Sponsors Link

3 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka Di Android

Sponsors Link

Menjalankan Handphone yang berbasis Android adalah hal yang menyenangkan, terutama bagi pengguna pengguna yang suka bermain dengan isi dari gawai mereka, terutama pada fitur aplikasi. Aplikasi aplikasi yang ditawarkan didunia maya sangat bermacam macam, baik dari segi kegunaan ataupun dari segi jenis, dan tak sedikit dari aplikasi itu membutuhkan applikasi lain agar dapat saling menunjang kegunaan, seperti Adobe reader, yang digunakan untuk membuka file berekstensi “.pdf”.

ads

Bagai para teman teman penggemar Android yang sudah di root, sering menemukan tiba tiba apk yang akan di install gagal di buka, atau pun sering crash padahal sudah masuk ke loading screen. Penyakit memang sering ditemukan pada pengguna Android yang sudah di root, namun sebenarnya masalah yg sering dialami adalah applikasi yang bukan dari Google Play store, tapi aplikasi tambahan yang di download dari developer gelap, atau sering disebut developer tidak resmi/bersertifikat.

Nah, selain mendapatkan applikasi dari developer yang tidak resmi, ada juga beberapa factor kenapa suatu applikasi atau file tidak bisa dibuka di Android. Berikut kami cantumkan penyebabnya dan cara mengatasinya.

1. Download file dari browser dan muncul kata “can’t open file”.

Ini sering sekali para pengguna gawai alami, baik anak anak muda maupun orang tua, baik yang ahli gawai maupun pengguna biasa. Penyebab tidak bisanya file dibuka sering terjadi karena 2 hal :

  • Tidak ada applikasi pendukung yang bisa membantu membuka file tersebut, contoh seperti file .pdf, jika kita ingin membuka file .pdf di gawai kita, maka harus ada applikasi pendukung yang dapat membaca file tersebut, seperti Adobe Reader, atau OfficeSuite. Hal ini juga berlaku untuk file file yang memiliki extensi lain, seperti .docx, .exe, .zip.
  • Web browser, karena teman teman sekalian download dari browser, ada beberapa browser yang tidak support untuk membuka file yang di download, apapun jenis filenya. Nah mengatasi cara ini sangat simple, kebanyakan Smart Phone sekarang sudah dilengkapi dengan file manager, kalau Smart Phone anda belum punya, silahkan download file manager di play store. Membuka file melalui file manager sangat mudah, dan file manager juga dapat membantu dalam pengsortiran file, biar ga ribet kalau nyari file.

2. File tidak terdownload dengan sempurna

Seringnya kita download menggunakan Wi-Fi bukan? Terlebih lagi kalau kita lagi ga punya kuota internet, atau mendownload suatu applikasi yang butuh banya space, sehingga menggunakan Wi-Fi adalah opsi yang sangat prima, namun, tak sering juga kita dalam posisi buru buru sehingga kita asal jalan dan lupa kalau kita sedang mendownload file.

Nah, setelah kita sadar kita sedang download file, ternyata file tidak bisa dibuka, alasan yang sering terjadi simple, yaitu file yang kita download corrupt, atau tida terdownload dengan sempurna, walaupun pada status download sudah terindikasi bahwa downloadnya sukses. Cara mengetahui hal ini adalah, dengan mengunjungi lagi situs dimana teman teman mendownload, dan membandingkan besar file di situs itu, dan yang sudah terdownload, kalau file yang ada di situs lebih besar, maka caranya adalah, teman teman download ulang file tersebut, sesederhana itu saja

3. Mendownload dari sumber yang tidak terpercaya

Salah satu faktor dari applikasi yang tidak bisa dibuka, biasanya terjadi saat kita mendowload dari suatu tempat yang belum tentu memiliki asal yang terjamin, seperti situs download gratisan yang disaat sama filenya berbayar. Nah Smart Phone kita memiliki system dimana saat kita mencoba install applikasi, harus melewati tempat pengecekan apakah asal dari applikasi tersebut dapat dipercaya atau tidak. Hal ini berfungsi agar pengguna selalu waspada dan mengerti bahwa applikasi yang akan di install adalah applikasi yang mungkin berbahaya bagi Smart Phone teman teman sekalian.

Sponsors Link

Namun fitur ini dapat di non-aktifkan, nah, walaupun bisa di non-aktifkan, penulis sangat menyarankan buat para pengguna untuk berhati hati dan tidak asal install applikasi, karena bisa saja applikasi itu memiliki virus yang berbahaya, ataupun dapat mempengaruhi kinerja Smart Phone teman teman secara signifikan. Namun demi pembelajaran, akan di jelaskan. Caranya mudah, hanya masuk ke pengaturan lalu applikasi lalu “unknown sources”.

Nah itulah kumpulan dari masalah masalah yang sering dihadapi para pengguna Smart Phone atau gawai, keseringan permasalahan terjadi karena kelalaian kita dapat meng organisir gawai kita, kadang juga karena kita masih belum memahami pasangan dari suatu file dan applikasi yang dibutuhkan.

Ada lagi 1 masalah yang penulis pernah alami, yaitu applikasi tidak bisa dibuka karena masalah header http, namun kasus ini jarang sekali ditemuka, dan biasanya ditemukan pada Android yang sudah di root, dan memiliki banyak software yang diinstall yang berasal dari situs situ sang tidak terpercaya. Semoga membantu!!

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi