Sponsors Link

6 Cara Menggunakan Stylus Pen di Samsung Galaxy Note 5

Sponsors Link

Cara menggunakan stylus pen di hp Android, khususnya seri Samsung Galaxy Note 5 ini penting untuk anda ketahui jika anda pemakai pemula seri Samsung Galaxy Note. Smartphone Galaxy Note ini ramai diburu penggemar gadget karena keunggulan fitur-fiturnya yang tidak terdapat di jenis-jenis smartphone Android lainnya. Terlebih seri Note ini yang sudah menghadirkan teknologi S Pen sebagai alat bantu yang semakin mempermudah penggunanya dalam berinteraksi dengan telepon pintarnya. Selain itu  stylus pen ini dapat menghindari risiko penyebab touchscreen error akibat pemakaian.

ads

Berikut ini adalah cara menggunakan stylus pen di Android Samsung Galaxy Note 5:

1. Cara menggunakan Stylus Pen Sebagai Mouse

Fungsi stylus pen sangat berguna untuk anda yang suka browsing, ada bisa menggunakan stylus pen ini layaknya mouse. Fitur ini bernama airview, anda bisa scroll atas bawah dan ke atas di halaman web dengan menggunakan stylus pen. Fitur airview ini bermanfaat untuk bernavigasi pada halaman website yang membutuhkan fungsi mouse. Untuk bisa menggunakannya, pastikan menu airview disetting aktif.

2. Cara Menggunakan Stylus Pen untuk Scroll Capture

Mungkin anda sudah terbiasa dengan screen shot, yaitu capture halaman aktif di layar handphone. Dengan bantuan S Pen anda dapat melakukan scroll capture, yaitu merekam seluruh halaman yang sedang anda bukan. Bukan halaman yang terlihat saja. Misalkan anda sedang membuka website, anda bisa menyimpan semua halaman web dengan scroll capture. Begini caranya:

  • Buka air command
  • Tap di tombol screen write
  • Kalau tombol sudah berkedip, tap tombol capture pada bagian pojok kiri bawah layar.
  • Kemudian layar bergulir sedikit, anda dapat menggulirkan terus sampai bagian mana anda ingin meng capture.
  • dan simpan secara penuh.

3. Agar Stylus Pen Tak Hilang

Stylus pen di Samsung Galaxy Note 5 ini tidak akan bisa hilang jika anda memanfaatkan fitur ini. Handphone akan memberikan alarm atau semacam peringatan jika posisi stylus pen jauh dari jangkauan. Fitur yang dinamai S Pen alert ini sangat efektif untuk anda yang kurang disiplin saat menaruh barang. Cara mengaktifkannya adalah:

  • Buka setting> S Pen
  •  Pilih S Pen Alerts
  •  Pilih aktifkan
  •  Jika ingin menonaktifkan, caranya sama cukup klik tombol “tidak aktif”

4. Menggunakan Screen of Memo

Sangat cocok untuk anda yang terbiasa mendokumentasikan ide anda secara spontan. Dengan bantuan stylus pen anda bisa mencatat ide yang muncul untuk kemudian anda tuliskan di layar handphone tanpa masuk ke halaman home dengan menggunakan kata sandi. Cara ini sangat cocok digunakan untuk penulis dan pekerja seni yang salah satu kerjaannya mencari inspirasi untuk karya-karyanya.

Sponsors Link

5. Cara Akses Aplikasi Favorit dengan Fitur Air Command

Anda bisa langsung menemukan aplikasi favorit saat anda mencabut S Pen dari Samsung Galaxy Note. Biarpun anda sedang membuka halaman apapun, saat anda mencabut stylus Pen, maka akan muncul pop up 3 aplikasi favorit anda. Jika anda masih sekolah anda bisa setting 3 dari 16 aplikasi Android yang berguna untuk pelajar  untuk tampil dengan menggunakan fitur air command ini. Cara settingnya sebagai berikut:

  • Masuk ke settingan Stylus Pen.
  • Tekan air command, lalu pilih 3 aplikasi yang akan anda buat pintasannya agar mudah diakses.

6. Copas Jadi Lebih Mudah

Copy paste pada handphone memang awalnya memang agak ribet, dibanding jika  anda melakukan copy paste di komputer, apalagi kalau copasnya hanya sebagian teks dari suatu dokumen, anda harus mem-blok dulu yang geser kursornya suka kelewatan dari teks yang mau anda copy. Namun dengan menggunakan stylus pen, copy paste teks di telepon pintar Android jadi lebih mudah dan cepat. Cara menggunakannya sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Tekan stylus Pen untuk menyorot dan mem-block teks.
  •  Lalu tarik hingga akhir teks yang akan anda copy/salin.
  •  Tekan Stylus Pen.
  •  Pada layar akan muncul pop up untuk pilih salin dan sebagainya.
  •  Kemudian paste di tempat yang anda inginkan.

6 cara menggunakan stylus pen di Android di atas bisa menjadi acuan bagi pengguna Samsung Galaxy Note 5 yang ingin memaksimalkan Stylus Pen. “Pen ajaib” ini juga ada di Samsung Galaxy Note 3 dan Samsung Galaxy Note 4.

Tips Merawat Stylus Pen

Selain cara setting yang benar untuk menggunakan stylus pen secara maksimal, yang tak kalah penting adalah merawat stylus pen anda agar tetap awet. Agar S Pen anda awet anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mengaktifkan S Pen Alert seperti pada point 2 di atas. Dengan mengaktifkan fitur ini akan ada peringatan kalau posisi stylus pen jauh dari smartphone. Sehingga stylus pen tidak hilang atau berada di tempat yang tak semestinya.
  • Pastikan tangan anda bebas dari minyak dan air saat menggunakan stylus pen.
  • Lap pada bagian stylus pen secara berkala untuk menjaga sensitifitas S Pen.

Demikian cara menggunakan stylus pen di Android, semoga bisa menjadi referensi anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi