Sponsors Link

Baterai Lithium Polymer : Komponen – Kelebihan – Kekurangan

Sponsors Link

Berbagai teknologi canggih terkadang membutuhkan pasokan energi agar teknologi tersebut dapat digunakan dengan maksimal. Adanya energi yang berbagai macam bisa menjadi alternatif sumber energi yang bisa digunakan dalam memenuhi kebutuhan pasokan energi sebuah teknologi dalam bentuk peralatan elektronik. Adanya berbagai peralatan elektronik yang saat ini banyak jenis dan beragam fungsinya menjadi salah satu peralatan elektronik yang sangat dicari oleh masyarakat. Dengan adanya berbagai peralatan elektronik yang mudah ditemukan diberbagai toko elektronik menjadikan peralatan elektronik menjadi sebuah kebutuhan sekunder yang sangat penting untuk dimiliki setiap individu. Dengan adanya baterai yang berada dalam kondisi yang baik, penyebab layar handphone tidak mau mati kemungkinan tidak akan terjadi pada handphone anda.

ads

Berbagai perkembangan peralatan elektronik telah dapat ditemui diberbagai sudut kota. Dengan mengembangkan berbagai produk elektronik yang dibutuhkan masyarakat, perusahaan besar elektronik terus melakukan inovasi dalam melakukan adanya improvement ide-ide baru dan menghasilkan berbagai produk yang lebih efektif dan efisien penggunaannya. Adanya perkembangan teknolog secara berkelanjutan dan terus menghasilkan berbagai jenis teknologi baru bisa mendorong terciptanya berbagai baterai yang memiliki energi yang cukup tinggi untuk menghasilkan suatu sumber energi untuk dapat menjalankan suatu produk. Banyak jenis baterai smartphone yang menggunakan baterai tanam.

Banyak jenis baterai yang bisa ditemukan diberbagai toko dan swalayan, serta tempat penjualan baterai lainnya. Dengan jenis ang bermacam-macam akan memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda pula. Dari sekian banyak jenis baterai, salah satu baterai yang biasa digunakan dalam perangkat elektronik adalah Baterai Lithium Polymer. Baterai Lithium Polymer merupakan sebuah baterai yang banyak digunakan untuk perangkat elektronik yang portable. Baterai Lithium Polymer adalah baterai yang memili daya penghantar yang sangat cepat dan menyimpan elektrolit polymer yang padat.

Komponennya

Baterai lithium polymer disusun oleh banyak komponen penyusun untuk menghasilkan kualitas yang sangat baik. Dengan banyaknya komponen penyusun baterai lithium polymer bisa menghasilkan suatu daya yang tinggi. Komponen baterai lithium polymer hampir sama dengan komponen baterai lithuim ion. Berikut adalah komponen penyusun dari baterai lithium polymer:

  • Katoda: Katoda merupakan bagian yang berisikan elektroda positif.
  • Anoda: Anoda merupakan bagian yang berisikan elektroda negatif.
  • Separator: Separator digunakan untuk memisahkan atau sebagai pemisah antara katoda dan anoda. Pada bagian sperator ini yang membedakan baterai lithium polymer dengan baterai lithium ion. Bagian separator baterai lithium polymer ini terbuat dari bahan yang polymer yang mikro-pori. Sehingga dengan pemisah yang seperti itu, baterai lithium polymer bisa dijadikan baterai dengan design yang sangat tipis.
  • Elektrolit: Elektrolit merupakan sebuah ion yang akan bertugas untuk menghantarkan transfer antara anoda dan katoda sehingga terjadi pertemuan ion dan bisa menghasilkan energi.

Kelebihan

  • Design tipis

Dengan komponen penyusun yang padat namun kecil, baterai lithium polymer memiliki design yang tipis sehingga bisa menyesuaikan dengan bentuk smartphone yang akan disematkan baterai lithium polymer. Dengan design yang tipis, baterai lithium polymer mudah digunakan dalam smartphone pada umumnya. Dengan berbagai kecanggihan teknologi yang ada saat ini, para produsen smartphone banyak menghadirkan smartphone dengan model non-removable baterai. Dengan kondisi baterai non-removable, baterai yang disematkan pada smartphone adalah baterai yang ukurannya lebih tipis. Sehingga jenis baterai lithium polymer adalah jenis baterai yang sangat cocok digunakan pada kebanyakan smartphone saat ini.

Hal ini dikarenakan, komponen yang membentuk baterai lithium polymer merupakan komponen yang bisa disesuaikan bentuknya hingga menjadi tipis. Oleh karena itu, yang menjadi salah satu kelebihan baterai lithium polymer adalah bentuk dari designnya yang tipis.

  • Ukuran ringan

Dengan design tipis yang dimiliki oleh baterai lithium polymer, baterai ini memiliki ukuran yang sangat ringan. Dengan design yang sangat tipis tersebut bisa membuat ukuran dan berat dari baterai lithium polymer menjadi sangat ringan, sehingga ketika disematkan pada smartphone, baterai lithium polymer tidak akan menjadikan smartphone tersebut menjadi berat. Dengan adanya hal ini, pengguna bisa menggunakan smartphone dengan nyaman tanpa terganggu dengan berat smartphone. Banyak hal yang bisa membuat smartphone menjadi berat, salah satunya adalah baterai yang digunakan. Dengan smartphone yang diproduksi dengan menggunakan baterai lithium polymer, berat smartphone tidak akan menjadi berat seperti smartphone pada umumnya. Berat smartphone akan menjadi sangat ringan.

  • Resiko baterai bocor minimal

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh baterai lithium polymer, baterai ini dirancang untuk tahan terhadap resiko kebocoran pada baterai yang sangat umum terjadi. Penggunaan baterai lithium polymer, merupakan baterai dengan kualitas yang lebih tinggi sehingga dengan kualitas yang dimilikinya, baterai ini akan mengurangi resiko adanya kebocoran pada baterai.

Kebocoran pada baterai adalah hal yang sangat umum terjadi pada smartphone dengan berbagai merk. Bahkan smartphone yang paling laris dan smartphone yang paling terbaik pun bisa beresiko untuk mengalami kebocoran baterai. Penggunaan baterai lithium polymer menjadikan baterai menjadi tahan bocor.

  • Daya lebih tahan lama

Dengan komponen penyusun yang sedemikian rupa, baterai lithium polymer merupakan jenis baterai tanam terbaru yang digunakan pada smartphone keluaran versi baru. Dengan adnaya hal tersebut, kebanyakan smartphoen saat ini telah memiliki spesifikasi ketahanan baterai yang relatif lama. Hal ini dikarenakan kebanyakan smartphone tersebut menggunakan baterai lithium polymer. Penggunaan baterai lithium polymer untuk smartphone bisa menjadikan smartphone memiliki daya yang lebih tahan lama daripada umumnya. Sehingga penggunaan baterai lithium polymer biasanya sangat digemari masyarakat karena smartphone menjadi tahan lama ketika digunakan.

Kekurangan

  • Harga sangat mahal

Dengan spesifikasi dan fungsi baterai lithium polymer, harga yang ditawarkan oleh baterai lithium polymer masih sangat mahal. Wajar saja jika harga baterai lithium polymer sangat mahal karena kelebihannya yang sangat berguna.

  • Relatif sulit didapatkan dipasaran

Disamping harga baterai lithium polymer sangat mahal, baterai jenis ini masih sangat sulit didapatkan dipasaran. Baterai lithium polymer merupakan jenis baterai non-removable yang terdapat pada smartphone. Dengan adanya hal tersebut baterai lithium polymer digunakan untuk produksi smartphone dan sangat jarang ditemui dipasaran secara bebas.

  • Energi yang ditampung biasanya rendah

Menjadi salah satu kekurangan pada baterai lithium polymer adalah daya tampung energinya yang rendah. Namun, meskipun daya tampung energinya rendah, kecepatan pengisian pada baterai lithium polymer sangat cepat. Sehingga bisa mempersingkat waktu pengisian.

  • Perawatan baterai sulit

Salah satu yang menjadi kekurangan pada baterai lithium polymer adalah perawatannya yang sulit.

Hal-hal Yang Dapat Membahayakan Baterai Li-Poly

  • Mencharger ketika kondisi baterai sudah mencapai 100% akan membuat baterai cepat bocor
  • Ketika suhu baterai melebihi batas normal, bisa menyebabkan baterai terbakar

Cara Merawatnya

  • Tidak boleh membiarkan smartphone dalam kedaan baterai 0%
  • Ketika baterai sudah penuh, harus segera dicabut
  • Suhu baterai harus dijaga
  • Menggunakan charger yang sesuai dengan charger default smartphone

Memiliki smartphone dengan jenis baterai lithium polymer merupakan suatu hal yang baik namun tetap tidak terlepas dari kekurangan yang dimiliki oleh baterai lithium polymer. Meskipun telah menggunakan baterai yang sangat canggih dan kualitas paling tinggi, cara penggunaan smartphone dan perawatan harus tetap diperhatikan dengan baik untuk menjaga kondisi smartphone dan baterainya dalam kondisi normal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi