Sponsors Link

5 Cara Memperkuat Penerimaan Sinyal Wifi Android

Sponsors Link

Setelah sebelum kita telah membahas mengenai benda yang dapat memperkuat sinyal HP dan juga cara memperkuat sinyal HP dengan aluminium foil, maka anda juga harus tahu mengenai bagaimana cara memperkuat sinyal wifi android anda karena tidak sedikit orang yang mengalami masalah tentang kekuatan sinyal wifi di smartphone mereka yang cenderung lemah padahal dekat dengan pusat wifi.

ads

Sinyal wifi yang lemah tentu akan membuat kualitas intenet yang kita lakukan menjadi terganggu karena bisa menyebabkan lemot. Padahal dengan memanfaatkan internet melalui wifi, anda tidak perlu harus membeli kuota karena anda bisa berselancar dan mengunjungi situs apapun secara gratis, hanya saja kendalanya adalah smartphone anda kurang mampu menerima sinyal wifi.

Namun anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak cara memperkuat penerimaan sinyal wifi android yang bisa anda coba sehingga anda bisa mendapatkan kecepatan internet yang anda idamkan selama ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan di smartphone anda. Namun sebelum itu, anda bisa terlebih dahulu mengetahui tentang cara menjadikan android sebagai CCTV dan juga cara agar game android tidak minta update terus menerus.

1. Mendownload aplikasi wifi booster & analyzer

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memperkuat sinyal wifi di smartphone android anda adalah dengan mendownload aplikasi yang bernama wifi booster & analyzer. Seperti namanya aplikasi ini nantinya akan membantu dalam mempercepat serta meningkatkan sinyal wifi yang masuk ke smartphone android anda.

Sejak pertama kali muncul memang aplikasi yang satu ini selalu mengalami perubahan dan juga perbaikan demi membuat para penggunanya semakin nyaman dan percaya untuk menjadikan aplikasi ini sebagai pilihan paling tepat. Jika anda ingin mendapatkannya tentu sangat mudah karena sudah tersedia di Google Play Store dimana anda hanya perlu mendownload dan menunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

2. Update radio terbaru

Cara kedua adalah anda harus mengupdate radio yang ada di smartphone android anda. Jangan berpikir bahwa radio yang kami maksud adalah untuk mendengarkan musik maupun memperoleh informasi, radio yang kami maksud adalah konektivitas firmware yang terdapat pada perangkat anda.

Ketika anda melakukan update radio, maka bukan hanya tampilan antarmuka yang anda dapatkan namun anda juga akan mendapatkan pembaruan pada bagian internal. Radio atau yang juga dikenal dengan istilah Baseband merupakan satu-satunya fitur untuk konektivitas nirkabel yang ada di smartphone anda.

Jika anda melakukan update terharap radio, maka tentu saja sinyal wifi di smarphone anda akan semakin kuat sehingga anda akan semakin nyaman untuk mengakses internet, terutama jika anda gunakan untuk mendownload atau mengupload.

3. Mengubah pengaturan dasar

Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui bahwasanya anda bisa meningkatkan sinyal wifi dengan melakukan perubahan terhadap pengaturan dasar. Namun hal ini memang akan berpengaruh terhadap konsumsi baterai sehingga anda harus benar-benar mendapatkan sinyal wifi yang jelas-jelas memiliki sinyal yang baik. Adapun cara melakukan pengaturan dasar yang kami maksud adalah seperti penjelasan di bawah ini:

  • Masuk ke menu Settings
  • Kemudian anda pilih Wifi lalu masuk ke Advanced
  • Selanjutnya anda harus memeriksa Avoid Poor Connection dan jangan lupa untuk mencentangnya
  • Dan otomatis nanti smartphone anda hanya akan mencari koneksi wifi yang memiliki sinyal yang kuat dan akan menolak semua koneksi wifi yang dirasa memiliki sinyal yang lemah atau buruk

4. Mengubah pengaturan freksuensi wifi

Cara lain yang juga bisa menjadi alternatif bagi anda yang mengalami masalah dengan sinyal wifi yang lemah adalah dengan melakukan perubahan pengaturan terhadap frekuensi wifi. Anda nantinya harus melakukan perubahan frekuensi smartphone menjadi 5 Ghz dimana biasanya frekuensi wifi yang ada di smartphone anda yakni bertahan pada 2,4 Ghz.

Sponsors Link

Jika anda mengubah menjadi 5 Ghz, artinya smartphone anda akan menerima sinyal wifi yang lebih beragam sehingga akan anda banyak pilihan mengenai mana koneksi wifi yang anda rasa paling kuat dan paling cepat. Adapun untuk melakukan pengturannya adalah seperti di bawah ini:

  • Anda masuk ke menu Settings
  • Kemudian anda masuk ke Wifi dan pilih Advanced
  • Langkah selanjutnya anda harus memilih Wifi Frequency Band
  • Yang terkahir anda harus memilih Auto

5. Menggunakan custom ROM

Untuk cara yang satu ini mungkin hanya boleh anda gunakan jika cara-cara sebelumnya sudah tidak memberikan hasil yang anda inginkan. Dengan menggunakan custom ROM memang akan membuat anda mendapatkan banyak keuntungan.

Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan yakni anda akan mendapatkan tampilan smartphone yang lebih baik, ditambah dengan penambahan fitur-fiturnya. Selain itu, anda juga bisa melakukan modifikasi di smartphone anda sesuai dengan keinginan anda.

Semoga informasini ini bermanfaat. Kami sarankan anda juga membaca informasi lainnya yakni cara mengatasi iPhone tidak bisa restore di iTunes dan juga cara menjadikan android sebagai modem.

, , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi