Sponsors Link

8 Penyebab Hp Meledak saat Dicas yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Mungkin anda sudah tidak heran mendengar kabar belakangan ini berupa meledaknya atau terbakarnya hp yang pada umumnya dimiliki oleh setiap orang. Berita tersebut sudah menyebar luas hingga memungkinkan terdengarnya citra buruk tentang perusahaan yang menciptakan hp tersebut. Berita ini cukup disoroti oleh berbagai peneliti teknologi hp di dunia, walaupun perbandingan antara hp yang meledak dengan hp yang normal sangatlah jauh, dan jumlah hp yang meledak masih cukup langka dijumpai.

ads

Dengan adanya berita tersebut, banyak orang bertanya-tanya dan bahkan membuat kesimpulan mengapa hp bisa meledak dan bahkan terbakar. Banyak orang berkesimpulan juga bahwa penyebab utama dalam meledaknya hp dikarenakan tidak dapatnya merawat baterai hp, maka dari itu anda juga harus tau cara merawat baterai hp anda. Selain baterai, dapat juga dikarenakan suhu hp yang tidak wajar pada saat digunakan, oleh sebab itu perlu kita tahu juga aplikasi untuk mendinginkan hp iPhone maupun Android. Berikut adalah penyebab-penyebab hp mudah meledak dan terbakar.

1. Memakai hp pada saat sedang dicharge

Hal yang satu ini sering sekali ditemui di kalangan masyarakat saat ini. Keinginan untuk tetap menggunakan hp pada saat diisi lebih kuat daripada membiarkan dan menunggu sampai penuh. Seringkali hal ini diremehkan yang berujung pada rusaknya baterai. Ciri-ciri baterai iPhone rusak maupun Android seperti ini akan mengacu pada meledaknya baterai hp. Sangat berbahaya apalagi pada saat sedang digunakan terjadi ledakan. Akan menyebabkan luka bakar yang cukup serius. So, hati-hati guys.

2. Menggunakan charger yang tidak original

Menggunakan charger yang tidak original merupakan penyebab hp mudah meledak dan terbakar yang betul-betul diacuhkan oleh kebanyakan orang jaman sekarang. Karena pada umumnya, harga charger yang original lebih mahal dibandingkan dengan charger yang tidak original. Karena perbedaan yang signifikan, orang lebih banyak untuk memilih charger yang tidak original dan murah. Salah satu penyebab hp mudah meledak dan terbakar yang satu ini sungguh dikhawatirkan. Dan untuk membeli charger hp yang asli, kita harus mengerti cara memilih charger hp yang bagus dan cara membedakan charger asli dan palsu.

3. Menggunakan charger perangkat lain untuk HP

Menggunakan charger dari perangkat lain juga merupakan penyebab hp mudah meledak dan terbakar. Namun biasanya sangat jarang terjadi karena pada umumnya bila charger tersebut tidak dapat mengisi baterai hp anda akan keluar notifikasi bahwa charger not supported. Tapi apabila sering dilakukan, akan mengacu menjadi penyebab hp meledak. So, jika tidak kepepet, sebaiknya hindarkan untuk mengisi daya hp menggunakan charger perangkat lain. Berbahaya.

4. Mengisi baterai HP di mobil

Berbedanya daya listrik yang disalurkan oleh aliran listrik yang ada di mobil menjadi penyebab hp mudah meledak dan terbakar pada saat diisi di mobil. Adanya tegangan listrik yang mendadak menjadi pemicu meledaknya hp. Apalagi jika aliran listriknya bersumber dari aki, selain dapat membuat hp meledak, dapat juga menyebabkan baterai hp menjadi mudah boros. Bagi Anda pengguna iPhone juga harus mengetahui cara memperbaiki baterai iPhone yang drop dan boros, bila tidak, bersiaplah untuk membeli baterai yang baru.

5. Mengisi baterai sampai overcharge

Yak bila yang satu ini pasti sering sekali dilakukan, apalagi di kalangan kawula muda saat ini. Mengisi baterai sampai overcharge menjadi penyebab hp mudah meledak dan terbakar. Akibat dari kebanyakan aliran listrik yang terisi ke baterai menyebabkan daya listrik yang secara berlebihan. Selain menjadi penyebab utama baterai hp menjadi boros dan mudah ngedrop, dapat pula hp menjadi terbakar. Maka dari itu kita juga harus tahu cara merawat baterai agar awet dan tahan lama.

Sponsors Link

6. Menggunakan baterai yang tidak original

Tidak diragukan lagi, yang murah akan selalu banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat. Murahnya baterai yang tidak original menjadi pilihan utama untuk mengganti baterai original yang telah rusak yang nantinya akan menjadi penyebab hp mudah meledak dan terbakar.

7. Memakai baterai bekas/reject

Selain murah, baterai bekas atau baterai reject juga mudah dijumpai pada saat ini. Sama seperti menggunakan charger baterai yang tidak original maupun menggunakan charger yang tidak original. Baterai bekas juga biasanya memiliki daya listrik/isi dayanya yang tidak sempurna pada umumnya. Dapat menyebabkan meledaknya hp anda.

8. Meletakkan hp dekat dengan sumber panas

Selain 7 penyebab hp meledak diatas, meletakan hp dekat dengan sumber panas juga menjadi penyebab utama meledaknya hp. Mengapa demikian? dikarenakan didalam hp itu sendiri terdapat komponen-komponen yang mudah terbakar, seperti elektroda pada baterai dan desain dari baterai yang memudahkan adanya arus pendek yang menyebabkan terbakarnya elektroda pada baterai.

Sponsors Link

Hal ini sungguh dikhawatirkan, sebagai contoh pada kasus ini adalah hp Android merk Samsung Galaxy Note 7 yang akhirnya ditarik kembali oleh pabrik dan pihak Samsung sendiri meminta maaf sebesar-besarnya kepada konsumennya. Ini merupakan penyebab hp meledak dan terbakar yang berdasarkan dari produk hp tersebut.

Terdapat penyebab lain yang menjadi pemicu terbakarnya hp, sebagai contoh lain misalkan ibu rumah tangga yang sedang memasak di dapur, meletakkan hpnya dekat dengan kompor. Tentunya hal ini akan membuat hp menjadi cepat panas dan apabila berlangsung lama akan meledak seketika itu juga. Sebaiknya lebih berhati-hati dalam meletakkan hp karena hal sepele semacam ini dapat berakibat sangat fatal.

Dari beberapa penyebab di atas, dapat kita simpulkan bahwa penyebab hp mudah meledak dan terbakar sebetulnya sangat mudah diketahui dan dimengerti, yaitu :

  • Jangan gunakan hp pada saat melakukan pengisian
  • Jangan mengisi baterai hp sampai overcharge
  • Hindari terkena paparan sinar matahari langsung
  • Jauhkan dari sumber panas
  • Jangan tinggalkan hp pada ruangan yang rapat sebagai contoh, terlalu lama di saku atau di dalam tas
  • Sebisa mungkin hindari pengisian baterai pada saat berada di mobil
  • Gunakan charger asli
  • Gunakan baterai asli

Demikian penjelasan mengenai penyebab hp meledak. Gunakan hp dengan bijak, dan hindari hal-hal yang dapat memicu hp meledak. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi