Sponsors Link

6 Aplikasi Chat Buatan Indonesia Terbaru dan Terbaik

Sponsors Link

Kemajuan digital telah mengubah pola komunikasi dan pencarian informasi. Telepon maupun pesan singkat menggunakan pulsa, tak lagi menjadi satu-satunya pilihan dalam berkomunikasi. Saat ini, pengguna telepon lebih terbiasa untuk memanfaatkan mobile data pada internet untuk berkomunikasi, baik dengan messenger atau chatting, voice call maupun video call.

ads

Ditengah kebutuhan komunikasi ini, muncullah beragam aplikasi yang mendukung komunikasi chat dan telepon menggunakan koneksi jaringan internet. Mulai dari BBM, Line, KakaoTalk, WeChat dan aplikasi-aplikasi serupa lainnya. Tapi ternyata, aplikasi chat tidak hanya dimiliki oleh perusahaan komunikasi raksasa di luar negeri. Indonesia juga telah mengembangkan sejumlah aplikasi chat sendiri yang tak kalah unik, keren dan berkualitas. Apa saja aplikasi chat buatan anak bangsa ini? Berikut, daftar 6 aplikasi chat buatan Indonesia:

Baca juga: Aplikasi Pemutar Musik iPhone.

1. Indonesia Messenger (IMES)

IMES atau Indonesia Messenger merupakan aplikasi Messenger buatan developer lokal yang diluncurkan tahun 2015. IMES dapat diunduh pada Google Play Store. Sejauh ini, IMES telah diunduh oleh 1000 lebih pengguna, dan telah mendapatkan penilaian sebesar 3.9 dari 5 poin. Aplikasi yang dikembangkan oleh PT Gobsindo Utama ini, menggabungkan fitur aplikasi chat dengan beberapa fitur aplikasi sosial media, digital content delivery, payment gateway, serta e-commerce. Seperti apa saja kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini?

Aplikasi yang mengusung jargon “Karya anak bangsa” ini memiliki fitur-fitur yang keren, seperti:

  • Fitur super grup yang bisa menampung hingga 2000 anggota.
  • Transfer file hingga 250 MB ke pengguna IMES lain.
  • Fitur translator multi bahasa yang memungkinkan pengguna berkomunikasi/chatting dengan bahasa asing dengan mudah.
  • Fitur broadcast message dengan multiple content. Pengguna dapat membuat dan menyebarkan broadcast message dengan berbagai jenis konten, mulai dari teks, gambar, hingga video.
  • Fitur sticker, chat background, serta Ringtone gratis. IMES menyediakan pilihan stiker dan background chat yang melimpah, unik, serta menarik. Hal ini akan membuat chatting tidak membosankan. IMES juga menyediakan ringtone yang dapat didownload secara gratis.
  • Fitur Channel Discovery.

Channel discovery merupakan fitur IMES yang menjadi sarana informasi dan komunikasi publik. Channel discovery terdiri dari beberapa channel seperti channel e-government, channel Province, channel Organization, channel Entertainment, channel Sport, channel Bisnis, channel Idol, serta channel News. Infrastruktur dan jaringan komunikasi pada channel discovery terpasang di Data Center di Indonesia, sehingga tingkat keamanannya lebih terjamin dan juga akan menyebabkan pemakaian bandwith internasional berkurang.

Layaknya aplikasi Line@ yang merupakan akun resmi, IMES juga dapat digunakan untuk kebutuhan serupa. Lembaga, badan usaha, maupun e-commerce yang ada, dapat menggunakan IMES untuk menyampaikan pesan secara luas, maupun memasarkan produk dengan efektif. Selain fitur yang ada, IMES juga memiliki kelebihan dengan adanya kontrol yang detail oleh pengguna. Salah satunya adalah proses pengunduhan file yang akan berlangsung jika disetujui.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya semakin menarik, IMES masih memiliki kekurangan terkait platform dan proses pendaftarannya. IMES memang tersedia bagi pengguna Android dan iPhone, namun aplikasi ini kurang cocok pada beberapa versi sistem operasi yang jadul. Pada proses pendaftaran atau registrasi, beberapa pengguna mengalami kesulitan. Email yang akan didaftarkan untuk verifikasi dinyatakan tidak valid. IMES juga mengalami sedikit kelambatan bagi pengguna jaringan 3G. Hal ini cukup menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android, Aplikasi Anti Lemot.

2. Iyaa Messenger

Suka membaca komik? Suka dengan karakter komik yang ekspresif? Ternyata karakter komik bisa digunakan untuk chatting loh! Adalah Iyaa Messenger, sebuah aplikasi messenger unik buatan PT IONsoft. Dengan mengusung konsep komik pada aplikasinya, Iyaa Messenger membuat chat semakin seru dan menarik.

Sponsors Link

Pasalnya, aplikasi ini dibekali dengan berbagai karakter komik, emot, serta stiker lucu yang bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna. Karakter yang disediakan juga beragam, mulai dari yang bersuasana gembira, marah, sedih, dan lain sebagainya. Tak tanggung-tanggung, Iyaa Messenger juga menjadikan chat layaknya komik yang terbentuk secara otomatis.

Selain kelebihan berupa konsep yang unik dan karakter yang beragam, Iyaa Messenger juga dilengkapi dengan sistem reward kenaikan tingkat bagi pengguna yang aktif dalam berbagai aktivitas di Iyaa Messenger, seperti chat, ataupun mengundang teman. Pengguna yang mengalami kenaikan tingkat akan mendapatkan mata uang game berupa emas.

Ukuran Iyaa Messenger saat didownload juga terbilang kecil, yakni hanya sebesar 4,1 MB. Namun sayangnya, Iyaa Messenger masih memiliki kekurangan berupa penggunaan yang hanya bisa digunakan oleh pemilik ID atau pengguna Iyaa Messenger saja. Selain itu, aplikasi yang telah didownload lebih dari 10 ribu pengguna ini, cenderung masih memiliki loading yang lama terutama saat mengirim pesan.

Baca juga: Aplikasi Internet Gratis AndroidAplikasi Kamera iPhone Terbaik.

3. StealthChat

Stealth Messenger merupakan aplikasi chat buatan Indonesia yang dikembangkan oleh developer aplikasi Rockliffe yang berkantor di Jakarta. Aplikasi yang telah didownload oleh 10 ribu pengguna ini, diklaim sebagai salah satu aplikasi chat teraman. Bagaimana tidak? Stealth Messenger dibekali dengan fitur keamanan super berupa screen lock, picture lock, serta burn message.

Screen lock memungkinkan adanya enkripsi informasi pada layar sehingga tidak dapat diketahui orang lain. Fitur picture lock yang menggunakan gambar untuk membuka enkripsi informasi. Sedangkan, burn message memungkinkan pesan atau foto dalam ruang obrolan terhapus secara otomatis, sehingga tidak dapat disalahgunakan oleh orang lain. Pengguna dapat mengatur pesan mana yang akan dihapus serta lamanya waktu penghapusan pesan. Hal ini memungkinkan komunikasi pengguna lebih aman dan pribadi.

Seperti pada aplikasi chat yang lainnya, Stealth Messenger juga didukung dengan kemampuan untuk voice call via VoIP (Voice over Internet Protocol). Hal yang menjadikan voice call Stealth berbeda dengan aplikasi lain adalah adanya teknologi enkripsi tiga lapis yang membuat komunikasi lebih pribadi. Fitur keamanan pada Stealth juga meliputi fitur screenshot yang dinonaktifkan, sehingga lawan chat tidak dapat men-screenshot saat chat berlangsung. Fitur ini terdapat pada Android versi 3.0.

Selain keamanan dan kecanggihan fiturnya, Stealth juga memiliki kelebihan terkait jaringan internet yang digunakan. Stealth tetap dapat digunakan saat koneksi jaringan minim atau tidak stabil. Penggunaan maupun proses instalasinya juga sangat mudah. Pengguna cukup mendownload Stealthchat yang berukuran 5 MB melalui Google Play Store dan iStore secara gratis. Kemudian melakukan registrasi dengan memasukan nomor handphone untuk dikirimkan kode verifikasi.

Sponsors Link

Aplikasi yang telah mendapatkan penilaian pengguna sebesar 4.1 dari 5 poin ini, memiliki kekurangan seperti tidak adanya fitur video call. Hal ini dikarenakan fitur video call memang lebih sulit untuk diproteksi. Kekurangan lainnya adalah tidak mendukung atau menyediakan bantuan password recovery, hanya dapat mengenkripsi informasi pada pengguna saja (tidak cross-apps), serta membuat pengguna kesulitan dalam mendokumentasikan percakapan penting. Pada dasarnya, beberapa kekurangan ini merupakan efek dari sistem keamanan yang diusung. Karena, jika diberi kemudahan dalam melakukan password recovery dan mendokumentasi percakapan maka akan tersedia celah bagi orang lain untuk melakukan penyadapan.

Baca juga: Emulator Android Terbaik, Aplikasi Kamera Android Terbaik.

4. LiteBig

Satu lagi aplikasi chat asal vendor lokal yang tak kalah saing dengan buatan luar negeri yaitu LiteBig. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna Google Play Store. LiteBig merupakan sebuah aplikasi buatan PT Sandika Cahaya Mandiri, yang berkantor di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Aplikasi yang diluncurkan sejak tahun 2014 ini, telah mendapatkan tanggapan dan penilaian yang cukup baik dari pengguna, yakni dengan nilai sebesar 4.5 dari total 5 poin.

LiteBig memiliki tiga bagian pada tampilannya, yaitu bagian contact, recent chat, dan lounge. Contact menampilkan daftar teman yang dimiliki oleh pengguna, dimana pengguna dapat menambahkan teman melalui kontak telepon pada Hp maupun memasukan pin atau ID secara random. Recent chat, berisikan sejumlah chat yang dilakukan antar pengguna LiteBig. Sedangkan, lounge berisi update status yang dilakukan oleh pengguna. Apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi LiteBig?

Kelebihan yang dimiliki oleh LiteBig ditunjukan oleh fitur-fitur yang ada, yaitu :

  • Fitur chat grup hingga 1000 anggota. LiteBig memiliki fitur grup chat dengan jumlah anggota yang bisa mencapai 1000 pengguna.
  • Bisa meng-edit pesan. Tak perlu takut typo. Pasalnya, LiteBig dilengkapi dengan fitur penghapusan tulisan yang salah ketik atau typo. Tulisan pada pesan ini tetap bisa diedit ataupun dihapus meskipun pesan telah terkirim.
  • Fitur emoticon. Seperti aplikasi chat kebanyakan, LiteBig juga memiliki fitur emoticon yang menyediakan emot berbagai ekspresi yang lucu. Mulai dari emot umum yang biasanya ada hingga emot khusus pada LiteBig yang berwarna biru.
  • Fitur transfer file. LiteBig juga menyediakan fitur untuk mentransfer file berupa foto, maupun multimedia hingga 50 MB.
  • Fitur keamanan chatting. LiteBig menyertakan enkripsi untuk melindungi percakapan, sehingga yang dapat mengetahui informasi pada percakapan hanyalah pengirim dan penerima pesan.
  • Fitur voice call dan video call

Selain fitur yang ada, LiteBig juga memiliki keunggulan terkait penggunaannya, yakni yang lebih nyaman digunakan karena lebih ringan dibandingkan beberapa aplikasi serupa. Pengoperasian yang mudah. Serta, user-interface yang dimiliki juga terbilang bersih. Tampilan desain yang dimiliki oleh LiteBig terbilang simpel dan elegan.

Adapun kekurangan yang masih dimiliki oleh LiteBig adalah adanya salah satu fitur permintaan pertemanan secara random pada LiteBig memiliki potensi spam, serta ada sponsor atau iklan yang seringkali muncul saat pengguna menggunakan LiteBig. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan pengguna dalam melakukan chatting. LiteBig juga tidak kompatibel pada beberapa versi sistem operasi Android yang jadul, sehingga tidak dapat digunakan oleh pengguna yang menggunakan Android versi lama. Selain itu, beberapa pengguna mengalami masalah pada proses pendaftaran LiteBig, seperti pendaftaran yang memakan waktu lama, atau email yang dinyatakan tidak valid.

ads

Baca juga: Aplikasi Edit Video iPhone, Aplikasi untuk Membuat Video Animasi.

5. Catfiz

Catfiz merupakan aplikasi chat buatan PT Dunia Catfish Kreatif Media asal Surabaya. Aplikasi buatan anak bangsa ini, telah dipasarkan sejak 2012. Hingga saat ini, Catfiz telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna smartphone melalui Google Play Store. Catfiz juga telah mendapat tanggapan pengguna sebesar 4.2 dari total 5 poin. Aplikasi berslogan “The Ultimate Android Messenger” ini, banyak digunakan secara aktif oleh pengguna di luar negri loh! Seperti di Arab Saudi, India, Jordania, Kuwait serta Venezuela. Fitur apa saja yang dimiliki oleh Catfiz?

  • Fitur grup chat hingga 2000 pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna Catfiz untuk melakukan obrolan dengan jumlah anggota grup yang sangat banyak. Beberapa aplikasi chat lain seperti Line ataupun Whatsapp hanya memungkinkan anggota grup chat hingga ratusan anggota saja.
  • Fitur voice call dan video call. Seperti pada aplikasi messenger lainnya, Catfiz juga menyediakan fitur untuk voice call dan video call.
  • Fitur quote chat. Banyaknya anggota pada grup chat terkadang menyebabkan kerancuan pada saat chatting. Untuk mencegah kerancuan yang kadang terjadi, Catfiz dilengkapi dengan quote chat yang memungkinkan pengguna meng-quote dan menanggapi chat lebih spesifik. Fitur ini seperti fitur reply pada aplikasi Whatsapp.
  • Fitur unfriend dan block. Catfiz menyediakan fitur unfriend dan block untuk kenyamanan dan keamanan pengguna, sehingga pengguna hanya dapat melakukan chatting dengan teman atau pengguna yang diinginkan saja.
  • Transfer file dengan Fizzlink hingga 500 MB. Fizzlink merupakan penyimpan data seperti Cloud pada Catfiz. Pengguna dapat mengupload file dengan format apa saja hingga 500 MB, termasuk format file yang tidak dapat dibuka di smartphone. Fizzlink memungkinkan transfer file dengan kuota yang lebih sedikit. Pasalnya, kuota hanya akan terpakai sekali saja, yaitu saat pengguna mengupload file. Dan, ketika file yang telah diupload akan dibagikan, pengguna tidak perlu mengunakan kuota internet lagi.
  • Streaming multimedia. Catfiz menyediakan fitur streaming jika pengguna ingin melihat multimedia yang diterima tanpa harus mendownloadnya. Fitur ini cukup menghemat kuota dan memori pada Hp, terutama jika file multimedia yang ingin dilihat berukuran besar.
  • Fitur status, like dan comment. Pengguna dapat mengupdate status pada Catfiz layaknya pada facebook. Pengguna juga dapat me-like dan meng-comment status pengguna lain.

Selain memiliki kelebihan berupa fitur-fitur yang sudah disebutkan sebelumnya, Catfiz juga memiliki kelebihan lain seperti tidak membutuhkan biaya tambahan, penggunaannya yang mudah, ringan dan membutuhkan sedikit kuota, serta tidak adanya iklan bertebaran.

Aplikasi yang menggunakan kode ID (Nomor Identifikasi Catfiz) untuk menambah teman ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti belum bisa digunakan untuk mengirim maps atau lokasi, serta belum bisa menjangkau semua platform.

Baca juga: Aplikasi Android Berbayar Terbaik, Game iPhone Gratis terbaik.

6. Yogrt

Adalah Yogrt, sebuah aplikasi chatting yang menawarkan pertemanan baru. Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan developer Kongko Digital dan telah diluncurkan sejak tahun 2014 untuk versi Android. Sedangkan, Yogrt versi iOS untuk pengguna iPhone, diluncurkan pada tahun 2015. Saat ini, Yogrt telah diunduh dan digunakan oleh lima juta pengguna Google Play Store.

Dengan menggunakan akun email ataupun Facebook yang telah dimiliki, pengguna Yogrt sudah dapat berkenalan dengan teman-teman baru. Pengguna dapat berkenalan dengan pengguna lain berdasarkan lokasi terdekat, maupun secara random/acak, yang tidak bergantung pada lokasi pengguna. Seperti pada aplikasi pertemanan lainnya, Yogrt akan menampilkan profil dan data singkat pengguna lain sebelum melakukan chatting atau melakukan mini games. Pada fitur chat, Yogrt akan memberikan layanan chat seperti pada aplikasi chat biasa. Pengguna juga dapat mengirim file berupa foto, lagu maupun video pada ruang obrolan.

Apa saja kelebihan dan kekurangan Yogrt? Adapun beberapa kelebihan Yogrt adalah :

  • Memberikan fitur permainan/mini game yang tidak ada pada aplikasi chat lain. Fitur ini merupakan serangkaian games ringan yang disediakan oleh Yogrt, yang terdiri dari games populer, boredom booster serta brain power. Permainan yang disediakan terbilang sederhana seperti teka – teki, tebak kata, dan sebagainya.
  • Lokasi pengguna akan diketahui secara otomatis dengan sensor GPS
  • Ukuran file yang dimiliki terbilang kecil

Aplikasi yang telah mendapat penilaian 3.9 dari 5 poin ini masih memiliki sejumlah kekurangan, seperti :

  • Tampilan user-interfacenya yang tidak terlalu mulus
  • Pilihan stiker untuk chatting kurang variatif dan interaktif
  • Proses loading-nya cenderung lama

Baca juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik.

Demikian sekilas informasi mengenai aplikasi chat buatan Indonesia. Tak kalah keren dan berkualitas dengan aplikasi chat buatan luar negeri bukan? Sayangnya, aplikasi-aplikasi ini masih kurang populer di masyarakat. Yuk, dukung aplikasi produk dalam negeri dengan menginstall dan menggunakannya. Hidup produk Indonesia.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi