Sponsors Link

3 Cara Menghubungkan Android ke TV Tanpa Kabel Paling Jitu

Sponsors Link

Sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara menghubungkan HP Android ke TV LED dan cara menghubungkan Android ke layar TV biasa. Dan anda juga perlu tau bagaimana cara memilih kabel USB yang bagus untuk Android supaya hasilnya maksimal. Dari situ kita mengetahui bahwa perkembangan dunia dalam hal teknologi berkembang sangat cepat. Dan ilmuwan serta developer-developer teknologi HP pun berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang mungkin belum pernah terpikirkan sama sekali oleh umat manusia. Mereka berpikir out of the box, dimana ciptaan-ciptaan mereka diluar batas pemikiran kita semua. Sebentar lagi akan kita bahas mengenai bagaimana cara menghubungkan Android ke TV tanpa kabel?

ads

Pada jaman sekarang, tidak menggunakan kabel / perangkat untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya adalah hal yang biasa, apalagi semenjak ditemukannya teknologi wifi. Semua serba terhubung melalui udara, dan tidak tampak seperti pada jaman dahulu yang menggunakan kabel. Begitu pula dengan cara menghubungkan Android ke TV tanpa kabel. Sebentar lagi kita akan membahas beberapa perangkat yang dapat menghubungkan hp Android ke TV tanpa kabel.

1. Chromecast

Apa itu chromecast? Dari namanya tampaknya tidak asing ya? Yak, chromecast adalah sebuah perangkat khusus besutan dari Google. Fungsinya adalah untuk menghubungkan HP Android ke TV tanpa harus menggunakan kabel. Canggih sekali bukan ? dengan menggunakan fitur WiFi, anda dapat mengakses HP Android dengan tampilan layar yang lebih besar yaitu pada TV anda. Perangkat ini lebih banyak difungsikan untuk hal dalam mengakses internet dan multimedia.

Sebuah alat wajib yang harus anda miliki, apalagi jika anda mempunyai Smart TV, pastinya alat ini sangat sekali memudahkan kehidupan bersosial anda dan lain-lain. Termasuk mencoba cara menjadikan Android sebagai CCTV via Wifi paling mudah. Lalu, untuk dapat menggunakan Chromecast, caranya sebagai berikut:

  • Pertama anda harus download atau mengunduh aplikasi ini di Google Play Store, setelah anda mengunduhnya, install atau pasang kedalam perangkat HP Android anda. Jangan lupa ya, sebelum anda mengunduhnya, pastikan jaringan internet anda terpasang, atau nyalakan WiFi anda untuk mendapatkan jaringan internet ditempat yang memiliki WiFi.
  • Setelah sudah terpasang dalam perangkat HP Android anda, nyalakan aplikasi tersebut.
  • Kemudian pada TV, anda setel TV anda untuk masuk ke channel TV ke HDMI Mode, akan lebih mudah apabila anda menggunakan Remote Control daripada menggunakan tombol yang ada pada TV tersebut.
  • Setelah tersinkronisasi antara HP Android anda dengan Smart TV anda, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan kode yang muncul pada layar TV melalui aplikasi chromecast. Pastikan anda memasukkannya dengan benar supaya dapat terkoneksi langsung.
  • Setelah tersinkronisasi, anda tinggal menggunakan HP Android anda untuk menyetel apa yang harus diputar di TV anda.

Simpel dan praktis sekali. Anda juga dapat memutar film-film layar lebar dan menampilkannya di layar TV anda dengan cara mengunduh dengan menggunakan aplikasi download film di Android secara gratis. Dicoba ya!

2. All Share

Allshare adalah sebuah aplikasi yang fungsinya tidak jauh dari chromecast milik Google dan airplay milik Apple. Sebuah cara menghubungkan Android ke TV tanpa kabel, dan khusus allshare harus bermerk Samsung dan fitur ini terdapat pada tipe Galaxy series. Pertama pastikan HP Android Samsung anda terhubung dengan jaringan internet, maka dengan mudah akan dapat langsung diaplikasikan ke TV anda tanpa kabel. Caranya yaitu:

  • Hubungkan perangkat Cast Allshare anda pada TV anda dengan kabel HDMI (bukan ke HP Android anda). Terdapat indikasi apabila allshare cast telah terhubung dengan TV anda.
  • Lalu, kita beralih ke HP Samsung Galaxy anda, dari layar awal, tarik kebawah dengan dua jari anda, masuklah ke Pengaturan Cepat Panel -> Screen Mirroring, setelah itu HP Android Samsung anda akan mendeteksi perangkat didaerah sekitar HP Android anda.
  • Begitu sudah terdeteksi, pilihlah dongle AllShare Cast dan langsung saja anda input PIN.
  • Setelah semua terhubung, anda sudah dapat menggunakan layar TV anda yang terhubung dengan HP Android Samsung Galaxy anda.
Sponsors Link

Anda dapat dengan nyaman menggunakan browser Android terbaik dan tercepat dengan tampilan besar pada layar TV anda. Bahkan anda dapat bermain game menggunakan HP Android Samsung anda sebagai Controller dan TV sebagai layar, serta beberapa game Android terbaik gratis.

3. AirPlay

Agak sedikit melenceng dari topik ya, kita akan membahas sedikit tentang aplikasi berbasis iOS besutan Apple yaitu AirPlay. Dimana sebelumnya telah membahas tentang Chromecast untuk pengguna HP Android. Hampir sama dengan Chromecast, cara menghubungkan Android ke TV tanpa kabel, tapi untuk yang satu ini milik iPhone atau iPad atau iPod, dan TV-nya pun bukan TV sembarangan, melainkan Apple TV. Dengan aplikasi ini anda dapat memutar foto dan video dari perangkat iOS ke Apple TV.

Tidak kalah dengan Smart TV, dengan Apple TV pun anda dapat streaming musik dengan aplikasi AirPlay. Agar semua berjalan dengan lancar, anda juga harus mengetahui cara agar iPhone tidak cepat panas serta menggunakan aplikasi untuk mendinginkan iPhone yang panas. Dengan begitu anda dapat dengan nyaman menggunakan AirPlay yang terkoneksi dengan Apple TV anda. Oya, pastikan anda terhubung dengan jaringan internet karena fitur ini hanya dapat digunakan dengan jaringan internet maupun Wifi dan tanpa menggunakan kabel, jadi praktis dan nyaman.

Yak, sudah dibahas cara menghubungkan Android ke TV tanpa kabel, semoga dengan informasi ini, anda semua dapat segera mencobanya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi