Sponsors Link

35 Daftar Hp Kamera Terbaik dan Tercanggih yang Mencengangkan

Sponsors Link

Daftar HP Kamera terbaik dan tercanggih di dunia sangat luar biasa, diluar ekspektasi kita. Selain digunakan untuk berkomunikasi, smartphone juga bermanfaat untuk menyalurkan hobi. Salah satu hobi yang sedang ngetrend saat ini adalah fotografi. Semenjak hadirnya smartphone, banyak penggunanya yang tadinya awam dengan dunia fotografi, sekarang mulai menyukainya bahkan ada yang sudah handal mencari angle agar foto yang dihasilkan bagus. Hal ini karena didukung dengan fitur serta aplikasi fotografi yang terdapat pada smartphone.

ads

Salah satu aplikasi yang paling banyak didownload dan selalu menjadi perbincangan adalah Instagram. Selain berfungsi untuk edit foto, Instagram juga berfungsi untuk mempublikasikan foto hasil jepretan Anda. Member Instagram hampir berada di seluruh dunia, jadi kesempatan agar foto Anda bisa dilihat oleh seluruh dunia dan Anda juga bisa berkenalan dengan fotografer mancanegara.

Maka dari itu, hal utama yang biasanya menjadi perhatian konsumen saat membeli hp baru adalah kualitas kamera hp. Semakin bagus resolusi dan sensor yang terdapat pada kamera maka hasil jepretan pun semakin jelas dan tajam. Para vendor hp pun memuaskan pelanggannya dengan membuat macam-macam tipe hp dengan resolusi kamera yang cukup besar. Berikut ini beberapa hp yang menghasilkan foto terbaik dengan resolusi kamera utama/belakang mulai dari yang paling kecil hingga besar:

35. Apple iPhone 7 (12 MP)

Apple iPhone 7Apple iPhone 7 dirilis pada September 2016 dan dibrandol dengan harga 10 juta. Walaupun harganya terbilang fantastis namun banyak orang yang rela mengantri mendapatkan hp ini. Selain designnya yang mewah dan elegan, iPhone 7 memiliki kualitas kamera yang bagus. Resolusi kamera utamanya adalah 12 MP dengan bukaan lensa atau aperture f/1.8.

Lensa dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) yang berfungsi mengurangi goyangan agar foto tidak terlihat buram atau tidak stabil. Ditambah dengan 4 Flash True Tone Quad LED akan menghasilkan gambar yang cerah dan sangat membantu ketika Anda sedang mengambil gambar yang kurang pencahayaannya. Fitur phase detection autofocus juga akan membuat foto Anda menjadi lebih detail dan tajam.

Hasil rekaman video iPhone 7 juga diunggulkan, karena mampu merekam video resolusi tinggi hingga kualitas 4K. Hasil foto selfie iPhone 7 juga cukup jelas karena kamera depan dibekali resolusi 7 MP aperture f/2.2. Dengan segala kemewahan dan kecanggihan yang dimiliki iPhone 7, Anda akan lebih puas menyimpan momen-momen seru bersamaa keluarga maupun teman-teman.

34. Google Pixel XL (12.3 MP)

Google Pixel XLOktober 2016 Google secara resmi mengumumkan hp Android besutannya yang diberi nama Google Pixel XL. Harga yang dipasang untuk hp yang sudah berbasis Android 7.0 Nougat ini termasuk hp termahal di Indonesia, karena harga yang dipasang mencapai angka 20 juta.

Google Pixel XL dibekali dengan resolusi kamera utama sebesar 12.3 MP f/2.0 dan kamera depan 8 MP f/2.4. Dilengkapi dengan Electronic Image Stabilization (EIS) yang fungsinya sama dengan OIS, untuk mengurangi blur pada gambar. Namun cara kerja EIS dan OIS berbeda. OIS bekerja secara real time pada lensa dan memanfaatkan sensor pendeteksi getaran. Ketika ada getaran, lensa akan meresponnya dengan mengubah susunan lensa mengikuti objek gambar sehingga tidak terjadi perubahan gambar. Sedangkan pada EIS, bukan lensa yang bekerja, melainkan program yang ditanamkan pada sistem. Program akan memecah gambar menjadi beberapa potongan kecil, lalu akan mendeteksi apakah ada getaran yang membuat gambar menjadi blur. Bila ada maka EIS akan memperbaikinya.

Bila digunakan di tempat kurang cahaya, OIS menghasilkan gambar yang lebih unggul dibandingkan EIS. Namun EIS memiliki beban yang lebih ringan dibandingkan OIS, sehingga tidak menguras banyak baterai. Anda masih bisa mendapatkan gambar yang berkualitas, karena selain resolusinya yang sudah cukup memadai, Google Pixel Xl juga dilengkapi fitur phase detection and laser autofocus serta dual LED flash yang bisa membantu Anda mengambil gambar di tempat gelap. Kualitas videonya juga tidak perlu diragukan, resolusinya [email protected], [email protected]/60/120fps, [email protected]

Baca juga: Daftar Hp Tahan Air Terbaik.

33. Lenovo ZUK Edge (13 MP)

Lenovo ZUK EdgeHP Kamera tercanggih berikutnya adalah keluaran dari lenovo. Lenovo ZUK Edge merupakan hp kelas menengah yang dibrandol dengan harga sekitar 4,8 juta dengan kapasitas RAM 6 GB. Walaupun harganya terjangkau, namun kualitas design dan speknya cukup mumpuni, bahkan pantas disandingkan dengan hp kelas premium. Sistem operasi yang digunakan pun sudah berbasis Android versi 7.0 Nougat yang merupakan Android versi terbaru. Sehingga kelengkapan fitur dan aplikasinya lebih banyak dibandingkan versi sebelumnya.

Hp dengan design berbahan aluminium alloy ini, memiliki resolusi kamera belakang 13 MP. Resolusi yang cukup besar untuk menghasilkan foto-foto berkualitas. Bukaan diafragma lensa f/2.2, cukup lebar untuk menangkap cahaya agar objek terlihat jelas dan terang setelah difoto. Terdapat fitur phase detection autofocus dan LED flash yang bermanfaat saat mengambil gambar di ruangan kurang cahaya. Sedangkan untuk kamera depan berbekal resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2. Kemampuan merekam video memiliki resolusi [email protected] dan untuk kamera depan 1080 piksel.

32. ZTE Nubia N1 (13 MP)

Zhong Xing Telecommunication Equipment (ZTE) merupakan perusahaan yang berpusat di Shenzhen, Tiongkok. Perusahaan ini didirikan sebagai pemasok perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan telekomunikasi. Salah satu produknya yang menjadi unggulan adalah ZTE Nubia N1 yang rilis pada Juni 2016. Harga yang dipatok oleh hp berlayar 5.5 inchi ini kisaran 3,3 juta.

Kamera ZTE Nubia N1 memiliki resolusi kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2. Dilengkapi dengan phase detection autofocus dan LED flash. Hanya dengan harga yang terjangkau, Anda juga akan dipuaskan dengan kamera depan 13 MP yang menghasilkan foto selfie terbaik. Kamera depan dilengkapi dengan touch focus, smile detection dan HDR. Kualitas video call dan video recorder jernih dengan resolusi [email protected]

Penyimpanan memori internal pada ZTE Nubia N1 ada yang 32 GB dan 64 GB, sedangkan penyimpanan eksternalnya bisa mencapai 256 GB. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan memori untuk menyimpan foto dan video Anda. Ditambah lagi dengan kapasitas RAM 3 GB, kinerja ponsel akan lebih ringan dan tidak lambat.

Baca juga: Daftar Hp Terlaris Di Dunia.

31. Oppo F1 Plus (13 MP)

Oppo F1sOppo merupakan salah satu vendor hp dari Cina yang dinaungi oleh BKK Electronics. Salah satu produk unggulannya adalah Oppo F1 Plus dengan resolusi kamera belakang 13 MP dan dilengkapi sensor 1/3.06 inchi untuk memaksimalkan sensitivitas cahaya. Oppo F1 Plus juga sudah terdapat fitur phase detection autofocus dan LED Flash untuk mempertajam objek foto. Bukaan lensanya f/2.2 yang cukup besar untuk membidik objek.

Layar hp yang berslogan “Selfie Expert” ini berukuran 5,5 inchi, cukup besar untuk merekam video dengan resolusi 1080 piksel. Dibekali juga dengan kamera depan 16 MP, membuat Oppo F1 Plus mampu menghasilkan foto selfie yang jelas dan cerah. Kamera depan Oppo F1 Plus memang lebih diunggulkan daridapa kamera belakangnya, Apalagi dengan tambahan fitur beautify 4.0 yang membuat wajah Anda tampak lebih cerah dan bersih. Karena fungsi dari beautify adalah menghilangkan kerutan pada wajah agar hasil fotonya bagus. Kamera depan juga mengandalkan fitur screenflash untuk mengambil gambar di tempat yang minim cahaya. Cara kerja screenflash yaitu dengan memanfaatkan cahaya terang dari layar. Selain kameranya yang beresolusi tinggi, Oppo F1 Plus juga banyak dilengkapi fitur dan aplikasi lainnya yang tidak kalah canggih. Untuk harganya , Oppo F1 Plus dibrandol dengan harga kisaran 4,5 juta.

30. Vivo V5 (13 MP)

Vivo V5Vivo V5 dirilis untuk menyaingi Oppo F1 Plus yang memiliki foto selfie resolusi tinggi. Vivo dan Oppo sebenarnya masih dalam satu naungan BKK Electronics. Namun keduanya sama-sama bersaing dalam memasarkan smartphone untuk meraih penjualan tertinggi.

Vivo V5 juga unggul untuk kamera depannya dengan resolusi 20 MP aperture f/2.0. Vivo V5 memecahkan rekor sebagai hp pertama kali yang resolusinya mencapai 20 MP dan sampai sekarang belum ada yang bisa mengunggulinya. Kelebihannya lagi, terdapat sensor Sony IMX376 pada kamera depan yang membantu menangkap lebih banyak cahaya serta menentukan warna agar hasil foto nampak jelas dan terang. Hp berbasis Android 6.0 marshmallow ini juga dilengkapi dengan fitur softlight LED Flash yang bermanfaat saat digunakan di ruangan minim cahaya, sehingga foto yang dihasilkan terang dan halus.

Resolusi kamera belakang Vivo V5 memang tidak sebesar kamera depan, yaitu 13 MP. Namun foto yang dihasilkan juga tidak kalah kualitasnya. Apalagi sudah terdapat fitur phase detection autofocus, LED Flash, panorama dan HDR. Rekaman video yang dihasilkan juga cukup jelas karena memiliki resolusi [email protected] Walaupun memiliki kualitas bagus, Vivo V5 memiliki harga yang terjangkau, yaitu hanya 3,5 juta.

Baca juga: Perbedaan Vivo V5 dan Oppo F1s.

29. Motorola Moto M (16 MP)

Motorola Moto MNovember 2016, Motorola merilis smartphone berbasis Android dengan harga yang terjangkau, yaitu sekitar 3,5 jutaan. Hp yang diberi nama Motorola Moto M ini sudah berbasis Android versi 6.0 Marshmallow. Dilengkapi dengan kamera utama 16 MP untuk mendukung hobi fotografi Anda. Design hp berbahan full metal sehingga terlihat elegan dan tidak kalah mewah dengan hp kelas atas.

Kamera utama sudah dioptimalkan dengan fitur phase detection autofocus LED flash yang, serta mampu merekam video dengan resolusi [email protected] Motorola Moto M memiliki aperture f/2.0. Semakin kecil angka aperture kamera, maka bukaan lensanya juga semakin lebar, sehingga kemampuan menangkap cahayanya lebih banyak

HP yang dibuat dengan Chipset Mediatek Helio P10 ini juga dibekali kamera depan dengan resolusi 8 MP yang diberi sensor 1/4 inchi. Hasil foto maupun video sama-sama jernih dan jelas. Hanya saja, Motorola Moto M kurang efektif bila digunakan untuk merekam video dalam kondisi bergerak. Karena belum adanya fitur OIS, sehingga video kadang bisa blur atau gambarnya kabur.

28. Vivo X7 Plus (16 MP)

Vivo X7 PlusVivo X7 Plus dirilis pada bulan Juni 2016 dan masih menggunakan versi Android 5.0 Lollipop, padahal sekarang sudah sampai pada versi 7.0 Nougat. Namun kamera Vivo X7 Plus sudah mumpuni untuk menghasilkan foto-foto yang berkualitas, karena kamera depan dan belakang sama-sama dibekali resolusi 16 MP. Bahkan besarnya aperture pun sama, yaitu f/2.0 dan kedua kamera dilengkapi LED Flash yang membantu pencahayaan saat mengambil foto pada malam hari.

LED Flash lebih sering dipakai pada kamera belakang, namun Vivo X7 Plus juga menghadirkannya pada kamera depan. Sehingga memanjakan para pencinta selfie untuk menghasilkan selfie terbaik mereka. Kemampuan merekam videonya memiliki resolusi [email protected] dan sudah dilengkapi fitur phase detection autofocus pada kamera belakang. Vivo X7 Plus merupakan hp kelas menengah yang bisa Anda dapatkan dengan harga 4,9 juta.

27. OnePlus 3T (16 MP)

OnePlus 3TPerusahan OnePlus yang bergerak di bidang hardware smartphone ini menyatakan hengkang dari Indonesia pada bulan Juni 2016. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan regulasi di Indonesia yang menyebabkan OnePlus tidak bisa menjual produk barunya. Namun tidak perlu khawatir, Anda masih bisa membelinya dari online shop terpercaya.

Salah satu produk unggulan OnePlus yang direkomendasikan untuk Anda yang pencinta fotografi adalah OnePlus 3T. Dibrandol dengan harga 5,8 juta, OnePlus 3T dibekali dengan kamera utama 16 MP aperture f/2.0 dan terdapat sensor Sony IMX298. Hasil foto yang dihasilkan jelas dan cerah karena sudah berbasis OIS dan dilengkapi dengan LED Flash.

Kamera depannya pun juga memiliki resolusi 16 MP aperture f/2.0 dengan memakai sensor Samsung 2P8SP yang membuat hasil foto lebih fokus dan tajam. Lensa kamera belakang dilapisi dengan Sapphire Crystal yang menambah kemewahannya. Resolusi video yang dihasilkan kamera belakang [email protected] dan kamera depan 1080p.

26. Samsung Galaxy A5 2017 (16 MP)

Samsung Galaxy A5 2017Samsung kembali merilis Samsung Galaxy A5, yang dulu sudah pernah dirilis pada Desember 2015. Galaxy A5 terbaru ini diberi harga 4,8 juta dan merupakan hasil pengembangan dari Galaxy A5 yang lama. Jadi terdapat perbedaan spesifikasi serta fitur antara yang baru dan lama.

Galaxy A5 2017 memiliki resolusi kamera belakang dan depan masing-masing 16 MB. Sedangkan Galaxy A5 2016 resolusi kamera belakangnya masih 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera belakang dan depan masih mempertahankan aperture yang lama, yaitu f/1.9 dan resolusi video 1080p.

Kamera belakang Samsung Galaxy A5 2017 sudah autofocus dan terdapat LED Flash, namun tidak dilengkapi fitur OIS seperti versi pertamanya. OIS bermanfaat untuk mengoptimalkan gambar saat terjadi goyangan. Kelebihan dari Samsung Galaxy A5 2017 adalah sudah bersertifikat IP68, artinya tahan terhadap debu dan air dalam kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Baca juga: Cara Mengecek Keaslian Hp Samsung.

25. Samsung Galaxy A7 2017 (16 MP)

Samsung Galaxy A7 2017Samsung Galaxy A7 2017 merupakan pengembangan dari Samsung Galaxy A7 2016. Harga yang dibrandol untuk hp berlayar 5.7 inchi adalah 5,9 juta. Kamera Samsung galaxy A7 2017 memiliki resolusi yang lebih baik dari versi pertamanya. Kamera belakang dibekali resolusi 16 MP aperture f/1.9, sudah autofocus dan terdapat LED Flash. Kemampuan autofocusnya sangat akurat dan cepat, serta dilengkapi fitur face detection, panorama dan HDR.

Kamera depan juga memiliki resolusi 16 MP aperture f/1.9 dan dilengkapi dengan fitur floating shutter yang berfungsi untuk memastikan hasil gambar tidak buram. Resolusi video kamera belakang dan depan sama-sama 1080 piksel. Hp juga sudah memiliki sertifikasi IP68, sehingga bisa tahan dalam kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit. Sama dengan Samsung Galaxy A5 2017, belum ada fitur OIS pada Samsung Galaxy A7 2017.

24. Samsung Galaxy C5 Pro (16 MP)

Samsung Galaxy C5 ProSamsung Galaxy C5 Pro dirilis pada bulan Maret 2017 dan merupakan versi terbaru dari Samsung C series. Dengan harga sekitar 5 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan Samsung Galaxy C5 Pro yang resolusi kamera utamanya sudah 16 MP aperture. Sistem operasi yang digunakan berbasis Android 7.0 Nougat yang kelengkapan fitur dan aplikasi lebih banyak dibanding versi sebelumnya.

Fitur yang melengkapi kamera belakang antara lain autofocus, dual LED (dual tone) flash, touch focus, face detection, panorama dan HDR. Sedangkan untuk kamera depan resolusinya juga 16 MP. Anda bisa menghasilkan foto-foto bagus dan berkualitas dari kedua kamera, karena sama-sama memiliki aperture f/1.9 yang artinya bukaan lensa cukup lebar untuk menangkap cahaya masuk sehingga hasil fotonya tampak jelas dan tajam.

Baca juga: Tips Membeli Hp Android.

23. Oppo R9s Plus (16 MP)

Oppo R9s PlusOppo R9s Plus memiliki layar yang cukup lebar, yaitu 6 inchi dan menggunakan Android versi 6.0 Marshmallow. Layar yang lebar akan memudahkan Anda untuk mengambil foto dan melihat video. Apalagi Oppo R9s Plus dibekali resolusi 16 MP untuk kamera depan dan belakang.

Kamera belakang memiliki aperture f/1.7 yang memudahkan lensa menangkap objek dengan tepat serta cahaya yang masuk juga lebih banyak. Sedangkan untuk kamera depan memiliki aperture f/2.0 yang juga cukup mumpuni untuk selfie maupun video call. Kamera belakang dilengkapi dengan phase detection autofocus, OIS dan LED Flash. Resolusi video yang dihasilkan cukup bagus dan berkualitas, yaitu [email protected] dan [email protected]

Ponsel yang dibrandol dengan harga sekitar 6 jutaan ini memiliki daya baterai 4000 mAh yang bisa bertahan dalam waktu lama. Kapasitas RAM 6 GB, lebih dari cukup untuk melakukan multitasking. Dengan didukung spek yang memadai, tentu Anda juga lebih puas dalam mengambil foto maupun merekam video.

22. Oppo F3 Plus (16 MP)

Oppo F3 PlusSetelah sukses dengan Oppo F1 Plus, kini Oppo kembali meluncurkan hp flagship terbarunya, yaitu Oppo F3 Plus yang dirilis pada bulan April 2017. Keunggulan Oppo F3 Plus masih sama dengan Oppo F1 Plus, yaitu memiliki resolusi yang tinggi untuk kamera depannya. Hal ini menjadi kabar gembira bagi para pencinta Oppo yang hobi selfie.

Dibekali dual selfie camera dengan resolusi 16 MP dan 8 MP membuat hasil foto selfie tampak jernih dan cerah. Ditambah lagi dengan kemampuan mengambil wide angle 120 derajat, hasil foto selfie akan tampak 2 kali lebih lebar dari kamera biasa. Kemampuan wide angle tersebut, bermanfaat saat sedang selfie rame-rame, sehingga semua orang bisa masuk ke dalam foto. Selain itu, juga terdapat fitur beautify 4.0 yang akan mempercantik dan memperbagus foto selfie Anda.

Sedangkan untuk kamera belakang, dibekali resolusi 16 MP dengan aperture f/1.7 yang mampu menghasilkan foto mirip dengn aslinya. Besarnya aperture sangat berpengaruh pada hasil foto Anda, semakin kecil angka aperturenya, maka foto yang dihasilkan juga semakin bagus. Oppo F3 Plus juga sudah dilengkapi dengan sensor Sony IMX398 yang berfungsi mempertajam warna objek.

21. Vivo V5 Plus (16 MP)

Vivo V5 PlusVivo V5 Plus dirilis pada bulan Januari 2017 dan dibrandol dengan harga sekitar 5 jutaan. Kelebihan dari hp Vivo adalah mengedepankan besarnya resolusi kamera agar konsumen dapat menghasilkan foto terbaik mereka. Dengan mengusung slogan “Perfect Selfie”, Vivo V5 Plus membekali kamera depan dengan resolusi 20 MP + 8 MP.

Kamera depan dengan resolusi 20 MP dilengkapi dengan Sensor Sony IMX376 aperture f/2.0 yang berfungsi untuk menangkap atau mengambil gambar. Sedangkan kamera resolusi 8 MP aperture f/2.8 bertugas mempertajam kedalaman foto agar terlihat lebih hidup. Anda juga akan mendapatkan video bagus dari kamera depan dengan resolusi 1080 piksel.

Vivo V5 Plus juga mendukung Anda untuk mendapatkan foto-foto yang berkualitas dari kamera belakang dengan resolusi 16 MP. Walaupun resolusinya lebih kecil dari kamera depan, namun kualitas gambar yang dihasilkan juga terlihat jernih dan jelas. Kamera belakang dilengkapi dengan phase detection autofocus dan LED flash, serta sudah terdapat mode HDR, panorama, night, fast mode dan opsi profesional yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan foto terbaik. Kualitas video kamera belakang [email protected] dan [email protected]

Sponsors Link

20. BlackBerry Priv (18 MP)

BlackBerry PrivSelama ini BlackBerry dikenal hanya menggunakan sistem operasi buatannya sendiri yaitu BlackBerry OS. Tapi ternyata BlackBerry juga meluncurkan smartphone berbasis Android. Salah satunya adalah Blackberry Priv yang dibrandol dengan harga menggunakan Android versi 5.0 Lollipop dan bisa diupgrade ke 6.0 Marshmallow.

Blackberry Priv yang dibrandol dengan harga 6 jutaan ini, sudah dibekali kamera utama dengan resolusi 18 MP yang cukup bagus untuk menghasilkan foto layaknya fotografer. Lensa yang digunakan sudah berlisensi Schneider-Kreuznach optics, yang merupakan perusahaan teknologi terpercaya dalam meneliti dan mengembangkan perangkat kamera.

Perpaduan aperture f/2.2 dan fitur OIS menghasilkan foto berkualitas tinggi, ditambah lagi dengan dual LED Flash yang bermanfaat di ruangan minim cahaya. BlackBerry Priv juga mampu menghasilkan video dengan resolusi [email protected] dan [email protected] Di balik kecanggihan kamera utama, ternyata kamera depan BlackBerry Priv hanya memiliki resolusi 2 MP. Maka dari itu, Blackberry Priv lebih cocok bagi yang kurang suka berfoto selfie.

19. Sony Xperia XZs (19 MP)

Sony Xperia XZsSony Xperia XZs diperkenalkan pada bulan Februari 2017 dan dirilis secara resmi pada April 2017. Karena masih benar-benar baru, jadi harga yang dipasang pun juga masih cukup tinggi, yaitu kisaran 9,3 juta. Versi Android yang digunakan sudah versi 7.0 Nougat dengan kapasitas RAM 4 GB.

Sedangkan untuk kamera utama dibekali resolusi 19 MP dan kamera depan 13 MP dengan masing-masing memiliki aperture f/2.0. Menggunakan teknologi EIS dan dilengkapi fitur predictive phase detection and laser outofocus serta LED flash. Kualitas video yang dihasilkan memiliki resolusi [email protected] dan pada slow motion [email protected] Dipadu dengan kamera depan yang juga sama-sama bagus, yaitu dengan resolusi 13 MP aperture f/2.0 dan resolusi video 1080 piksel.

18. Samsung Galaxy K Zoom (20 MP)

Samsung Galaxy K ZoomTahun 2014, Samsung merilis ponsel dengan menghadirkan fitur kamera layaknya kamera digital. Dengan tagline “Capture the Moment”, kamera Samsung Galaxy K Zoom memberikan hasil yang memuaskan. Gambar berkualitas tinggi bisa Anda dapatkan dalam genggaman tangan.

Karena dirilis 3 tahun silam, Samsung Galaxy K Zoom masih berbasis Android 4.0 KitKat. Walaupun versi Androidnya belum tinggi, Samsung Galaxy K Zoom merupakan suatu hal yang luar biasa bisa memiliki resolusi kamera utama 20 MP. Dimana kala itu masih sedikit, kamera hp yang beresolusi tinggi.

Samsung Galaxy K Zoom dilengkapi fitur-fitur yang mendukung Anda untuk mendapatkan foto terbaik, diantaranya manual/outo focus, OIS, 10x optical zoom, Xenon dan LED flash, smile detection, mode panorama dan HDR. Kualitas video yang dihasilkan [email protected] Namun untuk foto selfie, resolusi kamera depan masih kurang memadai, yaitu hanya 2 MP. Ponsel dengan harga 5,5 juta ini lebih cocok bagi Anda yang hobi hunting foto. Jika Anda ingin mendapatkan hasil foto sekelas kamera DSLR, Samsung Galaxy K Zoom jawabannya.

Baca juga: Daftar Hp Termahal di Indonesia.

17. Infinix Zero 3 (20 MP)

Infinix Zero 3Infinix Zero 3 merupakan hp kelas menengah ke bawah yang dibrandol dengan harga yang sangat terjangkau. Walaupun harganya terjangkau, tetapi tidak mengurangi kualitasnya. Terbukti dari kamera utama yang memiliki resolusi 20 MP yang sudah dilengkapi LED Flash. Hebatnya lagi, Infinix Zero 3 sudah dilengkapi fitur OIS dan phase detection autofocus yang berfungsi untuk mengoptimalkan objek.

Kualitas video yang dihasilkan kamera utama memiliki resolusi [email protected] Pada kamera depan memiliki resolusi 5 MP dan  juga sudah dilengkapi dengan LED Flash untuk menghasilkan foto selfie terbaik. Kualitas dari Infinix Zero 3 memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hanya dengan mengeluarkan 2,5 juta untuk memiliki ponsel dengan lebar 5 inchi ini, Anda sudah bisa mendapatkan foto-foto bak seorang profesional.

16. Microsoft Lumia 950 XL (20 MP)

Microsoft Lumia 950 XLMicrosoft sudah tidak diragukan lagi eksistensinya di kancah industri perangkat lunak komputer. Ditambah lagi perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini, semakin mengukuhkan eksistensinya dengan memasuki dunia smartphone. Dimulai dari mengembangkan sistem operasi Windows yang digunakan oleh hp Nokia Lumia. Lalu kemudian Microsoft mengakuisisi Nokia dan akhirnya merilis hp besutannya sendiri.

Salah satu hp flagship Microsoft yaitu Microsoft Lumia 950 XL dengan lebar layar 5.7 inchi dan berbasis sistem operasi Windows 10. Keunggulan dari ponsel yang dibrandol 7,6 juta ini, juga terletak pada resolusi kamera utama, yaitu 20 MP f/1.9 dan dibuat dengan teknologi PureView . Lensa yang digunakan dibuat oleh Carl Zeiss Optics, yaitu perusahaan dari Jerman yang memproduksi perangkat kamera dengan kualitas tinggi dan mampu mempertajam gambar sehingga foto yang dihasilkan terlihat natural.

Kamera utama juga didukung dengan fitur OIS, autofocus dan triple-LED RGB Flash agar gambar yang dihasilkan bukan hanya sekedar bagus, namun juga berkualitas. Anda juga bisa merekam momen-momen seru Anda menjadi sebuat video dengan resolusi [email protected] Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 5 MP f/2.4 dan resolusi videp 1080 piksel.

15. HTC Desire 10 Pro (20 MP)

HTC Desire 10 ProHTC Desire 10 Pro dirilis pada akhir 2016 dengan harga kisaran 5,5 juta. Ponsel yang berkantor pusat di Tiongkok ini memiliki kamera utama dengan resolusi 20 MP. Dilengkapi dengan fitur level pro yang mampu menghasilkan gambar menakjubkan sekelas kamera DSLR.

Berkat bantuan laser autofocus, Anda bisa memfokuskan kamera pad aobjek yang diinginkan secara cepat dan tepat. Pengambilan gambar di malam hari akan dibantu dengan dual LED Flash yang akan membuat foto lebih cerah dan tidak buram. Kualitas pengambilan video jernih dan bisa auto HDR dengan resolusi 1080 @30fps.

Kamera depan juga memiliki kemampuan foto selfie terbaik dan terdapat mode panorama 150 derajat yang mampu menghasilkan foto selfie cukup lebar. Kecanggihan lainnya adalah Anda bisa mengambil foto selfie dengan cepat, hanya dengan meletakkan jari pada sensor fingerprint.

Baca juga: Penyebab hp Bootloop.

14. HTC One M9+ Supreme Camera (21 MP)

HTC One M9+ Supreme CameraSesuai dengan namanya, HTC One M9+ Supreme Camera unggul pada kualitas kamera utamanya yang memiliki resolusi 21 MP. Harga yang dibrandol untuk ponsel berbasis 5.0 Lollipop ini cukup tinggi, yaitu sekitar 9,4 juta. Harga yang Anda bayar sesuai dengan hasil foto yang akan Anda dapatkan dari HTC One M9+ Supreme Camera ini.

Teknologi OIS yang dipadukan dengan laser autofocus serta dual LED Flash membuat hasil foto menjadi lebih jelas seperti foto-foto sekelas fotografer profesional. Kualitas video yang dihasilkan pun cukup jernih dengan resolusi [email protected], [email protected] dan [email protected] Perekam video dilengkapi dengan auto HDR dan stereo sound record. Anda juga bisa mendapatkan foto selfie yang cukup memadai dengan kamera depan 4 MP f/2.0 yang terdapat sensor 1/3 inchi. Sedangkan untuk resolusi video call yaitu 1080 piksel.

13. Motorola Moto Z Force (21 MP)

Motorola Moto Z ForceMotorola Moto Z Force didesign untuk kelas menengah atas dengan harga 9,4 juta. Kecanggihan yang dimiliki Motorola Moto Z Force cukup handal dan mumpuni. Apalagi sistem Android yang tadinya menggunakan versi 6.0 Marshmallow, sekarang sudah bisa diupgrade ke versi 7.0 Nougat.

Anda bisa mendapatkan foto-foto terbaik dan berkualitas hanya dengan sekali jepret. Selain resolusi kamera utama yang cukup besar, yaitu 21 MP, Motorola Moto Z Force juga dilengkapi dengan laser & phase detection autofocus, OIS serta dual LED flash. Dengan mengandalkan aperture f/1.8, foto dan video yang Anda dapatkan akan lebih tajam dan cerah. Resolusi video kamera utama bisa mencapai [email protected]

Sedangkan untuk kamera depan dibekali dengan kamera 5 MP f/2.2 dan dilengkapi LED flash. Walaupun resolusinya tidak sebesar kamera utama, namun masih cukup mumpuni menghasilkan foto selfie yang bagus karena didukung dengan LED Flash.

12. BlackBerry DTEK60 (21 MP)

BlackBerry DTEK60HP berbasis Android memiliki daya beli lebih tinggi bila dibandingkan dengan BlackBerry OS. Hal tersebut menjadi pemicu perusahaan hp BlackBerry untuk ikut serta memproduksi hp Android dengan kualitas spek yang handal. BlackBerry DTEK60 menggunakan Android versi 6.0 Marshmallow yang mengahdirkan fitur-fitur yang cukup mumpuni.

Kamera utama memiliki resolusi 21 MP dengan aperture f/2.0 dan dilengkapi fitur phase detection autofocus. Walaupun memiliki kualitas kamera bagus, BlackBerry DTEK60 dibrandol dengan harga menengah, yaitu 5 juta rupiah.

Kamera utama juga dilengkapi dual LED flash untuk membantu pencahayaan saat mengambil gambar di malam hari atau di ruangan yang minim cahaya. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 8 MP f/2.2 yang cukup memadai untuk menghasilkan foto selfie terbaik Anda.

11. Sony Xperia XA Ultra (21.5 MP)

Sony Xperia XA UltraSony Xperia XA Ultra memiliki design yang menawan dengan ukuran  layar 6 inchi, cukup lebar untuk menjalankan ponsel. HP yang dirilis pada bulan Juli 2016 ini, sekarang dijual dengan harga 6 juta rupiah. Jauh lebih murah dibandingkan Sony Xperia XZs yang baru dirilis. Dan juga karena Sony Xperia XA Ultra masih menggunakan Android Marshmallow serta kapasitas RAM lebih kecil dibandingkan Xperia XZs.

Namun kualitas foto Sony Xperia XA Ultra jauh lebih dari Xperia XZs, karena dibekali dengan kamera utama resolusi 21.5 MP. Sedangkan kamera depan juga menghasilkan foto selfie terbaik karena memiliki resolusi 16 MP. Kamera belakang dilengkapi fitur phase detection autofocus dan LED flash yang membuat objek menjadi lebih fokus. Pada kamera depan sudah didukung teknologi OIS dan autofocus, sehingga bisa mendapatkan efek foto bokeh seperti pada kamera DSLR. Bahkan kamera depan juga dilengkapi dengan LED flash yang membuat foto selfie Anda akan lebih cerah. Resolusi video yang dihasilkan oleh kedua kamera yaitu [email protected], cukup jelas dan cerah untuk dilihat. Selain itu juga terdapat fitur-fitur lain, seperti mode panorama dan HDR yang akan membuat foto Anda lebih berkualitas.

10. Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL (23 MP)

Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KLAsus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL merupakan hp flagship Asus yang dibrandol dengan harga 11 juta untuk yang menggunakan Chipset Snapdragon 821. Sedangkan yang menggunakan Chipset Snapdragon 820 diberi harga 9,1 juta. Perbedaan keduanya terletak pada kecepatan sistem yang dijalankan. Chipset Snapdragon 821 tentu lebih responsif dibandingkan dengan Snapdragon 820.

Sedangkan untuk kualitas kamera sama-sama memiliki resolusi 23 MP f/2.0 pada kamera belakangnya dan 8 MP f/2.0 untuk kamera depan. Foto yang dihasilkan lebih jelas karena dilengkapi sensor Sony IMX298 yang membuat warna gambar lebih tajam dan halus.

Selain itu, kecepatan autofocusnya hanya 0,03 detik karena mengandalkan generasi PixelMaster 3.0 dan teknologi OIS yang tertanam pada ponsel. Kemampuan merekam videonya, pada kamera belakang menghasilkan gambar beresolusi [email protected] dna kamera depan [email protected]

9. Sony Xperia XZ (23 MP)

Sony Xperia XZSony Xperia XZ dijual dengan harga 6,5 juta rupiah dan memiliki kualitas kamera yang benar-benar seperti fotografer handal. Didukung dengan teknologi EIS yang mendeteksi setiap gerakan saat mengambil foto, serta perpaduan phase detection autofocus dan laser autofocus membuat hasil foto terlihat jelas dan tajam. Sudah bersertifikasi IP68, yang artinya tahan dalam kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit.

Resolusinya untuk kamera belakang 23 MP dan kamera depan 13 MP, cukup mumpuni untuk menghasilkan foto dan video berkualitas. Sedangkan resolusi video kamera belakang [email protected], [email protected] dan [email protected] Untuk kamera depan, resolusi videonya [email protected] dan sudah auto HDR. Selain itu, Sony Xperia XZ juga terdapat sensor yang ditanam pada kamera untuk memperbesar cahaya yang masuk ke dalam lensa agar foto tidak buram.

8. Sony Xperia X Performance (23 MP)

Sony Xperia X PeerformanceHp selanjutnya yang menghasilkan foto-foto bagus dan terbaik adalah Sony Xperia X Performance. Sony memang paling banyak memproduksi ponsel pintar yang memiliki kamera resolusi tinggi. Sony Xperia X Performance sendiri memiliki resolusi 23 MP untuk kamera belakang dan kamera depan 13 MP. Di pasaran sekarang, hp yang dirilis pada bulan Juni 2016 ini, dijual dengan harga 6,5 jutaan.

Anda tidak perlu takut, bila hp terkena percikan atau tumpahan air. Karena Xperia X Performance sudah bersertifikat IP68, jadi tahan terhadap kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit. Lebar aperture kamera belakang dan depan, sama-sama f/2.0 dan menggunakan hybrid autofocus.

Hybrid autofocus adalah teknologi yang menggabungkan phase detection autofocus dan contrast autofocus, agar mendapatkan respon fokus yang ideal, tepat serta cepat. Meskipun dalam keadaan bergerak saat mengambil gambar, hasil foto tetap akan terlihat jelas dan tajam berkat hybrid autofocus. Kemampuan zoom gambar bisa mencapai 5x dan tidak menyebabkan gambar menjadi buram. Sedangkan resolusi video yang dihasilkan adalah [email protected]

ads

7. Sony Xperia XA1 Ultra (23 MP)

Sony Xperia XA1 UltraPara pencinta hp Sony tentu sudah tidak sabar menunggu Sony Xperia ZA1 Ultra yang akan dirilis pada pertengahan tahun 2017. Hp berbasis Android 7.0 Nougat ini memang sudah mulai dikenalkan pada Februari 2017 dan mendapat respon positif dari masyarakat. Sampai saat ini, pihak Sony masih mempersiapkan peluncuran resminya. Jadi belum ada harga pasti Sony Xperia XA1 Ultra di pasaran.

Namun pihak Sony sudah membocorkan spesifikasi dari hp berbasis Android 7.0 Nougat ini. Salah satunya spesifikasi yang menjadi pusat perhatian para fotografer adalah kualitas kameranya. Pada kamera belakang dibekali resolusi 23 MP dan kamera depan 16 MP. Kedua kamera sangat berpeluang menghasilkan foto-foto bagus bak fotografer terkenal dan juga hasil selfie terbaik Anda.

Kamera belakang didukung aperture f/2.0 dan dilengkapi dengan fitur phase detection and laser autofocus. Sedangkan kamera depan juga memiliki aperture f/2.0 serta didukung teknologi OIS dan autofocus untuk mengoptimalkan foto selfie Anda. LED flash terdapat pada kedua kamera, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat mengambil gambar di ruang minim cahaya. Video yang dihasilkan pun memiliki suara yang jernih dan resolusinya [email protected]

6. LG V20 (16 MP + 8 MP)

LG V20LG juga memiliki hp flagship yang memiliki kualitas foto terbaik dan berkualitas, yaitu LG V20 yang dirilis pada bulan Oktober 2016. Hp berbasis Android 7.0 Nougat ini dibrandol dengan harga 9,2 juta dan bersaing dengan hp menengah ke atas.

Kamera utama memiliki resolusi 16 MP aperture f/1.8 + 8 MP aperture f/2.4 yang mampu menangkap objek secara tepat sehingga menghasilkan foto seperti aslinya. Dilengkapi juga dengan fitur laser autofocus, OIS dan LED flash untuk membantu mengambil gambar dalam ruang yang gelap.

Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 5 MP aperture f/1.9. Kualitas video yang dihasilkan kamera utama memiliki suara yang jernih, yaitu 24-bit/192kHz stereo sound record. Sedangkan resolusi videonya [email protected], [email protected] dan [email protected]

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root.

5. Apple iPhone 7 Plus (12 MP+12 MP)

Apple iPhone 7 PlusApple iPhone 7 Plus memiliki harga yang cukup tinggi, yatu di atas 15 juta. Namun hasil foto yang Anda dapatkan sebanding dengan harganya. Apalagi ditambah designnya yang mewah dan kelengkapan fiturnya. Hp yang berbasis sistem operasi iOS 10 ini memiliki dual kamera utama yaitu, kamera wide-angle 12 MP dan kamera telefoto 12 MP. Kamera wide-angle berfungsi untuk menangkap objek yang luas dalam jarak dekat agar semua bagian objek bisa masuk ke dalam foto. Sedangkan kamera telefoto berfungsi mendekatkan objek yang jauh atau memperbesar objek agar terlihat lebih dekat.

Ukuran lensanya 28 mm dengan aperture f/1.8 yang memungkinkan 50 persen cahaya ditangkap oleh sensor kamera. Dilengkapi fitur OIS, phase detection autofocus dan dual LED tone flash, iPhone 7 Plus mampu mengambil gambar yang kurang pencahayaan nampak terang dan mengagumkan. Efek depth-of-field atau pada kamera DSLR dikenal dengan efek bokeh, akan membuat Anda seperti fotografer sesungguhnya. Fungsi dari efek tersebut adalah membuat latar belakang foto tampak buram, sehingga objek sesungguhnya terlihat lebih jelas dan tajam.

Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 7 MP dengan ukuran aperture f/2.2, dilengkapi dengan fitur smile detection dan auto HDR. Resolusi video kamera utama [email protected] dan kamera depan [email protected], serta mampu membuat video slow motion dengan resolusi [email protected] Ditambah dengan ukuran layar iPhone 7 Plus yang cukup lebar, yaitu 5.5 inchi, maka Anda bisa melihat hasil foto maupun video dengan sangat jelas. iPhone 7 Plus juga mampu menyimpan data hingga 256 GB, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan memori untuk menyimpan foto-foto Anda.

Baca juga: Cara Cek Keaslian iPhone.

4. ZTE Nubia Z17 Mini (13 MP + 13 MP)

ZTE Nubia Z17 MiniZTE mengenalkan hp flagship terbarunya yang akan segera dirilis pada pertengahan tahun 2017. Diberi nama ZTE Nubia Z17 Mini, menawarkan berbagai kecanggihan yang tak kalah handal dengan hp flagship merk lainnya. Kisaran harganya masih belum diketahui, namun ZTE Nubia Z17 Mini akan bersaing dengan hp menengah ke atas untuk menarik perhatian konsumen.

Hp berlayar 5.2 inchi ini dibekali dengan dual kamera utama yang masing-masing memiliki resolusi 13 MP. Dilengkapi juga dengan fitur phase detection autufocus dan dual LED Flash serta aperture f/2.2 yang membuat hasil foto berkualitas.

Sedangkan untuk kamera depan dibekali dengan resolusi 16 MP aperture f/2.2 yang akan menghasilkan foto selfie terbaik Anda. Dengan kapasitas RAM 6 GB, maka kerja ponsel akan berjalan responsif sehingga tidak mengganggu kinerja kamera.

3. Alcatel Flash 2017 (13 MP + 13 MP)

Alcatel Flash 2017Alcatel merupakan perusahaan telekomunikasi yang berasal dari Prancis dan sekarang dimiliki oleh kooperasi asal Tiongkok, yaitu TCL Communication. Bila tidak konsisten meluncurkan produk baru, tentu akan sulit mempertahankan eksistensi di dunia smartphone. Tipe atau versi terbaru ponsel yang baru diluncurkan merupakan angin segar bagi para gadgetholic. Maka dari itu Alcatel tidak mau ketinggalan untuk segera merilis produk terbarunya yang bertajuk Alcatel Flash 2017.

Walaupun tahun 2017 ini banyak sekali tipe hp dari berbagai vendor yang akan segera diluncurkan, Alcatel dengan yakin menawarkan dual kamera utama dan dual kamera depan pada Alcatel Flash 2017. Kamera belakang memiliki resolusi 13 MP + 13 MP dan kamera depan 8 MP + 5 MP. Kedua kamera dilengkapi dengan fitur autofocus dan dual LED Flash yang akan menghasilkan foto terbaik. Alcatel Flash 2017 juga menghasilkan rekaman video beresolusi tinggi dan jernih, yaitu [email protected] dan [email protected]

2. Huawei Mate 9 Porsche Design (20 MP + 12 MP)

Huawei Mate 9 Porsche DesignHuawei Mate 9 Porsche Design merupakan hasil kerjasama antara perusahaan smartphone Huawei dengan perusahaan mobil Porsche. Hp yang berbasis Android 7.0 Nougat ini memiliki design yang mewah dan elegan. Huawei Mate 9 Porsche digadang-gadang akan menyaingi eksistensi iPhone dan Samsung. Karena selain design yang menawan, Huawei Mate 9 porsche juga memasang harga yang cukup tinggi, yaitu kisaran 25 juta.

Harga tersebut bukan semata-mata hanya karena designnya yang bagus, namun Huawei juga dilengkapi dengan spek yang handal. Bahkan kamera Huawei Mate 9 Porsche menggunakan kamera Leica generasi kedua yang sudah berlisensi dengan resolusi 20 MP dan 12 MP. Kamera Leica merupakan jenis kamera dari jerman yang biasanya lebih sering ditemui dalam bentuk kamera digital. Kamera Leica memiliki kualitas tinggi untuk menghasilkan foto maupun video.

Terdapat fitur OIS, 2x zoom, phase detection & laser autofocus serta dual-LED (dual tone) flash untuk membantu gambar yang dihasilkan lebih bagus. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 8 MP f/1.9 yang cukup mumpuni untuk menghasilkan foto selfie terbaik Anda.

Baca juga: Hp Termahal di Indonesia.

1. Nokia Lumia 1020 (41 MP)

Nokia Lumia 1020Nokia Lumia 1020 sudah cukup lama dirilis, yaitu dari tahun 2013. Namun kecanggihan kamera yang dimilikinya mampu mencuri perhatian banyak orang. Kamera utama memiliki resolusi 41 MP aperture f/2.2 dengan teknologi PureView Pro. Pertama kali yang mengenalkan teknologi PureView adalah Nokia 808, lalu dikembangkan kembali di Nokia Lumia 1020. Dan kini sudah banyak merk hp lain yang juga menerapkan PureView pada ponsel mereka.

Lensa kamera yang digunakan juga sudah berlisensi Carl Zeiss Optics dan dilengkapi fitur OIS, auto/manual focus serta xenon and LED flash. Terdapat sensor Back Side Illumination (BSI) yang cukup besar, yaitu 1/1.5 inchi. BSI berfungsi untuk memastikan gambar memiliki warna yang optimal dan bermanfaat saat mengambil gambar maupun merekam di kondisi gelap. Gabungan dari semua fitur tersebut, mampu menghasilkan foto yang tajam dan setara dengan foto yang dijepret oleh kamera digital atau DSLR.

Saat merekam video, Anda juga bisa melakukan zoom hingga 4x untuk resolusi 1080 piksel dan 6x untuk resolusi 720 piksel. Nokia Lumia 1020 juga memiliki kamera depan, namun resolusinya sangat kecil yaitu 1.2 MP. Sayangnya, memori penyimpanan pada ponsel hanya 32 GB, sedangkan ukuran foto hasil jepretan kamera cukup besar. Sehingga Anda perlu lebih sering memindahkan file ke komputer/laptop, karena Nokia Lumia 1020 tidak support memori SD Card.

Demikian hp kamera terbaik yang memiliki resolusi tinggi untuk kamera utama. Harga yang tercantum bisa sewaktu-waktu berubah, sesuai dengan kondisi toko.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi