Sponsors Link

10 Tips Membeli HP Baru Agar Tidak Tertipu (No.7 Wajib Dicoba)

Sponsors Link

Dunia sekarang ini sudah terkenal dengan kecepatan informasi. Kecanggihan teknologi dalam telekomunikasi menjadi sebuah ajang baru dalam memperbaharui kehidupan bersosial. Maraknya kecanggihan telekomunikasi dilengkapi dengan canggihnya alat telekomunikasi saat ini yaitu HP/smartphone. Dan sampai pada saat ini terdapat bermacam-macam jenis dan merk HP terbaik. Sebentar lagi akan kita bahas tips membeli hp Android, iPhone ataupun jenis jenis smartphone lainnya agar tidak tertipu. Yuk mari disimak tips membeli HP baru agar tidak tertipu:

ads

1. Belilah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda

Kebanyakan pada jaman sekarang, masyarakat berpikiran bila harga lebih tinggi pasti mempunyai spesifikasi yang bagus, tapi itu belum tentu. Maka dari itu anda harus jeli tentang hal yang satu ini. Anda juga harus mengetahui kebutuhan anda sendiri mengenai HP yang akan anda beli, dan bukan karena keinginan atau gengsi semata. Memang biasanya dengan harga yang lebih tinggi memiliki spesifikasi lebih baik, tapi ada kemungkinan lain berupa spesifikasi yang sama namun harga berbeda jauh karena perbedaan merk/tipe.

Sebagai contoh, anda membeli HP dengan fitur kamera 23 MP pixel, padahal pada kehidupan sehari-hari anda tidak terlalu butuh HP dengan fitur kamera yang sangat canggih tersebut. Selain itu, budget yang dikeluarkan juga harus sesuai dengan kemampuan kantong anda. Anda memang butuh HP tersebut, namun apabila diluar jangkauan dari budget anda, mungkin anda harus beralih ke tingkat di bawahnya atau setidaknya sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Carilah info tentang smartphone yang anda inginkan

Sebelum anda pergi ke konter/toko HP terdekat lebih baik anda cari tau dahulu info tentang HP tersebut. Tentukan HP yang anda butuhkan, apakah masih di produksi atau tidak, apakah masih dalam jangkauan budget anda, dan carilah HP pembandingnya supaya bila HP yang anda inginkan tidak ada, setidaknya anda sudah punya alternatif HP lain. Dan yang lebih pentingnya lagi, anda juga harus setidaknya mengetahui harga dari HP-HP yang anda incar supaya apabila terjadi tawar menawar, anda dapat menawar dengan akurat dan pantas. Carilah perbandingan harga di situs-situs yang sudah terpercaya misalkan Bhineka, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan masih banyak lagi situs online lainnya yang memuat tentang info harga HP. Tips ini sungguh membantu supaya anda tidak buta terhadap harga HP yang anda inginkan dan tidak mudah untuk tertipu.

3. Pilihlah merk yang jelas

Sebaiknya anda memilih merk HP yang jelas, karena pada umumnya merk yang tidak jelas juga dapat membawa ke penyesalan yang mendalam karena tidak sesuai atau bahkan jauh dari harapan. Ditambah lagi apabila penjual yang menawarkan anda dengan harga yang miring. Umumnya HP dengan merk yang jelas akan lebih mengutamakan mutu dan kualitas produksinya. Mereka tidak akan memproduksi asal-asalan karena mereka sudah mempunyai brand yang besar dan jelas serta tidak ingin merk mereka dikenal jelek oleh masyarakat luas. Oleh karena itu disarankan agar memilih merk yang lebih jelas. Salah satu tips membeli HP agar tidak mudah tertipu.

4. Periksalah kelengkapannya

Hal yang satu ini adalah hal yang harus dilakukan, mengapa demikian ? anda tidak mau kan apabila membeli HP dengan harga yang normal (lengkap) namun kelengkapan HPnya tidak lengkap. Apabila perlu, saat anda akan membeli, biarlah penjual mengeluarkan kelengkapan HP tersebut. Setelah itu baru anda memeriksa, mulai dari earphone, charger, adaptor charger, kabel USB hingga buku manual. Apabila ada yang tidak lengkap ataupun rusak, sebaiknya langsung dibicarakan dengan si penjual supaya anda tidak merasa dirugikan/merasa tertipu.

5. Periksalah segel dan keasliannya

Hal ini sangatlah penting, telitilah sebelum membeli HP, dimulai dari segel dus, sampai pada badan HP tersebut. Periksalah juga baut dan mur yang ada didalam badan HP, apakah masih lengkap dan dalam kondisi yang benar ? apabila tidak, anda perlu menanyakannya. Sebaiknya tidak menerima HP dalam kondisi yang tidak baik, karena dapat berpotensi adanya komponen yang tidak asli di dalem mesin HP tersebut atau sudah ditukar dengan komponen KW, yang sangat berpotensi untuk menurunkan kinerja dan performa HP anda. Apalagi jaman sekarang banyak sekali orang-orang yang mahir untuk mengkanibal HP-HP seken menjadi HP nampak seperti baru. Tips membeli hp agar tidak mudah tertipu yang satu ini sangat dianjurkan dilakukan karena berdampak positif.

Sponsors Link

6. Periksalah kondisi fisik HP

Ya, selain periksa segel dan keasliannya, anda juga perlu untuk memeriksa kondisi fisik HPnya. Apakah masih mulus, atau sudah penyok atau bahkan retak. Sebaiknya anda teliti untuk memeriksa hal yang satu ini supaya anda tidak tertipu karena bisa saja HP baru yang baru saja anda beli adalah barang reject alias barang gagal. Hal ini sering sekali terjadi karena adanya oknum-oknum nakal yang menyalahgunakan barang-barang HP reject dianggap baik karena hanya chasing saja. Seharusnya dikembalikan ke pabrik, namun karena tingginya harga bea cukai masuk barang, membuat mereka berpikir dua kali untuk meretur ke pabrik. Alhasil barang cacat pun tetap saja dijual. So, hati-hati ya guys, jangan mau tertipu.

7. Periksalah keaslian IMEI-nya

Apa itu IMEI ? IMEI adalah kode yang sengaja dibuat oleh pabrik, dan hanya ada 1 didunia, tidak dirancang untuk kembar. Periksalah IMEI yang ada pada dus HP tersebut dengan IMEI yang ada didalam HP tersebut dengan cara menekan tombol *#03# lalu tekan tombol call. Maka, akan menampilkan kode IMEI dari HP tersebut yang seharusnya sama dengan kemasan dus HP tersebut. Dan ingat, satu HP hanya mempunyai 1 kode IMEI. IMEI merupakan cara cek keaslian iPhone dan cara mengecek keaslian Hp Samsung paling mudah yang wajib anda coba agar tidak tertipu.

8. Cek fitur, aplikasi dan fungsi-fungsi lainnya

Cobalah memakai fitur-fitur, aplikasi, dan fungsi-fungsi yang ada di HP tersebut. Sebisa mungkin cobalah untuk dipakai secara maksimal, supaya apabila terjadi sesuatu, kita tidak kaget dan dapat langsung ditanyakan kepada orang yang bersangkutan. Biasanya jika membeli HP baru, semua aplikasi, fitur, dan fungsi berjalan mulus dan lancar, namun apabila saat anda mencobanya hingga mentok, dan menunjukan kejanggalan bisa juga HP tersebut barang reject atau produk gagal. Apalagi jaman sekarang banyak pula aplikasi-aplikasi cleaner dan jenis-jenis seperti boosts memory yang memungkinkan dapat menipu anda. Tips membeli hp agar tidak mudah tertipu yang satu ini cukup efektif dan akurat.

Sponsors Link

9. Bila beli di toko online, carilah yang terpercaya

Bagi yang menyukai membeli HP di toko online, biasanya cenderung lebih mengerti tips yang satu ini. Pada umumnya toko online memiliki semacam reputasi, yaitu semacam tingkat kepercayaan terhadap pelanggan. Disitu anda dapat memilih dari berbagai macam penjual online, penjual mana yang dapat anda percaya dan pegang reputasinya supaya anda tidak tertipu dalam membelinya secara online. Sebetulnya membeli barang secara online itu seperti membeli kucing dalam karung. Mengapa demikian?

Karena pada umumnya gambar/contoh yang tertera pada toko online tersebut adalah gambar yang menarik yang sudah diedit oleh penjualnya supaya diminati banyak pembelinya. Barang yang dikirim oleh penjual belum tentu barang yang ia tawarkan pada saat tawar menawar di toko online tersebut. Cukup beresiko tentunya apabila anda berbelanja di toko online. Namun apabila anda sudah menemukan penjual yang trusted, anda sangat dimudahkan untuk berbelanja. Jadi pintar-pintarlah dalam memilih toko online yang dapat dipercaya. Tips membeli HP online agar tidak mudah tertipu yang ini harus anda coba.

10. Tanyakan kartu garansi

Bagi sebagiaan orang, hal yang satu ini biasanya lupa ditanyakan. Dalam membeli HP baru, apalagi yang original/asli biasanya disertakan dengan kartu garansi. Setiap pabrik yang memproduksi barang elektronik, khususnya HP kebanyakan pasti mempunyai kartu garansi. Apabila hal yang satu ini tidak ada, bisa saja barang tersebut tidak asli, bisa jadi barang tersebut bergaransi distributor/tidak resmi yang pada umumnya si distributor memiliki teknisi sendiri.

Beda halnya dengan garansi resmi, biasanya yang bergaransi resmi memiliki service center tersendiri dan lebih terpercaya karena mereka lebih memiliki sparepart yang asli dan untuk softwarenya yang digunakan sudah dijamin sesuai digunakan di Indonesia. Namun memiliki kelemahan yaitu HP dengan garansi resmi cenderung memiliki harga lebih mahal daripada yang lainnya, mempunyai service center berada di kota-kota besar saja, dan proses yang cukup lama membuat anda tidak sabar dalam meng”garansi”kan HP anda yang berakhir dengan cari konter HP terdekat lalu dengan segera anda memperbaikinya atau menservicenya.

Yak sudah kita bahas tips membeli HP baru agar tidak tertipu, selanjutnya tinggal anda coba. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi