Sponsors Link

11 Fitur Terbaru Android Marshmallow 6.0 dan Nougat 7.0 Terlengkap

Sponsors Link

Android. Dengar kata itu sudah tidak asing lagi, ya. Untuk yang belum tahu apa itu Android, merupakan sistem operasi berbasis Linux dan dicoba untuk dikembangkan ke perangkat smartphone dan komputer tablet yang berlayar sentuh. Sebetulnya, Android dikembangkan oleh Android Inc. pada awalnya, namun dibiayai oleh Google. Barulah pada tahun 2005 dibeli dan diluncurkan, kemudian di bulan Oktober 2008, handphone berbasis sistem Android dijual untuk pertama kali.

ads

Semenjak tahun 2008 sampai sekarang 2017, ada beberapa versi yang sudah dirilis. Sambil bernostalgia bisa cek daftar nya di bawah ini:

  1. Android 1.0 (2008)
  2. Android 1.5 Cupcake (2009)
  3. Android 1.6 Donut (2009)
  4. Android 2.0 Eclair (2009)
  5. Android 2.2 Froyo (2010)
  6. Android 2.3 Gingerbread (2010)
  7. Android 3.0 Honeycomb (2011)
  8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich (2011)
  9. Android 4.1 Jelly Bean (2012)
  10. Android 4.4 KitKat (2013)
  11. Android 5.0 Lollipop (2014)
  12. Android 6.0 Marshmallow (2015)
  13. Android 7.0 Nougat (2016)

Dari daftar di atas, versi mana yang belum pernah kamu coba? Oh, Marshmallow dan Nougat, bukan? Harus cepat dicoba, karena versi terbaru Android tersebut melakukan pembaruan pada sistem pasti untuk mengurangi bug dan tentunya ada fitur tambahan. Dari fitur-fitur terbaru yang sudah disediakan oleh Android, ada manfaat dan fungsi nya yang bakal rugi kalau tidak coba. Biar makin tertarik untuk mencoba fitur terbaru Android, simak yuk!

1. Android 6.0 Marhsmallow

Sistem ini sudah lebih maju dibanding pendahulu nya. Dari segi keamanan, design dan tampilan banyak perubahan. Lebih lengkapnya cek untuk tahu kelebihan Android Marshmallow.

  • Sidik jari

Sistem keamanan fingerprint sudah tersedia di Android versi 6.o ini. Fungsi fingerprint scanner ini untuk meningkatkan keamanan perangkat, termasuk data, aplikasi dan file penting yang ada di dalam handphone.

  • Tombol volume

Pada Android pendahulunya, tombol kontrol volume menyatu dengan volume musik, alarm dan sistem, yang di mana jadi kelemahan dan keluhan para pengguna Android. Namun di sistem yang terbaru, Android sudah bisa mengatasinya.  Yang di mana, saat menekan tombol volume akan diberi pilihan mana volume yang akan dikurangi atau ditambah dari ketiga sistem.

  • Doze

Fitur ini berawal dari betapa luar biasanya spesifikasi perangkat yang membuat boros baterai. Kelebihan fitur ini yaitu bisa mendeteksi apakah smartphone atau tablet sedang tidak digunakan beberapa saat, dan jika terdeteksi tidak digunakan dalam jangka waktu lama, fitur ini akan menon-aktifkan aplikasi yang membuat daya baterai boros.

  • App Permission

Sejak Jelly Bean, sebenarnya fitur ini sudah ada, hanya saja setelah memberikan izin pada aplikasi untuk mengakses beberapa informasi, tidak dapat diubah lagi, terkecuali melakukan re-install atau instal ulang. Di Marshmallow, di bagian menu pengaturan pengguna bisa merubah izin akses yang sebelumnya diberikan untuk dicabut izin nya tanpa harus install ulang.

Sponsors Link

  • Google Now Launcher

Fitur ini memberikan tampilan yang cantik karena adanya perubahan dan penyempurnaan baru daripada sebelumnya. Didukung adanya vertical scrolling yang tidak dimiliki oleh Android Lollipop. Di bagian utama atau home screen bisa diputar secara horizontal, tidak hanya vertikal saja.

  • Auto Backup

Jika sebelumnya repot untuk mem-backup data butuh kartu memori tambahan atau PC, untuk di sistem terbaru tidak perlu lagi. Data pengguna bisa langsung disimpan ke Google Drive. Setelah selesai melakukan format handphone atau ganti barangkali, tinggal mengambilnya di akun Google Drive dengan melakukan sign-in terlebih dahulu.

2. Android 7.0 Nougat

Sistem ini masih dimiliki smartphone-high-end. Diklaim sebagai sistem Android yang akan bekerja lebih baik daripada versi sebelumnya. Dan berdasarkan rencana, selama smartphone berbasis Android akan segera bisa menikmati sistem keren ini, termasuk hp termurah di Indonesia. Lebih lengkapnya cek untuk tahu kelebihan Android Nougat.

ads
  • Multitasking

Fitur yang satu ini luar biasa. Super multitasking. Kenapa super? Karena ada mode bagi-bagi layar yang di mana, pengguna perangkat bisa menampilkan dua aplikasi dengan mudah. Seperti, jika kamu sedang menonton Instagram live sambil membalas chat di WhatsApp secara bersamaan.

  • API Vulkan dan VR

Kita mulai dari VR alias Virtual Reality. Merupakan salah satu device tambahan yang digunakan saat menonton film agar terasa nyata. Hanya saja diperangkat handphone harus ada fitur DayDream. API Vulkan juga unik. Fitur ini akan membuat tampilan grafis 3D pada perangkat smartphone agar semakin baik.

  • Privasi dan Keamanan

Jika bosan dengan sistem keamanan sistem finger screen, di Android Nougat, pengguna nya bisa memakai sistem Trusted Face. Tidak butuh sidik jari lagi, sistem keamanan ini akan menggunakan wajah sebagai sistem kunci keamanan yang merupakan bagian dari Smart Lock. Untuk privasi, Adanya enkripsi berbasis file yang dirancang sedemikian rupa pada platform keamanan terbaik. Berfungsi sebagai menyekat dan melindungi file, termasuk file dari aplikasi Android berbayar tercanggih.

Jika biasanya booting cepat merupakan kelebihan hp Android setelah di root, pakai sistem Nougat tidak harus melakukan root. Adanya pembaharuan sistem booting yang lebih cepat, agar para pengguna tidak perlu menunggu lama setelah melakukan restart. Jika biasanya booting cepat merupakan kelebihan hp Android setelah diroot, pakai sistem Nougat tidak harus melakukan root.

  • Aksesibilitas

Perangkat yang sudah memiliki sistem Android Nougat, bisa mengubah ukuran font, layar dan talkback secara langsung saat smartphone pertama kali dinyalakan. Tidak hanya itu saja, elemen lain yang ada di layar seperti ikon dan gambar yang bisa diatur di smartphone kalian.

  • Notifikasi

Pengguna bisa mengontrol notifikasi yang masuk atau muncul saat main game misalnya. Cara mengaturnya hanya perlu melakukan tap pada notifikasi dan menahan beberapa saat pada notifikasi yang ingin diubah. Jika ada chat masuk sekalipun, bisa langsung membalasnya di jendela yang tersedia.

  • Performa

Pengompilasi JIT (Just In Time) merupakan dapat meningkatkan performa perangkat dan mengurangi kapasitas penyimpanan yang diperlukan oleh aplikasi. Selain itu, JIT juga bisa mempercepat proses update aplikasi pada sistem smartphone.

Sudah tahu kelebihan fitur terbaru Android jadi semakin buru-buru ingin update ke sistem Android terbaru bukan? Yuk, mari dicoba dan semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi