Sponsors Link

8 Fungsi Fingerprint Scanner pada Android dan iPhone yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Fingerprint Scanner adalah teknologi yang bisa dibilang masih baru hadir di beberapa smarthphone. Sistem kerjanya adalah dengan memindai sidik jari pemiliknya, kemudian scanning sidik jari ini digunakan untuk melakukan perintah tertentu pada handphone pintar baik yang berbasis Android maupun iOS di handphone Apple.

ads

Sebelum menggunakan fingerprint scanner anda mesti atur Password atau PIN untuk antisipasi jikalau nanti sensor sidik jari ini tidak bisa digunakan dan anda wajib mendaftarkan sidik jari anda terlebih dahulu. Daftar sidik jari dari menu Setting >> Fingerprint ID >> Fingerprint Management >> New Fingerprint. Ikuti perintahnya agar sidik jari anda dideteksi lebih baik.

Beberapa handphone berbasis Android sudah menggunakan fingerprint scanner ini meskipun secara kualitas teknologi seperti yang diulas dalam artikel kelebihan dan kekurangan iPhone bahwa fingerprint scanner pada iPhone masih lebih bagus dibanding dengan ponsel Android. Salah satu telpon pintar Android yang sudah dilengkapi dengan teknologi fingerprint scanner ini adalah HP Oppo A77, VIVO dan beberapa seri handphone Xiaomi. Berikut beberapa fungsi fingerprint scanner:

1. Mangamankan Data dengan Safe

Anda bisa mengamankan data-data penting di smartphone dengan memanfaatkan piranti fingerprint scanner ini. Dengan menggunakan fitur safe ini data anda akan terenkripsi, sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain. Untuk menggunakan fitur ini anda perlu melakukan penyetingan, dengan cara buka menu Setting >> Fingerprint ID >> Finger Print Manajemen >> aktifkan fitur safe.

2. Mengunci Aplikasi dengan App Lock

Dengan menggunakan fitur ini anda bisa mengunci beberapa aplikasi agar tidak sembarangan digunakan oleh orang lain. Sangat berguna untuk anda yang nggak bisa nolak kalau ada yang minjem handphone anda. Anda bisa mengunci beberapa aplikasi seperti Youtube, Browser, dan aplikasi penting lainnya.Untuk menggunakan fitur ini anda bisa akses Settings >> Fingerprint ID >> Fingerprint management >> Aktifkan fitur App Lock. Fitur ini akan memberikan rasa aman pada anda dari kemungkinan akun game anda buka orang lain, khusus untuk akun game ini ada tambahan cara mengunci akun game favorit anda.

3. Cara Pintas Membuka Notifikasi

Selain sebagai piranti pendukung keaman, fingerprint scanner juga berfungsi untuk mempermudah anda menggunakan semartphone untuk aktifitas sehari-hari. Untuk membukan notofikasi misalnya anda tak perlu mengetuk bagian atas layar smartphone anda. Tapi cukup dengan menyentuhkan jadi anda, lalu geser kebawah pada fingerprint scanner. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda perlu masuk ke menu Setting >> Fingerprint ID >> Aktifkan Show Notifikation Panel.

4. Kepuasan Berselfie Ria

Dengan menggunakan fingerprint scanner anda bisa mengoperasikan kamera depan anda untuk mengambil foro selfie. Jari anda tak perlu melengkung mengetuk tombol foto dilayar handphone anda. Sentuh fingerprint scanner dan jepretan selfie anda akan tersimpan dihandphone anda. Agar fitur ini berjalan atur menu Setting >> Fingerprint ID >> Take Photo/Video.

Sponsors Link

5. Kebebasan Berselancar di Galeri

Memberikan kemudahan akses foto yang tersimpan di galeri. Dengan memindai sidik jari, anda dapat menggeser-geser begitu mudahnya. Cukup geser keri atau ke kanan atas, maka koleksi foto anda akan berpindah. Cara menyetel fitur ini masuk ke Setting >> Fingerprint ID >> Browse Photos. Kini ada bisa dengan mudahnya mengacak-acak foto anda tanpa harus memindah posisi jari anda pada layar smartphone.

6. Menerima Telepon Tanpa Ribet

Sensor sidik jari ini sepenuhnya mengubah perilaku pengguna smartphone baik handphone Android maupun iPhone. Kalau sebelumnya anda menerima telepon dengan menekan tombol akan di pada layar handphone, kemudian anda baru mendekatkan ke telinga anda. Kini dengan adanya fingerprint scanner ini, saat telepon masuk anda bisa langsung mendekatkan ke telinga. Kemudian tekan fingerprint scanner untuk menerima telepon. Terlebih bagian alat pindai sidik jari ini berada di belakang atas, maka anda masih bisa memegang handphone secara natural. Untuk melakukan pengaturan fitur ini anda masuk ke Setting >> Fingerprint ID >> Kemudian Klik Answer Call. Untuk anda yang sering menerima panggilan fitur ini sangat efektif untuk anda gunakan.

Sponsors Link

7. Matikan Alarm Walau Mata Masih Merem

Matikan alarm saat mata masih merem. Kebisaan sebagian banyak orang saat alam berdering, bukannya terus bangun, tapi matikan alarm terus lanjut tidur. Apalagi kalau pas hari libur. Alarm bunyi, matiin alarm, dan tidur lagi. Cukup tekan bagian pemindaian fingerprint dan alarm akan mati dan anda akan kembali terlelap. Tak perlu lagi melihat screen hp dan mencari-cari tombol Matikan Alarm. Fitur ini bisa dimanfaatkan dengan mengakses Setting >> fingerprint ID >> Stop Alarm.

8. Bikin Awet Screen Handphone Anda

Ini adalah fungsi atau manfaat tersembunyi teknologi fingerprint scanner. Dengan adanya fingerprint scanner, aktivitas jemari anda di layar smartphone semakin berkurang. Sangat masuk akal jika umur screen handphone anda lebih lama, terlebih jika anda termasuk orang yang kurang memperhatikan kondisi jari anda saat menggunakan smartphone. Misalnya anda terbiasa menyentuh screen HP anda meski tangan anda berminyak, atau basah.

Demikian 8 Fungsi Fingerprint Scanner yang bisa anda manfaatkan. Namun demikian teknologi fingerprint ini terus kedepannya terus berkembang yang memungkinkan tambahan fitur-fitur baru. Bahkan VIVO produsen handphone asal Cina telah mengembangkan teknologi fingerprint yang tertanam pada layar. Sehingga kehadiran VIVO menjadi pelopor fingerprint pada layar ponsel smartphone yang pertama.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi