Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Tombol Menu Android Rusak Paling Efektif

Sponsors Link

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak di gunakan saat ini, Android sendiri dikembangkan dari sistem operasi Linux, yang di rancang untuk alat telepon genggam masa kini, yang menggunakan interaksi dengan layar sentuh. Android pada awalnya di buat oleh Android,Inc. Dengan target awal untuk bersaing dengan BlackBerry yang merajai telepon genggam pintar pada masanya, pada tahun 2005, Google membeli perusahaan ini dan menjadikannya resmi di tahun 2007. Setelah pengembangan selama 1 tahun, di tahun 2008 telepon genggam pertama Android resmi meluncur.

ads

Interaksi di Dalam Android

Android sendiri kebanyakan interaksi nya menggunakan layar sentuh, dan melakukan manipulasi objek langsung ke layar, seperti menggeser, menyentuh atau mengetuk, mencubit agar bisa melakukan input perintah ke telepon genggam. Berbeda pada zaman telepon genggam sebelumnya, di mana interaksi dengan program yang ada di dalamnya menggunakan tombol secara keseluruhan.

Akan tetapi, bukan berarti pada awal permulaan jaman telepon genggam pintar terbaru, yang menggunakan touch screen capasitive, membuat telepon genggam ini tidak memiliki tombol sama sekali. iPhone, Android, bahkan Windows Phone, tetap menggunakan tombol untuk beberapa interaksi penting dengan operasi sistem di dalamnya. Penggunaan tombol fisik nya lebih banyak di gunakan untuk mengecilkan, atau membesarkan suara, atau mematikan dan menghidupkan telepon. Android malahan pada awal kemunculannya, memiliki 3 tombol utama, yaitu tombol Back atau tombol kembali, tombol Menu atau tombol setting menu, dan tombol Home atau tombol layar utama. Berbeda dengan iPhone yang dari awal kemunculannya hanya menggunakan tombol Home.

Apa yang Terjadi Bila Tombol Android Mengalami Kerusakan ?

Bila tombol Android mengalami kerusakan, terutama 3 tombol utama yang telah di sebutkan, yaitu tombol menu, tombol back serta tombol home, maka interaksi di dalam menjalankan Android tentu saja akan terganggu, dan sangat membuat tidak nyaman dalam pengoperasian nya. Contohnya pada saat setelah membuka sebuah aplikasi, dan kita ingin keluar dari aplikasi tersebut, maka yang seharusnya kita lakukan adalah menekan tombol home, atau tombol back, agar bisa kembali ke halaman utama, atau keluar dari aplikasi. Juga pada saat interaksi di dalam suatu aplikasi, di mana aplikasi tersebut untuk kembali ke halaman sebelumnya, menggunakan interaksi hanya dari tombol Back atau tombol kembali fisik, tentu akan menghambat interaksi nya.

Apa Kemungkinan Penyebabnya ?

Banyak kemungkinan yang terjadi yang menyebabkan tombol Android mengalami hang, atau tidak berfungsi, contohnya karena Error saat upgrade operasi sistem Android, aplikasi yang crash atau bermasalah, atau pun komponen fisik hp yang mengalami kerusakan, sehingga mengakibatkan tidak dapat menggunakan tombol Android. Untuk bagian terakhir, bisa saja kita melakukan servis, di tempat servis hp langganan kita, akan tetapi bagaimana bila hal itu terjadi dikarenakan hanya problem di software atau operasi sistem aja ? Karena itu, mungkin hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan hal ini terlebih dahulu, sebelum mencari solusi yang lain.

3 Cara Pertolongan Pertama Bila Tombol Tidak Berfungsi / Hang

  1. Uninstall atau buang aplikasi terakhir yang diinstall / di Pasang
    terkadang, tombol Home atau Back pada android tidak bekerja, berasal dari aplikasi yang kita install. Sehingga dengan uninstall aplikasi tersebut, bisa langsung menyelesaikan permasalahannya, uninstall bisa dilakukan menggunakan aplikasi android seperti Link2SD, Remove APK dan sebagainya, atau bisa juga dilakukan dengan membuka menu Android aplikasi, dan melakukan remove aplikasi tersebut di sana.
  2. Bila melakukan root Android, kembalikan ke Stock Rom, atau Rom awal
    Untuk yang suka melakukan root, atau oprek hp Android nya menggunakan custom ROM, seringkali ditemukan bahwa custom ROM belum stabil, dan memiliki bug, salah satunya bug mengenai driver atau tombol fisik yang di gunakan oleh alat Android tersebut. Sehingga melakukan unroot, atau kembali ke Stock ROM awal bisa menjadi salah satu solusi untuk menjalankan kembali tombol fisik tersebut.
    Sponsors Link

  3. Factory Reset atau di Setting Ulang Pabrik
    Hal yang jarang terjadi, tetapi bisa saja terjadi ialah adanya kerusakan sistem operasi Android dikarenakan permasalahan di aplikasi yang di install, atau salah mengotak-atik setting pada perangkat Android. Untuk memperbaiki atau melihat satu-persatu kesalahan setting tersebut, seringkali membutuhkan waktu dan pengetahuan yang tidak sedikit, sehingga dengan melakukan Factory Reset, atau pengembalian awal setting Android ke setting pabrik, bisa menjadi salah satu solusi yang paling gampang untuk menjalankan kembali tombol android yang tidak berfungsi, jangan lupa dilakukan backup data terlebih dahulu, dikarenakan factory reset akan menghapus semua setting dan data yang ada pada Alat saat ini.

4 Cara Mengatasi Tombol Menu Android Rusak

  1. Mengaktifkan Aplikasi Assitive Touch Android
    Android terbaru saat ini, memiliki fitur Assitive Touch Android, yaitu aplikasi bawaan yang anda bisa gunakan, untuk melakukan penggunaan tombol pada Android, yang biasanya dilakukan dengan tombol fisik. Cara kerjanya ialah, meletakkan tombol virtual yang berfungsi sama persis dengan tombol fisik, di bagian layar Android. 
    Sponsors Link

  2. Menggunakan Aplikasi Pengganti Tombol Fisik
    Bila masih belum menemukan solusi dikarenakan versi android yang di gunakan tidak mendukung Assitive Touch Android, maka menggunakan aplikasi pengganti tombol fisik adalah solusi yang dapat anda gunakan. Dikarenakan aplikasi mempermudah penggunaan tombol virtual, tanpa perlu banyak mengerti mengenai setting pada hp Android kita.
    contoh aplikasi pengganti tersebut bisa di dapat di Play Store Android, dengan mengetik kan :

    1. Handy Soft Keys
    2. Easy Touch
    3. Button Savior
    4. Simple Control (Navigation Bar)
    5. Soft Keys
  3. Melakukan Servis Fisik
    Bila cara di atas masih belum memuaskan, dan ingin menggunakan Android seperti sebelumnya, maka servis fisik adalah jalan yang bisa di tempuh untuk menjalankan kembali tombol fisik, untuk biayanya bisa bervariasi tergantung kerusakan yang ditemukan oleh toko servis.
  4. Membeli Android yang Baru
    bila kerusakan tombol fisik sudah pada tahap hingga tidak bisa di servis lagi, maka mempertimbangkan untuk membeli Android baru bisa menjadi pertimbangan yang terakhir, dikarenakan Android yang baru, memiliki kondisi fisik yang masih prima, dan bila ternyata masih juga bermasalah saat menggunakan Android baru tersebut, garansi nya masih berjalan untuk mendapatkan penggantian baru tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Demikian informasi yang bisa sampaikan mengenai tcara mengatasi tombol menu android rusak, pencegahan hal itu terjadi, menggunakan casing external misalnya, menjadi salah satu solusi yang cukup bijak, untuk mencegah kerusakan Android yang menyebabkan kerusakan fisik, seperti tombol menu yang rusak karena terjatuh. Semoga bermanfaat dan dapat mengatasi problem yang sedang anda hadapi.

, , , , , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi