Sponsors Link

7 Cara Memilih Smartphone yang Berkualitas (nomor 2 sering diabaikan)

Sponsors Link

Saat ini ratusan brand smartphone dengan ribuan type/seri beredar di pasaran. Dengan variasi harga dari yang ratusan ribu hingga yang puluhan juta rupiah. Dan masing-masing merk mengklaim memiliki fitur terbaik dan keunggulan yang berbeda dari merk smartphone lainnya.

ads

Anda mau beli namun belum punya pilihan handphone apa yang anda inginkan, anda bingung mau pilih handphone yang mana. Jangan khawatir pada kesempatan ini penulis akan share mengenai cara memilih smartphone yang berkualitas, yang bisa dijadikan panduan oleh orang awam sekalipun. Berikut ini 7cara memilih smartphone yang berkualitas:

1. Ketahui Jenis CPU dan Kapasitas RAM

CPU ini merupakan central Prosesing Unit, sama seperti dalam computer atau laptop. Yang membedakannya kalau smarphone ini kecil. Untuk hardware ini pada smarphone biasannya menggunakan CPU Dual-Core.

Sedangkan RAM adalah random Acces Memory, menjadi pertimbangan setelah memilih CPU. Fugsi RAM sebagai hardware yang berguna untuk menjalankan aplikasi di handphone. Jika anda membuka aplikasi dalam smartphone melebihi dari kapasitas RAM yang tersedia makan handphone akan lemot dan bahkan bisa lag. Pastikan anda memilih kapasitas RAM sesuai dengan kebutuhan anda, bisa 1 Giga, 2 Giga, atau 4 Giga, yang tentuny akan berbanding lurus dengan harganya. Umumnya semakin tinggi kapasitas RAM smartphone akan semakin mahal pula harganya.

Baca juga: Cara menambah RAM android tanpa root

2. Pilih GPU yang Sesuai

GPU dalam teknologi smartphone ini sama dengan VGA di laptop atau komputer. GPU adalah singkatan dari general prosesing unit. Berperan penting untuk menjalankan game kualitas HD dan 3D. Gampangnya GPU adalah kartu grafis yang menjadi pertimbangan para gamers dalam memilih smartphone. Semakin tinggi kapasitas GPU akan semakin bagus gambar yang dihasilkan smartphone.

3. Display Layar

Layar smartphone menjadi salah satu hal yang diperhitungkan. Sebab di layar handphone ini gambar dan video ditonton. Di layar juga permainan game dapat dinikmati. Di layar pula kita bisa mengetik dan menikmati berbagai aplikasi.

Bicara soal layar handphone, biasanya pertama yang timbul dibenak kita adalah ukurannya, kemudian kualitas gambarnya. Untuk ukuran layar smartphone sendiri umumnya, berkisar dari 4 hingga 7 inchi. Anda bisa memilihnya sesuai yang anda butuhkan. Untuk layar tablet bisanya 7 hingga12 inchi.

Sedangkan mengenai kualitas gambar, ditentukan oleh jenis layar yang digunakan, apakah layar tersebut menggunakan teknologi LCD, TFT, IPS, AMOLED, atau SUPER AMOLED. Untuk jenis layar yang tercanggih saat ini adalah layar Super AMOLED yang dikembangkan oleh SAMSUNG dan digunakan oleh beberapa merek handphone lainnya. Ada baiknya jika anda mengetahui kelebihan dan kekurangan layar Super AMOLED sebelum memilih handphone dengan jenis layar ini.

4. Mega Pixel Kamera

Bagi anda yang gemar selfie, kualitas kamera yang bagus merupakan kewajiban, agak hasil jepretan fotonya bagus. Biasanya kita melihat kualitas kamera tersebut dari ukutan mega pixel (MP). Ukuran mega piksel kamera ini bervariasi. Umumnya dan ini yang ideal ukurannya minimal 5 MP untuk kamera belakang, dan untuk kamera depan dimulai dari ukuran 1,5 MP.

Namun di era vlog dan fitur live video yang ada di social media seperti facebook dan instagram , kebutuhan kualitas kamera menjadi yang utama saat orang membeli smartphone. Peluang ini yang ditangkap oleh produsen smartphone untuk memrproduksi handphone dengan kualitas kamera yang bagus, bahkan ada beberapa produsen telepon pintar yang membekali seri handphone dengan kamera diatas 12 MP. Seperti yang dilakukan ….
Selain MP tentunya ada pertimbangan lain, seperti lampu flash, agar gambar yang dihasilkan lebih terang, dan beberapa kamera yang bisa memunculkan efek bokeh, agar hasil jepretan menyamai hasil fotografer professional.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Daya Baterai

Baterai merupakan komponen yang tak kalah penting . Baterai menjadi nyawa dari gadget yang anda gunakan. Saat ini teknologi baterai smartphone lebih banyak menggunakan jenis baterai Lithium Polymer. Teknologi baterai terkini yang memiliki kapasitas besar, namun desain yang tipis dan ramping. Jenis baterai smartphone ini merupakan teknologi baterai terbaik saat ini.

Perkembangan terakhir juga mengisyaratkan produsen handphone brand ternama sudah mulai menggunakan teknologi baterai tanam, atau baterai non removable baterai yang menjadikan komponen handphone lebih aman dari debu dan guncangan akibat bongkar pasang baterai. Kelebihan baterai tanam ini memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibanding baterai biasa.

Baca juga: Cara mengatasi baterai tanam yang drop.

6. Jaringan dan Konektivitas

Smartphone yang beredar di pasaran Indonesia memiliki jaringan 3G atau HSDPA. Namun pada perkembangannya mengharuskan kita mengupgrade device ke jaringan 4G LTE. Jadi jika saat ini anda berniat membeli handphone baru, pastikan membeli yang sudah support jaringan 4G.

Sedangkan untuk konektivitasnya, setidaknya sudah mendukung Wi-Fi yang bisa anda gunakan untuk transfer file maupun menerima jaringan internet dari hotspot. Tentunya selain Bluetooth, USB port dan Headset yang wajib ada dalam teknologi telepon genggam modern.

Baca juga: Cara agar Hp android tidak lemot saati internetan.

7. Merk Ponsel

Bagi beberapa orang ada yang fanatik dengan merek handphone tertentu. Pokoknya kalau tidak Samsung ya tidak, ada juga yang sudah nyaman dengan VIVO misalnya. Tetapi ada juga yang tidak mementingkan merek yang penting specknya memenuhi dengan yang dibutuhkan.

Di era Android saat ini, pada dasarnya semua handphone itu sama, baik handphone yang harganya 700 ribuan dengan handphone dengan harga 3 jutaan, apalagi jika OS nya sama-sama menggunakan Android Ice Cream Sandwich misalnya. Tapi memang ada brand-brand tertentu yang memiliki UI (user interface) yang berbeda dengan merk smartphone lainnya.

Demikian cara memilih smartphone yang berkualitas, semoga bisa membantu untuk anda yang mau beli handphone baru.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi