Sponsors Link

7 Kelebihan dan Kekurangan Android Q yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Beberapa waktu yang lalu Google telah resmi memperkenalkan kepada publik mengenai Android Q yang merupakan tahap ketiga yang diperkenalkan di acara Google I/O. Padahal masih belum terlalu lama jarak antara peluncuran Android Pie. Sekarang perusahaan tersebut kembali memperkenalkan Android Q yang digadang akan langsung mendapatkan banyak respon positif masyarakat.

Ketika pertama kali diperkenalkan, Android Q langsung mendapatkan berbagai respon dari masyarakat. Umumya mereka ingin tahu kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan Android Q. Apakah memang android yang satu ini lebih baik jika dibandingkan dengan sebelumnya atau tidak. Atau mungkin malah Android Q memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Bagi Anda yang penasaran ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait apa saja kelebihan dan juga kekurangan ynag dimiliki oleh Android Q, maka kami sarankan Anda menyimak baik-baik informasi yang kami jelaskan di bawah ini. Namun sebelum itu, Anda bisa menggali informasi lain yang masih berkaitan dengan android yaitu cara mempercepat kinerja android yang sudah di root dan aplikasi mempercepat kinerja android.

Kelebihan Android Q

1. Memiliki privasi yang lebih baik

Kelebihan pertama yang ada pada Android Q adalah android ini mempunyai tingkat privasi yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Perlu dipahami bahwa salah satu hal yang paling menjadi fokus atai concern pada developer sistem operasi adalah berkaitan dengan keamanan dan privasi. Maka dari itu, di Android Q sudah ditambahkan berbagai macam fitur yang berkaitan dengan izin aplikasi jika ingin bisa beroperasi di sistem operasi tersebut.

Hal ini akan memberikan kemudahan dalam mengontrol dan juga pehamanan terhadap apa saja aplikasi yang akan dan sedang diakses. Salah satu contohnya adalah sebuah pop-up yang nanti akan bertanya tentang informasi lokasi. Nanti Anda bisa menentukan sendiri kira-kira akan memberikan izin terhadap aplikasi tersebut agar bisa beroperasi atau tidak.

2. Memiliki banyak pilihan tema

Kelebihan Android Q yang kedua adalah sistem operasi yang satu ini telah dibekali dengan banyak tema dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Kita tahu bahwa ketika memiliki smartphone dengan tampilan layar yang itu-itu saja akan membuat kita merasa jenuh. Bahkan sampai malas membuka handphone. Namun dengan hadirnya Android Q, maka Anda bisa memiliki banyak referensi tentang tema yang akan Anda gunakan.

Ada banyak tema yang disematkan pada Android Q yang bisa Anda tentukan sesuai dengan kategori tema tersebut. Dengan banyaknya tema yang disediakan, maka diharapkan mampu membantu mengusir kepenatan Anda. Bahkan, Android Q juga sudah menyediakan fitur berupa kustomisasi yang mana Anda bisa mengatur dan membentuk sendiri tema dan warna yang akan Anda gunakan.

3. Memiliki buil-in screen recording

Bagi Anda yang hobi menggunakan aplikasi edit video vlog di Android untuk merekam, maka Anda sudah tidak perlu memerlukan aplikasi tersebut ketika smartphone Anda sudah terpasang Android Q. Jadi, Anda sudah perlu harus mendonwloadnya terlebih dahulu di Play Store maupun toko aplikasi android selain Play Store. Yang harus Anda lakukan adalah dengan langsung mengklik aplikasi bawaan tersebut dan mulailah merekam apa saja aktifitas yang ada pada layar.

4. OS terbaik untuk smartphone lipat

Perkembangan di dunia gadget sudah sangat maju. Hal ini terbukti dari berbagai macam fitur dan kecanggihan lainnya yang ada pada smartphone. Terlebih lagi sekarang sudah zamannya smartphone berjenis foldable atau yang lebih kita kenal sebagai smartphone lipat. Dalam upaya untuk mendukung berbagai fitur terbaru lainnya, termasuk fitur ini maka Android Q sudah mulai melakukan pembaruan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Android Q. Aplikasi edit video tadi akan secara otomatis terinstal dan Anda tinggal langsung menggunakannya.

5. Memiliki fitur dark mode

Fitur dark mode merupakan sebuah fitur yang diberikan oleh vendor dimana Anda bisa menggangunya sesuai dengan keperluan dan selera Anda. Jika tampilan tema pada smartphone lain cenderung cerah, namun dengan menggunakan dark mode ini maka Anda bisa terlindung dari radiasi pada smartphone. Jadi, ketika Anda hendak mengatur tampilannya, maka tinggal langsung diganti saja tanpa harus mengikuti langkah-langkah yang ribet.

Kekurangan Android Q

Di bawah ini kami telah menyiapkan informasi yang juga tidak kalah penting untuk dipahami bersamas-sama.

1. Masih beta

Kekurangan yang pertama yang mungkin terasa dialami oleh para pengguna Android Q adalah sistem operasi yang digunakan masih beta. Hal ini berdampak pada banyaknya bug maupun juga file sampah yang dimiliki oleh Android Q yang tentunya akan berdampak pada kenyamanan ketika mengoperasikan smartphone. Salah satu bug yang sering terjadi adalah ketika menggunakan smartphone untuk memutar video. Ketika Anda tetap menggunakan smartpone ini, maka bukan tidak mungkin smartphone yang Anda miliki tersebut malah mengalami berbagai macam masalah. Untuk kasus yang lebih parah malah bisa mengakibatkan ponsel Anda tersebut mengalami kerusakan.

2. Kualitas kamera bawaan yang kurang baik

Pada saat Anda melakukan upgrade, nanti Anda akan memperoleh fitur kamera bawaan yang dinamakan sebagai Snapdragon Camera. Namun, kamera ini malah menurut banyak pengguna masih memiliki kualitas yang jauh dibawa ekspektasi karena masih berada lebih rendah jika dibandingkan dengan kamera bawaan yang disediakan oleh merk smartphone yang lainnya.

Terlebih lagi pada saat Anda hendak emngaktifkan fitur zoom pada Android Q ini yang malah bisa mengakibatkan kualitas gambar yang didapatkan agak blur. Maka dari itu, para pengguna lebih banyak menggunakan aplikasi kamera Android terbaik yang bisa membantu memberikan hasil yang lebih baik.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan terkait kelebihan dan kekurangan Android Q. Kesimpulannya bawa kehadiran Android Q memang merupakan terobosan terbaru yang di dalamnya memuat berbagai macam kelebihan yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya. Namun, kehadiran Android Q juga tidak lepas dari beberapa kelebihan yang malah menjadi keunggulan dari versi sebelumnya.

Maka dari itu, Anda bisa menentukan sendiri kira-kira Android Q memang merupakan sistem operasi yang baik atau tidak. Semoga ke depannya Android Q selalu mengalami peningkatan untuk kepuasan para penggunanya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi