Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Hp yang Kena Hack Paling Jitu

Sponsors Link

Hacking adalah tindakan yang berbasis dalam hal perusakan data yang membuat seseorang bisa menembus keamanan dari sesuatu sistem dengan cara paksa yang membuat orang itu bisa mendapatkan berbagai informasi didalamnya. Di dunia yang serba teknologi seperti sekarang ini aktivitas hacking menjadi marak terjadi, sebagian hanya melakukannya untuk bersenang-senang dan adapula yang melakukannya untuk mengambil keuntungan.

ads

Salah satu media yang mudah dan sering untuk di hack adalah smartphone atau handphone pintar kamu. Kamu perlu mengetahui cara mengatasi hp yang kena hack agar apabila terjadi serangan hacker yang mencoba menghack hp kamu, kamu bisa dengan mudah mengenali dan mengatasinya dengan cepat. Selain itu kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mencegah terjadinya serangan hack pada hp kamu.

Berikut adalah cara mengatasi hp yang kena hack yang perlu kamu lakukan untuk menyelamatkan privacy kamu dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang bisa saja menyalahgunakan informasi kamu yang mereka dapatkan dari hasil hacking hp kamu.

1. Cari Aplikasi Yang Mencurigakan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari aplikasi atau program yang berjalan di hp kamu, lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan yang sebelumnya tidak pernah ada di smartphone kamu. Jika ada maka cepat-cepat uninstall aplikasi tersebut. Untuk melihat deretan aplikasi yang terinstal di smartphone kamu yakni menuju pengaturan dan pilih tab aplikasi lalu cari aplikasi yang mencurigakan disana dan apabila ada pilih dan nanti klik pilihan copot pemasangan. Pelajari juga mengenai cara menghapus malware di Android yang tidak bisa dihapus, karena hal tersebut juga bisa menyebabkan serangan hacker.

2. Lakukan Scanning Virus

Hal yang paling umum dilakukan para hacker untuk meretas hp kamu adalah dengan menanamkan virus ke hp kamu yang kemudian virus tersebut menjadi jalan masuk bagi hacker untuk mendapatkan akses ke hp kamu. Apabila virus yang dimasukan oleh hacker ke hp kamu adalah virus dengan level yang rendah kamu bisa menggunakan antivirus bawaan hp kamu atau antivirus gratisan yang ada di Play Store untuk memindai dan menghapus virus yang ada di hp kamu, sehingga dengan begitu akses pintu masuk yang dibuat hacker akan tertutup dan hacker akan kehilangan akses hp kamu.

3. Format SD Card

Kemungkinan besar jalan masuk yang dibuat oleh para hacker untuk meretas hp kamu berada di kartu memori kamu, maka cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara memilah data yang penting yang ada di kartu memori kamu kemudian format kartu memori tersebut atau apabila tidak ada data yang penting kamu bisa langsung memformatnya dengan demikian virus akan hilang hingga ke akar-akarnya. Alasan dilakukan pemformatan adalah karena ada beberapa virus yang tidak bisa di karantina oleh antivirus hp kamu sehingga satu-satunya cara adalah dengan dilakukan pemformatan.

4. Bersihkan Cache Browser Kamu

Demi menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti pencurian data, kamu bisa mengindarinya dengan cara menghapus cache browser kamu. Fungsi menghapus cache browser kamu adalah untuk menghapus segala macam password atau riwayat yang tersimpan di browser kamu seperti email dan sandinya dan informasi penting lainnya, atau jika terasa perlu kamu juga bisa menghapus data browser kamu sehingga browser tersebut menjadi baru seperti baru di download. Caranya yakni dengan masuk ke menu pengaturan – app – browser – delete cache / delete data.

5. Memperbaharui Sistem Operasi Android kamu

Cara ini juga bisa mengatasi hp kamu yang terkena serangan hack, dengan begini hp kamu kan seperti baru namun data-data kamu tetap aman dan tentunya pengamanan yang ada pada hp kamu akan semakin baik yang tentunya akan menghindari hp kamu terkena serangan hacker di kemudian hari. Cara ini juga tentu akan membuat kamu berasa memiliki hp baru karena sistem operasinya yang baru menampilkan tampilan yang baru pula.

6. Backup Data dan Hapus Data

Cara ini juga sangat penting untuk kamu lakukan, karena dengan begini membackup data kamu baik ke smartphone lain atau ke laptop dan komputer kamu lalu kemudian menghapus data dari hp kamu yang terkena hack tersebut dapat membuat hacker tidak memiliki apa-apa untuk diobrak-abrik di hp kamu sehingga data kamu akan aman dari oknum yang tidak bertanggung jawab itu.

Sponsors Link

7. Menutup Kamera Dengan Plester

Menutup kamera dengan plester berwarna akan membuat para hacker tidak bisa menggunakan kamera handphone kamu sembarangan sehingga mereka tidak bisa melakukan tindakan-tindakan yang tidak bertanggung jawab yang tentunya merugikan pengguna hp tersebut. Pasalnya kamera hp adalah salah satu alat yang sangat mudah untuk ditaklukan oleh para hacker terlebih lagi hacker-hacker yang profesional, oleh karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan kamu bisa menutup kamera hp kamu dengan plester jika merasa hp kamu terkena serangan hacker.

8. Install Ulang

Cara terakhir yang pasti paling ampuh dari cara-cara diatas adalah dengan cara menginstall ulang. Beberapa hacker seringkali melakukan tindakan tidak bertanggung jawabnya itu dengan membuat hp kamu rusak seperti hang dan sebagainya. Satu-satunya cara menghentikan penyadapan hp seperti itu adalah dengan cara meginstall ulangnya, apabila kamu bisa meginstall ulang hp kamu bisa melakukannya sendiri dan apabila tidak kamu bisa membawanya ke tempat reparasi hp dekat tempat kamu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi hp yang terkena hack yang bisa kamu lakukan apabila hp kamu tertimpa ulah hacker yang tentunya tidak bertanggung jawab. Selain langkah-langkah diatas kamu juga perlu memperhatikan beberapa ciri yang menandakan hp kamu memiliki keamanan yang lemah sehingga kamu bisa memperkuatnya dengan harapan membuat hacker sedikit lebih kesulitan untuk menembus keamanan dari hp kamu.

Dengan sering memperbaharui pembaruan yang ada juga akan membuat hp kamu memiliki keamanan yang kuat, serta menambah beberapa pengamanan ekstra lainnya juga sangat penting seperti aplikasi antivirus Android terbaik, app locker dan aplikasi pendukung dari serangan hacker lainnya.

Beberapa cara mengatasi hp yang kena hack di atas mungkin ada yang tidak berpengaruh karena beberapa hacker tentunya memiliki pengetahuan sendiri dimana mereka bisa mendapatkan akses hp kamu dan kamu tidak bisa membuat akses dia ke hp kamu terputus, jika demikian cara satu-satunya adalah dengan cara install ulang.

, , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi