Sponsors Link

18 Tips Membeli Hp Android yang Bagus dan Berkualitas Banget

Sponsors Link

Teknologi komunikasi dan informasi dalam beberapa tahun terakhir ini telah berkembang sangat pesat. Saat ini, handphone atau Hp bukan saja sebagai alat komunikasi, melainkan juga dilengkapi berbagai fitur canggih, seperti kamera, game, maupun aplikasi pendukung. Salah satu jenis Hp berfitur canggih yang paling banyak dipergunakan saat ini adalah Hp dengan sistem operasi Android. Selain Android, ada juga iOS ataupun Windows yang banyak dipergunakan sebagai sistem operasi pada Hp atau smartphone.

ads

Hp dengan sistem operasi Android memungkinkan pengguna dapat terhubung ke internet dengan sangat mudah dan cepat. Hp berjenis ini juga menyediakan berbagai aplikasi gratis ataupun berbayar yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Aplikasi yang disediakan canggih dan sangat beragam. Selain aplikasi yang tersedia, Hp dengan sistem operasi Android juga memiliki pengoperasian yang mudah. Sebagai sistem operasi, Android tidak sulit untuk dikembangkan serta diperbaiki bila terdapat gangguan.

Harga Hp berbasis sistem operasi Android juga beragam, mulai dari yang murah hingga yang cukup menguras kocek. Hal-hal inilah yang kemudian membuat Hp berjenis Android ini sangat laku dipasaran. Pemintaan akan Hp Android yang semakin meningkat membuat produsen Hp memunculkan berbagai macam tipe Hp Android dengan spesifikasi dan harga yang juga sangat beragam. Tipe Hp Android yang sangat beragam ini tentunya membuat kita perlu memiliki pertimbangan yang lebih jauh jika kita ingin membeli Hp berbasis Android. Jangan sampai akhirnya salah membeli Hp. Ataupun merasa kecewa karena Hp Android yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan perkiraan Anda.

Nah, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli Hp berbasis Android agar Anda bisa membeli sesuai dengan keinginan Anda. Silahkan disimak tips membeli Hp Android berikut ini:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Pemakaian

Saat ini Hp Android yang tersedia di pasaran sangatlah beragam. Mulai dari yang resolusi kameranya tinggi hingga yang kapasitas baterainya besar. Hanya saja tidak semua Hp memiliki spesifikasi fitur yang sama-sama tinggi. Misalnya jika kapasitas baterai besar, mungkin resolusi kamera tidak terlalu besar, atau sebaliknya. Jadi, pada saat membeli Hp Android, pilihlah Hp yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai setelah membeli Hp dengan salah satu fitur canggih, justru fitur tersebut malah tidak terpakai.

Selain itu, jika Hp Android yang ingin dibeli memiliki peruntukan khusus, maka spesifikasi Hp perlu diperhatikan agar sesuai dengan tujuan pemakaian Hp. Misalnya, Hp Android yang mau dibeli adalah hp yang ingin digunakan khusus untuk bermain game maka Hp harus memiliki spesifikasi processor dan RAM yang tinggi. Hal ini guna mendukung kenyamanan dalam bermain. Atau misalnya Hp Android ingin dipakai untuk mengambil foto/video di dalam air. Maka Hp Android yang dipilih haruslah hp tahan air.

2. Jenis dan Jumlah CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah bagian penting dari setiap Hp, yang  memproses atau mengatur pengoperasian Hp Android. Seperti pada komputer, CPU merupakan otak yang akan membuat aktivitas yang dilakukan pada gadget dapat berjalan dengan baik. Semakin baik dan cepat kinerja processor, maka semakin cepat juga kerja Hp Android. Jenis CPU yang dipakai diantaranya adalah Exynos, Snapdragon, MediaTek, Tegra, dan lain sebagainya. Sedangkan jumlah core yang sering digunakan diantaranya adalah dual core, quad core, hexa core dan octo core, deca core. Bila menginginkan kecepatan yang maksimal, sangat disarankan untuk memilih prosesor Snapdragon deca core.

3. Kualitas GPU yang Baik

GPU merupakan singkatan dari General Processing Unit. Spesifikasi GPU pada Hp menunjukan kualitas grafis yang dimiliki oleh Hp tersebut. Tampilan grafis pada Hp biasanya terdapat saat Hp menampilkan gambar, video, maupun game. Jika spesifikasi GPU-nya tinggi, Hp android akan memiliki kualitas tampilan gambar/grafis yang baik, jernih dan tajam. Tampilan grafis yang berkualitas akan memberikan kenyamanan saat menggunakan Hp. Jenis GPU yang sering dipakai oleh Hp Android diantaranya adalah Adreno, Mali, Tegra dan Power VR.

4. Kapasitas RAM Besar

Apa pernah menjalankan Hp ataupun gadget tapi tersendat-sendat? Apalagi ketika menjalankan lebih dari satu aplikasi? Hal ini berkaitan dengan fungsi yang diatur oleh RAM. RAM atau Random Access Memory merupakan bagian penyimpanan memori yang terdapat pada gadget, baik komputer, tablet, maupun smartphone / Hp. Keberadaan RAM pada perangkat, memungkinkan gadget dapat menjalankan lebih dari satu program / aktivitas pada waktu yang bersamaan dengan lebih seimbang, seperti saat mendengarkan musik sambil browsing di internet. Fungsi ini dikenal dengan istilah multitasking. Semakin besar spesifikasi RAM yang dimiliki, semakin lancar hp saat digunakan, terutama saat berfungsi sebagai multitasking. Pada Hp android, kapasitas RAM yang digunakan, ada yang berukuran 512 MB, ada pula yang berukuran 16 GB. Agar dapat berjalan lancar atau tidak tersendat pada saat menggunakan Hp android, pilihlah hp dengan spesifikasi RAM minimal 1 GB.

Sponsors Link

5. Jenis Sistem Operasi Android

Sebagai salah satu jenis sistem operasi yang banyak digunakan, Android terus mengalami perkembangan sehingga memiliki versi yang cukup banyak. Adapun versi-versi pada sistem operasi android adalah Ginger Bread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, serta Marshmallow, Nougat. Versi pertama pada sistem operasi Android adalah Ginger Bread. Sedangkan Versi android terbaru adalah Nougat yang memiliki kualitas dan kinerja lebih bagus dibandingkan versi-versi terdahulunya. Namun, semakin baru versi Android yang digunakan, harga Hp Android yang dijual pun juga akan semakin mahal. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena versi Lollipop dan Marshmallow juga memberikan performa yang baik, walaupun belum secanggih Nougat.

Baca juga: Jenis Jenis Smartphone.

6. Tampilan Layar

Layar menjadi komponen yang penting sebagai komponen perangkat keras input sekaligus output pada Hp Android. Display layar yang berkualitas pada Hp Android akan memberikan kenyamanan saat mempergunakan Hp Android, terutama untuk kenyamanan mata saat melihat layar Hp. Terdapat tiga poin yang perlu diperhatikan berkaitan dengan layar saat memilih Hp Android :

  • Ukuran

Ukuran layar Hp yang dibeli harus dipertimbangkan agar nyaman saat membaca pada browser internet, maupun saat mengetik pesan. Umumnya ukuran layar Hp yang terlalu besar akan sulit untuk dibawa secara praktis dalam saku. Sedangkan, ukuran layar Hp yang terlalu kecil akan menyebabkan rasa kurang nyaman saat membaca atau browsing di internet. Selain itu, ukuran layar yang terlalu kecil juga menyebabkan kesulitan atau rasa kurang nyaman saat mengetik pesan. Oleh karena itu, sebaiknya ukuran layar yang dipilih yang sedang saja. Pemilihan ukuran layar sebaiknya juga disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian Hp.

  • Resolusi

Resolusi layar Hp merupakan faktor yang berkaitan dengan tingkat ketajaman maupun kejernihan layar pada Hp. Resolusi layar juga berkaitan erat dengan ukuran layar. Kedua faktor ini akan menentukan kepadatan layar dan kehalusan gambar. Kepadatan layar sendiri dikenal dengan satuan ppi atau pixel per inch. Nilai ppi yang tinggi akan menghasilkan gambar yang halus dan padat. Pada smartphone, ada beberapa macam resolusi layar yang biasanya dipakai, yaitu:

  • qHD dengan ukuran resolusi 960 x 540 pixel dan rasio layar 16 : 9. Huruf q pada qHD berarti quarter atau seperempat dari ukuran Full HD.
  • HD (High Definition) dengan ukuran resolusi 1280 x 720 pixel yang juga memiliki rasio layar 16 : 9. Resolusi jenis ini juga dikenal sebagai 720p.
  • WXGA dengan ukuran resolusi 1366 x 768 pixel.
  • FHD (Full HD) dengan ukuran resolusi 1920 x 1080 pixel. Biasanya resolusi layar yang disebut juga sebagai 1080p ini, sesuai untuk Hp dengan ukuran layar 5 sampai 5,5 inch.
  • QHD atau Quad HD dengan ukuran resolusi 2560 x 1440 pixel serta rasio layar 16 : 9. Agar tidak terjadi kekeliruan dengan qHD, resolusi ini biasanya disebut dengan layar 2K atau WQHD (Wide quad HD)
  • UHD atau Ultra HD dengan ukuran resolusi 3840 x 2160 pixel. Resolusi yang paling jernih dan tajam ini memiliki pixel empat kali lebih banyak daripada resolusi FHD.

Pada Hp Android resolusi minimal yang diperlukan agar kualitas yang ditampilkan baik adalah qHD dengan resolusi 960 x 540 pixel.

  • Touch screen dan sensitifitas layar

Fitur touch screen memungkinkan pengguna dapat menjalankan Hp Android dengan sentuhan. Salah satu fitur touch screen yang terdapat pada Android adalah multitouch. Hp Android berfitur ini memungkinkan layar Hp merespon perintah sentuhan lebih dari satu jari.

Selain fitur multitouch, saat membeli Hp Android juga perlu memperhatikan sensitifitas layar Hp. Sensitifitas layar berkaitan dengan kemampuan layar dalam merespon perintah. Semakin baik sensitifitas layar pada Hp, semakin cepat respon perintah sentuhan pada layar Hp berjalan.

Salah satu teknologi layar minimal yang baik untuk Hp Android adalah teknologi IPS atau in-Plane Switches. Teknologi ini mendukung multitouch dan memiliki 16 juta warna. Lebih baik lagi jika tipe layar yang digunakan merupakan gorilla glass yang tahan goresan. Namun, jika akhirnya layar Hp Android yang dibeli tidak menggunakan tipe layar gorilla glass, maka bisa dipasang lapisan anti gores yang akan melindungi permukaan layar dari goresan.

7. Fitur konektifitas yang Lengkap

Di tengah perkembangan media yang pesat seperti sekarang ini, konektifitas menjadi bagian penting pada Hp. Baik untuk memudahkan perpindahan atau pengiriman data, untuk dapat tersambung ke jaringan internet, maupun untuk dapat terhubung dengan gadget lain. Jadi, saat membeli Hp android, pilihlah Hp yang memiliki fitur-fitur konektifitas yang lengkap mulai dari bluetooth, USB port, Wi-Fi, hingga jaringan internet. Jaringan minimal yang dibutuhkan untuk dapat tersambung ke internet adalah 3G atau HSDPA. Saat ini selain 3G, jenis jaringan lain yang biasanya disediakan pada Hp android adalah 4G LTE. Jaringan 4G memungkinkan aktivitas berselancar di internet lebih cepat dibandingkan 3G atau HSDPA.

8. Kapasitas Baterai

Perangkat Hp yang baik adalah yang dapat bertahan lama untuk digunakan. Hal ini berkaitan dengan daya baterai pada perangkat Hp. Daya baterai pada Hp umumnya berkisar antar 2000 mAh sampai 5000 mAh. Nilai 2000 mAh merupakan nilai kapasitas baterai minimum yang umumnya dipakai pada Hp Android. Nilai mAh pada kapasistas baterai menunjukan seberapa lama perangkat bertahan jika digunakan terus menerus. Lamanya waktu pemakaian sebelum baterai Hp benar-benar habis juga berkaitan dengan kebutuhan arus yang dipakai oleh Hp tersebut.

Semakin besar sepesifikasi daya baterai, semakin lama Hp dapat standby untuk digunakan. Namun, lama Hp dapat standby juga dipengaruhi oleh pemakaian daya pada Hp. Konsumsi daya baterai pada Hp dapat dipengaruhi oleh beberapa hal berikut :

  • Spesifikasi processor
  • Jenis layar yang dipakai pada Hp
  • Resolusi layar Hp yang dimiliki
  • Jumlah aplikasi yang tetap berjalan di background
  • Penggunaan jaringan internet
  • Sistem operasi yang digunakan

Baca Juga: Penyebab hp Bootloop.

9. Kapasitas Memori Internal

Memori internal merupakan media penyimpan pada internal Hp untuk menyimpan aplikasi, maupun file (seperti foto, lagu, ataupun dokumen). Memori internal yang kecil pada Hp pada umumnya dapat dibantu atau diatasi dengan penggunaan memori eksternal. Namun, biasanya memori eksternal hanya dapat menyimpan file saja, sedangkan untuk beberapa aplikasi tertentu masih tetap disimpan menggunakan memori internal. Hal ini akan menimbulkan masalah saat aplikasi pada Hp banyak, tetapi kapasitas memori internal tidak cukup. Salah satu masalah yang timbul adalah kinerja Android akan melambat. Oleh karena itu, memori internal Hp yang dipilih harus diperhatikan agar sesuai dengan perkiraan kebutuhan untuk aplikasi maupun data file.

10. Resolusi Kamera Jernih

Kamera menjadi salah satu fitur penting dalam Hp, terutama jika suka mengabadikan momen dalam foto ataupun video. Baik dengan kamera belakang (utama) maupun dengan kamera depan yang biasanya digunakan untuk selfie. Agar menghasilkan foto yang bagus, resolusi kamera yang dimiliki harus baik dan jernih. Pada umumnya resolusi minimum pada Hp Android adalah 5 MP. Semakin tinggi resolusinya, maka hasil jepretan Anda juga bagus.

Saat ini sudah banyak sekali hp Android yang sudah mendukung hobi fotografi. Bahkan bukan hanya resolusi saja yang tinggi, banyak merk Hp berbasis Android yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti OIS, dual flash, Autofocus, face detection dan lainnya. Selain itu, sekarang sudah mulai banyak vendor yang mendesain kamera depan begitu canggih sehingga mampu menghasilkan foto selfie yang jernih dan cerah.

Baca juga: Daftar Hp Kamera Terbaik.

11. Desain yang Elegan dan Nyaman

Selain spesifikasi dan fitur yang terdapat pada Hp Android, desain juga menjadi faktor pertimbangan yang tidak kalah penting. Desain Hp Android yang saat ini dijual dipasaran juga sangat beragam, dengan variasi bentuk serta tingkat ketipisan Hp. Desain Hp yang elegan serta warna yang sesuai tidak akan membuat pengguna cepat bosan. Selain itu, desain Hp yang baik memungkinkan Hp menjadi nyaman untuk digenggam dan digunakan. Pilihan warna hp yang tepat juga akan menambah tingkat keeleganan hp. Pilih sesuai keinginan dan minat Anda.

12. Membeli Hp Langsung dari Galeri Resminya

Membeli Hp langsung dari galeri resminya lebih menguntungkan dan aman dibandingkan beli secara online. Anda juga bisa bertanya ke galeri tersebut, jika terdapat suatu masalah yang tidak diinginkan pada Hp, serta dapat menjamin keaslian Hp android tersebut. Karena sekarang mulai banyak produsen dan distributor nakal yang memproduksi Hp palsu atau replika dengan harga murah. Bila Anda tidak teliti dan hanya tergiur oleh harganya yang murah, maka Anda bisa kena tipu. Biasanya produsen nakal tersebut menggunakan bahan murah untuk membuat replika hp Android dan juga fitur-fiturnya tidak akan selengkap hp asli. Maka dari itu hindari penjualan hp blackmarket bila menginginkan hp yang kualitasnya asli.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian Hp Samsung.

Sponsors Link

13. Service Center Mudah Dijangkau

Pada saat membeli Hp Android, pilihlah merek atau brand Hp yang memiliki beberapa layanan service center terdekat. Jadi, saat Hp Android yang dibeli mengalami gangguan, lebih mudah menghubungi layanan service center untuk memperbaiki gangguan atau kerusakan yang terjadi. Selama masih ada garansi dan bila mau aman, sebaiknya Anda langsung ke service center apabila Hp mengalami kerusakan. Karena pihak service center tentu lebih mengerti seluk beluk Hp yang Anda beli.

14. Ketersediaan Aksesoris Tambahan

Adanya aksesoris yang mendukung akan membuat Hp android bekerja semakin maksimal. Aksesoris tambahan yang semakin melengkapi kinerja Hp contohnya berupa speaker, maupun headset. Pastikan Hp yang dibeli memiliki aksesoris tambahan yang berfungsi dengan baik. Bila Hp Anda bukan menggunakan baterai tanam, maka sebaiknya Anda juga pastikan bahwa bila suatu saat baterai mengalami masalah, mudah untuk mencari gantinya. Begitu juga halnya dengan kabel USB dan charger.

15. Keunggulan Hp Android

Faktor keunggulan pada Hp android berkaitan dengan merk/brand yang akan dipilih. Masing-masing merk Hp memiliki keunggulan maupun kelemahan tersendiri. Keunggulan ini dapat dilihat pada fitur-fitur yang terdapat pada Hp, mulai dari kamera, desain, baterai maupun audio. Seperti Hp keluaran Oppo yang memiliki keunggulan berupa fast charging dan resolusi kamera yang tinggi. Atau seperti keluaran Samsung yang memiliki fitur serta aplikasi yang melimpah. Setiap vendor Hp tentu memberikan keunggulan yang berbeda-beda untuk setiap Hp yang diluncurkan. Pastikan Anda mendapatkan hp yang memiliki keunggulan sesuai dengan apa yang Anda cari.

16. Mencari Infomasi Mengenai Hp Android

Sebelum membeli Hp Android, sangat penting untuk mencari informasi mengenai Hp android melalui internet. Informasi mengenai Hp Android tersebut dapat berupa:

  • Ulasan perbandingan spesifikasi berbagai tipe Hp Android.
  • Ulasan kelebihan dan kekurangan tipe Hp Android yang saat ini dijual dipasaran.
  • Tanggapan atau pengalaman pengguna lain.

Pencarian informasi ini dapat Anda gunakan sebagai referensi agar tidak salah membeli tipe Hp android ataupun kecewa setelah membelinya.

17. Bandingkan Spesifikasi Hp

Setelah memperhatikan berbagai spesifikasi pada Hp Android yang diinginkan, bandingkan pula spesifikasi pada Hp tersebut dengan Hp android yang spesifikasinya lebih tinggi. Perbandingan spesifikasi dapat dilakukan sekaligus dengan membandingkan harga kedua Hp tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tipe Hp Android yang mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Anda juga dapat membadingkan hp antara satu merk dengan merk lainnya. Karena biasanya ada beberapa merk Hp yang memiliki spesifikasi hampir sama. Dengan melihat beberapa perbandingan, tentu akan semakin mempermudah Anda untuk mendapatkan kualitas Hp yang bagus sesuai dengan standart atau selera Anda.

18. Sesuaikan Harga dan Budget

Harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas barang. Namun, tak selalu barang yang murah adalah barang yang tidak berkualitas, karena saat ini cukup banyak Hp murah dengan kualitas yang bagus. Maka saat membeli Hp Android, pertimbangan harga dapat dipertimbangkan lagi setelah mempertimbangkan kebutuhan dan spesifikasi fitur Hp. Selain itu, saat membeli Hp tentunya harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki, agar kantong tidak terkuras banyak. Mengikuti lifestyle boleh saja, tapi sesuaikan dengan kapasitas Anda saat ini. Jangan karena ingin terlihat keren, Anda jadi menghabiskan banyak uang untuk membeli Hp. Padahal ada banyak kebutuhan lain yang jauh lebih penting.

Baca juga: Daftar Hp Termahal di Indonesia.

Contoh Rekomendasi Hp Android

Diantara banyak merek Hp android yang saat ini bermunculan di pasaran, seperti Samsung, Asus, Xiaomi, Vivo, Oppo, HTC, Huawei, LG, Sony, Lenovo, Acer, Polytron, Advan, Google pixel dan lain sebagainya. Salah satu tipe Hp Android yang mungkin dapat dipertimbangkan untuk dibeli adalah Xiaomi Redmi Pro. Dengan spesifikasi Hp yang cukup berkualitas, namun dibrandol dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan produk kompetitor lainnya. Xiaomi Redmi Pro ini terbagi menjadi tiga tipe, yaitu:

  • Xiaomi Redmi Pro Standard Edition

Xiaomi Redmi Pro Standard Edition

Spesifikasi:

  • Layar 5.5 inches AMOLED dengan resolusi 1080 x 1920 pixel
  • Baterai 4050 mAh
  • Sensor Fingerprint
  • RAM 3 GB
  • CPU Mediatek Helio X20 Deca-core 2.1 GHz
  • OS Android v6.0 Marshmallow
  • Kamera utama 13 MP (utama) + kamera depan 5 MP
  • Memori 32 GB + micro SD 256 GB
  • Jaringan 4G LTE
  • Harga Rp 2.950.000,-

 

  • Xiaomi Redmi Pro High Edition

Spesifikasi:Xiaomi Redmi Pro High Edition

  • Layar 5.5 inches AMOLED dengan resolusi 1080 x 1920 pixel
  • Baterai 4050 mAh
  • Sensor Fingerprint
  • RAM 3 GB
  • CPU Mediatek Helio X25 Deca-core 2,3 GHz
  • OS Android v6.0 Marshmallow
  • Kamera utama 13 MP (utama) + kamera depan 5 MP
  • Memori 64 GB + micro SD 256 GB
  • Jaringan 4G LTE
  • Harga : Rp 3.345.000,-

 

  • Xiaomi Redmi Pro Exclusive Edition

Xiaomi Redmi Pro Exclusive Edition

Spesifikasi:

  • Layar 5.5 inches AMOLED dengan resolusi 1080 x 1920 pixel
  • Baterai 4050 mAh
  • Sensor Fingerprint
  • RAM 4GB
  • CPU Mediatek Helio X25
  • Deca-core 2.5 GHz
  • OS Android v6.0 Marshmallow
  • Kamera utama 13 MP (utama) + kamera depan 5 MP
  • Memori 128 GB + micro SD 256 GB
  • Jaringan 4G LTE
  • Harga : Rp 3.945.000,-

Namun, pada akhirnya keputusan membeli tipe Hp Android yang sesuai kembali lagi kepada pengguna. Dengan memperhatikan serta menyesuaikan kebutuhan pemakaian Hp, spesifikasinya maupun budget yang tersedia, maka hp yang dibeli akan menjadi sesuai dan bermanfaat. Nah, demikian sekilas tips membeli Hp Android yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli Hp Android baru, agar tidak salah membeli Hp ataupun kecewa setelah Hp dibeli.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi