Sponsors Link

Penyebab Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing pada Android dan Solusinya

Sponsors Link

Keberadaan android seakan melekat pada aktivitas masyarakat sehari-hari. Agar bisa melakukan aktivitas seperti browsing, chatting, bermain game online, menggunakan aplikasi-aplikasi online, kita tentu memerlukan koneksi internet atau wifi. Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan mengenai penyebab wifi terhubung tetapi tidak bisa browsing pada android beserta cara mengatasinya (solusi).

Tentu akan sangat menyebalkan ketika wifi yang ada di sekitar Anda berhasil tersambung tetapi tidak bisa digunakan untuk browing atau internet-an. Pekerjaan atau aktivitas Anda tentu akan terganggu. Apalagi jika wifi tersebut unlimited dan koneksinya kencang, pasti akan sangat disayangkan jika tidak digunakan.

Biasanya, hal ini dapat disebabkan karena pengaturan yang salah hingga kerusakan hardware. Untuk masalah kerusakan hardware, Anda dapat menggunakan alat pendeteksi kerusakan hardware hp android. Tapi, ada beberapa hal lain yang mungkin jadi penyebabnya. Apa sajakah itu? Bagaimana cara mengatasinya?. Mari simak penjelasan mengapa wifi terhubung tapi tidak bisa browsing pada android dibawah ini.

Berikut dibawah beberapa cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa browsing pada Android beserta penyebabnya.

1. Gunakan fitur  “Forgot Network” (Lupa Jaringan)

Salah satu penyebab wifi tidak bisa koneksi yaitu password dari wifi tersebut mungkin saja sudah diganti. Sedangkan, Android Anda masih menyimpan password wifi yang lama. Karena password nya berbeda, android Anda tentu tidak bisa terkoneksi dengan wifi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memasukkan password baru wifi yang akan digunakan dengan menggunakan fitur “forgot network” (lupa jaringan). Bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Berikut langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Ketuk menu Settings > WLAN > Wifi yang diinginkan > Forgot Network (lupakan jaringan).
  • Kemudian, ketuk kembali wifi tersebut lalu masukkan password wifi yang baru dan ketuk Connect.

Jika permasalahannya adalah adanya perubahan password, maka cara ini akan mampu menyelesaikannya.

2. Restart Android

Restard android dipercaya mampu mengatasi berbagai macam bug atau error seperti wifi yang tidak bisa digunakan browsing meskipun sudah tersambung. Anda dapat menggunakan cari ini ketika masalahnya bukan terletak pada perubahan password wifi. Restartlah android Anda kemudian sambungkan wifi kembali. Jika cara ini tidak berhasil, cobalah cara lain pada penjelasan dibawah ini. Baca juga : Benda yang dapat memperkuat sinyal hp

3. Pengaturan Waktu dan Tanggal Tidak Sesuai

Cara lain untuk mengatasi masalah wifi ini adalh adanya pengaturan waktu dan tanggal yang salah. Anda harus memastikan bahwa pengaturan waktu dan tanggal pada Android Anda, benar atau sesuai. Misalnya, saat ini adalah bulan Januari tetapi pada android Anda menunjukkan bulan Maret. Pengaturan yang tidak sesuai seperti itulah yang membuat Wifi tidak bisa digunakan pada android Anda.

Solusinya adalah dengan menyesuaikan ulang pengaturan tanggal dan waktu pada android Anda. Berikut dibawah ini langkah-langkahnya.

  • Ketuk menu Settings > Date & time.
  • Kemudian centang pilihan “Automatic date & time”.

Secara otomatis, pengaturan tanggal dan waktu Anda akan disesuaikan dengan tanggal dan waktu sebenarnya secara otomatis.

4. Hapus Cache Data pada Android

Solusi lainnya adalah dengan membersihkan cache data pada Android Anda baik pada aplikasi, game, browser dan aplikasi lainnya. Apa itu cache?

Cache adalah sebuah file yang digunakan untuk menyimpan data sementara didalam smartphone Anda. Pada dasarnya, fungsi utama cache adalah untuk mempercepat loading sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi. Jadi, ketika Anda membuka aplikasi tertentu, tidak dibutuhkan waktu lama dibandingkan saat pertama kali Anda membuka atau menjalankannya karena data-nya sudah disimpan didalam cache.

Untuk membersihkannya secara bersamaan, ikuti langkah-langkah membersihkan cache wifi dibawah ini.

  • Ketuk menu Settings > Storage > Cached data.
  • Setelah muncul pop-up Clear catched data, ketuk tombol OK.
  • Cache data pun berhasil dibersihkan.

5. Nonaktifkan Antivirus pada Android

Untuk melindungi android Anda dari virus, Anda dapat menggunakan aplikasi antivirus android terbaik yang tersedia. Tetapi, antivirus bisa saja memblokir jaringan internet dari wifi yang tidak dikenali, karena peran antivirus adalah untuk melindungi jaringan ketika Anda terkoneksi dengan internet baik dari data seluler, wifi, dan hotspot. Mungkin saja, penyebab Anda tidak menggunakan wifi untuk internet-an padahal sudah tersambung karena antivirus tersebut. Coba matikan atau nonaktifkan terlebih dahulu anti-virus Anda lalu gunakan kembali wifi Anda. Jika berhasil, maka masalah Anda terletak pada anti-virus.

6. Gunakan Aplikasi Wifi Fixer pada Android

Jika cara-cara diatas masih belum berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi Wifi Fixer pada android.  Pertama, Anda harus menginstall aplikasi tersebut pada android Anda melalui Google Play atau Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah yang berkaitan dengan wifi seperti wifi terhubung namun data internet tidak bisa digunakan. Cara kerja aplikasi ini adalah menganalisa jaringan wifi, mempercepat koneksi wifi, dan memperkuat penerimaan sinyal wifi android.

7. Gunakan Custom ROM

Jika Anda sudah mencoba semua cara diatas, dan masih belum berhasil juga maka yang mungkin menjadi penyebabnya adalah sistem atau ROM android Anda sedang bermasalah. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan Custom ROM. Cara ini dapat disebut sebagai cara yang paling ekstrim karena akan menghapus sistem lama android Anda kemudian menggantinya dengan Custom ROM. Baca juga : cara agar game android tidak minta update

Apa itu Custom ROM?

ROM (Read Only Memory) pada Android merupakan media penyimpanan internal (Internal Storage) dimana firmware (perangkat terintegrasi) dan aplikasi bawaan tersimpan. Sedangkan, custom ROM(Read Only Memory) adalah sebuah firmware yang sudah dikembangkan oleh developer pihak ke-3 dengan maksud dan tujuan tertentu seperti untuk memperbaiki kelemahan vendor, membuat interface yang lebih menarik, meningkatkan performa android, meminimalkan bug atau error pada android. Jika Anda memilih cara ini, coba cari Custom ROM yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab wifi terhubung tapi tidak bisa browsing pada android beserta cara mengatasinya (solusi). Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi