Sponsors Link

6 Cara Memperbaiki Speaker Hp Yang Suaranya Pecah Berdasarkan Penyebabnya

Sponsors Link

Kali ini kita akan menjelaskan tentang cara memperbaiki speaker hp yang suaranya pecah, karena speaker merupakan bagian penting pada smartphone anda, anda bisa memutar musik, untuk melihat film, nada dering, dll. Tentunya sangat terganggu sekali jika speaker anda suaranya pecah, karena ketika speaker suaranya pecah akan mengeluarkan suara yang tidak enak di dengar.

ads

Tapi tidak usah buru-buru di bawa ke counter ataupun tempat service karena belum tentu smartphone anda rusak total dan untuk meminimalisir pengeluaran tentunya, selain meminimalis pengeluaran juga belum tentu saat smartphone atau hp anda saat di servis akan jadi pada hari itu juga. Nah sekarang kita akan membahas penyebab dan cara menangani speaker yang rusak.

1. Speaker sobek atau sudah rusak

Jika terjadi kerusakan fisik pada salah satu komponen speaker ini maka sebaiknya anda coba membeli yang baru dan berkualitas bagus, atau lebih bagus lagi original agar suaranya memang kembali kesemula. Biasanya komponen speaker yang rusak di tandai dengan sember atau terdapat robekan kecil pada bagian speaker nya. Anda bisa mengecek nya juga dengan membuka casing pada smartphone atau hp anda. Baca juga mengenai ciri-ciri headset yang bagus.

2. Kemasukan debu

Karena speaker banyak terdapat debu dan kotoran di dalam nya, sehingga getaran speaker tertahan oleh debu dan kotoran yang menempel pada speaker smartphone anda. Anda bisa mengeceknya dengan membuka casing pada smartphone anda lalu tiup atau menggunakan cara lain untuk menghilangkan debu yang menempel. Baca juga mengenai cara memperbaiki speaker hp yang terkena air.

3. Maksimalkan suara volume

Ini yang sangat perlu di hindari,biasanya kita suka menggunakan volume di atas rata-rata untuk memutar lagu favorit anda agar puas dan bisa di dengar oleh orang lain,malah hal ini jadi pemicu kerusakan speaker karena akan memforsirnya dengan tenaga maksimal dan memperpendek umur speaker. Selain memperpendek umur speaker juga dapat merusak sistem pendengaran anda dan menghabiskan daya baterai anda dengan cepat.

4. Short jalur speaker

Bisa di cek dengan anda buka casing dan lihat secara teliti dan detail pada jalur yang menghubungkan antara pcb smartphone yang terhubung dengan speaker, bisa jadi ada sesuatu yang menempel dan konslet, atau mungkin salah satunya mulai lepas dan mengelupas pada kabel nya, atau mungkin juga bisa hanya menempel beberapa serat kecil saja dan menjadikan distribusi arus suara tidak lancar dan suaranya jadi sember atau pecah jadi saat di dengarkan tidak enak di telinga. Baca juga mengenai aksesoris hp yang paling laris di pasaran.

5. Untuk bermain game dengan volume max

Tanpa kita sadari Sering kali kita saat main game dengan suara yang keras dan terlalu  memaksa kinerjanya bisa juga mengakibatkan membuat speaker smartphone anda menjadi pecah. Jadi gunakan volume secukupnya saja saat anda bermain game kalau tidak anda bisa menggunakan earphone ataupun headset untuk lebih maksimal. Baca juga mengenai software pendeteksi kerusakan hp Android.

Sponsors Link

6. Kabel pada solderan di speaker lepas

Akibat lepasnya kabel pada speaker perlu dilakukan kejelian untuk mengatasinya. Kita bisa menyoldernya sendiri dengan pelan-pelan. Jika tetap tidak bisa, berarti ada komponen yang harus diganti, karena jika sudah rusak total tidak akan dibenarkan. Baca juga mengenai layar hp tidak mau mati otomatis.

Ada beberapa jenis speaker pada Android atau smartphone lainnya, contohnya:

  • Speaker Coaxcial (Terpusat) Terdiri dari woofer, midrange dan tweeter dalam satu poros dan berdekatan. Piranti ini sengaja di desain menghasilkan frekuensi lebih rata.
  • Speaker Dual Cone, umumnya desain speaker ini paling efisien dan berharga murah. Dentuman suara yg dihasilkan rata-rata nyaris sama, walaupun dari berbagai merk.

Nah itu beberapa info dari kami, tentang cara memperbaiki speaker hp yang suaranya pecah. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda dalam memperbaiki speaker anda yang rusak ataupun suaranya pecah, dengan itu anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membawa smartphone kesayangan anda ke konter hp ataupun servisan hp. Selain memakan harga yang banyak di tempat servis juga belum tentu smartphone kesayangan anda akan jadi dengan cepat. Dan tentunya kami menyebutkan juga penyebab nya untuk menghindari terjadi nya speaker rusak kepada anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi