Sponsors Link

24 Cara agar Hp Tidak Lemot Lagi dan Selalu Cepat Performanya

Sponsors Link

Memiliki ponsel yang lemot tentu akan membuat Anda menjadi jengkel. Sebab ponsel tersebut akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa bekerja sebagaimana mestinya. Apabila Anda ingin agar ponsel kebanggaan Anda tidak lemot, maka Anda wajib menemukan beberapa cara agar hp tidak lemot. Tentu saja cara ini wajib Anda lakukan untuk menjamin bahwa ponsel Anda akan selalu bekerja dengan baik.

ads

Selain itu, ketika ponsel Anda lemot tentunya Anda juga akan menjadi sangat jengkel. Tugas harian Anda juga akan menjadi terbengkalai jika ponsel kebanggaan Anda menjadi sangat lemot dan tidak bisa diajak kerjasama. Ponsel yang lemot akan membuat Anda merasa perlu untuk membeli ponsel yang baru. Namun tahukah Anda bahwa sebagian orang akan salah ketika menilai bahwa ponsel lemot itu pertanda perlu beli baru. Anda wajib memahami apa sajakah yang menyebabkan ponsel kebanggaan Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Penyebab Hp lemot

Jika Anda ingin tahu cara agar hp tidak lemot, maka Anda wajib mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sebab jika Anda tidak mengetahui penyebabnya, maka Anda tidak akan bisa mengatasi lemotnya ponsel Anda. Berikut ini daftar penyebabnya:

  • Sering Update Aplikasi

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang ketika mendapati sebuah pemberitahuan untuk update aplikasi pada ponsel adalah pengguna selalu menyetujui untuk segera melakukan update aplikasi pada ponsel. Misalnya untuk aplikasi BBM, tentu saja Anda akan sering sekali menghadapi pemberitahuan dan permintaan untuk segera melakukan update untuk aplikasi BBM ke versi yang terbaru. Padahal belum tentu Anda membutuhkan pembaharuan tersebut.

Baca juga: Cara Cek Keaslian iPhoneMengecek Keaslian Hp Samsung.

Sehingga keputusan yang salah jika Anda terus melakukan pembaharuan ketika ada pemberitahuan di ponsel Anda untuk melakukan hal tersebut. Pasti Anda akan berpikir mengapa demikian. Sebab ketika Anda rutin melakukan pembaharuan terhadap aplikasi Anda maka Anda akan berhadapan dengan aplikasi baru yang memiliki kapasitas yang lebih besar. Sehingga ketika kapasitasnya lebih besar, maka akan memakan memori Anda lebih besar lagi. Otomatis ponsel Anda menjadi lambat.

  • Memori Terlalu Penuh

Memori yang terlalu penuh juga menjadi penyebab utama ponsel Anda menjadi lemot. Memantau memori Anda secara berkala sangat diperlukan agar terhindar dari hp yang lemot. Memori pada ponsel baik itu memori internal maupun memori eksternal memiliki kapasitas tertentu. Jika isi di dalam ponsel Anda terlalu banyak, maka bisa jadi memori pada ponsel Anda akan menipis. Ketika kapasitas memori atau ruangan kosong pada ponsel Anda ini sudah mulai menipis, maka jangan heran jika ponsel Anda akan menjadi super lemot. Sehingga Anda wajib mengontrol pemakaian memori Anda untuk penyimpanan berkas-berkas penting Anda.

  • Terlalu Banyak Aplikasi yang Tidak Penting

Memiliki ponsel berbasis Android tentu saja akan membuat Anda akan memilih untuk menginstal beberapa aplikasi yang Anda perlukan untuk ponsel Anda. Namun secara tidak sadar ketika Anda memasang aplikasi, maka otomatis, ruangan kosong pada ponsel Anda akan digunakan oleh aplikasi tersebut. Sehingga tidak heran jika ponsel Anda tiba-tiba akan menjadi lemot. Jangan terlalu sering memasang aplikasi yang tidak benar-benar Anda butuhkan agar hp Anda bisa tetap bekerja dengan cepat dan optimal.

Baca juga: Penyebab Hp Bootloop.

Cara Mengatasi Hp Lemot

Apabila ponsel Anda sudah terlanjur lemot, berikut ini cara-cara untuk mengatasinya agar ponsel dapat bekerja seperti sedia kala:

1. Ketahui Penyebab Ponsel Menjadi Lemot

Ketika tiba-tiba ponsel menjadi lemot, maka hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengetahui penyebab ponsel Anda menjadi lemot. Tanpa Anda mengetahui penyebabnya, maka Anda tidak akan mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Caranya adalah Anda bisa membuka pengaturan pada ponsel Anda, kemudian cek apakah kapasitas memori pada ponsel Anda sudah penuh. Jika memang karena memori Anda yang penuh, maka Anda bisa segera hapus beberapa file yang tidak begitu penting seperti foto atau musik yang sudah tidak Anda perlukan lagi. Sehingga jumlah memori Anda akan bertambah dan kinerja ponsel kembali normal.

Sponsors Link

2. Bebaskan Ruangan Memori Ponsel Anda

Memori yang penuh tentu saja menjadi salah satu penyebab dari lemotnya ponsel Anda. Memberikan ruangan bebas untuk ponsel Anda akan memberikan sedikit nafas kepada ponsel agar bekerja secara optimal. Tentu saja dengan memori yang sudah sedikit terbebaskan ini akan membuat ponsel Anda bisa bekerja lebih baik. Memori yang penuh ini bisa disebabkan oleh file, baik itu file foto, musik, video maupun dokumen lainnya yang terlalu banyak. Sehingga memakan ruangan memori ponsel Anda. Selain itu, penyebab lainnya memori terlalu penuh adalah banyak aplikasi yang Anda pasang pada ponsel Anda sehingga membuat ponsel tidak bekerja dengan lebih optimal.

3. Hapus Aplikasi

Menghapus beberapa aplikasi memberikan ruang yang cukup luas untuk ponsel Anda. Menghapus aplikasi yang tidak Anda perlukan akan membuat ponsel Anda bisa memiliki ruangan bebas untuk sistem bekerja normal kembali. Menghilangkan beberapa aplikasi ini tentu saja merupakan salah satu cara agar hp tidak lemot paling ampuh. Sebab biasanya beberapa aplikasi terutama aplikasi game memakai ruangan yang cukup besar di dalam memori ponsel Anda. Sehingga ponsel Anda akan sulit bergerak untuk bekerja normal. Biasanya ada beberapa jenis aplikasi yang memang menggunakan ruangan yang cukup banyak untuk mengaktifkan aplikasi tersebut. Sehingga menghapus aplikasi tersebut akan memberikan ruangan bebas untuk ponsel Anda.

Baca juga: Hp Kamera TerbaikHp Termahal di Indonesia, Hp Termurah di Indonesia.

4. Hapus Aplikasi Facebook

Siapa sih yang tidak punya akun media sosial yang satu ini. Namun jika pada ponsel Anda terdapat aplikasi ini, maka sebaiknya segera dihapus. Sebab aplikasi media sosial ini akan menggunakan ruangan yang cukup banyak agar bisa aktif. Memori yang digunakan untuk mengaktifkan aplikasi ini memang terbilang cukup banyak, sehingga sangat disarankan untuk Anda hapus. Apabila Anda ingin mengakses media sosial ini, maka sebaiknya Anda buka pada versi web browser saja. Selain boros memori, aplikasi Facebook juga membuat ponsel Anda boros baterai dan kuota. Anda kadang juga disarankan untuk download Facebook Messenger agar bisa mengirim pesan private, namun aplikasi tersebut juga memakan banyak memori. Apalagi kalau harus sering update ke versi terbaru.

5. Hapus Aplikasi Cuaca

Aplikasi cuaca memang dibuat dan dipasang pada ponsel untuk mempermudah para penggunanya untuk mengetahui update cuaca hari ini dan beberapa hari ke depan. Tentu saja dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengatasi segala kemungkinan cuaca. Namun tahukah Anda bahwa aplikasi cuaca ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki pemakaian memori paling besar. Sebab aplikasi ini akan selalu aktif selama 24 jam untuk mengabarkan kepada Anda cuaca dan juga suhu udara untuk hari ini. Bila Anda jarang melihat update cuaca, ada baiknya Anda menghapus aplikasinya, agar hp tidak lemot. Sebab ketika aplikasi ini aktif, maka aplikasi akan terus bekerja selama seharian penuh untuk mengupdate data cuaca hari ini.

Baca juga: Hp Terlaris di IndonesiaHp Terlaris di Dunia.

6. Hapus Aplikasi Antivirus Gratis

Memiliki antivirus memang akan mengamankan ponsel Anda dari kemungkinan terkena virus. Namun tahukah Anda bahwa menggunakan antivirus gratis justru akan membuat ponsel Anda menjadi lambat. Berbeda dengan aplikasi antivirus yang berbayar. Sebab antivirus berbayar ini biasanya merupakan aplikasi yang cukup ringan. Jadi lebih baik ganti aplikasi antivirus Anda dengan menggunakan aplikasi antivirus berbayar yang lebih hemat ruang penyimpanan. Selain itu antivirus berbayar juga lebih bersahabat dengan ponsel Anda, sehingga tidak akan membuat ponsel Anda menjadi lemot ketika digunakan. Penggunaan antivirus semacam ini akan cukup mengamankan ponsel Anda dari virus berbahaya sekaligus memberikan pengamanan dari ponsel yang lemot ketika digunakan antivirus ini pada ponsel Android Anda. Memakai antivirus berbayar juga jauh lebih aman dibandingkan dengan antivirus gratis.

7. Hapus Aplikasi Pembersih

Aplikasi pembersih ini merupakan salah satu aplikasi yang berguna. Namun sebenarnya aplikasi tersebut justru berpotensi untuk memperlambat kerja ponsel Anda. Apabila Anda sudah terlanjur memasangnya, maka sebaiknya segera hapus aplikasi tersebut. Meskipun Anda membutuhkan aplikasi ini, namun menghapus aplikasi ini ternyata merupakan cara agar hp tidak lemot yang paling efektif. Aplikasi semacam ini ketika membersihkan ponsel Anda kadang masih menyisakan file-file yang tidak dapat Anda temukan. File-file inilah yang akan memakan memori pada ponsel Anda, sehingga tidak heran apabila ponsel Anda tiba-tiba menjadi lemot. Menghapus aplikasi ini akan menolong Anda untuk menghemat memori pada ponsel dan juga membuat ponsel Anda bekerja lebih optimal lagi.

Baca juga: Kelebihan Hp Android Setelah di Root.

8. Hapus Aplikasi Browser Bawaan

Menghapus aplikasi browser bawaan akan menghemat memori ponsel Anda sekaligus membuat ponsel Anda kembali memiliki performa yang prima. Selain itu sebagai gantinya Anda bisa menggunakan aplikasi browser lainnya yang bisa Anda unduh melalui Play Store. Cara ini terbilang cukup efektif. Anda bisa pilih Google Chrome untuk browser pada ponsel Anda. Aplikasi ini jauh lebih hemat memori dan jauh lebih bersahabat dengan ponsel Anda ketimbang aplikasi bawaan dari ponsel. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda menginstal aplikasi ini pada ponsel Anda sebagai browser andalan untuk Anda berselancar di dunia maya.

9. Ketahui Kapasitas RAM

Setiap ponsel pasti memiliki dan menggunakan RAM dengan kapasitas yang berbeda-beda. Mengetahui jumlah RAM Anda, baik yang terpakai maupun tidak sangat diperlukan. Sebab ukuran RAM yang besar akan membuat ponsel Anda bisa terhindar dari kemungkinan kinerja yang lambat. Jika memang ukuran RAM Anda ternyata kecil, maka Anda wajib melonggarkan space RAM pada ponsel dengan menghapus aplikasi atau menutup aplikasi ketika sudah tidak digunakan lagi. Selain itu, Anda bisa juga menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak Anda butuhkan namun memakan RAM pada ponsel Anda dan membuat ponsel Anda menjadi lemot.

Baca juga: Hp RAM Terbesar di Dunia.

10. Perbarui Versi OS Android

Versi OS Android merupakan salah satu faktor yang mendukung kinerja ponsel Android Anda apakah akan lemot atau tidak. Melakukan pembaharuan versi OS Android Anda akan sedikit membantu untuk meningkatkan performa ponsel Anda. Sebab ketika Anda menggunakan versi OS Android terbaru, maka otomatis kerja sistem juga sedikit mengalami perubahan. Namun Anda juga tidak boleh asal memperbarui versi OS Android Anda, sebaiknya Anda juga perhatikan apakah ponsel Anda mendukung untuk fungsi tersebut. Sebab jika ponsel Anda tidak mendukung untuk upgrade OS, maka upgrade OS bukan pilihan terbaik.

Sponsors Link

Baca juga: Jenis-Jenis Smartphone.

11. Hapus Widget yang Tidak Dibutuhkan

Keberadaan widget kadang akan cukup membantu Anda. Namun tahukah Anda bahwa aplikasi widget ini ternyata dapat menghambat kinerja ponsel Anda. Dengan menonaktifkan widget tersebut akan membantu Anda untuk dapat menghemat memori serta membuat ponsel Anda kembali bekerja normal seperti biasanya. Ketika Anda menonaktifkan widget tersebut, maka Anda bisa cukup menolong ponsel Anda untuk kembali bekerja seperti sedia kala. Menggunakan widget berarti sama saja membiarkan aplikasi berjalan, sehingga hal ini akan membuat RAM pada ponsel Anda menjadi bekerja keras untuk membuatnya bekerja secara normal.

12. Atur Penggunaan Wallpaper

Pengaturan wallpaper memang akan membuat ponsel menjadi lebih indah. Namun tahukah Anda bahwa ketika Anda menjatuhkan pilihan pada live wallpaper maka ponsel Anda akan menjadi lemot. Hindari pemakaian live wallpaper, sebab pemakaian wallpaper semacam ini akan memperlambat kinerja ponsel Anda. Tentu saja ketika RAM yang dibutuhkan juga lebih besar maka ponsel Anda akan menjadi lebih lemot dari perkiraan Anda. Sehingga ada baiknya jika Anda menghindari penggunaan wallpaper semacam ini untuk mempercantik ponsel Anda. Sebaiknya gunakan tipe wallpaper gambar tidak bergerak saja sepeti foto untuk membuat penampilan ponsel Anda menjadi lebih menarik.

13. Gunakan Aplikasi Serba Guna

Aplikasi serba guna ini akan menolong Anda untuk menghemat memori ponsel Anda. Aplikasi ini merupakan salah satu pilihan yang cukup bijaksana untuk Anda gunakan. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mampu melakukan banyak hal namun tidak memakan memori ponsel Anda, sehingga ruangan bebas dalam ponsel akan cukup banyak. Cara ini merupakan cara agar hp tidak lemot paling cerdas. Sebab Anda bisa menggunakan aplikasi serba guna sekaligus bisa membuat ponsel Anda bebas dari kinerja yang lambat.

14. Gunakan Fitur Auto Kill

Fitur ini merupakan salah satu fitur cerdas yang akan menolong ponsel agar tidak lemot. Aplikasi ini bekerja untuk mencegah adanya aplikasi yang dijalankan di background saat ponsel dalam keadaan mati atau sleep. Sebab dengan adanya aplikasi yang berjalan di background akan membuat ponsel menjadi lemot.

Baca juga: Cara Jailbreak iPhone.

15. Selalu Gunakan Aplikasi Berbayar

Memang kebanyakan orang akan memilih untuk menggunakan aplikasi gratis. Namun tahukah Anda ketika Anda menggunakan aplikasi berbayar justru akan lebih baik untuk ponsel Anda. Menggunakan aplikasi yang berbayar justru akan membuat ponsel Anda lancar. Berbeda dengan ketika Anda menggunakan aplikasi gratis. Ketika Anda menggunakan aplikasi gratis yang akan terjadi adalah ponsel Anda akan menjadi sangat lemot sebab akan ada banyak sekali iklan yang ada di dalam ponsel, sehingga akan memperlambat kinerja smartphone.

ads

16. Matikan Animasi pada Ponsel

Animasi pada ponsel memang menjadikan ponsel menjadi cantik. Namun tahukah Anda justru animasi inilah yang menjadi penyebab utama ponsel Android Anda menjadi sangat lambat. Animasi akan memakan ruang RAM Anda sehingga Anda akan mendapati bahwa ponsel Anda akan menjadi sangat lambat. Bahkan ponsel Anda tidak akan bisa bekerja kembali seperti sedia kala.

Menghapus animasi tentu saja akan memberikan ruang bebas pada RAM ponsel Anda. Memang penampilan ponsel menjadi tidak lagi cantik. Namun justru inilah yang terbaik untuk ponsel Anda. Sehingga Anda wajib melakukan hal ini untuk membuat ponsel Anda bekerja seperti sedia kala. Cara ini mungkin akan membuat ponsel Anda tidak memiliki penampakan yang menarik. Namun justru dengan melakukan inilah ponsel Anda terbebas dari keluhan lemot yang selama ini Anda sering keluhkan. Tentu saja dengan menghindari hal ini juga lebih bisa membuat ponsel Anda menjadi lebih awet.

Baca juga: Tips Membeli Hp Android.

17. Bersihkan Data Partisi

Melakukan pembersihan data partisi ini akan membuat ponsel Anda bisa bekerja lancar. Data partisi adalah sebuah data atau bagian dari ponsel yang memungkinkan Anda untuk membuka dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Namun Anda wajib tahu bahwa justru ketika Anda melakukan multitasking inilah yang sering membuat ponsel menjadi lemot. Tentu saja mungkin Anda berpikiran bahwa multitasking merupakan hal yang wajar. Namun sebenarnya dengan Anda melakukan multitasking pada ponsel Android Anda, maka akan membuat ponsel Anda semakin sering lemot dan lebih sering hang. Sebab ponsel akan bekerja ekstra keras untuk membuat semua aplikasi yang terbuka dapat dijalankan dengan baik.

18. Matikan Fitur Sinkronisasi Otomatis

Bagi sebagian orang sinkronisasi otomatis ini akan membuat Anda bisa terhubung ke semua aplikasi secara langsung tanpa Anda harus membukanya kembali. Namun sinkronisasi otomatis ini akan membuat ponsel Anda berusaha untuk menghubungkan semua aplikasi yang ada pada ponsel Anda dengan data. Tentu saja dengan melakukan hal ini ponsel akan bekerja keras untuk membuat aplikasi berjalan baik. Namun justru inilah yang menyebabkan ponsel menjadi sangat lambat. Namun demikian Anda bisa mencegahnya dengan membiarkan ponsel Anda tanpa sinkronisasi otomatis.

Baca juga: Hp Baterai Awet.

19. Ganti Menu Launcer Bawaan Ponsel

Aplikasi Launcer yang menjadi bawaan ponsel Anda tentu saja bisa diganti dengan yang lainnya. Namun Anda wajib menggantinya dengan aplikasi yang lebih ringan dan tidak bekerja dengan memberatkan RAM Anda. Sebab jika aplikasi baru justru memberatkan RAM maka sebaiknya harus Anda hindari.

20. Lakukan Reset Ulang Ponsel

Melakukan reset ulang memang kedengarannya tidak asing. Namun penerapannnya orang malah jarang melakukannya. Sedangkan ketika Anda melakukan reset ponsel, maka ponsel Anda akan menghapus data-data yang menumpuk dan membuat ponsel Anda menjadi lambat. Hal ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara rutin.

Demikian cara-cara agar hp Anda tidak lemot yang bisa Anda coba. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa hp canggih yang harganya mahal tidak bakal lemot. Justru semakin canggih hp, biasanya aplikasi yang ditawarkan kepada Anda akan jauh lebih banyak dan variatif. Lebih baik memiliki aplikasi sedikit tapi selalu Anda gunakan, daripada menumpuk aplikasi yang tidak terlalu penting, bahkan sama sekali tidak digunakan. Setiap hp memiliki kapasitas yang berbeda-beda, jadi bijaklah dalam memakainya agar hp Anda selalu memiliki performa yang maksimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi