Sponsors Link

7 Cara Mengatasi RAM Hp yang Penuh dan Cepat Habis

Sponsors Link

Sama seperti komputer, laptop, tablet, smartphone juga memerlukan RAM untuk menjalankan berbagai aktivitas aplikasi yang ada di perangkat tersebut. Tentunya memiliki hp RAM terbesar di dunia akan bisa membuat proses multitasking dan proses menjalankan aplikasi bisa lebih smooth atau lebih halus sehingga pengguna dapat menggunakan banyak aplikasi dengan nyaman. Namun sayangnya tidak semua bisa memiliki hp dengan RAM yang banyak padahal keperluan yang kita lakukan di hp menuntut untuk menjalankan aplikasi yang memakan banyak RAM.

ads

Jika seperti itu hal yang harus kamu perhatikan adalah menjaga RAM hp dan memori internal kamu agar tidak selalu penuh sehingga kamu masih bisa beraktifitas sedikit lebih baik walaupun RAM yang kamu punya kecil. Ada berbagai cara mengatasi RAM hp yang penuh untuk kamu lakukan sendiri seperti dengan melakukan closing pada aplikasi yang tidak diperlukan dan masih banyak cara lainnya. Mengatasi RAM penuh juga bisa dengan cara menambah RAM Android tanpa root agar bisa tetap menjalankan aplikasi dengan lancar.

Berikut ini adalah cara mengatasi RAM hp yang penuh, dimana cara-cara berikut ini adalah cara-cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi beban yang ditampung RAM hp kamu sehingga RAM akan sedikit lebih longgar dan membuat kamu bisa menggunakan hp dengan lebih nyaman dibandingkan sebelum kamu memperhatikan RAM kamu.

1. Install Aplikasi Shutapp

Ada banyak pilihan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu install secara gratis melalui Play Store. Aplikasi ini berfungsi untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang dimana aplikasi tersebut memakan RAM, tentu akan merugikan bukan jika kamu sebenarnya tidak membuka aplikasi itu namun aplikasi itu berjalan di latar belakang dan memakan RAM hp kamu.

Dengan aplikasi shutapp yang ada di Play Store kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang berjalan di latar belakang dan kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang dibiarkan berjalan di latar belakang, pasalnya aplikasi yang di close akan membuat aplikasi tidak dapat memberikan notifikasi kepada kamu oleh karena itu pilihlah beberapa aplikasi untuk dibiarkan berjalan di latar belakang seperti aplikasi sosial media kamu seperti Line atau Whatsapp. Ketika memilih aplikasi ini di Play Store usahakan memilih aplikasi yang memiliki size kecil dan memiliki rating yang tinggi.

2. Install Aplikasi Cleaner

Beberapa hp sudah dilengkapi dengan aplikasi cleaner atau pembersih dimana dapat membersihkan ruang internal memori dari sampah dan juga dapat melonggarkan kapasitas RAM. Jika hp kamu tidak dilengkapi dengan aplikasi cleaner ini kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu download di Play Store secara gratis contohnya saja adalah Noxcleaner dimana aplikasi ini sangat ringan dan bisa membersihkan sampah dari hp kamu serta membuat RAM kamu lebih longgar. Fungsi dari aplikasi cleaner ini seperti halnya aplikasi penghemat memori hp. Aplikasi ini juga bisa mengatasi memori internal penuh padahal tidak ada aplikasi.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Banyak dari kita yang jarang memperhatikan hal semacam ini yakni ada banyak aplikasi yang sebenarnya tidak kita perlukan tapi malah ada di hp kita, hal ini tentu akan memakan penyimpanan hp kamu dan juga ruang RAM kamu sehingga hp menjadi lemot dan tentunya tidak nyaman digunakan. Cara ini sangatlah simpel yakni mensortir aplikasi yang tidak kamu gunakan atau jarang digunakan kemudian mencopot pemasangan aplikasi tersebut sehingga ruang penyimpanan dan RAM kamu bisa lebih longgar dan tentunya membuat performa hp kamu menjadi lebih baik.

4. Bersihkan Cache Aplikasi

Hal yang satu ini masih banyak yang belum mengetahuinya, untuk menunjang performa hp kamu cara ini sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin baik tiga hari sekali atau seminggu sekali. Cara menghapus cache aplikasi yakni dengan membuka menu pengaturan hp kamu dan menuju tab aplikasi dan kemudian pilihlah aplikasi yang sering kamu gunakan dan kemudian scroll kebawah, lalu pilih pilihan bersihkan cache atau delete cache, dengan begitu kamu bisa membuat hp kamu berjalan dengan lebih baik terutama jika kamu rutin untuk membersihkannya.

5, Gunakan Aplikasi Booster

Aplikasi penting lainnya yang juga bisa kamu gunakan untuk membuat ruang RAM kamu bisa lebih kosong adalah aplikasi booster, dimana aplikasi ini akan berusaha membersihkan RAM agar lebih kosong dan membuat aplikasi yang dijalankan bisa berjalan lebih lancar. Jika kamu pecinta game kamu juga bisa mendownload aplikasi booster khusus game atau dikenal dengan sebutan game booster. Dengan ini kamu bisa menjalankan aplikasi-aplikasi dengan lebih lancar dan juga merupakan cara mengatasi Android hang saat main game.

Sponsors Link

6. Mengurangi Penggunaan Widget yang Ada Pada Wallpaper

Sebenarnya widget yang membuat hp kamu terlihat lebih lengkap seperti widget jam, Google, sosmed dan widget lainnya adalah pemakan RAM yang jarang diketahui. Dengan menghapus widget-widget tersebut dari wallpaper kamu maka RAM kamu akan lebih kosong yang tentunya akan membuat performa hp kamu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

7. Hapus Aplikasi Launcher

Pasti ada dari kamu yang suka memasang aplikasi launcher untuk membuat tampilan hp kamu lebih keren seperti 3D atau dilengkapi ikon-ikon lucu dan lain sebagainya. Perlu kamu ketahui aplikasi ini sangat memakan RAM dimana mereka berjalan setiap waktu sehingga dapat dikatakan aplikasi seperti ini akan memenuhi RAM kamu setiap harinya. Gunakanlah tampilan biasa saja dengan foto wallpaper keren itu sudah cukup tidak perlu menggunakan launcher hanya untuk mendapatkan tema-teman atau ikon-ikon yang membuat hp kamu menjadi terlihat keren, kecuali kamu memiliki hp dengan RAM yang besar hal ini tentu saja tidak apa-apa untuk dilakukan.

Tentunya hal yang menyebalkan bukan ketika kita main hp tapi hp tersebut lemot, kita pindah ke aplikasi lain saja sudah memerlukan waktu yang lama, padahal kita tahu sendiri sekarang adalah zaman serba cepat dimana waktu haruslah digunakan seproduktif mungkin, tentunya hal seperti ini hanya akan membuat kita marah dan membuang-buang waktu kita.

Dengan beberapa cara mengatasi RAM hp yang penuh diatas tentunya kita berharap hp kita dengan RAM yang kecil bisa berjalan dengan baik cukup untuk kegiatan sehari-hari layaknya handphone pada umumnya. Beberapa cara mengatasi RAM hp yang penuh diatas tidak sepenuhnya ampuh terutama untuk hp yang sangat kecil RAMnya yakni sekitar 1 GB atau hanya 512 MB, untuk membuat nyaman ada baiknya membeli hp dengan RAM yang lebih tinggi pasalnya hp sekarang sudah memiliki harga yang pas di kantong.

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi