Sponsors Link

17 Cara Mengecek Keaslian Hp Samsung Termudah

Sponsors Link

Melihat pertumbuhan dan perkembangan smartphone yang semakin pesat, tentu membuat produsen smartphone memanfaatkannya untuk memproduksi smartphone lebih banyak lagi dengan berbagai tipe. Bukan hanya produsen resmi saja yang melihat peluang ini, namun beberapa produsen nakal juga memanfaatkan momentum ini. Produsen nakal adalah produsen tidak resmi baik dalam maupun luar negeri yang membuat replika atau tiruan dari smartphone asli.

ads

Di Indonesia, smartphone yang paling laris manis penjualannya adalah merk Samsung. Samsung adalah pelopor munculnya hp berbasis Android, dimana sistem Android ini dikembangan oleh Google. Smartphone yang diproduksi oleh negara Korea tersebut, hampir menjamah semua kalangan masyarakat. Bahkan bukan hanya negara Korea dan Indonesia saja yang menggandrungi Samsung, namun negara-negara lain di dunia juga mengakui kecanggihannya. Tipe hp Samsung sangat beraneka ragam. Mulai dari versi dan tipe yang biasa saja sampai yang sudah sangat canggih dan banyak sekali fitur-fitur di dalamnya.

Namun secanggih apapun hp Samsung dibuat, tetap masih ada tangan-tangan jahil yang berusaha membuat replikanya. Bahkan tipe hp Samsung yang baru saja dirilis pun, tidak menunggu waktu lama hingga tiruannya dibuat. Samsung Galaxy S3, S4, S5, Samsung Galaxy Note 6 dan tipe Samsung Galaxy yang lain pernah dijumpai tiruannya, yang berhasil membuat pembeli merasa tertipu dan kecewa.

Mengecek Hp Samsung Asli dan Palsu

Barang tiruan tentu tidak bisa persis dengan aslinya, selalu ada perbedaan antara keduanya. Yang harus Anda lakukan adalah mengecek keaslian hp Samsung tersebut. Jangan terkecoh dari bagian luarnya saja, Anda perlu mengecek spesifikasi dan komponen yang melengkapi hp tersebut.

Berikut ini 17 cara mengecek keaslian hp Samsung yang bisa Anda lakukan agar tidak tertipu dengan penjualan samsung palsu:

1. Harga Hp

Perbedaan paling mencolok antara barang asli dan tiruan terletak pada harga hp Samsung. Harga hp Samsung yang masih baru dibrandol dengan harga yang cukup tinggi. Apalagi bila tipe hp tersebut masih terbilang keluaran terbaru, tentu harga jualnya cukup tinggi. Namun barang tiruan akan dijual dengan harga yang murah dan jauh dari harga aslinya. Contohnya, Samsung Galaxy Note 4 harga barunya masih kisaran 7-8 jutaan, tapi barang tiruan akan menjualnya dengan harga 2-3 jutaan.

Bagi orang yang mengutamakan harga murah saat membeli hp, tentu akan cepat tertipu dan membelinya tanpa pikir panjang. Karena dia pikir, kalau bisa beli harga murah, mengapa harus keluar banyak uang. Yang terpenting bagi mereka adalah murah dan bisa dipakai. Namun pada kenyataannya, barang tiruan rentan terdeteksi malware yang bisa mencuri data-data yang tersimpan dalam hp. Daya tahan pemakaiannya juga tidak lama dan beberapa fitur tidak berjalan sesuai fungsinya.

Tidak semua barang tiruan dijual dengan harga murah. Ada beberapa yang menjualnya  dengan harga yang hampir sama. Biasanya mereka menjualnya secara online atau penawaran perorangan. Sebaiknya Anda menghindari membeli hp samsung dari gerai yang kurang terpercaya.

2. Kondisi Fisik Hp

Kondisi fisik Samsung asli dengan yang palsu memiliki cukup banyak perbedaan. Bagian luar hp palsu biasanya dibuat dengan bahan yang kualitasnya tidak terlalu bagus dan murah. Kualitas bahan ini biasanya bisa diperhatikan secara kasat mata. Berikut perbedaan kondisi fisik hp asli dan palsu:

  • Packaging hp Samsung asli dilapisi plastik wrapping atau plastik tipis berlogo Samsung di luar kardusnya. Sedangkan pada Samsung palsu tidak ada plastik wrapping, kalau pun ada plastiknya tidak berlogo Samsung.
  • Tulisan Samsung di atas layar hp terasa halus saat dipegang dan tidak timbul. Sedangkan Samsung palsu, tulisannya kasar dan timbul.
  • Tombol home Samsung asli di bagian bawah layar tidak terlalu menonjol dan akan terasa empuk saat ditekan, letaknya juga tidak jauh dari layar. Sedangkan tombol home Samsung palsu terlalu menonjol ke luar, keras saat ditekan dan letaknya terlalu jauh dari layar.
  • Cover hp pada Samsung asli saat diraba akan terasa halus, sedangkan Samsung palsu kasar.

Anda juga harus memeriksa kelengkapan hp di dalam kardus. Pastikan selain hp juga terdapat charger, kabel USB, earphone, cadangan earbud, kartu garansi resmi berlogo SEIN dan biasanya ada beberapa produk Samsung yang dilengkapi micro SD.

3. Sticker Hologram SEIN dan QR Code

Baterai, charger dan body dalam hp Samsung asli tertempel sticker hologram bertuliskan SEIN. Sticker ini menjamin hp Anda memiliki garansi resmi dari Samsung Electronics Indonesia. Sedangkan untuk Samsung palsu biasanya tidak terdapat sticker. Kalaupun ada, tampilan stickernya berbeda dengan yang asli. Perhatikan gambar di bawah ini untuk membedakan sticker yang asli dan palsu:

sticker SEIN asli  sticker SEIN palsu

Selain sticker, pada baterai juga terdapat QR Code atau kode batang. Pada Samsung asli, QR Code ukurannya lebih besar dibanding Samsung palsu. Perbedaannya bisa dilihat pada gambar berikut:

4. Charger dan Kabel USB

Ukuran charger Samsung asli lebih panjang dari Samsung palsu. Samsung asli juga terdapat garis lekukan yang mengelilingi batang colokan, sehingga membuat permukaannya tidak rata. Sedangkan pada Samsung palsu permukaannya rata karena tidak ada lekukan. Lekukan yang dimaksud, bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

charger samsung asli dan palsu

Untuk kabel USB cara membedakannya adalah dengan meraba kualitas permukaan kabel. Samsung palsu kabelnya sedikit kasar dan warnanya tidak mengkilap. Ukuran colokan pada Samsung palsu juga lebih panjang dibandingkan Samsung asli. Berikut gambar perbedaannya:

colokan samsung asli dan palsu

5. Logo Samsung saat Dinyalakan

Hp Samsung asli apabila dihidupkan tombol powernya akan muncul merk dan tipe hp serta logo Samsung. Namun untuk hp Samsung palsu, logo tidak muncul dan terkadang malah muncul logo yang lainnya. Tombol powernya pun untuk Samsung palsu akan terasa keras saat ditekan, berbeda dengan Samsung asli yang empuk saat ditekan.

6. kecerahan Layar atau LCD

Perbedaan Samsung asli dan palsu akan terlihat lebih jelas hp saat sudah dihidupkan. Coba perhatikan tingkat kecerahan dari layar Samsung Anda. Samsung asli tingkat kecerahannya jauh lebih tajam dan jernih dibandingkan Samsung palsu.

Sponsors Link

7. Ketajaman dan Resolusi Kamera

Kamera Samsung asli memiliki resolusi yang tinggi sehingga menghasilkan foto yang kualitasnya bagus dan tajam. Saat sedang mengambil gambar, Anda bisa melihat perbedaannya. Kamera hp Samsung asli terlihat lebih jernih, jelas dan bisa auto fokus. Sedangkan kamera Samsung palsu tidak bisa auto focus dan malah terlihat buram, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan menjadi tidak jelas. Hal ini menandakan resolusi kamera pada Samsung palsu sangat rendah.

8. Bahasa

Samsung palsu biasanya masih menggunakan bahasa Cina pada menu setting atau pengaturan. Karena memang kebanyakan negara yang memproduksi Samsung palsu adalah Cina. Bila Anda menyadarinya, ada kemungkinan bahwa hp tersebut palsu. Lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk membuktikan apakah hp tersebut benar-benar palsu.

9. Fitur dan Aplikasi Bawaan Samsung

Nah, untuk yang satu ini Anda harus tahu dan ingat. Meskipun Samsung palsu bisa terlihat sangat mirip dengan Samsung asli dan bisa meniru bagian-bagian tertentu dari aslinya. Tetapi mereka tidak akan pernah bisa meniru dan menyertakan fitur bawaan Samsung asli. Beberapa fitur yang hanya dibuat oleh Samsung resmi diantaranya: S Planner, Samsung Apps, S Translator, S Voice, Samsung Wallet, SideSync 3.0, Samsung Content Viewer, Smart Stay, kids Store dan lainnya.

10. Cek Kode IMEI

IMEI singkatan dari International Mobile Station Equipment Identity. Semua produk hp yang dipasarkan pasti memiliki kode IMEI yang terdaftar. Anda cukup memasukkan kode IMEI hp Samsung Anda pada situs imei.info untuk mengecek keasliannya. Apabila IMEI hp Anda terdaftar, maka akan muncul informasi tentang tipe dan semua spesifikasi dari device yang Anda miliki.

Lalu bagaimana caranya Anda bisa mendapatkan kode IMEI?

  • Tertulis pada kardus hp.
  • Tekan *#06# pada hp Anda. Setelah kode muncul, coba cocokkan dengan kode yang tertera pada dus. Apabila berbeda berarti hp Samsung tersebut palsu. Pastikan lagi dengan memasukkan kode di imei.info dan lihat apakah muncul spesifikasi hp. Bila tidak maka sudah dipastikan hp Samsung tersebut palsu.

Penjelasan kode IMEI:

Contoh kode yang muncul 352414061852841/01. Perhatikan angka ke 7 dan 8, tertera 06 yang menunjukkan dimana hp tersebut diproduksi. Ada beberapa negara yang menjadi pengembang dan produksi hp Samsung, diantaranya:

  • 00 produksi Perancis
  • 01, 10 atau 91 produksi Finlandia
  • 02 atau 20 produksi Emirates
  • 03 atau 30 produksi Kanada
  • 04 atau 40 produksi Korea
  • 05 atau 50 produksi Amerika
  • 06 atau 60 produksi Hongkong, Cina atau Meksiko
  • 08 atau 80 produksi Jerman atau Hongaria
  • 13 produksi Azerbaijan

11. General Test Mode

General test mode merupakan salah satu cara menguji spesifikasi hp Samsung untuk dicocokkan dengan buku panduan dan box kemasannya. Caranya dengan menekan *#0*# pada hp Anda dan akan muncul beberapa kotak pengujian sebagai berikut:

  • Red: menguji layar warna merah.
  • Green: menguji layar warna hijau.
  • Blue: menguji layar warna biru.
  • Receiver: menguji penerimaan pada hp.
  • Vibration: menguji getar hp.
  • Dimming: menguji lampu dim hp.
  • Mega cam: menguji ketajaman kamera.
  • Sensor: menguji sensor hp.
  • Touch: menguji tingkat sensitif layar sentuh hp, pencet semua kotak untuk menyelesaikan pengujian.
  • Sleep: untuk mematikan sementara.
  • Speaker: menguji suara speaker hp.
  • Sub key: menguji tombol menu, home dan back yang terletak di bawah layar.
  • Front cam: menguji kamera depan.
  • Low Frequency: menguji gelombang radio.
  • Black: menguji layar warna hitam.

Apabila General Test Mode berhasil dilakukan, itu menandajan hp Samsung Anda asli. Tetapi kalau tidak berhasil, ada kemungkinan besar hp tersebut palsu.

12. Kombinasi Kode Rahasia

Kode rahasia merupakan kode yang diberikan resmi oleh Samsung Electronics pada semua hp bermerk Samsung. Ada beberapa kode rahasia yang bisa Anda gunakan untuk mengecek keaslian hp. Kode tersebut diantaranya:

  • *#06# untuk cek kode IMEI.
  • *#0*# untuk General Test Mode.
  • *#07# untuk test history.
  • *#1234# untuk cek software versioning PDA, CSC, Modem.
  • *#12580369# untuk info software dan hardware.
  • *#197328640# untuk cek service mode.
  • *#232337# untuk mengetahui alamat bluetooth.
  • *#232331# untuk test bluetooth.
  • *#232339# untuk test wifi.
  • *#0228# untuk ADC Reading.
  • *#32489# untuk info pengkodean.

Selain kode IMEI dan General Test Mode, kode-kode lain kadang ada beberapa yang tidak bisa Anda coba. Hal itu tergantung dari tipe hp Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, yang terpenting Anda harus pastikan kode IMEI dan General Test Mode berhasil dilakukan. LAngkah selanjutnya untuk lebih memastikan keasliannya, Anda perlu mengecek hal-hal yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya.

13. Cek Koneksi Internet

Test koneksi internet hp perlu Anda lakukan untuk memastikan keaslian hp Samsung. Apabila Anda sudah terlanjur membeli hp Samsung dan ternyata palsu, tentu Anda akan merasa kecewa sekali. Karena koneksi internet mempengaruhi jalannya aplikasi pada hp. Hp Samsung palsu memiliki koneksi yang buruk dan lambat, baik di aplikasi maupun web browser.

Cara mengecek koneksi internet adalah dengan menghidupkan wifi pada menu setting. Selain memakai koneksi wifi, Anda juga bisa memakai jaringan paket data provider. Namun terkadang koneksi beberapa provider tidak stabil, jadi lebih disarankan untuk memakai wifi. Pastikan bahwa di sekitar Anda ada jaringan wifi yang kuat dan bisa dikoneksikan pada hp. Setelah itu, coba jalankan aplikasi chat atau aplikasi lain yang membutuhkan jaringan internet yang cukup besar. Anda juga bisa membuka web browser untuk membuka salah satu situs. Perhatikan kecepatan internetnya, apabila loadingnya lama dan terlalu banyak buffering, ada tanda-tanda hp tersebut palsu.

14. Samsung Kies

Samsung Kies adalah software yang dibuat oleh Samsung untuk menyambungkan ponsel ke PC/laptop. Selain itu, Samsung Kies juga berfungsi untuk mengelola data pada ponsel, membuat cadangannya dan melakukan pembelian aplikasi.

Cara mengecek keaslian hp Samsung, Anda perlu download Samsung Kies terlebih dahulu pada pC/laptop Anda. lalu hubungkan ponsel ke laptop dengan menggunakan kabel USB. Apabila Samsung Kies bisa mendeteksi ponsel Anda dan mampu membaca datanya, maka bisa dipastikan hp Samsung Anda asli. Tapi bila ponsel Anda tidak terdeteksi, maka sudah pasti Samsung tersebut palsu.

15. Notifikasi

Sponsors Link

Tarik ke bawah panel notifikasi yang terletak di layar bagian atas. Anda akan melihat beberapa ikon berwarna putih. Samsung asli hanya memiliki satu warna saja untuk ikon notifikasi yaitu putih. Sedangkan Samsung palsu biasanya memiliki banyak warna dan didominasi warna-warna cerah seperti merah, kuning atau hijau.

16. RAM dan Memory

Sebelum membeli hp Samsung, Anda harus tahu tentang spesifikasi hp yang ingin Anda beli. Terutama adalah kapasitas RAM dan memori penyimpanan hp. RAM sangat berpengaruh pada kecepatan kinerja dari sistem device. Kapasitas RAM dan memori internal hp bisa dilihat di menu setting, lalu pilih application manager atau manager aplikasi. Jika RAM dan memori yang tertera ternyata tidak sama dengan spesifikasi aslinya, maka Anda perlu mempertanyakan keasliannya.

Cara lainnya untuk mengetahui jumlah memori adalah dengan mendownload beberapa aplikasi. Samsung palsu akan langsung memunculkan pemberitahuan bahwa memori penuh, padahal Anda mungkin baru 2 atau 3 kali download. Atau Anda juga bisa menyimpan data foto atau video pada memori internal hp. Bila ternyata data yang tersimpan tidak sesuai dengan penyimpanan aslinya, maka sudah pasti hp Samsung tersebut palsu. Contoh, harusnya memori internal 5 GB, ternyata hanya bisa menyimpan 2 GB.

17. Cek OS atau Operating System

Samsung berbasis sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Tentu kita tidak perlu mempertanyakan lagi kualitas sistem besutan Google ini. Sistem operasi diibaratkan sebagai otak atau kunci utama untuk menjalankan hp. Apabila sistem yang digunakan tidak berbasis Android, tentu performa dan kualitas hp Samsung tidaklah maksimal. Begitu juga halnya dengan hp Samsung palsu, yang biasanya malah menggunakan sistem Java, bukannya Android. Kalaupun menggunakan Android, yang digunakan pun bukan Android versi aslinya. Misalnya Samsung Galaxy J2 menggunakan OS Android 5.0 Lollipop, tetapi versi palsunya malah menggunakan 2.3 Gingerbread. Tentu akan mempengaruhi kinerja dari hp dan itu sebabnya mengapa Samsung palsu dijual sangat murah. Di bawah ini nama versi Android yang perlu Anda ketahui:

  • Android 1.5 Cupcake
  • Android 1.6 Donut
  • Android 2.0 – 2.1 Eclair
  • Android 2.2 Frozen Yoghurt (Froyo)
  • Android 2.3 Gingerbread
  • Android 3.0 – 3.2 Honeycomb
  • Android 4.0 Ice Cream Sandwich
  • Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean
  • Android 4.4 Kitkat
  • Android 5.0 Lollipop

Baca juga: Jenis Jenis Smartphone

Hindari Penjualan Samsung Palsu

Sangat disayangkan bila Anda sampai membeli hp Samsung palsu hanya gara-gara gengsi dan ingin terlihat keren. Padahal yang menentukan seberapa kerennya Anda bukan dilihat dari seberapa bagus tipe hp Samsung yang Anda gunakan. Namun bagaimana Anda bisa menggunakan smartphone tersebut dengan sesuatu yang lebih bermanfaat sehingga bisa menaikkan nilai diri Anda.

Nah, bagaimana caranya agar Anda bisa terhindar dari penipuan Samsung palsu?

  • Belilah hp Samsung di gerai atau counter resminya.
  • Apabila Anda ingin membeli secara online, pastikan situs penjualannya terpercaya dan memiliki kantor resmi.
  • Hindari membeli dari Black Market (BM) yang sekarang sedang merajalela di sosial media.

BM adalah orang-orang yang menjadi distributor produk hp replika dan biasanya mereka memanfaatkan sosial media untuk menarik pembeli. Contohnya melalui broadcast message di BBM, Whatsapp, Facebook dan aplikasi chat lainnya. Ada juga pelaku BM yang menawarkan secara langsung dan sekaligus membawa contoh barangnya. Terkadang barang yang dibawanya asli, namun saat menyerahkannya pada Anda, sudah ditukar dengan yang replika.

Beberapa akibat dari membeli hp Samsung palsu:

  • Hp mudah diserang oleh virus dan malware yang bisa mencuri data-data Anda.
  • Kualitas hp yang buruk akan menyebabkan hp cepat rusak dan sulit untuk diperbaiki.
  • Kondisi baterai tidak bagus sehingga menyebabkan daya cepat habis bahkan terjadi kebocoran.
  • Harga Samsung palsu murah juga disebabkan karena tidak membayar bea cukai. Walaupun harganya murah, tetapi kalau hp cepat rusak, maka Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli hp baru dan tentunya beli yang versi aslinya.
  • Samsung palsu tidak memiliki garansi resmi sehingga tidak ada jaminan mutunya. Apabila terjadi kerusakan dan pusat servis Samsung mendeteksi kalau hpnya palsu, maka kartu garansi tidak akan berlaku dan mereka tidak menjamin perbaikannya.

Maka dari itu Anda perlu waspada dan lebih berhati-hati menerima tawaran produk hp. Walaupun terkesan menggiurkan, namun ke depannya akan merugikan diri Anda sendiri. Lebih baik memakai hp Samsung yang versi rendah dan berharga murah, namun dijamin keasliannya. Daripada memakai hp Samsung versi tinggi berharga murah namun ternyata palsu.

Melakukan penjualan hp palsu merupakan tindakan illegal yang bisa dikenakan pidana bila ketahuan oleh pihak berwajib. Hal ini bukan berlaku untuk merk Samsung saja, namun juga semua merk hp yang beredar. Aktifitas penjualan hp palsu termasuk melanggar peraturan hukum Nasional, seperti:

  • UU Perlindungan Konsumen
  • UU Pajak
  • UU Bea Cukai
  • Peraturan Menteri Perdagangan dan perindustrian RI

Selain waspada sebelum membeli, Anda juga harus mewaspadai orang-orang yang mengajak berbisnis ponsel, tetapi asal muasal ponselnya tidak diketahui darimana. Karena bisa jadi ponsel yang diperjual belikan adalah ponsel palsu. Sekalipun Anda berteman dekat dengan orang yang menawarkan ponsel tersebut, Anda tetap harus teliti sebelum melakukan negosiasi. Hindari segala macam bentuk jual beli yang diragukan keasliannya bila Anda tidak mau menanggung resikonya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi