Sponsors Link

Tombol Navigasi Android Tidak Berfungsi Ini Solusinya

Sponsors Link

Perkembangan teknologi mempunyai dampak positif untuk kehidupan manusai. Salah satunya adalah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Lebih dari 1 dekade ini kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sudah berambah ke berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Kemudahan komunikasi dan informasi ini menyebabkan terciptanya produk baru berupa smartphone atau handphone pintar.

ads

Kenapa disebut pintar? karena handphone yang dulunya hanya digunakan sebagaai media komunikasi berupa telpon dan sms atau pesan, sekarang sudah bertansisi menjadi media komunikasi dan informasi. Smartphone memberikan kemudahan dalam sharing informasi yang dapat diterima maupun dikirim lewat media internet. Kelebihan ini lah yang membuat eksistansi smartphone menjadi naik dan terus naik. Memang tidak dapat kita pungkuri suatu produk buatan manusia tidak terlepas dengan kelebihan serta kekurangan produk tersebut termasuk smartphone.

Seperti halnya produk smartphone iphone sistem operasi ios memiliki kelebihan serta kekurangan antara lain : kelebihan dan kekurangan ios 10 di iphone 5, kelebihan dan kekurangan fingerprint pada hp iphone serta kelebihan dan kekurangan ios 11. Selain iphone yang memiliki sistem operasi ios, smartphone dengan merek nokia 8 juga memiliki kelebihan dan kekurangan nokia 8. Produk smartphone nokia 8 ini adalah salah satu produk smartphone yang berjalan dengan sistem operasi android. Penggunaaan smartphone android terkandang sering muncul kejadian yaitu tombol navigasi berupa tombol home, back dan option tidak berfungsi. Hal inilah yang membuat para pecinta android merasa kecewa.

Smartphone dengan sistem operasi mengunakan android pasti sudah banyak menggunakan produk ini. Banyak orang berpendapat penyebaba mereka menggunakan smartphone android karena produk ini dirasa lebih murah bila dibandingkan dengan smartphone merek iphone yang menggunakan sistem operasi khusus yaitu ios. Sistem operasi android ini memang tidak spesifik kepada merek smartphone tertentu tetapi semua merek selain merek iphone menggunakan sistem operasi android. Banyak merek smartphone yang menggunakan sistem operasi berupa android ini sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi beberapa failure. Salah satunya adalah tombol navigasi android tidak berfungsi. Memang kejadian tersebut sudah sering kita baca, dengar bahkan kita alami sendiri. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah paham betul tentang penyebab serta solusi penyelesainnya. Berikut ini penyebab serta solusi dari tombol navigasi android tidak berfungsi yang telah dirangkum oleh tim riset daftarhargahp.co.id, antara lain:

  • Anti Gores

Anti Gores ini memang tujuannya untuk melindungi layar dari dampak goresan. Namun, anti gores tersebut dapat menyebabkan kurang responsifnya tombol navigasi, apalagi anti gores yang tebal. Selain itu anti gores yang terkena debu dan minyak juga akan menimbulkan kurang responsifnya tombol navigasi.

Solusinya : Anti gores dipasang menutupi layar saja sedangkan untuk tombol navigasi tidak perlu dipasang anti gores. Rajin membersihkan layar dan tombol navigasi agar tidak mudah menempel debu dan minyak.

  • Factory Reset

Solusinya : Sebelum melakukan factory reset pastikan Anda sudah backup semua data, pindahkan semua file dari memory internal ke memory eksternal atau pindahkan ke komputer untuk sementara waktu. Factory reset akan membuat smartphone android Anda akan menjadi seperti semula ketika pertama kali membelinya. Untuk melakukan factory reset, Anda masuk ke pengaturan >> backup and reset >> factory data reset.

Sponsors Link

  • Custom Rom tidak berjalan dengan baik

Salah satu penyebab tombol navigasi tidak berfungsi adalah sistem yang tidak berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh penggantian rom atau menggunakan custom rom milik orang lain dan bukan bawaan pabrik.

Solusinya : carilah firmware asli buatan pabrikan kemudian flashing firmware tersebut agar smartphone kamu kembali menggunakan versi sistem bawaan.

  • Gunakan on – screen navigation

cara ini merupakan cara yang paling simple,mudah dan murah. Anda dapat menggunakan aplikasi on – screen navigation. Aplikasi ini banyak tersedia di google store antara lain virtual softkey, Handy softkey, button savior dan lain – lain. Kelemahannya, ukuran layar smartphone Anda akan sedikit berkurang karena ada tombol aplikasi tersebut di layar.

Nah, begitulah penyebab dan solusi dari tidak berfungsinya tombol navigasi android. Anda harus berhati – hati dalam menentukan produk smartphone. Anda harus dapat memilih smartphone dengan sistem operasi yang ios atau android. Anda bisa mencari informasi mengenai cara memilih smartphone yang berkualitas. Selain harus pilih sistem operasi, Anda juga harus melihat sistem garansinya. Seperti garansi smartphone iphone terdapat 2 garansi dan keduanya memiliki perbedaaan. yaitu garansi resmi dari apple dan garansi distributor iphone. Perbedaan garansi resmi dan distributor iphone memang sangat berbeda jauh. Kita sebagai pembeli mengerti perbedaannya serta mengetahui tips membeli iphone garansi distributor. Yuk, bertanya dulu sebelum membeli. Jadilah pembeli yang cerdas. Semoga artikel ini bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi