Sponsors Link

20 Kelebihan Android Marshmallow 6.0 dan Kekurangannya

Sponsors Link

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat membuat Android terus berinovasi dan mengembangkan fitur-fitur pada sistem operasinya. Setelah sukses dengan sistem operasi Lollipop, Android kembali meluncurkan sistem operasi baru yang diberi nama Marshmallow. Pada sistem operasi versi ini, Android memberikan banyak fitur-fitur yang jauh lebih mutakhir dan efisien. Namun Android pun tak lupa untuk memperbarui fitur-fitur lamanya guna meningkatkan fungsi yang telah ada. Meskipun memiliki banyak kelebihan, Marshmallow pun tak luput dari kekurangan loh. Berikut bahasan tentang kelebihan dan kekurangan OS Android Marshmallow.

ads

Kelebihan Android Marshmallow

1. App Permission

Fitur pertama yang menjadi salah satu keunggulan dari Android Marshmallow adalah fitur app permission. Pada fitur ini kita dapat mengatur apa saja yang kita izinkan dalam menjalankan suatu aplikasi. Misalnya kita dapat mengijinkan keaktifan kamera pada aplikasi Instagram namun tidak mengaktifkannya pada aplikasi BBM atau lainnya. App permission ini juga dapat kalian gunakan untuk mengatur aplikasi apa saja yang diizinkan dan tidak diizinkan untuk beroperasi pada waktu tertentu. Hal ini juga membuat kita bisa menghemat kapasitas RAM yang sedang berjalan serta bisa juga diaplikasikan sebagai penghemat daya baterai.

Baca Juga: Hp RAM Terbesar di Dunia

2. Android Pay

Di era ekonomi yang berbasis teknologi seperti saat ini membuat kita dapat melakukan transaksi dengan cara yang mudah dan cepat, salah satunya dengan pemanfaatan smartphone. Kepekaan Android pada sistem ekonomi saat ini membuatnya melahirkan fitur Android Pay yang dapat digunakan untuk bertransaksi. Android Pay ini nantinya dapat disinkronkan dengan kartu kredit atau kartu debit anda sehingga anda hanya perlu memverifikasi transaksi melewati smartphone tanpa harus membawa kartu. Fitur ini juga diklaim sepenuhnya aman oleh pihak Android mengingat saat ini sistem keamanannya sudah lebih ketat dengan menggunakan fingerprint.

Baca juga: Aplikasi Android Penghasil Uang

3. Google Now on Tap

Sebelumnya kita telah mengetahui fitur Google Now yang memungkinkan kita memerintahkan browsing Google hanya dengan suara. Hadirnya Google Now on Tap ini merupakan penyempurnaan dari fitur sebelumnya. Perbedaannya adalah pada Google Now on Tap kalian dapat memanggilnya kapanpun meski tengah menjalankan suatu aplikasi tertentu. Sehingga kalian tidak perlu keluar dari suatu aplikasi yang sedang berjalan hanya untuk searching sesuatu melalui Google. Android Marshmallow telah membuatnya menjadi lebih simple.

4. Fitur Fingerprint

Fitur fingerprint sudah tidak asing lagi dikalangan pemakai smartphone, terlebih semakin banyaknya aplikasi yang menerapkan penggunaan fingerprint. Melihat semakin berkembangnya fitur ini maka Android Marshmallow pun memfasilitasi para pemakainya dengan mode keamanan menggunakan fingerprint pada setiap aplikasi. Maka kamu dapat mengunci suatu aplikasi tertentu dengan menggunakan fingerprint. Hal ini sangat menambah sistem keamanan smartphone kamu karena tidak hanya membuka log screen saja namun untuk membuka suatu aplikasi pun kamu bisa mengatur dengan keamanan fingerprint.

Baca juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik

5. Doze

Ingin smartphone Androidmu hemat baterai? Android Marshmallow menjawabnya lewat fitur Doze. Fitur terbaru ini memungkinkan smartphone mendeteksi secara otomatis apakah smartphone sedang dalam keadaan digunakan atau tidak. Jika smartphone yang kita miliki sedang tidak kita gunakan maka fitur Doze akan otomatis menonaktifkan sementara aplikasi-aplikasi berat yang dapat membuat daya baterai cepat habis. Hal ini diklaim dapat menghemat daya baterai hingga dua kali lipat. Dengan kata lain, smartphone dapat mengatur dan mengendalikan dirinya sendiri tanpa harus kita perintahkan terlebih dahulu. Canggih ya?

Baca juga: Cara Menghemat Baterai Android

6. USB Type C

USB Type C memang belum banyak dipakai pada smartphone namun kedepannya USB Type C akan menjadi suatu keunggulan dalam fitur smartphone. Pasalnya USB Type C ini diklaim dapat meningkatkan kecepatan dalam proses charging dan juga dapat membuat Android anda menjadi seperti powerbank yaitu memungkinkan untuk mencharge smartphone lain melalui smartphone anda. Tentunya Android Marshmallow sudah sangat mendukung pengaplikasian fitur ini di smartphone anda. Bagaimana apakah Anda tertarik?

7. Fast Charging

Proses charging telah menjadi kebutuhan para pengguna smartphone. Di zaman yang serba teknologi ini membuat kita menginginkan semua berjalan menjadi lebih cepat, tak terkceuali pada proses charging smartphone. Maka semua keinginan kamu akan terjawab oleh Android Marshmallow. Melalui fitur USB Type C proses charging yang berlangsung akan menjadi lebih cepat hingga lima kali lipat dari biasanya. Sungguh menguntungkan bukan? Terutama bagi kalian yang memang memiliki banyak aktivitas menggunakan smartphone, sehingga akan memperkecil kendala karena kehabisan baterai.

Baca juga:

8. Flex Storage

Flex Storage akan membantu kita dalam mengatur alokasi aplikasi yang terinstall pada Android. Jika pada operasi sistem sebelumnya kita hanya dapat memindahkan aplikasi-aplikasi tertentu ke microSD dan ada beberapa aplikasi selain aplikasi bawaan yang tidak bisa kita pindahkan ke microSD padahal aplikasi tersebut termasuk aplikasi yang cukup banyak memakan memory. Biasanya kita dapat mengatasi ini dengan bantuan aplikasi pihak ketiga agar bisa memindahkan aplikasi tersebut ke microSD. Namun jika kita telah memakai OS Android Marshmallow, kita tidak perlu lagi memakai aplikasi pihak ketiga karena Android Marshmallow sudah memfasilitasinya. Sehingga kita menjadi lebih leluasa dalam mengatur kapasitas penyimpanan dan mengelola alokasi penyimpanan aplikasi yang terinstall. Fitur ini membuat kita bisa lebih mengosongkan internal storage dan memaksimalkan pemakaian memory di microSD.

9. Auto Backup App

Fasilitas Auto Backup App akan kamu dapatkan ketika menggunakan OS Android Marshmallow. Kecanggihannya adalah Android akan membackup secara otomatis segala aplikasi yang tersemat pada Androidmu kedalam Google drive. Menariknya ketika kamu merestore data yang telah dibackup maka aplikasi yang kamu dapatkan pada smartphone akan sama persis hingga pada pengaturan-pengaturan yang telah kita terapkan pada aplikasi itu ketika kita membackupnya. Fitur ini sangat berguna bagi kalian yang hobi gonta-ganti smartphone tanpa ingin ribet untuk mengatur kembali setiap aplikasi yang terdapat pada smartphone barumu.

10. Custom Tabs pada Chrome

Untuk kalian yang senang melakukan web browsing dengan Chrome maka fitur ini akan membuat kalian menjadi lebih efektif dalam menggunakan Chrome. Fitur Custom Tabs ini akan memungkinkan kamu untuk menjadikan suatu website yang kamu senang kunjungi menjadi sebuah icon seperti aplikasi Android. Jadi kamu tidak harus mencari atau mengetik link website pada web browser ketika ingin membuka website favorit kamu, cukup dengan klik pada icon website yang sudah kamu buat sebelumnya. Menyenangkan sekali ya..

11. Uninstall Aplikasi Bawaan Android

Sudah tak asing lagi jika dalam setiap operasi sistemnya, Android menyertakan beberapa aplikasi-aplikasi bawaan yang sudah tersemat secara otomatis pada smartphone kita. Banyak dari kita yang merasa tidak membutuhkan ataupun jarang memakai aplikasi bawaan tersebut sehingga ingin uninstall atau mencopotnya. Pada OS terdahulu, hanya ada beberapa aplikasi saja yang dapat di uninstall dari aplikasi bawaan. Namun pada OS Android Marshmallow ini kita akan lebih banyak memiliki akses untuk melakukan uninstall pada aplikasi bawaan Android. Semakin terlihat bahwa Android sangat memikirkan kenyamanan pemakainya dalam setiap pengembangan terbaru operasi sistemnya.

Baca juga:

12. Fasilitas App Drawer

Semakin canggih Android yang kita miliki maka kita semakin tertarik untuk menginstall beragam aplikasi pada smartphone kita. Hal ini sering kali membuat kita membutuhkan waktu untuk mencari icon aplikasi yang kita ingin jalankan dikarenakan terlalu banyaknya icon aplikasi yang terpampang. Jika kamu adalah orang yang sangat membutuhkan kecepatan dan efisiensi dalam penggunaan smartphone, maka fitur ini merupakan salah satu fitur yang cocok bagi kamu. Pasalnya dengan App Drawer ini, kita dapat mencari aplikasi yang ingin kita jalankan tanpa harus mencari iconnya pada homescreen. Kita hanya perlu mengetik nama aplikasi yang ingin kita buka sehingga lebih menghemat waktu bagi kalian yang memiliki banyak aplikasi yang terinstall pada Android.

13. Automatic App Links

Kalian tentu pernah mendapatkan link-link tertentu yang dibagikan oleh teman maupun yang terpampang pada sosial media. Namun yang sering terjadi adalah ketika kita mengklik link tersebut, otomatis Android akan membawanya menuju web browser sedangkan kendatinya kita memiliki aplikasi Android dari link tersebut. Terlebih lagi proses dari link yang tersemat menuju web browser tersebut tak jarang membutuhkan waktu yang lebih lama dan kuota internet yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan aplikasi khusus Androidnya. Maka pada OS Android Marshmallow ini, kita dapat melakukan pengaturan terhadap smartphone kita dalam memproses suatu link yang kita buka. Misalkan kita mendapatkan link suatu video Youtube, maka jika biasanya ketika kita klik link tersebut Android akan meneruskannya menuju web browser dengan fitur automatic app links kita tidak akan menggunakan web browser melainkan akan langsung otomatis membuka aplikasi Youtube yang terdapat pada Android.

Baca juga:

14. Fungsi Highlight yang Lebih Mutakhir

Highlight atau yang biasa kita kenal sebagai selection word pada Android sebelumnya hanya memiliki fasilitas copy, cut atau delete. Akan tetapi pada OS Marshmallow ini pihak Android tidak lupa untuk memperbarui fungsi Highlightnya yaitu dengan menambahkan fitur share. Fitur share ini akan membuat kita semakin efisien dalam memakai Android, pasalnya kita dapat langsung membagikan suatu kata atau kalimat ke dalam suatu aplikasi yang kita inginkan. Contohnya kita dapat mengaplikasikannya kedalam Google Translate, apabila saat membaca suatu posting terdapat kata atau kalimat yang tidak kita mengerti maka kita bisa langsung share kata atau kalimat tersebut kedalam aplikasi Google Translate. Selain itu, kita juga bisa langsung menggoogling kata atau kalimat yang kita inginkan dengan fitur ini tanpa perlu copy dan paste terlebih dahulu. Jadi, kalian tidak akan dicap sebagai kudet alias kurang update ketika sedang asik membaca posting maupun chat bersama teman.

15. Spesifikasi Pengaturan Volume

Selama ini yang kita ketahui dalam pengaturan volume pada Android adalah pengaturan single function, yaitu volume yang kita atur akan teraplikasi pada semua fitur seperti volume telepon, volume alarm dan volume musik. Tapi pada Android Marshmallow, kita dapat mengaturnya secara terpisah. Sehingga kita tidak perlu lagi mengatur volume disaat ada telepon masuk ketika kita sedang mendengarkan musik, karena Android akan otomatis menyesuaikan dengan pengaturan yang sudah kita terapkan sebelumnya. Semakin efisien bukan?

Baca juga: Aplikasi Edit Video Terbaik Android

16. Tombol Power untuk Mengaktifkan Kamera

Kamera pada smartphone sudah menjadi salah satu fasilitas yang paling sering digunakan. Pada fitur sebelumnya, kita dapat mengambil foto hanya dengan menekan tombol volume pada smartphone. Namun kita tetap harus mengaktifkan kamera terlebih dahulu secara manual. Hal ini membuat Android semakin berinovasi dengan memberikan fitur terbarunya yaitu tombol power untuk mengaktifkan kamera pada smartphone. Bagi mereka yang senang mengabadikan momen disekelilingnya dengan waktu yang singkat, fitur ini sangatlah membantu. Fitur ini dapat memperkecil kemungkinan kita kehilangan kesempatan mengabadikan suatu momen berharga yang sangat cepat kejadiannya.

Baca juga:

17. Delete Screenshot Tanpa Masuk Gallery

Setiap pemakai smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur screenshot atau yang biasa disebut SS. Banyak dari kita menggunakannya untuk mengabadikan suatu tampilan tertentu ataupun menggunakannya sebagai bukti transaksi dan lain sebagainya. Tak jarang pula saat kita menggunakan fitur ini, terjadi kesalahan screenshot ataupun tak sengaja menangkap tampilkan layar sehingga kita harus menghapusnya. Pada OS Marshmallow, fitur screenshot mendapatkan pembaruan fungsi. Kita dapat langsung menghapus  hasil screenshot tanpa harus masuk ke gallery. Hal ini sangat efisien terlebih bagi mereka yang memiliki banyak foto pada gallery, sehingga biasanya memakan waktu untuk membuka gallery maupun mencari hasil screenshot tersebut.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik iPhone

Kelemahan Android Marshmallow

  • Sedikitnya Smartphone yang Compatible

Masih sedikitnya smartphone yang compatible dengan OS Android Marshmallow ini. Banyak produsen smartphone yang belum menjadikan OS Android Marshmallow ini menjadi sistem operasi bawaannya. Sehingga kita masih harus bersabar untuk bisa menikmatinya dan tentunya menyiapkan tabungan untuk membeli smartphone baru jika ingin cepat-cepat menikmatinya. Pasalnya masih sangat jarang smartphone yang bisa melakukan upgrade operasi sistem ke Android Marshmallow. Jadi jika smartphone kamu merupakan salah satunya, bersiaplah untuk membeli smartphone baru guna menikmati segala fitur yang disediakan Android Marshmallow.

Baca juga: Jenis Jenis Smartphone

  • Proses Upgrade Lama

Meski tak banyak smartphone yang compatible untuk mengupgrade operasi sistemnya menjadi Android Marshmallow, namun bagi yang memiliki smartphone yang bisa diupgrade pasti akan sangat tertarik untuk segera mengupgradenya. Tidak ada salahnya untuk mencoba fasilitas upgrade ini guna meningkatkan fitur pada smartphone kamu. Tapi ada baiknya kamu memiliki kesabaran dalam menunggu prosesnya, karena pada umumnya proses upgrade ini memakan waktu yang cukup lama. Jadi bagi kamu yang tidak tahan berlama-lama tanpa akses smartphone harus memilih waktu yang tepat nih untuk memulai proses upgradenya.

Baca juga: Cara agar Hp Tidak Lemot

  • Timbul Masalah setelah Upgrade

Memanfaatkan akses untuk upgrade operasi sistem memang menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik smartphone. Namun perlu kamu ketahui bahwa pasca upgrade suatu operasi sistem tak terkecuali OS Android Marshmallow bisa membawa suatu dampak tersendiri pada tiap smartphone. Bisa dibilang bahwa ada resiko tertentu ketika kita mengupgrade operasi sistem pada smartphone. Resiko yang dihadapi tentunya akan berbeda-beda pada tiap smartphone. Umumnya resiko masalah yang akan muncul adalah penurunan audio atau speaker, permasalahan pada proses charging, screen overlay detected, data internet error dan lain sebagainya. Tentunya tiap smartphone memiliki kemungkinan resiko yang berbeda-beda. Jadi bagi kamu yang tetap ingin mengupgrade operasi sistem di smartphone harus lebih siap dalam menghadapi segala resikonya.

Baca juga: Cara agar Hp Tidak Panas

Demikian info tentang kelebihan Android Marshmallow dan kekurangannya yang bisa menjadi pilihan untuk hp Andalan Anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi