Sponsors Link

5 Perbedaan Sony Xperia Docomo dan Global

Sponsors Link

Handphone atau yang biasa disebut HP merupakan alat yang dapat membantu mempercepat pekerjaan seseorang seperti. Mencari informasi untuk data yang akan dipakai di suatu perusahaan. Mengirim file penting. Melakukan komunikasi jarak jauh antar pegawai. Di negara Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan-perusahaan merk hp terbaik seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo dan Sony.

Untuk HP Sony apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Sony? Mungkin otak kamu akan tersebut kata Ericsson. Dulu masyarakat di Indonesia lebih mengenal kata Sony Ericsson daripada kata Sony itu sendiri. Sebenarnya Sony dan Ericsson adalah perusahaan yang berbeda. Sony merupakan perusahaan yang terlahir di negara matahari terbit atau Jepang sedangkan Ericsson terlahir di negara Swedia. Mereka melakukan kerja sama sejak tahun 2001 hingga 2011. Setelah itu Sony membeli saham perusahaan Ericsson dan mengubah nama perusahaannya menjadi Sony Mobile Communication. Sony sendiri sudah banyak mengeluarkan produk di sektor teknologi seperti Television, Play Station, Kamera dan smartphone.

Di Era milenial ini Sony telah banyak mengeluarkan sekali produk – produk dari sektor smartphonenya. Seperti HP Sony Xperia XA2 Ultra, Xperia XZ, Xperia X Perfomance dan masih banyak lagi. Sekarang ini masih banyak juga yang kebingungan dengan tulisan Docomo dibagian belakang atau depan HP Sony. Perlu kamu ingat lualitas HP yang mempunyai label atau tulisan Docomo sama baiknya dengan yang tanpa tulisan Docomo. Karena mereka diproduksi ditempat yang sama yaitu Sony. Hanya saja mereka itu barang second.

Docomo sendiri merupakan suatu perusahaan operator telekomunikasi seluler di negara jepang. Jika di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat. Docomo juga merupakan anak perusahaan dari Nippon Telegraph and Telephone (NTT). NTT Docomo dan Sony melakukan kerja sama. Sehingga membuat HP Sony yang mempunyai label NTT Docomo hanya menggunakan jaringan yang disediakan oleh NTT Docomo. Kalau di Indonesia seperti HP Smartfren. HP Smartfren biasanya ‘memaksa’ para konsumen untuk menggunakan internet dari provider Smartfren itu sendiri.

Kalau begitu seharusnya HP Sony NTT Docomo tidak bisa digunakan di Indonesia karena tidak ada jaringan NTT Docomo? Sebenarnya HP Sony NTT Docomo yang telah beredar di Indonesia merupakan hasil refurbished atau produk yang sudah pernah diperbaiki. Meskipun hasil dari refurbished. Distributor HP tersebut telah memperbaiki jaringannya agar bisa digunakan di jaringan indonesia atau telah di unlock jaringannya sehingga bisa digunakan di negara Indonesia. Untuk kualitasnya pun masih bisa disebut baik. Harga yang ditawarkan pun lebih murah dari harga Xperia biasa. Kamu hanya perlu hati-hati dan teliti untuk memberi produk tersebut. Perhatikan tips membeli hp baru agar tidak tertipu.

Setelah mengetahui pembahasan apa itu Sony dan NTT Docomo sekarang kita akan membahas soal perbedaan HP Sony Xperia NTT Docomo dan Versi Globalnya :

  1. Perbedaan Di bagian body HP

Terdapat perbedaan yang sangat mencolok dibagian body HP Sony NTT Docomo dengan Versi Global. Kita ambil saja contoh dari HP Sony Xperia Z3. Untuk versi globalnya seperti biasa. Tidak ada yang berubah. Hanya tulisan merek Sony di bagian depan dan tulisan Xperia dibagian belakang. Untuk Versi dari Docomo terdapat terdapat tulisan Docomo dibagian belakang HP dan sedikit samar terdapat tulisan Xperia di bawahnya. Lalu, untuk dibagian depan sama seperti Sony global hanya ada tulisan Sony di bagian atas.

  1. Adanya Fitur Tambahan di Sony Xperia ZR Docomo

Untuk HP Sony Xperia ZR Docomo terdapat antena di atas samping kiri dan untuk Sony Xperia ZR Global tidak terdapat antena dibagian atas samping kirinya. Antena tersebut biasanya digunakan untuk menonton TV di Jepang

  1. Memori Internal Sony Xperia Docomo

Untuk memori internal Sony Xperia versi Docomo biasanya memiliki memori internal yang besar yaitu 32GB. Untuk versi Sony Xperia Global hanya memiliki memori internal 8GB namun tidak menutup kemungkinan bahwa Sony Xperia Global pun memiliki memori internal yang besar seperti itu.

  1. NFC dari HP Sony Xperia Docomo Tidak Bisa Dipakai

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yang artinya membuat komunikasi antar dua perangkat dengan cara menaruh HP dengan jarak yang dekat. Fungsi NFC pada hp hampir sama seperti bluetooth. Untuk mengirim musik, photo, video atau aplikasi berbasis APK. Perbedaannya dengan bluetooth hanya di jangkauan jaraknya saja. Jangkauan jarak NFC lebih kecil daripada bluetooth mungkin sekitar 10 sampai 15 CM saja.

Balik lagi ke topik pembahasan. Untuk Sony Xperia versi Docomo tidak bisa menggunakan NFC. Kecuali ROM dari HP Sony Xperia Docomo tersebut tidak diganti oleh ROM dari HP Sony Xperia Global atau masih menggunakan ROM Docomo. Baru bisa di aktifkan NFCnya. Jika ROM nya sudah diganti ke versi global maka NFC tidak bisa diaktifkan dan biasanya HP Sony Xperia Docomo yang berada di pasaran sudah menggunakan ROM Global yang artinya NFCnya tidak bisa diaktifkan. Untuk Sony Xperia versi global sudah jelas. NFCnya dapat di aktifkan.

  1. Kekuatan Jaringan atau Koneksi HP

Kekuatan jaringan atau koneksi di HP merupakan hal yang sangat krusial untuk semua smartphone. Ketika HP tersebut memiliki masalah pada jaringan. Tentu peminat untuk membelinya pasti akan berkurang karena melihat di era milenial ini banyak sekali orang yang menggunakan HP untuk berselancar di dunia maya, komunikasi di aplikasi messenger dan bermain game online yang notabenenya. Semuanya menggunakan akses koneksi ke internet.

Beberapa device HP Sony Xperia versi Docomo sudah mendukung jaringan 4G LTE dan ada juga yang belum support jaringan 4G LTE. Ketika kamu membeli HP Sony Xperia versi Docomo dan sudah support pada jaringan 4G LTE dan SIM cardnya pun sudah support 4G LTE. Namun, masih mengalami masalah jaringan. Itu adalah hal yang wajar karena adanya perbedaan frekuensi sinyal di HP Sony Xperia versi Docomo. Jadi ada kemungkinan meskipun di wilayah kamu sudah terdapat jaringan 4G LTE. HP Sony Xperia versi Docomo kamu tidak bisa terkoneksi. Karena adanya perbedaan frekuensi tersebut.

Itu semua adalah perbedaan HP Sony Xperia versi Docomo dengan Global. Keuntungan menggunakan HP Sony Xperia versi Docomo adalah harganya yang murah dan memori internalnya yang besar. Kekurangannya berada di jaringan koneksi dan NFC. Setelah mengetahui perbedaan tersebut. Kamu mau pilih yang mana HP Sony Xperia versi Docomo atau Global? Semoga ilmu kali ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi