Sponsors Link

9 Cara Membuka Sandi HP yang Lupa Paling Efektif

Sponsors Link

Zaman sudah modern, saking modernnya sekarang semuanya serba mempunyai pengaman, sebagai contohnya barang elektronik yang satu ini, smartphone yang jaman dahulunya dikenal dengan nama HP. Karena kecanggihannya sekarang dikenal dengan nama smartphone.

ads

HP sekarang memiliki banyak sekali jenis jenis pengaman. Dapat dibilang HP sekarang sudah mempunyai gembok dan si empunya gembok saja yang memasang yang mengetahui kunci/sandinya. Dalam HP, terdapat berbagai macam jenis gembok yang dimaksud, yaitu dengan menggunakan password, pattern, PIN, sensor (face, eyes, fingerprint), voice, dan masih banyak lagi. Namun pada umumnya sebagian besar masyarakat sekarang menggunakan password dan pattern.

Karena banyaknya model sandinya, terkadang pemilik sandi pun sampai lupa sandinya untuk membuka HPnya. Oleh sebab itu akan kita bahas tips-tips membuka sandi hp yang lupa. Berikut cara membuka sandi HP yang lupa:

1. Gunakan Android Device Manager

Tips membuka sandi HP yang lupa pertama adalah dengan menggunakan Android device manager. Dimana dengan menggunakan browser di smartphone/hp dan bahkan computer teman anda, anda gunakan untuk mengakses akun google anda yang sama dengan akun google pada akun google Android anda. Kemudian bukalah link untuk menuju ke Android device manager, akan tampil tiga opsi disana yaitu, deringkan, kunci, atau hapus. Disitu anda akan disuruh memilih dari ketiga pilihan itu, dan anda pilih kunci atau lock karena dimaksudkan untuk mereset kunci yang sudah anda lupakan.

Setelah itu anda akan diminta untuk membuat sandi baru, entah itu mengganti pola, password atau bahkan PIN yang sudah anda lupakan. Pada opsi ini anda akan diminta untuk mengetik sandi yang baru dua kali. Ubahlah sesuai dengan keinginan anda, dan jangan sampai lupa kembali. Setelah diubah, maka anda akan diminta menunggu 5 menit supaya google mengklarifikasi apa yang anda lakukan. Setelah menunggu, sekarang coba anda buka smartphone atau HP anda yang tadi baru saja anda lupakan sandinya dan tentunya dengan sandi yang barusan anda input ke akun google anda.

2. Gunakan fitur forgot pattern

Dalam kasus ini, tentunya tidak semudah yang dipikirkan, karena pattern mempunyai kombinasi yang beranekaragam dan sangat banyak sekali kombinasinya. Mungkin anda akan berpikir dua kali untuk mencobanya berulang-ulang dengan pattern tersebut dan apabila dilakukan dapat memakan waktu berbulan bulan. Baca juga: Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu.

Untuk menggunakan fitur forgot pattern, pertama  anda harus mengerti OS android anda. Apabila OS android anda menggunakan Android 4.4 KitKat atau versi yang lebih rendah, anda dapat menggunakan fitur ini. Caranya cukup mudah, yaitu buat 5 kali usaha gagal dengan pattern sandinya, lalu pada layar anda akan tampil jendela pesan “Coba lagi dalam 30 detik”. Dari sini, anda pilih “Forgot Pattern” dan terletak pada bagian bawah layar.

Pada umumnya terdapat dua metode yang disediakan oleh OS Android KitKat tipe ini yaitu dengan menjawab pertanyaan yang telah anda pasang atau dengan cara masuk ke akun google anda. Jika anda hapal dengan jawaban pertanyaan keamanan yang anda buat, maka dengan mudahnya anda dapat segera mengetahui pattern yang anda lupa. Dan apabila anda juga lupa jawaban mengenai pertanyaan keamanan anda, maka pilihlah opsi satunya yaitu dengan akun google. Dimana google akan mengirimkan email berisikan pattern password hp anda, dan apabila anda menghendaki untuk merubahnya, anda dapat merubahnya saat itu juga. Tips ini merupakan tips membuka sandi hp yang lupa yang ampuh dan banyak digunakan sebagian pengguna HP yang lupa akan sandinya.

3. Gunakan Samsung find my mobile

Tips membuka sandi HP yang lupa yang satu ini merupakan tips untuk membuka HP khusus merk Samsung, dimana pabrik dari Samsung ini sendiri sengaja membuat fitur ini bagi yang lupa akan sandinya. Sebetulnya cara ini tidak jauh berbeda dengan Android Device Manager, namun dengan tulisan opsi yang berbeda yakni Find My Mobile. Tips ini mudah, yaitu gunakan browser pada smartphone / hp / komputer teman anda, lalu buka link Find My Mobile. Setelah itu anda akan diminta login ke akun Samsung anda. Bedanya dengan yang tadi adalah menggunakan akun google dan yang ini menggunakan akun Samsung.

Setelah anda login akun Samsung yang anda miliki, tekan tombol Lock My Screen pada panel sebelah kiri. Kemudian masukan sandi baru(yang berupa PIN) yang diinginkan dan kemudian tekan kembali tombol Lock. Tunggulah beberapa saat, lalu kemudian gunakan PIN yang baru saja anda input untuk membuka kunci sandi perangkat HP Samsung anda. Tips membuka sandi HP yang lupa ini merupakan tips yang hampir sama dengan Android device manager lainnya, hanya saja anda menggunakan akun Samsung. Oya, satu lagi untuk catatan, untuk menggunakan fitur ini, anda harus memiliki akun Samsung, apabila anda tidak memilikinya, maka anda tidak dapat mengakses metode ini.

Sponsors Link

4. Gunakan safe mode

Yak, hampir sama dengan komputer, HP pun mempunyai safe mode. Dimana dalam mode ini anda dapat menyetel segala apapun yang ada dalam HP anda termasuk salah satunya tentang sandi yang anda lupakan. Pertama, anda masuk ke safe mode dengan melalui boot HP Android anda. Bagaimana cara melakukan boot? Sebagai contoh, apabila anda menggunakan merk Samsung maka tombol yang digunakan untuk masuk ke safe mode adalah sebagai berikut.

  • Tekan secara bersamaan tombol Volume UP + Home + Power on/off atau
  • Tekan Volume Up + Power on/off atau
  • Tekan Volume Down + Power on/off atau
  • Tekan Volume Up + Volume Down + Power on/off

Mengapa demikian banyak ? karena setiap tipe dari HP Samsung memiliki cara-cara tersendiri untuk masuk kedalam mode safe mode. Dan anda dapat mencobanya dari keempat cara diatas yang mana yang cocok dengan Samsung anda.

Misal anda memiliki HP dengan merk lain pun berbeda pula cara masuknya ke boot untuk mencapai safe mode. Setelah masuk ke safe mode, hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mereboot ulang kunci layar dari aplikasi pihak ketiga yang merupakan aplikasi untuk mengakses sandi yang anda lupakan. Dengan anda uninstall aplikasi tersebut, maka smartphone anda akan kembali reboot dan keluar dari safe mode. Baca juga: Cara Mengunci Game.

5. Gunakan command prompt/ADB

Tips membuka sandi hp yang lupa yang lain adalah dengan metode berikut ini. Dan sistemnya hanya bekerja pada saat anda telah mengaktifkan USB Debugging, serta mewajibkan memiliki komputer yang telah/setidaknya pernah terhubung dengan HP anda lewat ADB. Pertama, hubungkan HP anda dengan komputer anda menggunakan kabel data, lalu buka jendela command prompt pada file direktori instalasi ADB anda. Kemudian ketik tulisan seperti ini pada command prompt komputer anda “adb shell rm /data/system/gesture.key”. Setelah ini, reboot HP anda dan apa yang terjadi adalah tidak adanya pengaman sandi pada layar utama HP anda. Tapi jangan senang dahulu karena ini hanya bersifat sementara saja, pastikan anda telah menerapkan kembali sandi yang baru sebelum reboot selanjutnya.

6. Gunakan aplikasi Dr. Fone

Aplikasi ini sebetulnya digunakan untuk membuka sandi yang anda lupakan, dengan cara menghapus sandi tersebut. Sistem kerjanya cukup mudah, anda hanya menginstall aplikasi Dr. Fone pada PC anda. Kemudian matikan HP yang akan anda hapus/hilangkan sandinya dengan menekan tombol power off. Setelah itu hubungkan hp yang akan dihapus sandinya, entah itu pattern ataupun password maupun PIN ke komputer yang telah terinstall aplikasi Dr. Fone. Lalu pada aplikasi Dr.Fone yang ada pada komputer, pergilah menu More Tools, dan pilihlah Android Lock Screen Removal. Sesaat setelah itu, maka akan keluar jendela pesan yang mempunyai perintah penghapusan sandi, tekan START / mulai. Biarkan proses berjalan, tunggu beberapa saat dan HP anda akan dapat dibuka tanpa perlu menggunakan sandi. Tips membuka sandi HP yang lupa satu ini sangat bagus namun sering disalahgunakan untuk tindakan kejahatan.

Sponsors Link

7. Gunakan factory reset

Ya tips membuka sandi hp yang lupa yang satu ini adalah cara paling sederhana, tidak ribet dan sangat mudah, namun membawa dampak yang buruk untuk data-data anda yang ada didalam HP anda karena akan menghapus segala data dan setelan yang sudah anda miliki dalam HP anda.

Caranya setiap merk HP berbeda seperti menekan tombol power + volume up + home secara bersamaan dalam selang waktu selama 5 detik, dan anda akan masuk kedalam Recovery Mode. Kemudian pilihlah Factory Reset, dan tekanlah tombol daya untuk mengaksesnya. Biarkan sistem bekerja dan kemudian pilih Reboot System Now. Setelah itu HP anda akan restart dan menjadi kondisi seperti anda membeli HP baru, tanpa pengaman yang sebelumnya sudah anda setel. Baca juga: Cara Flash HP Android.

8. Gunakan fungsi panggilan telepon

Cukup merepotkan, karena harus menggunakan 2 HP dan harus memiliki jaringan data internet. Caranya dengan menelpon HP anda yang anda lupa sandinya dengan HP lainnya. Angkat telepon tersebut tapi jangan anda matikan. Lalu pada saat masih dalam kondisi telepon terhubung, tekanlah tombol Home pada HP yang anda angkat telponnya. Secara tidak sengaja maka HP yang tadinya tidak dapat anda buka karena sandinya lupa akan terbuka dan masuk ke menu home. Setelah itu, masuklah ke akun Google dan mulai setel ulang sandi anda. Tips membuka sandi hp yang lupa yang satu ini cukup merepotkan, namun pantas untuk di coba, karena tidak semua merk HP dapat mengakses home pada saat terjadi panggilan telepon.

9. Buat lockscreen menjadi crash atau error

Untuk menggunakan tips membuka sandi hp yang lupa yang satu ini memang harus mengetahui dahulu sistem operasi yang ada pada android anda, apakah menggunakan sistem operasi Lollipop 5.0-5.1.1 atau tidak. Apabila ya, maka anda dapat menggunakan tips ini. Dengan menggunakan BUG yang ada pada sistem operasi Lollipop versi ini, pertama lakukan Emergency Call yang ada pada layar sandi. Lalu gunakan tombol dialer dan inputlah 10 tanda bintang, select all kesepepuluh tanda bintang tersebut/ketuk dua kali supaya teks 10 tanda bintang tersebut tersorot dan pilihlah Copy.

Lalu ulangi kembali proses diatas dan ditambahkan dengan 10 bintang copyan tadi, jadi anda hanya copy paste copy paste hingga jumlah bintangnya banyak dan mentok. Selanjutnya anda kembali ke layar sandi anda lalu bukalah kamera. Setelah masuk kedalam kamera, tariklah jendela notifikasi dan pilihlah Settings/Setelan, dan anda akan dimintai menginput sandi. Tekanlah pada kolom input sandi yang lama dan pilihlah paste. Ulangi terus menerus sampai terjadi crash yang akan membawa anda menuju menu home seperti anda telah membuka sandi. Tips ini cukup kasar namun merupakan salah satu tips membuka HP yang lupa yang patut dicoba.

Baca juga:

Demikian cara membuka sandi hp yang lupa. Untuk lebih jelasnya anda dapat mencobanya langsung, namun sebelum mencoba, pastikan anda mengingat sandi anda ya, jangan beneran terlupa dan yang nantinya akan merepotkan anda sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi