Sponsors Link

18 Cara Menghilangkan Iklan di Android tanpa Root Paling Ampuh

Sponsors Link

Kesal memang ketika kamu memainkan game di hp kesayangan kamu terus baterai tiba-tiba drop, tapi yang lebih kesal lagi ketika seru-serunya bermain game tetapi tiba-tiba ada iklan segede kandang gajah yang menutupi layar hp kamu, ditambah gambar iklannya cewek seksi yang entah dari planet mana.

ads

Iklan di hp Android memang cukup banyak muncul di layar kaca. Sama seperti iklan di televisi. maka iklan disini juga berguna dalam pemasukan suatu pelaku industri aplikasi ataupun developer aplikasi. Karena pada dasarnya, sebagian aplikasi yang tersedia di Play Store adalah aplikasi yang bisa didapatkan secara berbayar maupun gratis. Pada aplikasi berbayar mendapat pemasukan dengan nominal harga yang dibeli pengguna dalam mendapatkannya, namun pada aplikasi yang didapatkan secara gratis darimana para pelaku industri aplikasi ataupun developer mendapat pemasukan dari aplikasi itu?

Para pelaku industri aplikasi gratisan tidak mengalami kerugian maupun kebangkrutan, namun mereka mendapatkan suatu pemasukan dengan menayangkan iklan tersebut, semakin besar suatu iklan semakin juga monetize yang didapat.

Baca juga : Daftar Hp Kamera Terbaik.

Hal yang sama tidak dialami oleh aplikasi yang berbayar karena memang diakui penayangan iklan berpengaruh terhadap kenyamanan. Sehingga aplikasi gratis ini salah satu penyebab dari datangnya iklan segede gaban di layar hp Kita. Nah, sekarang kamu sudah cukup tahu penyebab iklan-iklan yang muncul di Smartphone Android Anda khususnya pada aplikasi gratisan. Selain dari aplikasi gratisan, iklan tersebut bisa muncul dari browser yang ada di hp kamu karena membuat situs-situs yang bisa terindikasi virus maupun iklan. Sehingga kamu harus hati-hati dalam membuka sembarang website yang ada apalagi website game, movie, judi yang merupakan web dengan banyak iklan.

Selain itu, file yang kamu download bisa menjadi penyebab dalam inang virus maupun iklan yang menutupi layar ponsel kamu. Sehingga coba periksa file yang pernah kamu unduh, mana tahu memang bukan file itu yang kamu ingin unduh. Bila ada file palsu maka kamu harus cepat menghapusnya agar tak banyak virus iklan yang menyebar. Berikut ini cara menghilangkan iklan di Android agar kamu bisa bermain game dengan tenang:

1. AdFree

Cara pertama ini kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama AdFree yang bisa didapatkan dengan download di Play Store kemudian kamu install di hp yang ingin dibersihkan iklannya. Setelah terinstall, maka kamu klik Open lalu kamu jalankan aplikasi tersebut. Setelahnya Anda berikan ijin aplikasi ini untuk akses SuperUser dan pilih Boot Normally. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu akan diperintahkan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan membuat suatu akun. Lalu centang disemua pilihan dan selesai. Selanjutnya kamu klik Download dan Install Host kemudian Tap OK. Kemudian muncul pop up bertuliskan “Your Android device should now be AdFree, however you might need to reboot to clear your DNS Cache” yang berarti langkah yang kamu jalankan sudah sukses. Sehingga sekarang kamu bisa menjalankan aplikasi yang Anda operasikan agar iklan-iklan di hp tidak menghalangi kamu melihat layar hp Smartphone Android.

Baca juga : Aplikasi Edit Video Android Terbaik.

2. Addons Detector

Cara yang satu ini patut kamu coba dengan membuka aplikasi Google Play Store kemudian kamu bisa mengunduhnya sesuai namanya Addons Detector dan menginstalnya di hp yang ingin kamu bersihkan dari iklan. Add on adalah suatu fitur tambahan yang ditawarkan developer dan biasanya pada aplikasi yang kita install (apalagi gratis) memiliki add on yang menyebarkan iklan, meminta pengguna menginstal aplikasi lainnya dan lain-lain. Namun kita tidak bisa menghapus fitur Add on yang tidak kita inginkan atau yang mengganggu tanpa menghapus aplikasii utmanya sehingga kalau kita mau menghapus Add on kita juga harus menghapus aplikasi utamanya dengan meng-uninstall aplikasi.

Baca juga : Cara Menghemat Baterai Android.

3. Aplikasi yang Terakhir Kali Diinstal

Terkadang ketika kamu belum mendapatkan iklan yang aneh, namun tiba-tiba muncul iklan di layar hp kamu yang entah datang dari mana, apalagi iklan tersebut menampilkan gambar tidak senonoh sehingga kemungkinan besar yang menyebabkan hal itu adalah aplikasi yang terakhir kali kamu install. Maka kamu sebaiknya menghapus aplikasi terakhir yang entah baru kamu Install atau yang terinstall secara otomatis tanpa kita sadari.

Cara mengetahui aplikasi yang terakhir kali diinstall dengan cara buka aplikasi Addons Detector kemudian klik Scan yang ada di interface aplikasi kemudian kamu klik Install Date dengan tertampilnya informasi aplikasi terakhir yang terinstall di hp kamu dan lihat mana aplikasi yang kamu rasa tidak pernah diinstall namun ada di daftar itu. setelah kamu mendapatkannya, maka kamu harus menghapus aplikasi itu dengan cara memilih aplikasi kemudian klik Manage App dan tekan Uninstall atau copot pemasangan.

Baca juga : HP Tercanggih di Dunia, Hp Termahal di Indonesia.

Sponsors Link

4. Adblock Browser

Aplikasi ini cukup terkenal diantara haters iklan-iklan tak bertanggungjawab dalam menghilangkan iklannya di browser laptop/PC, untuk memperluas daya jangkauan dan brandingnya maka aplikasi ini pun merambah ke ranah genggaman tepatnya ke Android. Aplikasi ini pantas ditempatkan pada cara menghilangkan iklan Android dan sudah lama tersedia di Google Play Store yang bisa diinstall di hp kamu dan digunakan di Android yang belum di root. Pada aplikasi ini kamu tidak akan dilihat oleh aplikasi lain yaitu penawaran melalui konfigurasi iklan yang ingin diblokir serta membuat daftar halaman web yang tidak perlu memblokir iklannya.

Baca juga : Tips Membeli Hp Android.

5. NoChromo

Apa browser yang sering kamu gunakan? Google Chrome, Mozilla, Opera? Bingung karena perlu aplikasi memblokir iklan juga? berdasarkan permasalahan diatas, maka para pengembang aplikasi pun mengawinkan antara browser dengan aplikasi pemblokiran ditambah keluhan para pengguna yang tidak nyaman dengan browser chromenya, maka pelaku industri aplikasi mengembangkan suatu platform bernama NoChrome yang merupakan paduan dari Google Chrome dan Adblock Plus. Melalui browser ini pun kamu bisa merasakan cepat dan instannya surfing di internet dengan bebas iklan.

Pada NoChromo pun tidak terlalu memakan banyak kapasitas RAM dan pada sistem operasinya tidak memerlukan plugin dalam menjalankannya. NoChrome tidak berbeda dengan browser Google Chrome hanya saja pada browser ini tidak ada iklan. Selain tidak adanya iklan, pada NoChromo juga sangat lancar dalam pengoperasiannya dengan ekstensi yang lebih populer dan sistem pemblokiran yang lebih halus. Karena tidak memiliki iklan, NoChromo ini tidak dapat Anda temukan pada Google Play namun kamu bisa mencarinya di Search Engine Google secara gratis.

Baca juga : Aplikasi Kamera Android Terbaik.

6. Settingan Google Chrome

Pada browser ini ternyata dilengkapi fitur dalam menghalau iklan yang keluar. Cara pengaturannya cukup mudah, setelah membuka aplikasi Chrome maka kamu masuk kedalam “Setting” kemudian pilih “setelan situs” dan arahkan ke tulisan “munculan/pop-up” dan pilih “blokir” maka otomatis settingan tersebut membuat javascript browser akan melakukan perintah “off” dan tidak dapat berjalan.

Hal yang sama juga bisa kamu terapkan pada browser apapun yang bisa kamu setting seperti diatas, dengan mematikan atau memblokir settingan pop upnya. Sebaiknya coba kamu cari-cari sendiri settingan yang ada dibrowser kamu, karena seringkali memang browser sudah mengantipasi hal-hal yang menjengkelkan seperti itu. Pada dasarnya memang fitur-fitur On Off Java Script mengatur dalam melakukan script pengaturan pop up.

Baca juga : Hp Terlaris di Indonesia.

7. Menggunakan UC Web Browser

Alternatif lain dalam mengendalikan browser kamu agar tidak terlalu banyak menghasilkan iklan adalah dengan menggunakan aplikasi UC Browser. Aplikasi ini dapat kamu install dengan mendapatkannya di Google Play Store kemudian kamu dapat menggunakannya dan melakukan pengaturan pemblokiran iklan dengan cara ke “setting” kemudian aktifkan menu adblock dengan menandai adblocker & Adblocker. Dengan adanya pengaturan tersebut maka Java Script akan melakukan on off dalam menghalau iklan maupun pop up yang keluar dari website akan diblok dan tidak tampil.

Baca juga : Hp RAM Terbesar di Dunia.

ads

8. NoRoot Firewall

Aplikasi yang satu ini dapat kamu lakukan dengan tanpa melakukan rooting pada Smartphone Anda. Root adalah istilah dalam pengubahan sistem Android. Root biasanya untuk melakukan sistem ulang agar hp tidak menampilkan iklan liar. Aplikasi NoRoot Firewall ini dapat berfungsi dalam melakukan blok akses suatu aplikasi yang biasanya karena terhubung dari internet sehingga aplikasi ini dengan Firewallnya dapat membuat batas tembok-tembok untuk menghalangi iklan yang muncul. Singkatnya aplikasi ini menghalangi pengguna dalam mengakses jaringan internet yang mengandung iklan-iklan berbahaya.

Hanya saja, pengaturan ini tidak berlaku pada game online, karena permainan di situs tersebut tidak bisa dimainkan. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi NoRoot Firewall di Google Play Store secara gratis kemudian melakukan instalasi. Setelahnya kamu bisa membuka dan menjalankan aplikasi tersebut dan terlihat daftar aplikasi yang kamu ingin hentikan tampilan iklannya kemudian tandai dengan ceklist disamping icon aplikasi tersebut kemudian aplikasi ini pun mengatur sistem agar tidak melakukan tampilan iklan yang mengganggu .

Baca juga : Kelebihan Hp Android Setelah di Root.

9. Memasang Aplikasi Anti Virus / Malware

Banyak aplikasi antivirus yang ditawarkan pembuat aplikasi untuk mengetahui apakah Smartphone Anda terdeteksi virus maupun adanya serangan virus malware iklan. Beberapa aplikasi antivirus di hp yang bisa kamu gunakan adalah AVG, Kaspersky, Avira dan lain-lain. Aplikasi yang cukup terkenal adalah Anti-virus Dr.Web Light yang secara track record sudah diunduh lebih dari dari jutaan orang pengguna Android.

Anti-virus Dr.Web Light adalah antivirus yang melindungi perangkat dari segala jenis ancaman termasuk iklan. Kemudian aplikasi ini bertujuan dalam melindungi perangkat dengan menawarkan fitur seperti Spider Guard yang membantu dalam pemindaian secara real time terhadap semua berkas yang ada dalam Android kamu. Kemudian bila terdeteksi ancaman yang mencurigakan makan antivirus ini menawarkan pilihan dengan mengkarantina yaitu merawat filenya agar bersih dari virus tanpa menghapus kemudian pilihan lainnya yaitu langsung menghapus file agar bersih dari virus.

Baca juga : Cara Jailbreak iPhone.

10. Cache History Browser 

Cara alternatif yang satu ini cukup mudah, singkat dan murah karena ini ibarat pembersihan sampah-sampah yang ada dalam kamar dibanding menyediakan bahan antiseptik yaitu dengan cara menghapus data penjelajah di browser dengan memilih menu setting di browser dan temukan perintah dalam menghapus history browser. Kemudian kamu akan ditawarkan degan pilihan kembali ke setelan awal waktu yang artinya kondisi history kamu akan seperti di awal waktu sampai dengan data terakhir kemudian kamu dapat memilih pilihan yang tersedia disana.

Baca juga : Tips Membeli Hp Android.

11. Data Update dan Aplikasi Terbaru

Sama dengan aplikasi yang sebelum-sebelumnya, pada cara ini kamu harus mengetahui dahulu aplikasi terbaru dan aplikasi yang sering muncul iklan di layar. Karena biasanya aplikasi yang baru kebanyakan membawa kode iklan yang langsung terpasang di perangkat Smartphone Anda. Cara menghapusnya cukup mudah, kamu hanya perlu ke pengaturan manager aplikasi kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus kemudian lakukan penghapusan pada pembaharuan atau installan aplikasi tersebut.

Baca juga : Penyebab Hp Bootloop, Hp Baterai Awet.

12. Lakukan Reset Ulang Fitur Dari Pabrik

Bila cara diatas tidak cukup ampuh dalam menghalangi iklan yang muncul, maka kamu dapat melakukan cara selanjutnya yaitu dengan melakukan reset ulang data pabrik, namun kamu harus melakukan antisipasi penyimpanan data karena akan berdampak hilangnya data di hp kamu. Cara ini cukup berhasil karena memang cara kerjanya kembali ke sistem yang putih bersih seperti awal pembelian sehingga tidak ada coretan virus maupun iklan yang ada karena sudah dibersihkan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, maka lakukan backup data karena cara seperti ini membuat hp kamu akan mengembalikan sistem ke default pabriknya yang membuat segala data yang tersimpan seperti Mp3, foto, aplikasi, file lain dsb akan hilang.

Baca juga : Hp Terlaris di Dunia.

13. Ad-Vanish Pro

Aplikasi ini cukup sama dengan aplikasi sebelumnya yang memblokir iklan yang muncul namun dengan tampilan yang berbeda. Aplikasi Ad-Vanish Pro merupakan aplikasi yang digunakan sebagai pemblokir iklan yang versinya dalam Google Play tersedia yang gratis maupun berbayar. Iklan yang dapat diblokir juga beragam dari aplikasi biasa hingga aplikasi game yang dimainkan secara offline. Aplikasi ini hingga sekarang mencapai versi 4.0 dengan kapasitas memori 210 MB. Kemudian aplikasi ini dapat didapatkan secara gratis di websitenya, namun untuk tampilan yang lebih menyakinkan maka kamu dapat mencoba versi berbayarnya agar mendapat fitur yang lebih maksimal dan mendapatkan kepuasan tersendiri. Aplikasi ini memiliki garansi bila terjadi kerusakan ketika melakukan unduhan secara berbayar selama 3 hari.

Baca juga : Cara agar Hp Tidak Lemot.

14. TrustGo Ad Detector

Aplikasi TrustGo Ad Detector ini  merupakan aplikasi pemblokir iklan yang cukup kompleks dari aplikasi lainnya. Karena dari fungsinya, selain berguna dalam memblokir iklan makan aplikasi ini dapat melindungi ponsel kamu dari kebocoran data. Selain itu, aplikasi ini dapat menemukan bahaya yang mengancam dari privasi ponsel, seperti kebocoran data yang sudah dijelaskan diatas, kemudian dapat menjelaskan tiap-tiap case yang muncul kemudian aplikasi ini pun mudah untuk digunakan dan berguna bagi orang yang tidak terlalu berpengalaman dalam menjalankan aplikasi ini. Namun kekurangan yang ada pada aplikasi ini yaitu tidak adanya pengaturan yang mendetil sehingga hanya pengaturan umum saja selaras dengan memberikan kemudahan pengguna dalam pengoperasian. Versi aplikasi ini sudah sampai ke versi 1.9.12 dengan mendapatkannya di Play Store secara gratis.

Baca juga : Cara Cek Keaslian iPhone.

15. AppBrain Ad Detector

Aplikasi ini sama dengan TrustGo Ad Detector, yang selain berguna dalam memblokir iklan yang muncul juga dapat melindungi data privasi kita dalam kebocoran data. AppBrain Ad Detector ini pun memberikan pengguna aplikasi informasi tentang notifikasi bila ada aplikasi yang akan mengakses kontak, SMS, atau akun kamu sehingga aplikasi ini pun membuat ponsel android lebih aman dan lebih privasi.  Fitur yang ditawarkan pada aplikasi ini pun cukup beragam dengan fitur Google analisis, kemudian fitur jaringan yang memberitahu ada iklan jaringan, Millenial data maupun ChartBoost. Kemudian kamu akan selalu diberitahukan pemberitahuan mengenai lokasi, kontak maupun pesan yang ada tergantung kamu mau diberitahu atau disimpan saja.

Sponsors Link

Baca juga : Jenis Jenis Smartphone.

Tips Mencegah Iklan Masuk ke Hp

Nah, setelah kamu mengetahui cara mengobati agar tidak ada iklan liar lagi yang tampil di layar ponsel kamu, maka kamu juga wajib tahu bagaimana cara mencegah agar bibit-bibit iklan yang mengganggu tidak mewabah lagi di hp kamu, yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Jangan Asal Melakukan Unduhan

Bila kamu merasa tidak melakukan perintah dalam melakukan unduhan ataupun kamu tidak merasa mengunduh file tertentu, sebaiknya kamu jangan mengunduhnya. Pelajari lebih lanjut file tersebut benar-benar memang yang ingin kita download atau hanya fake file. Walaupun file palsu tersebut sudah diunduh dan belum disentuh maupun dibuka sama sekali namun kemungkinan penyebaran wabah virus yang membawa iklan dapat terjangkit di sistem operasi Smartphone Anda sehingga kamu harus hati-hati ketika mengunduh.

  • Jangan Memperbanyak Cache History Pada Browser Kamu

Dari history pun memiliki kerentanan munculnya iklan karena cache ini mengandung suatu transkrip kode yang menyimpan data internal yang dapat membawa virus dan mengembangkannya di browser maupun hp Anda.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J1.

  • Minimalkan Unduhan Gratis

Unduh aplikasi secara gratis memang menggiurkan namun mengandung resiko juga, usahakan meminimalisasi menggunakan aplikasi gratis walaupun memang itu susah. Cara setelahnya ketika kamu telah mengunduh aplikasi gratis maka dalam pengoperasian kamu wajib berhati-hati meng-klik apa saja yang ada dalam aplikasi gratis tersebut karena memang benar iklan pun muncul pada saat-saat yang berpotensi juga agar iklannya diklik oleh pengguna. Namun, bukan berarti ketika kamu mengunduh aplikasi yang berbayar tidak mengandung resiko tetapi kamu juga harus berhati-hati ketika mengoperasikan aplikasinya karena lebih baik mencegah daripada melakukan pengobatan.

Baca juga : Cara Mengecek Keaslian Hp Samsung.

Nah, demikianlah ulasan dalam cara menghilangkan iklan di Android, semoga cara diatas cukup ampuh dan ingat lebih baik mencegah daripada mengobati dan pada akhirnya kamu bisa bermain game di hp dengan tidak terganggu dari iklan yang terkutuk

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi