Sponsors Link

4 Cara Meningkatkan Kualitas Kamera Depan di Android Tanpa Aplikasi

Sponsors Link

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kamera ponsel sudah mengubah pemikiran atau gagasan fotografi tradisional karena memang lebih mudah dibawa kemana-mana dibandingkan dan tidak membutuhkan space yang besar. Hal ini lah yang membuat banyak vendor HP berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas handphone mereka terutama pada bagian kamera depan.

ads

Namun meskipun sudah dilakukan berbagai cara, akan tetapi tetap saja kualitas kamera depan akan kalah jika dibandingkan dengan kamera belakang. Hal inilah yang membuat banyak konsumen mencari berbagai cara mengenai bagaimana cara meningkatkan kualitas kamera depan di android agar supaya jepretan kamera yang dihasilkan tidak kalah jika dibandingkan dengan kamera belakang.

Sebenanrya cara meningkatkan kualitas kamera depan di android bisa anda lakukan melalui pengaturan-pengaturan yang sudah tersedia di ponsel anda dan anda hanya tinggal mengotak-atik sedikit sesuai keinginan anda. Namun juga tidak sedikit orang yang lebih mendownload aplikasi melalui Google Play Store agar supaya kamera depan ponsel mereka bisa menghasilkan gambar yang lebih baik.

Simak baik-baik penjelasan dari kami agar supaya kamera depan ponsel anda bisa menghasilkan gambar yang jernih dan tidak pecah. Sebelum masuk ke dalam topik pembahasan, ada beberapa informasi penting yang juga harus anda ketahui yaitu cara mengatasi Handphone mati total karena jatuh dan juga cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android.

1. Ketahui fitur pengaturan kamera ponsel anda

Cara meningkatkan kualitas kamera depan di android yang pertama adalah dengan mengetahui fitur pengaturan yang sudah disediakan oleh perusahaan atau vendor HP. Kami sarankan agar supaya anda tidak terlalu fokus terhdap fitur auto mode dan lebih baik anda menggunakan cara manual dimana anda harus menentukan titik fokus objek yang ingin anda foto sehingga akan menghasilkan gambar yang lebih tajam. Hal ini juga telah dijelaskan pada penyebab kamera HP tidak bisa fokus dan juga cara memotret yang baik dengan kamera handphone.

Meskipun pada dasarnya setiap HP memiliki pengaturan yang cenderung tidak sama, namun hampir kesemua merk HP tersebut memiliki beberapa fitur pendukung seperti exposure, pengontrol fokus, white balance, ISO, dan lain sebagainya.

2. Atur dengan resolusi tinggi

Cara meningkatkan kualitas kamera depan di android juga bisa anda lakukan dengan meningkatkan resolusi kamera depan. Sebenarnya cara ini merupakan cara paling umum yang dilakukan oleh orang awam kerena mereka berpendapat bahwa semakin pengaturan resolusi kamera, maka gambar yang dihasilkan akan semakin baik juga.

Dan pendapat ini tentunya tidak salah karena dengan meningkatkan resolusi, maka anda bisa menjepret gambar yang lebih baik dan tidak pecah dibandingkan dengan anda memperbesar objek dengan cara menggunakan fitur zoom.

Ada hal yang harus anda perhatikan bahwa semakin tinggi resolusi kamera anda, maka semakin tinggi pula kapasitas file gambar yang anda dapatkan. Maka dari itu, pastikan memory ekternal atau internal anda cukup ketika anda sering menjepret foto dengan resolusi yang tinggi.

3. Gunakan tripod atau monopod

Penggunaan tripod maupun monopod juga bisa menjadi alternatif lain yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kualitas hasil gambar yang anda dapatkan. Seperti yang kita tahu bahwa terdapat jenis resolusi dan macam-macam ukuran layar handphone sehingga gambar yang dihasilkan pun akan berbeda.

Sponsors Link

Maka dari itu, anda membutuhkan sebuah alat pembantu berupa tripod atau monopod yang nantinya akan berperan dalam menstabilkan kamera ponsel anda. Namun kami sarankan agar supaya anda menggunakan tripod hanya untuk melakukan pengambilan gambar dengan kecepatan yang lambat, sementara ketika anda ingin menggunakan monopod maka anda harus menggunakannya untuk gambar dengan jarak yang jauh. Hal ini juga sudah dijelaskan pada  cara memotret yang baik dengan kamera handphone.

4. Perhatikan pencahayaan di sekeliling anda

Terkadang meskipun anda memiliki HP yang memiliki kualitas kamera depan yang baik, namun masih saja gambar yang dihasilkan cenderung gelap dan tentu saja tidak bagus. Untuk mengatasi masalah ini, maka anda harus memperhatikan mengenai pencahayaan yang ada di sekeliling anda.

Intensitas cahaya juga memiliki andil yang besar untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik dan tidak gelap. Maka dari itu, kami sarankan agar supaya anda mengambil foto di tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup dan juga alami. Anda bisa melakukan pengambilan gambar seperti di dekat jendela, pintu, maupun dengan sumber-sumber cahaya seperti lampu.

Selain itu, ketika anda melakukan pengambilan gambar di tempat yang memiliki pencahayaan yang kurang bagus, maka anda bisa mencoba untuk menggunakan flash karena saat ini banyak vendor HP yang sudah menyediakan fitur flash untuk kamera depan seperti yang telah dijelaskan pada cara ngeflash Hp Android sendiri.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan bagaimana cara meningkatkan kualitas kamera depan di Android. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi