Sponsors Link

4 Jenis Konektor Charger Hp untuk Android dan iPhone

Sponsors Link

Konektor charger dan port charger  adalah satu kesatuan yang tidak bisa atau bahkan mustahil untuk dipisahkan. Umumnya, semua perangkat hp dari berbagai macam vendor seperti Samsung, Oppo, Huawei, Apple dan lain-lain memiliki port charger di perangkat mereka. Kehadiran port charger itu sendiri punya dua fungsi utama yaitu sebagai media untuk pengisian ulang daya baterai dan sebagai media untuk transfer dari dari hp ke laptop/Pc ataupun sebaliknya. Port charger tentu tak akan berfungsi jika tidak ada media yang bertugas sebagai penghubung. Maka dari itu, peran konektor charger sangat diperlukan.

Konektor charger adalah media penghubung antara hp dengan perangkat lainnya. Perangkat lain disini contohnya adalah adaptor charger yang berfungsi untuk memberikan aliran listrik sehingga hp dapat ter-charge. Setelah mendapatkan aliran listrik dari adaptor charger yang telah dicolok ke stop kontak, selanjutnya konektor charger pun menjalankan fungsinya sebagai pengalir listrik dari adaptor ke baterai hp. Contoh lain dari konektor charger untuk perangkat lain adalah untuk menghubungkan hp ke laptop/Pc. Kehadiran konektor chager berguna sekali untuk proses transfer dari. Jika anda lupa dimana meletakkan adaptor charger, anda dapat dengan mudah memanfaatkan fungsi dari si konektor charger ini untuk mengisi ulang daya baterai lewat laptop/Pc tanpa menggunakan adaptor.

Di dalam dunia perponselan, tercatat ada beberapa jenis konektor charger yang biasa digunakan pada hp yang dirilis oleh vendor kenamaan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita seperti Samsung atau Sony. Perkembangan jaman dan teknologi menjadi faktor mengapa hingga detik ini ada beragam konektor charger hp.

Nah, di pembahan kali ini, kami akan menjelaskan jenis konektor charger hp yang wajib anda ketahui. Mengapa wajib diketahui? Karena informasi yang akan kami sampaikan nantinya akan sangat berguna sekali jika anda ingin membeli konektor charger hp. Tentu anda tidak mau bukan jika salah membeli konektor charger hp untuk hp android kesayangan anda seperti Samsung?

Berikut ini adalah beberapa jenis konektor charger hp yang biasanya disematkan pada sebuah produk hp. Jenis-jenis kontektor charger untuk hp di bawah ini umumnya mudah anda temukan di toko-toko online maupun offline. Untuk menambah wawasan anda tentang dunia perponselan, ini dia beberapa diantara konektor charger hp yang wajid anda ketahui.

1. Konektor Charger Mini-USB

Konektor Charger Mini-USBSesuai namanya, konektor charger mini-USB biasanya digunakan untuk perangkat-perangkat kecil seperti hp dan kamera saku. Konektor charger ini identik dengan bentuknya yang kotak kecil. Seiring berjalannya waktu, konektor charger mini-USB pun mulai ditinggalkan. Jika anda pemilik Huawei Nova 4 yang baru saja rilis beberapa waktu silam, tentu konektor charger mini-USB tidak akan support dengan hp anda.

Kelebihan konektor Charger Mini-USB:

  • Ukuran yang ringkas dan mungil. Ukuran yang kecil membuat konektor charger hp jenis ini tidak akan memakan banyak tempat.
  • Support banyak perangkat dengan ukuran mungil seperti hp dan kamera saku.

Kekurangan konektor Charger Mini-USB:

  • Sudah ketinggalan jaman. Hp masa kini sudah mulai meninggalkan penggunaan konektor charger jenis ini.
  • Sulit ditemukan. Jika anda berencana untuk membeli konektor charger hp mini-USB, sepertinya anda perlu usaha ekstra karena konektor jenis ini sudah mulai sulit untuk ditemukan.

2. Konektor Charger Micro-USB

Konektor Charger Micro-USBSetelah konektor charger mini-USB mulai ditinggalkan, para produsen hp pun kemudian membuat jenis baru dari konektor charger hp yang kemudian dinamakan micro-USB. Micro-USB adalah versi pembaruan dari mini-USB. Lini hp android keluaran berbagai vendor hp pun sampai detik ini masih menggunakan konektor jenis ini.

Kelebihan konektor Charger Micro-USB:

  • Fleksibel. Hp android masa kini mayoritas menggunakan konektor charger micro-USB. Micro-USB men-support banyak tipe hp sehingga anda dapat dengan mudah meminjam charger milik siapapun dari merek hp android manapun untuk mengisi ulang daya beterai hp anda.
  • Mudah ditemui. Berencana membeli charger micro-USB untuk hp anda? Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai merek charger micro-USB di toko aksesoris hp online maupun offline. Untuk anda yang memiliki hp android Samsung, anda bisa membeli konektor charger jenis ini di Samsung Service Center. Pastikan untuk membeli yang original agar hp anda terhindar dari gejala layar loncat. Baca juga mengenai cara agar hp Android support Multi Touch 

Kekurangan konektor Charger Micro-USB:

  • Banyak ditemuinya konektor charger Micro-USB dengan kualitas rendah. Karena mayoritas hp android yang menggunakan konektor charger jenis ini, hal itu mendorong produsen-produsen nakal untuk menjual konektor charger micro-USB yang kualitasnya di bawah standar.
  • Membuat layar loncat. Penggunaan konektor charger micro-USB yang abal-abal akan berpotensi membuat hp android anda mengalami gejala layar loncat.

3. Konektor Charger Type-C

Konektor Charger Type-CKonektor Charger Type-C merupakan terobosan terbaru dari para produsen hp android. Konektor jenis baru menawarkan beberapa kemudahan bagi para penggunaan hp pintar android. Beberapa seri flagship pun sudah menggunakan konektor jenis ini.

Kelebihan konektor Charger Type-C:

  • Bentuk yang sangat kecil dan bisa digunakan bolak-balik.
  • Mendukung fast charging alias membuat proses pengisian isi ulang daya baterai hp menjadi sangat cepat.
  • Proses transfer pada juga diklaim lebih cepat jika menggunakan konektor jenis ini

Kekurangan konektor Charger Type-C:

  • Belum support di banyak hp android. Type-C memang baru dikhusukan untuk hp android mid-range sampe high-range.
  • Harga relatif mahal. Jika anda mencari konektor charger type-C, siapkan budget tambahan karena harga untuk membeli satu buah konektor charger jenis ini cenderung mahal.

4. Lightning

LightningKonektor charger hp bernama Lightning secara khusus diciptakan Apple untuk produk-produknya. Secara kasat mata, Ligtning punya bentuk yang mirip dengan Type-C. Lightning bisa digunakan pada iPhone 5c ke atas.

Kelebihan Lightning:

  • Ekslusif karena hanya bisa digunakan pada perangkat Apple saja.
  • Minim penyebaran virus dan layar loncat jika anda menggunakan lightning cable yang sudah mendukung MFI dan pastinya original.

Kekurangan Lightning:

  • Mudah rusak. Beberapa pengguna Apple iPhone sering mengeluhkan jika Lightning cepat sekali menjadi rusak.
  • Mahal. Tentu bukan Apple namanya jika akseoris yang mereka buat dihargai murah.

Demikian artikel teknologi mengenai jenis konektor charger hp ini kami sampaikan. Semoga anda dapat dengan mudah menemukan konektor charger hp terbaik untuk hp android ataupun iPhone kesayangan anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi