Sponsors Link

3 Bahaya Force GPU Rendering pada Android

Sponsors Link

Dalam dunia digital saat ini, banyak sekali ditawarkan berbagai merk hp terbaik dan fitur terbaru Android yang menarik. Tidak hanya tampilan luar yang trendy dan up to date, tapi aplikasi software yang ditawarkan pun beragam mulai dari yang biasa sampai yang tercanggih. Semua banyak pilihan tinggal Anda yang menentukan pilihan mana yang Anda sukai dan butuhkan.

ads

Tampilan luar saja tidak cukup untuk menilai handphone Anda layak atau tidak layak dibeli, hanya saja pertimbangan seperti menu dan aplikasi yang tersedia menjadi salah satu nilai lebih dalam sebuah gadget android atau lainnya. Tentu Anda tidak ingin perangkat pintar Anda mengalami kerusakan lebih awal atau hanya sekedar hang pada saat menggunakan beragam aplikasi. Untuk itu bahasan kali ini berupa bahayanya Force GPU Rendering atau yang ada di dalam fungsi mode pengembang.

Sebelum mengupas terlalu jauh, kita cari tahu dulu apa itu rendering ? rendering yaitu proses menampilkan atau menampakkan gambar melalui data atau aplikasi yang ada biasanya berbentuk objek yang disertai sudut pandang, pencahayaan, tekstur, dan lain sebagainya. Alhasil mampu menghasilkan satu output berupa gambar-gambar digital yang menarik

Proses rendering ini juga dapat melakukan berbagai fungsi seperti :

  • Memainkan aplikasi berbagai permainan / games
  • Dapat memutar dan menampilkan Video
  • Menampilkan gambar
  • Menghindari adanya kelemahan pada saat Anda mengakses ponsel pintar

Tidak jarang pula sering kita menemukan Android yang lemot, tiba-tiba hangs bahkan mati seketika tanpa jelas penyebabnya. Hal ini bisa terjadi pada siapapun termasuk Anda. Selain berfungsi seperti diatas, bahaya Force GPU Rendering juga sering ditemukan, seperti:

  • Performa Handphone Android Tidak Maksimal / Lemot

Yang dimaksud dengan performa tidak maksimal yaitu tugas GPU rendering pada ponsel Anda berguna sebagai pengatur komponen dan kerja sistem dalam ponsel Android Anda. Jika Anda memaksakan menggunakan atau mengaktifkan GPU rendering, maka jangan heran jika Anda menemukan hal yang tidak diinginkan contoh, pada saat Anda memainkan permainan tiba-tiba grafik gambar mengalami patah-patah atau saat memutar video dengan kualitas tinggi lag /FPS (frame per second) berkurang.

Hal ini disebabkan karena GPU rendering aktif. Hal lain yang berdampak yaitu handphone Anda sering lola atau lemot, sehingga pada saat akan menggunakan aplikasi yang lain harus menutup aplikasi yang lain pula. Atau terkadang lama – kelamaan handphone menjadi hang, tentu saja jika hal ni yang terjadi mau tidak mau ponsel Anda harus dimatikan atau di reboot terlebih dahulu.

  • Handphone Android Menjadi Cepat Panas

Dengan diaktikannya GPU rendering tersebut, masalah yang muncul adalah pada saat handphone Anda menyala dan dalam kondisi aktifitas tinggi seperti : main games, menonton video atau sekedar buka web dan chatting. Alhasil Anda akan merasakan hawa panas langsung terasa ditangan Anda, hal ini karena ponsel Anda dipaksa untuk mengakses data yang sangat tinggi. Dan tentu ini salah satu efek aktifnya GPU rendering. Pengaruh ini juga dapat berdampak pada kesehatan tangan Anda, jika Anda memiliki kulit sensitif tangan akan panas, merah, kesemutan, iritasi dan baal. Tentulah hindari pemakaian handphone dalam waktu lama.

  • Baterai Handphone Menjadi Cepat Boros

Bahaya Force GPU Rendering selanjutnya adalah baterai hp cepat boros. Karena terlalu memaksakan aktivitas data yang tinggi, juga efek mengaktifkan GPU render maka siap-siap saja jika batu baterai ponsel Anda setiap hari harus diisi ulang kembali. Selain batu baterai yang boros tentu jika dampak panjangnya Anda akan diharuskan mengganti batu baterai lama dengan batu baterai yang baru. Kebiasaan menyolok dan mencabut handphone pada saat pengisian daya baterai juga berdampak baterai akan cepat haus. Selain itu juga handphone Anda menjadi mudah rusak, terutama dibagian lubang tempat Anda mengisi daya. Baca juga mengenai cara mengatasi baterai tanam yang drop.

Sponsors Link

Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk memasang aplikasi pada ponsel sebaiknya cari tahu mengenai informasi yang ada. Sehingga tidak menimbulkan efek buruk pada handphone Anda, apalagi jika Anda tidak terlalu menguasai teknologi, hal ini justru bukan menjadi keuntungan. Istilah awamnya, percuma HP mahal tapi tidak pandai mengoperasikannya. Baca juga mengenai cara menjadikan Android sebagai modem.

Handphone yang Anda gunakan juga memerlukan waktu untuk beristirahat, pemakaian yang melebihi batas normal membuat ponsel Anda akan haus lama-kelamaan alias rusak. Jika Anda memilih handphone mahal sekalipun,  jika proses rendering memiliki efek buruk tentu Anda akan mencari solusi aplikasi lain, tidak dipungkiri pada setiap ponsel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagi Anda yang hanya menggunakan ponsel sebagai alat komunikasi biasa seperti pada umumnya, bukan sebagai alat dalam artian membutuhkan teknologi kelas tercanggih, alangkah baiknya pergunakanlah ponsel berkelas normal atau sederhana saja. Terkecuali jika Anda benar-benar seorang Multimedia Cholic tentu mencari ponsel dengan kapasitas dan teknologi super tinggi. Oleh sebab itu sesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam penggunaan media handphone. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi