Sponsors Link

2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Sponsors Link

Menggunakan hp pintar bersistem operasi android tentu akan memberikan anda banyak kemudahan. Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai aktivitas dengan hp android sebagai penunjangnya. Tak heran, jika saat ini hp android sudah menjadi salah satu kebutuhan yang mutlak untuk dipenuhi oleh semua orang dari berbagai kalangan. Anak kecil hingga orang tua pun sudah tidak asing dengan android.

Android sendiri merupakan sistem operasi besutan raksasa teknologi, Google yang saat ini sudah punya banyak versi. Android Pie adalah versi terakhir dari Google yang sudah bisa anda gunakan di berbagai tipe android keluaran terbaru seperti Samsung Galaxy S10e atau tipe android keluaran lama yang masih mendukung update software ke Android Pie.

Hp android keluaran terbaru saat ini dipersenjatai dengan chipset dan prosesor yang ngebut tak seperti hp-hp android keluaran lama. Vendor-vendor besar seperti OnePlus hingga Xiaomi berlomba-lomba dalam menciptakan hp android yang mampu menggaet konsumen untuk membelinya. Umumnya, di tahun 2019 ini hp android yang dirilis di pasaran mayoritas punya RAM mulai dari 3 GB hingga 8 GB dengan memori internal yang terbilang cukup lapang, 64 GB yang bisa diekspansi lebih besar lagi.

Punya hp android dengan memori internal yang besar tentu anda tidak akan cemas dengan kapasitas memori yang tersisa jika anda gemar mengunduh aplikasi berat seperti aplikasi game Mobile Legend atau PUBG. Memori internal yang besar juga memungkinkan anda untuk menyimpan banyak koleksi foto atau video.

Lain halnya jika hp android anda punya kapasitas memori yang terbatas. Selain minim ruang penyimpanan, memori internal yang hampir penuh juga bisa menyebabkan hp android menjadi lemot dan lag. Hp yang lemot dan lag tentu saja sangat menjengkelkan terlebih jika anda pengguna hp dengan mobilitas yang tinggi.

Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang anda pakai contohnya adalah aplikasi bawaan. Aplikasi bawaan adalah aplikasi yang sudah disematkan secara default di hp android anda. Jarang diakses dan digunakan, anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan tersebut. Namun, cara untuk menghapus aplikasi bawaan terbilang agak rumit dan membutuhkan trik khusus dimana anda harus melakukan root terlebih dahulu.

Jika anda gemar mengoprak-oprek hp android anda, tentu istilah root sudah tidak asing lagi di telinga anda. Root memungkinkan anda untuk melakukan kustomisasi secara menyeluruh pada hp android anda. Sayangnya, jika hp anda sudah berhasil di-root, maka garansi hp android anda akan hangus. Oleh karena itu, melakukan root dinilai cukup beresiko.

Namun, anda tidak perlu cemas karena kami akan memberikan cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root yang dapat anda terapkan dengan mudah. Langkah-langkah di bawah ini berguna bagi anda yang ingin memberi space lebih pada memori internal anda sehingga hp anda menjadi lebih ngebut. Berikut adalah cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root yang bisa anda coba.

1. Menggunakan aplikasi

Salah satu cara untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa akses root adalah dengan menggunakan aplikasi. Menggunakan aplikasi dinilai cukup aman dibanding jika anda melakukan root terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah menghapus aplikasi bawaan dengan mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

  • Pastikan hp android anda sudah terinstall Google Play Store di dalamnya.
  • Pergi ke Google Play Store.
  • Di halaman utama Google Play Store, anda akan menemukan deretan aplikasi yang dapat anda unduh.
  • Selanjutnya pergi ke kolong search, kemudian ketikkan aplikasi bernama CCleaner.
  • Baca deskripsi yang tertera di CCleaner. Pastikan jika aplikasi tersebut punya ikon bergambar sambung dan lambang huruf C.
  • Jika sudah yakin, silakan unduh CCleaner ke dalam hp android anda.
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai kemudian buka CCleaner yang sudah berhasil terinstall di hp anda.
  • Setelah CCleaner berhasil terinstall dan terbuka, di halaman depan aplikasi tersebut, anda akan menemukan banyak opsi. Silakan pilih ikon tap garis tiga di letaknya ada di pojok kiri atas halaman kemudian pilih App Manager.
  • Disini anda akan menemukan 3 tab bertuliskan Installed, System, dan Disable. Jika anda ingin menghapus aplikasi bawaan, silakan pilih System.
  • Pilih aplikasi bawaan mana yang ingin anda hapus, kemudian klik ikon bergambar tong sampah yang letaknya di pojok kanan bawah.
  • Centang aplikasi bawaan yang anda ingin hapus.
  • Kemudian klik Uninstall.
  • Tunggu hingga proses unistall aplikasi bawaan berhasil dilakukan.

Langkah di atas bisa diterapkan pada berbagai tipe hp android seperti Xiaomi Redmi Note S2. Meskipun terbilang aman dan minim resiko, anda harus memperhatikan aplikasi bawaan seperti apa yang ingin anda hapus karena umumnya aplikasi-aplikasi bawaan terhubung dengan sistem.

2. Tanpa menggunakan aplikasi

Cara lain untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa akses root bisa anda lakukan tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan tambahan terlebih dahulu. Cara ini terbilang simpan dan aman karena anda hanya harus melakukan sedikit pengaturan sistem di aplikasi setting bawaan. Ini dia langkah-langkahnya.

  • Buka Setting / Pengaturan di hp android anda.
  • Pergi ke menu Manajemen Aplikasi.
  • Di menu ini, anda akan menemukan list berisikan aplikasi-aplikasi apa saja yang terinstall di hp android anda.
  • Silakan pilih aplikasi bawaan mana yang sekiranya anda ingin hapus atau matikan.
  • Tekan dan tahan aplikasi bawaan tersebut, kemudian tap Disable.
  • Saat men-tap Disable akan muncul pop up berisikan pesan peringatan. Silakan abaikan saja dan klik Ok.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Cara ini memang bukan untuk menghapus aplikasi bawaan tapi menonaktifkannya sehingga aplikasi-aplikasi bawaan yang berpengaruh pada sistem android tidak akan terhapus. Cara di atas bisa diterapkan di berbagai tipe hp android seperti Oppo A5.

Demikian artikel mengenai cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root ini kami sajikan kepada anda yang sedang mencari cara untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa harus membuka akses sistem alias root terlebih dahulu. Perlu diperhatikan, menghapus aplikasi bawaan punya pengaruh besar terhadap sistem android sehingga anda harus hati-hati sebelum menghapusnya. Semoga langkah-langkah di atas bermanfaat. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trick