Sponsors Link

2 Cara Memperbaiki Hp yang Gagal Root Termudah dan Aman

Sponsors Link

Pasti ada deh dari kamu yang mengalami hal apes seperti ini yakni ingin coba-coba melakukan root pada hp namun ternyata gagal dan malah membuat hp menjadi error yang tentunya merugikan diri sendiri. Kegiatan rooting hp memang marak dilakukan khususnya bagi mereka yang memiliki hp dengan kapasitas penyimpanan dan ram yang kecil, pasalnya ada keuntungan tersendiri yang didapatkan apabila hp telah dilakukan root

ads

Tentunya ada cara memperbaiki hp yang gagal root yang bisa kamu lakukan namun sedikit merepotkan karena kamu harus memperbaiki beberapa sistem yang error pada hp kamu itu karena kegagalan dalam proses root. Tentunya kamu perlu mengetahui cara memperbaiki hp yang gagal root agar dapat membuat hp kamu pulih kembali atau jika tidak berani maka jalan satu-satunya adalah dengan membawanya ke tempat reparasi hp yang ada didaerah kamu.

Perlu kamu ketahui mengenai keuntungan dan kerugian yang didapat jika melakukan root pada hp kamu agar kamu bisa menentukan pilihan dengan bijak sehingga tidak akan menimbulkan kekecewaan di kemudian hari.

Berikut ini kelebihan hp Android setelah di root:

  • Dapat membuka akses penuh hp
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan atau yang sering disebut bloatware
  • Sebagai salah satu cara mempercepat kinerja hp dengan aplikasi-aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja hp contohnya kinerja RAM dimana dapat kamu tingkatkan lebih maksimal
  • Memberikan akses penuh yang tidak diberikan ketika hp belum di root
  • Memacu kinerja hp ke titik paling maksimal
  • Dan beberapa kelebihan lainnya

Sedangkan kekurangan root hp adalah:

  • Menghilangkan garansi produk dari hp kamu
  • Rentan terjadi malfungsi pada sistem sehingga membuat hp kamu rentan terkena masalah
  • Apabila di push berlebihan maka bisa menyebabkan hp kamu malah menjadi sebaliknya yakni semakin lemot.

Melihat dari kelebihan dan kekurangan yang ada ketika hp di root tentunya kamu bisa menimbang-nimbang apa yang harus kamu pilih, karena pilihan sepenuhnya berada ditangan kamu apakah kamu ingin melakukan root pada hp kamu atau tidak secara garis besar segala hal memang selalu memiliki dampak positif dan negatif yang paling penting adalah bagaimana agar kamu bisa memanfaatkan hal positifnya sebaik mungkin agar bisa menghindari hal negatif yang juga ada disitu.

Selain itu jika kamu memiliki hp yang sudah diroot umumnya hp tersebut memiliki ciri sehingga dapat dilihat bahwa hp itu sudah pernah di root. Walaupun ada cara sembunyikan status root, terkadang orang khususnya mereka yang paham mengenai hp masih bisa membedakannya dengan jelas.

Masuk kepermasalahan bagaimana cara mengatasi hp yang gagal root, walaupun hal ini akan sedikit membingungkan bagi kamu yang masih awam mengenai masalah seperti ini, namun jika kamu mengikuti instruksi yang ada kamu pasti bisa melakukannya dengan baik dan benar. Berikut adalah langkah memperbaiki hp yang gagal root.

1. Hard Reset / Install Ulang

Jika kamu mendapati hp kamu tidak mengalami keadaan error seperti bootloop atau mati total parah maka cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki hp yang rusak akibat root adalah dengan cara hard reset atau kita kenal juga dengan uninstall/Recovery Mode. Asalkan hp kamu masih bisa masuk kedalam menu recovery maka hp kamu masih bisa dikatakan belum rusak parah karena dengan cara Install ulang atau Hard Reset maka hp kamu masih bisa kembali seperti semula bahkan bisa seperti baru.

2. Metode Flash

Jika hp kamu mengalami eror yang parah maka cara yang harus kamu tempuh untuk memperbaikinya sedikit lebih sulit dibandingkan dengan sebelumnya dimana pada cara ini kamu diharuskan untuk menggunakan perangkat dekstop seperti pc atau laptop sebagai media untuk melakukan flashing pada hp kamu. Tujuan dari flashing ini sendiri tidak jauh beda dengan Hard Reset yang sudah kita jelaskan diatas, bedanya adalah metode ini digunakan jika hp kamu tidak bisa dihidupkan lagi atau mengalami bootloop dan tidak bisa mengakses factory mode, maka cara flashing inilah yang bisa kamu lakukan yakni dengan bantuan perangkat desktop dengan dihubungkan melalui kabel USB.

Sponsors Link

  • Cara ngeflash hp Android sendiri, langkah pertama adalah mempersiapkan alat-alat yang digunakan seperti komputer atau laptop, kabel usb, dan juga tentunya hp yang rusak tersebut.
  • Setelah itu download ROM yang sesuai dengan tipe hp kamu yang bisa kamu cari dengan mudah di google dengan keyword download room hp (merek dan tipe hp).
  • Setelah itu persiapkan aplikasi flasher untuk di desktopnya kamu bisa mendownloadnya di Google aplikasi yang direkomendasikan yakni bernama Odin.
  • Tahap selanjutnya adalah buka aplikasi flashernya yakni Odin dan juga sambungkan hp kamu dengan usb ke laptop atau komputer yang kamu gunakan.
  • Setelah kamu colokan, hidupkan hp dengan menekan kombinasi tombol Volume Bawah + Power + Home secara bersamaan, jika berhasil maka kamu akan masuk kedalam menu download mode.
  • Kalo udah seperti itu lanjut pada flasher yang ada di komputer atau laptop kamu, tekan AP/PDA lalu cari file ROM yang sudah kamu download dan kamu unzip atau ekstrak sebelumnya tadi.
  • Setelah itu klik start dan kemudian tunggu proses flashing selesai dengan sendirinya.
  • Setelah selesai dan sukses maka akan timbul notifikasi 1 sukses 0 gagal dalam bahasa inggris.
  • Setelah itu hidupkan hp kamu seperti biasa dimana kamu akan memulai hp seperti baru layaknya membeli barang yang masih dibungkus kotak.
  • Jika kamu tidak memiliki pc tentunya akan sedikit terkendala untuk melakukan cara ini walaupun sebenarnya ada juga cara flash hp Android tanpa menggunakan pc.

Dengan demikian maka kamu sudah berhasil melakukan proses flash pada hp kamu dan membuat hp kamu bisa kembali normal. Mengenai garansi produk pada pada saat gagal root tidak bisa dipastikan dimana mungkin saja garansi tersebut masih belum rusak dan adapula yang rusak karena sudah mengalami proses root namun tidak sempurna.

Cara memperbaiki hp yang gagal root memang sedikit merepotkan dan berisiko untuk dilakukan sendiri, jika kamu tidak berani untuk mengambil resiko tersebut maka pilihan yang bisa kamu ambil adalah dengan memperbaiki hp tersebut ke ponsel-ponsel yang ada di daerah kamu yang memang membuka jasa reparasi hp khususnya ponsel yang khusus melayani permasalahan seperti ini sehingga hp kamu bisa ditangani oleh ahlinya dengan harapan berhasil yang tentunya lebih tinggi ketimbang kamu lakukan sendiri dengan resiko kerusakan bertambah yang tentunya sangat besar karena minimnya pengalaman yang kamu punya dalam memperbaiki hal seperti ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi