Sponsors Link

2 Cara Memperbaiki Port Charger Hp yang Rusak

Sponsors Link

Pengguna smartphone dari tahun-tahun menunjukan peningkatan yang sangat signifikan atau bisa dikatakan melejit. Akan tetapi banyak juga dari kita yang menggunakan smartphone tapi tidak tahu cara mengatasi masalah atau kerusakan yang terjadi pada smartphone atau hp. Nah maka dari itu di sini kita akan membahas cara memperbaiki port charger hp. Baca juga mengenai cara memilih charger hp yang bagus.

ads

Sebenarnya ada dua kemungkinan mengapa Hp anda tidak bisa dicharger atau tidak bisa menerima arus listrik masuk. Untuk langkah awal, kalian bisa melakukan pengecekan kondisi charger Android yang anda gunakan, caranya cukup dengan coba sambungkan ke ponsel lain dan jika tetap masih tidak bisa berarti ada masalah dengan charger anda. Tapi jika di coba dengan hp Android lain dan ternyata bisa berarti ada masalah dengan hardware atau perangkat keras Android anda.

Lakukan pengecekan terhadap konektor penerima arus listrik yang ada di Hp Anda:

  • Port karatan, lakukan pengecekan terhadap port charger Android anda , apakah ada kotoran yang menempel atau sudah karatan. Karena jika karatnya sudah parah akan mengganggu arus listrik yang masuk.
  • Kemasukan air, jika tidak karatan dan tidak ada kotoran yang menempel, kemungkinan kedua adalah kemasukan air, mungkin saat kita tidak sadar sedang minum es atau apa tidak sengaja airnya netes ke port charger Android kita.
  • Port longgar, port longgar bisa terjadi karena banyak, karena memakai charger bukan untuk Androidnya/ asal pakai charger, sering lepas tancap charger, dan hp sering jatuh. Jika port longgar maka charger tidak bisa terhubung secara sempurna

Banyak faktor yang menjadi penyebab konektor hp Anda tidak bisa dicharge. Yang pertama charger yang rusak mungkin kabel nya atau adaptornya, yang kedua baterai yang sudah tidak bisa di pakai atau sudah drop, dan yang paling parah adalah IC charger yang rusak, karena jika hal itu yang terjadi. Jadi anda harus membawanya ke tempat servis atau klaim garansi jika garansi masih aktif.

Berikut ini adalah cara memperbaiki port charger hp berdasarkan penyebabnya :

1. Charger rusak

Hal ini biasanya terjadi dikarenakan ketika charger yang Anda sedang gunakan tidak memiliki spesifikasi yang cocok dengan Hp Anda. Seringkali kita ketika charger yang ori rusak kita lebih memilih membeli dan memakai charger yang bukan untuk Android kita, karena setiap charger memiliki besaran arus listrik yang berbeda-beda jadi kalian harus perhatikan itu sebelum anda membeli sebuah charger. Baca juga mengenai aplikasi blokir iklan Android terbaik.

2. Konektor charge yang rusak

Berikut ini tips untuk melihat kerusakan yang terjadi pada konektor charger anda dan beserta cara memperbaikinya:

  • Langkah pertama anda bisa melihat pin konektor charger Android anda apakah terpasang dengan benar apa belum dan cek kelayakan, jika sudah rusak segeralah ganti. Baca juga mengenai layar hp tidak mau mati otomatis.
  • Kedua kebersihan konektor, Bersihkan konektor secara berkala, sehingga konektor anda terhindar dari debu atau kotoran yang menempel, cara membersihkannya pun cuku mudah, cukup menggunakan cairan pembersih. Baca juga aksesoris hp yang paling laris di pasaran.
  • Yang terakhir kalian bisa melihat kondisi konektor Android anda dan amati apakah keadaannya menjorok kedalam atau malah lepas. Jika iya lakukan penggantian secepatnya karena berarti konektor sudah tidak bisa di pakai.

Berikut ini adalah cara mengganti konektor charger Hp yang rusak :

Bahan-bahan:

  • Konektor yang berfungsi/baru
  • Obeng
  • Heater
  • Dan alat-alat lainya untuk membuka casing hp anda dan pemasangan bautnya.
Sponsors Link

Langkah-langkah mengganti konektor charger Hp yang rusak:

  • Lepaskan baut casing Android anda dan buka casing nya dan pisahkan PCB board nya.
  • Cari bagian keytone dan camera modul. ketika sudah ketemu lepaskan keduanya.
  • Amati kembali apakah masih ada hardware yang sensitif masih terpasang, jika sudah tidak ada anda bisa melepaskan konektor chargernya.
  • Siapkan heater dengan suhu 280 derajat. (Bagian atas)
  • Siapkan pinset atau alat untuk mencungkil lainya untuk mengangkat bagian konektor hingga terlepas
  • Cari kain atau penghapus dan bersihkan papan PCB nya
  • Lakukan pemasangan kembali konektor charger yang kita lepas
  • Ambil heater kembali dan lakukan heater ulang seperti yang kita lakukan di langkah 4 namun di sini kita di (bagian bawah)
  • Pastikan semua pemasangan yang kita lakukan rapi dan sudah pas pada tempatnya agar tidak terjadi ke error atau kerusakan pada Android kita.

Bagaimana mudah bukan cara memasang dan melepasnya? Jika sudah berhasil berarti anda telah mengikuti langkah-langkah dengan benar. Dan jika belum berhasil mungkin ada langkah yang terlewat. Perlu diingat, saat kita menggunakan heater di langkah ke 4, heater di bagian atas dan di langkah yang kedalaman di bagian bawah. Jadi jangan sampai ketukar ya agar Android anda tidak terjadi kerusakan lainnya dan agar Android anda bisa digunakan semestinya. Baca juga mengenai cara membedakan charger asli dan palsu.

Dengan menggunakan cara ini tentunya anda bisa membenahi Android anda dalam waktu yang cukup singkat, karena jika di bawa ke tukang servis atau servis center belum tentu 1 hari jadi dan harganya yang pasti cukup merogoh kantong semakin bagus Android anda semakin mahal juga tentunya harga perangkat kerasnya. Semoga info ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam cara memperbaiki port charger hp.

, , ,



Oleh :
Kategori : Teknologi