSLR sangatlah mahal, apalagi Anda hanya hobi berselfie bukan untuk komersil seperti fotografi professional. Untuk harga tersebut tentulah sangat berat dan mahal, belum lagi perawatannya yang butuh kekhususan tersendiri. Oleh karena itu bagi amatiran cukuplah memulai hobi berfoto dengan kamera HP  saja sudah sangat cukup. Dengan kecanggihan teknologi tidak kalah HP saat ini dengan kamera digital yang ada. Harga yang mencukupi ditambah dengan kecanggihan aplikasi yang sudah ada membuat hasil foto Anda memuaskan.

Selain HP yang canggih butuh juga beberapa trik dan tips agar hasil jepretan Anda makin keren dan bagus. Jadi tidak asal jepret saja, ada ilmu dan pengetahuan untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal. Untuk apakah foto tersebut dipakai sebagai koleksi ataukah sebagai pameran tentu Anda tidak ingin memori hobi Anda jelek bukan ? berikut beberapa cara memotret yang baik dengan kamera handphone:

1. Fokus pada Objek Foto

Untuk menghasilkan foto yang baik, maka diperlukan fokus pada objek yang ingin difoto. Hindari melakukan zoom pada objek karena hal ini akan memecah atau menurunkan ketajaman gambar yang diambil sehingga foto menjadi blur atau tidak tajam. Baca juga mengenai cara mengetahui megapixel kamera hp.

2. Pastikan Pengaturan Cahaya Cukup Terang

Foto yang diambil terlalu gelap akan menghasilkan foto menjadi remang atau kurang jelas, sebaliknya jika gambar diambil dalam kondisi sangat terang efek yang dihasilan membuat gambar terlalu terang dan silau. Jadi aturlah pencahayaan yang pas sehingga resolusi gambar menjadi cerah dan jelas. Pastikan Adan menyetel pencahayaan dengan menyesuaikan dimana lokasi akan diambil, apakah di indoor atau outdoor.

3. Pastikan Anda Sudah Mengetahui tentang Komposisi

Penting untuk mengetahui tentang komposisi yang bagus, karena akan membantu kita memotret dengan lebih baik dan fokus. Cobalah cari referensi mengenai komposisi pemotretan dari berbagai sumber, manfaat ponsel Anda untuk menjelajah google sebagai referensi Anda. Baca juga mengenai hp kamera terbaik.

4. Pastikan Lensa Selalu Bersih

Hasil foto terbaik Anda tentulah tidak hanya dihasilkan dari bagaimana cara Anda mengambil gambar saja, akan tetapi kebersihan medianya pun harus diperhatikan. Rutinlah membersihkan laya kamera Anda agar hasilnya lebih tajam, bagus dan jernih. Cukup bersihkan dengan menggunakan kain lembut, jika kotoran berasal dari minyak gunakan pembersih khusus.

Sponsors Link

5. Pilih Angle yang Menarik

Untuk hasil yang maksimal ada baiknya Anda dapat mencari angle atau lokasi mana yang cocok untuk dijadikan pemotretan Anda. Hal ini juga mempengaruhi hasil foto jika angle yang diambil tidak cukup menarik. Semakin unik angle foto semakin menarik hasil yang ditampilkan. Baca juga mengenai aperture kamera hp.

6. Manfaatkan Model Brust

Pada beberapa tipe smartphone disediakan mode burst atau pilihan untuk memotret berturut-turut banyak foto dalam tahap sekaligus. Tentu Anda tidak ingin kehilangan momen penting bukan. Jadi tidak salah jika Anda mengaplikasikan mode ini sebagai tambahan dalam pemotretan.

7. Kenali Waktu Jeda yang Baik

Hobi memotret memang hobi yang menyenangkan, bisa jepret sana sini, tapi jika Anda asal saja dalam melakukan pemotretan alhasil gambar yang didapat jadi tidak karua. Adapun jeda waktu yang diperlukan dalam mengambil gambar haruslah sesuai dan tidak terburu-buru begitu saja. Hasil yang optimal berasal dari kerja yang maksimal. 

Sponsors Link

8. Fasilitas Tambahan

 Cara memotret yang baik dengan kamera handphone selanjutnya adalah menggunakan fasilitas tambahan. Terkadang dalam posisi tertentu foto yang akan diambil sangat sulit terjangkau, kejauhan ataukah ketinggian. Untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya Anda menyiapkan fasilitas lain untuk menunjang hobi Anda tersebut seperti lensa tambahan atau tripod.

9. Aplikasi Editing

Hal terakhir dalam proses pemotretan adalah editing foto, tentu ingin foto dengan gambar yang bagus haruslah diedit dengan resolusi yang tinggi. Semakin canggih aplikasi editing Anda semakin keren pula foto yang dihasilkan. Cari dan download aplikasi berstandar bagus untuk hasil editan yang menarik. Baca juga mengenai aplikasi kamera Android terbaik dan aplikasi kamera iPhone terbaik.

Dengan berkembangnya teknologi dunia digital, pastilah dampak positifnya banyak sumber foto diri baik yang dipublikasikan pribadi maupun untuk khalayak ramai. Baik yang pemula sampai professional, dengan hadirnya HP pintar berskala modern dan canggih menjadi alasan banyak peminat foto mengabadikan momen pribadinya sebagai hobi yang positif di zaman kekinian. Selamat mencoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi