Sponsors Link

20 Cara Menghemat Kuota Internet di Hp Android dan iPhone

Sponsors Link

Saat ini, internet menjadi salah satu kebutuhan yang sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, mulai dari kegunaan komunikasi, pencarian informasi, hingga hiburan. Tanpa disadari penggunaan internet bisa menjadi sangat boros dan cepat sekali menghabiskan kuota data, padahal harga kuota internet yang ditawarkan sejumlah provider juga tidak murah. Pemakaian kuota yang boros bukan hanya disebabkan oleh pengguna, tapi juga bisa karena data yang terpakai namun tidak disadari seperti aplikasi berjalan dibelakang layar, maupun iklan yang bertebaran.

ads

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan data. Apa saja caranya? Berikut cara menghemat kuota internet:

1. Gunakan Kualitas Streaming yang Lebih Rendah

Menonton video atau film dari internet dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengusir kebosanan. Namun, menonton secara online atau streaming tentu saja membutuhkan kuota data yang lebih banyak. Agar tidak boros kuota, pengguna dapat memanfaatkan pengaturan fitur kualitas video saat berstreaming. Layanan streaming di internet pada umumnya menyediakan beragam kualitas dan ukuran video, mulai dari yang berkualitas paling bagus hingga yang kualitasnya lebih rendah. Pilihlah kualitas video yang lebih rendah sehingga kuota yang dipakai lebih sedikit. Ini merupakan cara yang cukup ampuh bagi pengguna yang ingin menonton online namun tidak boros kuota. Penurunan kualitas video juga dapat membuat streaming lebih lancar dan mengurangi buffer.

Baca juga: Aplikasi Edit Video Terbaik Android.

2. Simpan Musik dan Video secara Offline

Saat ini ada berbagai media yang menyediakan video dan musik yang dapat didengarkan secara online, seperti misalnya Youtube, Joox, atau Spotify. Selain mudah diakses, video atau musik yang didengarkan secara online tidak perlu disimpan dan membuat memori smartphone penuh. Tetapi, hal ini akan menyebabkan pemakaian kuota menjadi boros, daya smartphone juga akan terkuras. Akan lebih hemat apabila pengguna mendengarkan musik atau menonton video secara offline. Pengguna dapat memanfaatkan pilihan offline agar tidak harus selalu mengunduh setiap kali ingin memutar musik atau video.

Baca juga: Aplikasi Pemutar Musik iPhone.

3. Aktifkan Data Saver pada Chrome

Sering berselancar menggunakan browser Chrome? Kegiatan browsing juga termasuk ke dalam salah satu aktivitas yang membuat kuota data sering habis. Bagaimana cara browsing dengan kuota yang lebih sedikit? Jika Anda menggunakan browser Chrome, browser ini mempunyai fitur penghemat data yang bisa digunakan untuk menghemat kuota.

Fitur yang dinamakan Data Saver ini memiliki kemampuan untuk mengompres ukuran gambar dan laman web yang dibuka hingga mencapai 50%. Fitur ini juga dapat diaktifkan dengan mudah, yakni melalui menu pengaturan pada Chrome. Pada menu pengaturan, pilih dan aktifkan sub menu Data Saver. Ketika Data Saver diaktifkan, pengguna dapat melihat ukuran laman sebelum dikompresi, setelah dikompresi, serta seberapa besar penghematan data yang dilakukan.

Baca juga: Browser Android Terbaik.

4. Gunakan Browser yang Lebih Efisien

Selain dengan menggunakan fitur data saver, pengguna juga dapat menghemat data browsing dengan menggunakan browser yang lebih efisien. Misalnya saja browser seperti Opera Mini. Dengan browser yang efisien seperti Opera Mini, konsumsi data saat browsing menjadi lebih sedikit. Hal ini dikarenakan browser yang digunakan, bukan hanya mampu mengompresi situs laman web beserta gambar didalamnya. Opera memiliki kemampuan untuk mengompresi video juga. Fitur ini memungkinkan kuota pengguna aman saat berstreaming, terutama jika streaming video terputar secara tidak sengaja. Pengaturan kompresi video dapat dilakukan dengan membuka menu Pengaturan dan Data Savings pada browser Opera.

Baca juga: Browser Iphone Terbaik.

5. Atur Penggunaan Aplikasi Facebook

Facebook merupakan salah satu aplikasi yang dikenal cukup boros dalam konsumsi kuota dan baterai. Pasalnya, saat pengguna sudah menutup aplikasi, Facebook akan tetap berjalan di background dan memunculkan berbagai notifikasi serta chat. Hal ini menyebabkan pemakaian data background pada Facebook membengkak tanpa pengguna menyadarinya.

Kebanyakan pengguna baru akan menyadari hal ini saat kuota tiba-tiba habis. Padahal jarang menggunakan internet, Youtube, serta Facebook, atau justru malah tidak menggunakannya sama sekali. Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat menggunakan Facebook Lite atau mengakses laman Facebook melalui browser. Atau pengguna dapat mengatur data background Facebook pada menu pengaturan pada hp. Melalui cara ini, aplikasi tidak akan berjalan di background sehingga akan lebih menghemat data.

Baca juga: Aplikasi Internet Gratis Android.

Sponsors Link

6. Gunakan Aplikasi dan Game Offline

Aplikasi yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Play Store maupun App Store sangat banyak jenisnya. Diantara berbagai aplikasi tersebut, ada banyak aplikasi yang dapat digunakan tanpa perlu terhubung dengan internet. Menggunakan aplikasi dan game offline merupakan cara menghemat kuota dan menghindari pemborosan internet, yang wajib Anda coba.

Baca juga: Game iPhone Gratis Terbaik.

7. Nonaktifkan Fitur Auto-update

Aplikasi yang kita install pada smartphone selalu diperbaharui sehingga perlu dilakukan update secara berkala. Update aplikasi dengan Google Play Store akan menguras data internet seluler yang Anda miliki. Apalagi jika aplikasi yang diupdate bukan hanya satu atau dua aplikasi. Untungnya, Google Play Store memiliki pengaturan pada fitur updatenya. Untuk dapat mengaturnya, masuklah pada bagian Pengaturan dan Auto-update apps. Ubahlah pilihan “Auto-update apps” dengan “ Do not auto-update apps” atau “Auto-update apps over wifi only”.

Pada iPhone auto-update dapat dilakukan pada menu pengaturan dan sub menu iTunes & App Store. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat memilih dan membatasi layanan apa saja yang perlu mendapat pembaruan secara otomatis. Tanpa auto-update, pemakaian data internet akan jauh lebih hemat.

Baca juga: Cara Mengatasi Lag pada Android.

8. Pantau Penggunaan Data Internet

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap pemakaian data seluler pada smartphone Anda. Dengan membuka menu Pengaturan dan sub menu Data Usage, pengguna dapat melihat grafik pemakaian data internet pada periode yang diinginkan. Fitur ini akan menampilkan total data internet yang dipakai, aplikasi apa saja yang memakan data serta berapa ukuran data internet yang terpakai oleh masing-masing aplikasi. Pada bagian Data Usage, terdapat fitur data warning dan mobile data limit yang bisa diaktifkan. Fitur data warning akan membatasi penggunaan mobile data total. Jika data yang dipakai telah melebihi batas data warning, maka akan muncul notifikasi peringatan dan mobile data akan mati secara otomatis.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android.

9. Batasi Penggunaan Data Background

Aplikasi pada smartphone umumnya akan memakan kuota data saat sedang dipergunakan. Namun, tak jarang pula, aplikasi menyedot kuota saat aplikasi telah ditutup. Atau dengan kata lain, aplikasi ini masih berjalan di background. Penggunaan data pada background seringkali tidak disadari, dan tiba-tiba membludak.

Data background pada aplikasi dapat diatur dan dibatasi dengan fitur “Restrict Background Data”. Fitur ini berada pada menu Pengaturan tepatnya pada sub menu Data Usage. Pengaktifan mode ini akan membuat aplikasi hanya memakai kuota data pada saat pengguna memakai aplikasi saja dan tidak berjalan saat perangkat sedang dikunci. Kekurangannya adalah notifikasi yang masuk ke smartphone akan terhambat.

Untuk pengguna iPhone, pengaturan background data dapat dilakukan pada pengaturan general pada Background App Refresh. Fitur ini dapat digunakan untuk mematikan semua background data yang berjalan pada aplikasi, atau pada beberapa aplikasi tertentu saja.

Beberapa aplikasi juga memiliki fitur ini di dalam pengaturan aplikasinya. Salah satunya adalah aplikasi Snapchat. Fitur yang dimilikinya bernama “Travel Mode”. Fitur ini memungkinkan penggunaan data menjadi lebih hemat karena aplikasi tidak mendownload konten di background saat tidak terhubung ke wifi.

Baca juga: Cara agar Hp Tidak Lemot.

Sponsors Link

10. Hapus Aplikasi yang Banyak Memakan Data

Jika sudah mengetahui aplikasi mana yang memboroskan banyak kuota, lakukan pembatasan terhadap penggunaan data tersebut, terutama pada data background yang cenderung tidak disadari. Jika cara ini tetap tidak berhasil dan data tetap terbuang percuma, pertimbangkan untuk meng-uninstall aplikasi tersebut. Apalagi jika aplikasi ini jarang digunakan ataupun kurang begitu penting. Meng-uninstall aplikasi ini akan mengurangi beban kuota yang terlalu banyak. Selain itu, konsumsi daya baterai juga bisa menurun, sehingga smartphone bisa standby lebih lama.

Baca juga: Cara Menghemat Baterai Android.

11. Gunakan Navigasi Offline

Ditengah kamajuan zaman, mencari alamat atau tempat yang belum pernah dikunjungi menjadi sangat mudah, yakni hanya perlu memanfaatkan aplikasi navigasi dan GPS pada smartphone. Namun, aplikasi navigasi juga memerlukan jaringan internet untuk dapat digunakan, dan data yang dipakai juga tidak sedikit. Aplikasi seperti Google Maps atau Waze cukup menguras data internet seluler. Untuk menanggulanginya, bisa gunakan navigasi offline. Fitur ini dapat dijalankan dengan menyimpan peta terlebih dahulu, sebelum membukanya kembali secara offline. Penyimpanan peta bisa memanfaatkan jaringan wifi.

Baca juga: Aplikasi GPS Android.

12. Hindari Download maupun Upload Gambar/Video Berukuran Besar

Jika tidak terlalu penting, jangan mendownload ataupun mengupload gambar maupun video berukuran besar dengan data seluler. Karena mendownload gambar ataupun video berukuran besar dapat menguras kuota yang cukup banyak. Manfaatkan fasilitas jaringan wifi disekitar Anda untuk kegiatan download dan upload ini.

Pada beberapa aplikasi, misalnya saja Whatsapp, gambar dan video bisa terdownload secara otomatis. Hal ini akan memakan kuota apabila ukuran gambar dan video yang diterima terlalu besar. Untuk menghindarinya itu, dapat dilakukan pengaturan data pada aplikasi Whatsapp, dengan menonaktifkan fitur auto download. Caranya dengan membuka menu pengaturan pada Whatsapp, kemudian masuk ke bagian data usage. Pada bagian media auto download, atur tipe file mana saja yang akan terdownload dengan mobile data, dan mana yang terdownload dengan wifi.

Baca juga: Aplikasi Chat Buatan Indonesia.

13. Manfaatkan Fasilitas Wifi yang Tersedia

Sedang berada di tempat umum seperti cafe atau mall? Cobalah untuk mencari dan memanfaatkan wifi yang tersedia pada tempat tersebut. Baik untuk browsing, mengupdate aplikasi dari Google Play Store, streaming musik dan video, maupun mengunduh data musik dan video untuk ditonton secara offline. Hal ini akan membuat pemakaian kuota internet Anda menjadi lebih irit. Pasalnya mengupdate aplikasi, streaming, maupun download video akan memakan kuota data internet yang cukup banyak jika Anda menggunakan data seluler pribadi.

Anda juga dapat mengatur waktu saat mengaktifkan mobile data pada smartphone Anda. Pada saat tidur, misalnya, Anda tidak perlu menyalakan mobile data karena cenderung tidak terpakai. Hal ini akan membantu menghemat pamakaian data internet, selama Anda beristirahat.

Baca juga: Cara agar Smartphone Awet.

ads

14. Hindari Mengaktifkan Semua Aplikasi

Mengaktifkan semua aplikasi secara bersamaan akan membuat data selular menjadi cepa habis, apalagi jika semua aplikasi yang ada di smartphone adalah aplikasi yang bekerja dengan koneksi internet. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah borosnya kuota karena hal ini adalah dengan mengatur penggunaan aplikasi pada smartphone. Terutama dengan hanya mengaktifkan aplikasi yang sering digunakan saja. Tips ini dapat diatur dengan mudah oleh pengguna iPhone pada menu pengaturan dan sub menu data selular.

Baca juga: Kelebihan Android Marshmallow.

15. Manfaatkan Fitur Airplane Mode

Fitur airplane mode merupakan salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat data. Anda bisa mengaktifkan fitur ini ketika sedang di perjalanan atau dalam kondisi yang tidak boleh menggunakan smartphone. Jika tidak digunakan, ada baiknya Anda mengaktifkan fitur ini agar kuota internet tidak berjalan terus dan terbuang percuma.

Baca juga: Kelebihan Android Nougat.

16. Manfaatkan Aplikasi Mailbox untuk Email

Mengakses email, dan mengunduh lampiran pada email merupakan salah satu aktivitas pada smartphone yang menyebabkan kuota internet mudah terkuras. Untuk menghindari kuota yang banyak tersedot melalui aktivitas beremail ini, Anda dapat menggunakan aplikasi Mailbox. Aplikasi ini mendukung berbagai platform smartphone dan dapat diunduh pada Google Play Store dan App Store. Mailbox sangat cocok dan efektif bagi pengguna yang selalu menggunakan email untuk berkomunikasi. Aplikasi ini tidak memakan banyak kuota saat ingin mengakses email.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Cina.

17. Hindari Pemakaian Kuota Ponsel untuk Tethering

Pernah merasa tidak nyaman saat browsing dengan smartphone, lalu akhirnya menggunakan data untuk tethering atau sumber wifi pada laptop? Penggunaan fitur tethering akan menyebabkan pemakaian data seluler membludak. Pasalnya, browsing dengan laptop atau komputer membutuhkan kuota yang lebih besar daripada menggunakan smartphone. Agar pemakaian kuota lebih hemat, hindari menggunakan kuota seluler dari smartphone untuk wifi laptop apabila tidak terpaksa.

Baca juga: Cara agar Hp Tidak Panas.

18. Gunakan Aplikasi untuk Menghindari Iklan

Saat berselancar di internet maupun saat menggunakan aplikasi, seringkali ada iklan yang tiba-tiba muncul dan mengganggu kenyamanan penggunaan smartphone. Selain membuat kesel, iklan yang muncul ini juga dapat mengakibatkan kuota internet tersedot begitu saja. Apalagi jika iklan yang muncul merupakan iklan aplikasi sehingga saat tidak sengaja terbuka, aplikasi yang diiklankan langsung terdownload dan terinstall tanpa dikehendaki. Iklan yang bertebaran di dunia maya ini, dapat dihindari dengan menggunakan aplikasi anti iklan seperti Adblockplus, Adaway, Adfree ataupun Lucky Patcher.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Iklan di Android.

19. Gunakan Aplikasi Kompresi Data

Selain mengompersi pemakaian data secara manual, ada juga aplikasi yang bisa digunakan untuk mengompresi data. Adalah Onavo Extend, salah satu aplikasi yang dikembangkan secara khusus untuk menghemat penggunaan data. Aplikasi ini dapat membantu menghemat dan menganalisa pemakaian data pada Play Store atau App Store, laman web, Youtube, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga akan menyediakan fitur seperti data usage, yang akan menunjukan penggunaan data selama periode waktu tertentu.

Baca juga: Aplikasi Anti Lemot.

20. Nonaktifkan Sinkronisasi yang Tidak Diperlukan

Satu lagi cara yang dapat digunakan untuk menghemat pemakaian data adalah dengan menonaktifkan sinkronisasi pada aplikasi. Sinkronisasi merupakan salah satu fitur yang ada pada aplikasi untuk menyelaraskan atau mengupdate data pada smartphone, misalnya pada email yang akan otomatis melakukan sinkronisasi begitu pengguna melakukan login. Dalam pemakaiannya, tidak semua aplikasi memerlukan sinkronisasi segera, sehingga tidak perlu untuk selalu mengaktifkan fitur sinkronisasi pada semua aplikasi. Cukup nonaktifkan pada beberapa aplikasi yang tidak diperlukan atau jarang digunakan saja. Atau bisa juga mengatur fitur sinkronisasi ke mode sinkronisasi manual.

Pada iPhone, salah satu layanan sinkronisasi yang cukup menguras kuota adalah sinkronisasi iCloud Photo Library. Layanan ini akan terus mensinkronisasi gambar dan video dari iPhone ke penyimpanan iCloud. Meskipun bisa mengakses semua media dengan mudah, aplikasi ini cukup menyedot kuota yang cukup besar. Untuk penggunaan yang lebih hemat, sinkronisasi iCloud Photo Library dapat dimatikan sehingga tidak terlalu boros.

Baca juga: Fungsi USB OTG.

Demikian sekilas informasi mengenai cara menghemat kuota yang bisa Anda coba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi