Sponsors Link

5 Hp untuk Tunanetra yang Banyak Orang Belum Tahu

Sponsors Link

Postingan kali ini akan membahas mengenai apa saja HP untuk tunanetra yang bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin membelikan saudara atau teman anda sebuah handphone yang bisa dioperasikan oleh mereka meskipun mereka memiliki kekurangan yakni tidak bisa melihat.

ads

Saat ini teknologi sudah semakin maju dan banyak sekali penemuan-penemuan terbaru di dunia teknologi yang semakin memudahkan pekerjaan manusia maupun juga sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Salah satu teknologi terkini yang mendapat perhatian khusus serta respon positif adalah mengenai sebuah handphone yang diperuntukkan untuk mereka yang tunanetra.

Tentu hal ini merupakan kabar bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik dimana mereka masih bisa menikmati dan merasakan kecanggihan teknologi abad ini yang membuatnya bisa mengoperasikan handphone canggih yang mana beberapa merk atau jenis handphone tersebut bahkan ada yang beberapa berasal dari handphone lama alias jadul.

Lantas apa saja HP untuk tunanetra tersebut? Bagi anda yang penasaran mengenai apa saja merk dari smartphone yang memang khusus diciptakan oleh mereka yang tunanetra, maka kami sarankan agar anda menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini. Namun seperti biasa, kami sebelumnya menyarankan agar anda mempelajari informasi yang juga tidak kalah penting yang sebelumnya sudah kami siapkan khusus untuk anda yaitu smartphone untuk desain grafis serta cara memilih smartphone yang berkualitas.

1. Nokia X5

Bagi anda yang merupakan anak 90’an tentu tidak akan asing lagi dengan handphone yang satu ini. Siapa sangka bahwa ternyata Nokia X5 merupakan handphone yang bukan hanya dibuat untuk digunakan oleh orang normal, melainkan handphone yang satu ini dibuat karena untuk memudahkan para tunanetra mengoperasikan sebuah handphone.

Jika anda perhatikan, memang tidak salah bahwa Nokia X5 diperuntukkan oleh tunanetra karena dari segi desain maupun tombol navigasi yang ada pada handphone ini sangat mudah dioperasikan meskipun tanpa melihat sekalipun. Hal inilah yang membuat Nokia X5 mulai banyak diminati oleh para konsumen karena merupakan sebuah terobosan baru dimana ada handphone yang diperuntukkan untuk mereka yang memiliki keterbatasan di dalam melihat benda atau objek.

Sementara harga yang harus anda keluarkan jika ingin membeli Nokia X5 juga tidak terlalu mahal dan masih aman untuk kantong anda. Untuk harga minimal yang harus anda keluarkan jika ingin membeli Nokia X5 adalah sebesar 600.000. Harga tersebut masih lumayan, terlebih lagi dengan keunggulan yang ditawarkan pada handphone yang merupakan salah satu handphone andalan dari Nokia tersebut.

2. Xiaomi Mi A1

Hp tunanetra yang juga harus anda ketahui adalah salah satu produk keluaran Xiaomi yang diberi nama Mi A1. Ketika awal peluncuran smartphone ini, banyak para konsumen yang langsung tertarik dan memberikan apresiasi dan respon positif terhadap produk Xiaomi tersebut karena memang di era yang serba maju ini mengeluarkan smartphone yang akan sangat berguna bagi mereka yang menyandang tunanetra.

Ada beragam fitur canggih yang ditawarkan pada smartphone ini yang tidak kalah dengan smartphone lain pada umumnya. Alasan mengapa Mi A1 mudah digunakan oleh para tunanetra adalah karena ia menggunakan Android polosan sehingga akan memberikan kemudahan bagi para penyandar tunanetra yang ingin menggunakan smartphone tersebut. Namun sayangnya, bagi para tunanetra yang ingin menggunakan Mi A1, ia disarankan untuk mendownload dan memasang ROM lainnya atau pihak ketiga seperti misalnya Resurrection Remix atau juga Lineage OS agar smartphone ini bisa digunakan secara lebih optimal.

3. Menggunakan iPhone Dengan Aplikasi Be My Eyes

Untuk penjelasan yang ketiga ini sebenarnya bukan hanya diperuntukkan untuk produk iPhone saja, namun hampir semua smartphone bisa digunakan atau dioperasikan oleh tunanetra. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan mendownload sebuah aplikasi yang memang berfungsi untuk memudahkan tunanetra mengoperasikan smartphone. Salah satu aplikasi tersebut bernama Be My Eyes. Dari namanya saja anda sudah bisa menebak bahwa memang aplikasi yang satu ini diperuntukkan oleh para tunanetra maupun mereka yang mengalami masalah penglihatan.


Anda harus ingat bahwasanya Be My Eyes hanya bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan iOS, meskipun memang akhir-akhir ini ada informasi yang beredar bahwasanya Be My Eyes juga bisa digunakan oleh mereka yang menggunakan android. Dengan mendownload aplikasi yang satu ini, maka meskipun sebenarnya smartphone anda merupakan smartphone yang umum digunakan, namun ternyata juga bisa dioperasikan oleh mereka yang menyandang tunanetra maupun mereka yang mengalami masalah gangguan penglihatan.

4. iBlind

Handphone selanjutnya yang diperuntukkan oleh mereka yang memiliki masalah pada penglihatan adalah sebuah handphone yang diberi nama iBlind. Mungkin banyak dari anda yang belum tahu bahwasanya handphone yang satu ini merupakan sebuah maha karya anak bangsa yakni mahasiswa yang berasal dari Universitas Gajah Mada yang bernama Muhammad Hanif Sugiyanto. Ia merupakan seseorang yang mengambil jurusan teknik informasi yang telah menciptakan handphone tersebut.

Adapun cara kerja dari iBlind adalah ia memiliki sebuah sistem yang akan secara cepat mengubah pesan teks menjadi huruf braille yang nantinya akan dimunculkan pada layar handphone tersebut. Kemudian, tunanetera tersebut bisa langsung meraba dan mengetahui apa yang sebenarnya menjadi isi dari pesan yang dikirimkan tersebut. Selain itu, di dalam iBlind juga bisa dipasang aplikasi mempercepat koneksi internet Android meskipun memang jarang diperlukan.

Di dalam handphone ini memiliki 3 alat dasar yakni sebuah display yang memiliki bentuk kotak yang pada permukannya terdapat kode braille, modul GSM yang berfungsi untuk menerima pesan, dan juga software penerjemah yang nantinya akan berperan di dalam menerjemahkan huruf digital untuk kemudian diubah menjadi huruf braille.

Tentu saja hadirnya iBlind langsung mendapatkan banyak respon positif masyarakat ada mahasiswa yang berasal dari Indonesia yang mampu membuat handphone untuk tunanetra.

Demikian informasi dari kami mengenai apa saja HP untuk tunanetra yang bisa anda beli untuk diberikan kepada saudara maupun teman anda yang memiliki masalah penglihatan. Kami juga menyarankan agar anda menyimak penjelasan dari kami yaitu aplikasi edit video vlog di Android dan juga aplikasi edit video iPhone gratis. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi