Sponsors Link

5 Ciri-Ciri Power Bank Rusak Yang Harus Segera Diganti

Sponsors Link

Setelah sebelumnya kami telah mengulas tuntas mengenai ciri-ciri headset yang bagus dan juga ciri-ciri baterai iPhone rusak, maka kali ini kami akan menjelaskan kepada anda seputar apa saja ciri-ciri power bank rusak yang patut untuk diketahui yang mana hal ini bukan hanya bisa dialami oleh power bank yang sudah lama anda beli, melainkan juga bisa terjadi bagi seseorang yang ternyata membeli power bank dengan kualitas buruk.

ads

Seperti yang kita tahu bahwa power bank akan sangat membantu bagi anda yang suka bepergian jauh yang tidak selamanya selalu berada di dekat colokan listrik, terlebih lagi jika smartphone anda bukan termasuk HP baterai awet yang tentu aja akan menuntut anda membawa power bank kemana pun anda pergi.

Namun pada kenyataannya, ternyata power bank yang kita miliki malah tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dan bahkan malah bisa membuat jengkel. Ketika anda sedang butuh power bank untuk dicaz, yang ada malah power bank rusak dan tidak bisa dipakai. Dan karena itulah anda harus tahu tentang seperti apa ciri-ciri power bank rusak agar anda bisa mengetahui seperti apa solusi yang terbaik.

Ada hal penting sebelum anda mempelejari cara yang akan kami jelaskan berikut ini, yakni anda harus paham tentang seperti apa jenis baterai smartphone anda karena terkadang ada beberapa power bank yang malah tidak kompatibel jika disandingkan atau dibuat mengisi daya untuk baterai dengan tipe tertentu.

Selain itu, nantinya kami berharap agar anda lebih berhati-hati di dalam memilih dan menentukan power bank yang akan anda gunakan untuk mengisi daya di smartphone anda karena jika misalnya anda membeli power bank dengan harga yang murah, kemudian anda gunakan untuk mengisi daya di smartphone yang mahal, maka dikhawatirkan malah merusak kualitas dari baterai yang ada di smartphone anda tersebut.

1. Power bank tidak bisa digunakan mengisi daya

Ciri awal yang mengindikasikan bahwa power bank anda rusak adalah ia tidak bisa digunakan untuk mengisi daya. Fungsi utama dari power bank memang untuk mengisi daya baterai agar supaya smartphone anda bisa kembali memiliki baterai dengan daya yang banyak.

Akan tetapi, apa jadinya jika malah power bank anda tidak bisa digunakan untuk mengisi daya yang tentu saja kondisi ini akan membuat anda jengkel. Namun anda jangan frustasi dan membuat power bank anda karena anda masih bisa melakukan beberapa pengecekan untuk memastikan apakah power bank anda benar-benar rusak atau tidak.

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti kabel power bank anda dengan kabel yang lainnya karena mungkin saja permasalahannya terletak pada kabel itu sendiri sehingga tidak bisa mengalirkan daya ke smartphone anda. Jika sudah seperti ini, maka anda bisa menggantinya dengan kabel yang lain dan kemungkinan power bank anda akan kembali berfungsi dengan normal.

2. Baterai dalam power bank cepat panas

Ciri yang kedua yang harus anda pahami ketika power bank rusak adalah baterai yang ada di dalamnya cepat panas. Kondisi ini bisa terjadi baik ketika power bank dicaz maupun tidak dimana tiba-tiba baterai yang ada di dalamnya akan panas. Hal ini kemudian akan mengakibatkan pengeringan daya semakin kuat dan anda harus segera mematikan power bank anda agar panas tersebut hilang dan tidak sampai menimbulkan masalah yang berbahaya. Jika power bank mengalami kondisi ini, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mematikannya dan segera membawanya ke tempat service karena power bank anda sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

3. Lampu indikator pengisian tidak menyala

Jika lampu indikator pada power bank tidak menyala, maka hal ini juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri power bank rusak yang juga perlu anda pahami. Lampu indikator merupakan penanda mengenai berapa besaran daya yang terisi maupun yang tersisa di baterai power bank anda.

Namun, lampu indikator ini tidak bisa bekerja jika ternyata power bank mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika ketika dicaz, power bank tidak menunjukkan peningkatan terhadap lampu indikator yang memang menunjukkan daya baterai terisi, maka kemungkinan power bank mengalami kerusakan.

Sponsors Link

4. Tercium bau gosong pada power bank

Ciri yang keempat yang menunjukkan bahwa power bank rusak adalah jika anda mencium bau gosong yang berasal dari power bank anda. Bau tersebut tidak jauh berbeda dengan kabel yang terpanggang yang mana kondisi ini diakibatkan karena hubungan kontak listrik yang terjadi secara terus-menerus.

Jika sudah seperti ini, maka kabel atau bagian yang berfungsi sebagai penghantar sudah tidak mampu menahan panas yang semakin lama akan panas dan kemudian mengeluarkan bau gosong. Yang harus anda lakukan ketika menemukan masalah ini adalah segera matikan power bank anda dan kemudian anda bawa ke tempat service untuk segera dilakukan perbaikan.

5. Baterai ngedrop

Seperti halnya dengan baterai smartphone yang mengalami masalah, power bank yang rusak pun juga akan menunjukkan ciri yang sama yakni baterainya yang ngedrop alias cepat habis. Selain itu, kondisi ini juga biasanya ditandai dengan cepatnya waktu pengisian daya di power bank anda, bahkan hanya dalam waktu beberapa menit kemudian lampu indikator sudah menunjukkan bahwa daya di dalam baterai power bank sudah penuh.

Kemudian, ketika anda mencoba mengisi baterai smartphone anda dengan menggunakan power bank, yang ada malah power bank anda cepat habis dan tidak jarang hanya dalam hitungan menit malah power bank anda akan benar-benar mati alias mati total. Kondisi seperti ini tentu saja akan membuat siapapun merasa jengkel dan tidak jarang malah akan membanting power banknya tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai ciri-ciri power bank rusak. Maka dari itu, di dalam membeli power bank, anda harus paham tentang bagaimana tips memilih power bank agar supaya anda tidak sampai salah dalam memilih power bank. Semoga informasi ini bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi