Sponsors Link

2 Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Memutar Video Paling Mudah

Sponsors Link

Bagi Anda para pengguna iPhone, pernahkah ketika Anda ingin menonton video di iPhone namun video tersebut malah tidak bisa diputar?

ads

Masih banyak pengguna iPhone yang menemukan kendala tidak dapat memutar video yang diinginkan baik dengan menggunakan aplikasi pemutar media mau pun melalui Camera Roll. Penggunaan iPhone memang membutuhkan kecakapan teknologi yang lumayan baik. Namun, hal tersebut bukan berarti melemahkan posisi para pengguna iPhone, justru Apple selalu memberikan kemudahan akses bagi para penggunanya agar dapat memahami perangkat yang mereka gunakan.

Sebelum Kita masuk ke pembahasan solusi mengatasi iPhone yang tidak dapat memutar video, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja hal-hal yang menyebabkan perangkat iPhone Anda tidak dapat memutar video yang Anda inginkan. Baca juga: Cara Memindahkan Lagu dari iTunes ke iPhone.

Beberapa hal yang menyebabkan iPhone Anda tidak dapat memutar video, diantaranya:

  • File video yang corrupt.
  • Memory iPhone Anda sudah terlalu penuh.
  • Terlalu banyak cache/cookies juga dapat memberikan dampak iPhone tidak dapat memutar video.
  • Format video yang tidak sesuai dengan perangkat iPhone Anda.
  • Terlalu banyak aplikasi yang memakan storage iPhone Anda.

Dengan melihat beberapa penyebab di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada 2 kategori solusi untuk mengatasi permasalahan iPhone Anda tidak dapat memutar video, yaitu melalui aplikasi dan melalui Camera Roll. Beberapa cara di bawah ini akan memberikan Anda pencerahan cara mengatasi iPhone tidak bisa memutar video:

1. Tidak bisa memutar video melalui Aplikasi

Anda para pengguna iPhone pasti pernah memutar video via aplikasi seperti Youtube, Facebook, Snapchat, Instagram atau aplikasi sejenis lainnya. Namun, dalam suatu waktu Anda tidak lagi dapat memutar video melalui aplikasi-aplikasi tersebut. Maka cara-cara yang dapat memecahkan permasalahan tersebut adalah:

  • Langkah yang perlu Anda lakukan jika gagal memutar video menggunakan aplikasi video pada iPhone adalah dengan melakukan Force Quit seperti menekan dalam waktu yang lama tombol Sleep/Wake di bagian samping perangkat iPhone Anda sampai muncul slider berwarna merah. Setelah itu tekan dan tahan tombol Home sampai aplikasi berhenti beroperasi.
  • Jika Anda memutar video melalui aplikasi pemutar video yang membutuhkan koneksi internet seperti Youtube, Facebook atau Instagram, langkah yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet yang terhubung di iPhone Anda.
  • Untuk mengatur ulang koneksi internet pada iPhone Anda, masuk ke menu Settings>General>Reset>Reset Network Settings. Semua cache dalam jaringan internet Anda akan terhapus dan Anda akan diminta untuk memasukan ID dan password Wi-Fi yang terhubung ke iPhone Anda.
  • Jika iPhone Anda tidak bisa memutar video melalui beberapa aplikasi yang Anda miliki, coba pastikan beberapa aplikasi tersebut sudah mendapatkan update versi terakhir.
  • Cara terakhir jika video tidak bisa diputar menggunakan aplikasi adalah dengan menghapus aplikasi yang Anda gunakan dan kemudian melakukan install ulang lalu pastikan video dapat diputar setelah install ulang dilakukan.

Baca juga: Tips Merekam Video dengan HPAplikasi Edit Video iPhone.

Sponsors Link

2. Tidak bisa memutar video melalui Camera Roll

Lalu bagaimana jika video yang tersimpan di Camera Roll tidak dapat diputar? Apakah cara untuk mengatasinya sama dengan cara yang di atas? Tentu tidak. Jika video yang ada di Camera Roll tidak dapat diputar, maka ada permasalahan dari dalam perangkat iPhone Anda (software issues). Permasalahan tersebut juga tentu saja memiliki solusi tersendiri untuk dipecahkan. Jika permasalahan tersebut terjadi, maka coba beberapa cara berikut ini:

  • Lakukan restart pada iPhone Anda. Restart iPhone biasanya akan membuat performa perangkat iPhone Anda kembali normal. Untuk melakukan hard reboot pada iPhone Anda, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan Home secara bersamaan sampai iPhone mati. Setelah itu 30 detik kemudian, nyalakan kembali iPhone Anda.
  • Jika video tidak bisa diputar melalui Camera Roll Anda, ada kemungkinan format video tidak cocok untuk bisa diputar di iPhone. Pastikan kembali format yang dimiliki video merupakan format yang compatible dengan iPhone Anda.
  • Update versi iOS pada iPhone Anda ke versi yang lebih baru. Terkadang versi iOS yang lama masih memiliki bugs yang sering menurunkan performa perangkat iPhone Anda.
  • Hapus semua video yang rusak atau corrupt. Terkadang ketika Anda melakukan transfer file ke iPhone Anda, proses transfer file sering mengalami gangguan sehingga membuat file video Anda menjadi corrupt.
  • Langkah terakhir jika keempat cara di atas masih tidak bisa memberikan solusi bagi Anda adalah dengan melakukan restore perangkat iPhone Anda ke pengaturan pabrik. Pastikan data-data penting yang Anda simpan di iPhone telah dibackup ke iTunes.

Baca juga mengenai cara merotasi video di iPhone dan aplikasi untuk membuat video animasi.

Demikian beberapa cara mengatasi iPhone tidak bisa memutar video. Anda dianjurkan untuk tidak lagi kebingungan mengatasi permasalahan yang terjadi pada iPhone Anda. Sekarang, Anda tidak perlu lagi datang ke Service Center dan mengeluarkan uang hanya untuk melakukan perbaikan yang sebetulnya Anda pun dapat memperbaikinya sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda para pengguna iPhone.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi