Sponsors Link

Kenapa Hp Samsung A7 Cepat Panas? Ini Penyebabnya

Sponsors Link

samsung a7Saat ini, memiliki hp bersistem operasi android sudah menjadi kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi bagi sebagian orang. Sistem yang menawarkan kemudahan ini mampu menunjang segala aktivitas kita. Tak heran jika banyak orang yang mengandalkan sistem operasi besutan raksasa teknologi, Google ini.

Seiring berkembangnya jaman, permintaan akan hp android yang semakin canggih kian meningkatnya. Berbagai vendor pun berlomba-lomba menjadi yang terbaik demi menggaet konsumen. Vendor kenamaan seperti Xiaomi dan sang rival kuat Samsung kerap bersaing menghadirkan jajaran hp android yang berkualitas kepada penggunanya.

Salah satu hp pintar keluaran Samsung yang saat ini cukup banyak diminati adalah Samsung Galaxy A7. Samsung A7 termasuk ke dalam seri A Samsung yang setingkat di bawah seri S alias seri flagship milik Samsung. Seri A sendiri dipasarkan untuk kalangan menengah ke atas yang punya budget lumayan besar untuk membeli hp android namun belum setingkat flagship.

Samsung A7 menjadi hp android pertama Samsung yang punya tiga buah kamera belakang. Samsung A7 diperuntukkan untuk para penggila fotografi khusunya para milenial. Kamera pun menjadi jualan utama dari hp yang punya desain kamera belakang bak iPhone XR 64 GB ini.

Bermain di segmen mid-level, tentu Samsung A7 punya “jeroan” yang bisa diandalkan untuk kegiatan sehari-hari. Namun, sebagaimana layaknya hp android sebaik apa pun pasti akan ditemui saat-saat dimana kinerja hp menjadi kurang maksimal. Salah satunya adalah hp yang tiba-tiba menjadi panas.

Setelah membahas penyebab hp lemot saat membuka aplikasi, kali ini kami akan membahas mengenai kenapa hp Samsung A7 cepat panas. Bagi anda yang sedang mengalami masalah dimana Samsung A7 anda menjadi cepat panas, silakan simak penyebab-penyebab Samsung A7 menjadi panas di bawah ini.

1. Memainkan hp saat charging

Proses charging sejatinya harus dilakukan secara maksimal dengan tidak memainkan hp saat proses pengisian daya baterai sedang berlangsung. Sayangnya, banyak pengguna hp android yang punya kebiasaan buruk memainkan hp saat charging. Menggunakan hp saat hp sedang di-charge sangat tidak direkomendasikan karena arus listrik yang masuk ke dalam baterai menjadi terhambat sehingga akan menghantarkan panas ke bodi hp android anda. Tak hanya itu, memainkan hp saat charging juga lambat laun akan memperpendek usia baterai hp anda. Baterai pun menjadi lebih boros setelahnya.

2. Overcharging

Penyebab kenapa hp Samsung A7 cepat panas adalah overcharging. Overcharging adalah kondisi dimana hp dibiarkan terhubungan dengan charger dan stop kontak berjam-jam padahal proses charging sudah selesai dan menunjukkan persentase baterai 100%. Overcharging yang dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan sangat berbahaya bagi kesehatan hp android anda. Samsung A7 meskipun punya kapasitas baterai yang besar, jika dibiarkan terus menerus overcharging, maka akan meningkatan temperatur panas. Hal ini tak hanya berbahaya bagi baterai, tapi juga seluruh komponen yang ada di dalam Samsung A7.

3. Bermain Game Berat

Samsung A7 dipersenjatai dengan prosesor buatan Samsung yaitu Exynoss. Penggunaan Exynoss sendiri dinilai cukup baik saat digunakan di hp-hp android rilisan Samsung. Lain halnya dengan prosesor Mediatek atau Snapdragon yang biasanya digunakan di hp Xiaomi atau Oppo. Meski demikian, anda juga harus memperhatikan penggunaan aplikasi walaupun sudah disokong oleh Exynoss. Game-game berukuran besar seperti PUBG terbukti mampu menghantarkan panas di Samsung A7.

4. Suhu Udara

Faktor udara juga dipercaya mampu mempengaruhi panas atau tidaknya hp android. Saat suhu udara panas, maka hp android juga akan ikut panas apalagi jika proses charging sedang dilakukan. Salah satu solusi untuk mengatasi saat Samsung A7 anda panas secara tiba-tiba disertai dengan suhu udara yang sama panasnya juga adalah dengan mematikan hp atau menjalankan mode pesawat.

5. Sinyal yang tidak stabil

Jika anda berada di tempat dengan sinyal yang buruk dan tidak baik, maka besar kemungkinan hp Samsung A7 anda menjadi cepat panas karena hp akan terus mencari sinyal. Proses ini lah yang kemudian akan membuat hp menjadi panas. Tak hanya panas, baterai hp pun akan cepat terkuras. Sangat disarankan untuk mematikan data jika anda berada di lokasi yang minim sinyal. Penggunaan Wi-fi dinilai lebih baik jika anda ingin hp android anda tetap di suhu normal karena saat menggunakan wi-fi, data seluler akan otomatis mati.

6. Multitasking

Prosesor Exynoss 7885 yang disematkan di Samsung A7 memang terbilang cukup baik. Namun, cukup baik bukan berarti anti lemot. Kebiasaan untuk melakukan multitasking atau membuka banyak aplikasi secara bersamaan mampu meningkatkan resiko bagi hp menjadi cepat panas. Multitasking membuat prosesor harus bekerja lebih berat. Ini lah yang kemundian membuat Samsung A7 menjadi panas.

7. Penggunaan Case

Penggunaan case hp memang mampu memperindah tampilan Samsung A7 anda. Namun, anda harus perhatikan terlebih dahulu material case seperti apa yang anda gunakan. Terbukti, material case semi besi seperti aluminum mampu menghantarkan panas di Samsung A7. Maka dari itu, Pilihlah case yang punya lubang sirkulasi udara sehingga suhu yang dihasilkan oleh baterai tidak terjebak di dalam case. Saran kami, gunakan case bermerek Spigen yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

8. Bug Software

Sebaik-baiknya android, tetap saja tak se-stabil iOS. Salah satu faktor penyebab Samsung A7 menjadi panas adalah bug yang terdapat pada versi android yang anda pakai di Samsung A7. Bug sendiri menyebabkan beberapa kendala termasuk baterai cepat panas di Samsung A7 maupun hp android lainnya seperti Huawei. Jika anda menemui masalah ini, anda bisa melakukan update software secara berkala untuk mengatasi bug. Solusi lainnya adalah dengan melakukan factory reset alias mengembalikan hp ke setelan pabrik.

Demikian artikel mengenai kenapa hp Samsung A7 cepat panas ini kami sajikan. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui penyebab mengapa hp android menjadi cepat panas untuk mencegah hal-hal buruk yang diakibatkan oleh hp yang cepat panas seperti baterai kembung dan baterai bocor. Tentu anda tidak mau bukan, hp Samsung A7 kesayangan anda menjadi cepat rusak?

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi