Sponsors Link

Penyebab Snapdragon 810 Panas dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Chipset high-end Qualcomm Snapdragon 810 yang terbit pada tahun 2015 telah banyak digunakan oleh hampir semua vendor perusahaan handphone atau HP smartphone. Namun, para pengguna smartphone masih memiliki banyak keluhan soal Chipset Snapdragon 810 tersebut. Mereka menyebutkan bahwa Chipset Snapdragon 810 ini sering sekali mengalami yang namanya overheat atau panas secara cepat. Chipset Snapdragon 810 ini juga memiliki banyak kelebihan dan keunggulan yang telah mereka klaim. Berikut adalah keunggulan dari salah satu prosesor Android terbaik ini untuk konsumen :

  1. Kualitas konsol game dengan resolusi 4K berdasarkan Qualcomm Adreno 430 GPU dengan performa lebih tinggi 30% dan daya lebih rendah 20% dari generasi sebelumnya
  2. Kualitas audio yang lebih profesional dengan dukungan Dolby Atmos hingga 24-bit/192 kHz music playback dengan Qualcomm Hexagon V56 DSP dan lebih baik daripada versi yang sebelumnya
  3. Koneksi ke LTE cepat melalui Qualcomm RF360 Front End Solution Antenna Tuner yang meningkatkan cakupan, throughout dan mengurangi drop calls
  4. Konektivitas LTE cepat: Berdasarkan modem LTE Advanced generasi terkini dengan dukungan Cat 9 untuk kecepatan hingga 450 Mbps
  5. Adanya peningkatan kualitas dan kejelasan gambar karena dapat mendukung kamera HP hingga 55 MP
  6. Performa tinggi dengan prosesor 64-bit dengan Quad-core berkecepatan hingga 2.0 sampai 2.2 Ghz.
  7. Adanya fitur 4K yang lengkap termasuk rekam video 4K dan memanfaatkan peningkatan warna dan teknologi hemat daya
  8. Cakupan LTE yang lengkap dengan didukung oleh mode 3G/LTE

Dengan kelebihan – kelebihannya tersebutlah banyak para vendor smartphone yang menggunakannya. Setelah, mereka mengetahui bahwa Chipset Snapdragon 810 ini sering mengalami overheat atau panas secara cepat. Para vendor smartphone langsung memikirkan dan menggunakan banyak cara untuk mengurangi overheatnya. Beberapa ponsel smartphone pun telah sukses dan menepis bahwa Chipset Snapdragon 810 cepat mengalami overheat seperti HP Sony Xperia Z5 premium, HP smartphone flagship atau andalan dari sony disebut – sebut sebagai HP pertama yang dapat menjinakan overheat dari Chipset Snapdragon 810.

Untuk menjinakan Chipset Snapdragon 810 tersebut HP Sony Xperia Z5 Premium ini menggunakan heat pipe dan sistem pendingin thermal. Berbeda dengan HP Sony Xperia Z5 Premium. HP besutan asal korea selatan yaitu Samsung Galaxy S7 Edge mengakalinya dengan menggunakan bahan – bahan di dalam pipa yang dapat membuat panas dari Chipset Snapdragon 810 tersebar. Ada juga HP besutan dari microsoft yaitu Lumia 950 XL microsoft menggunakan pipa pendingin yang menggunakan cairan tradisional dan lebih efesien untuk menyeimbangkan panas yang dihasilkan oleh Chipset Snapdragon 810 tersebut.

Meskipun semua perusahaan smartphone telah melakukan berbagai cara untuk menjinakan panas dari Chipset Snapdragon 810. Terkadang HP kita masih saja suka mengalami overheat. Apalagi bagi kamu yang menggunakan HP tersebut dengan bermain game menggunakan resolusi yang high atau biasa disebut `rata kanan`. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Sebelum itu. Ada baiknya kamu mengetahui apa saja yang dapat membuat HP menjadi cepat panas seperti :

  • Bermain Game dan Menonton Film

Sekarang ini sudah banyak HP yang menyebut atau mengklaim bahwa HP nya merupakan tipe HP gamming yang dapat dimainkan hingga berjam-jam dan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Bahwa Snapdragon 810 mempunyai kelebihan dalam konsol game dan audio. Sehingga membuat para penggunanya menjadi ketagihan untuk bermain game dan menonton film karena kualitas yang diberikan diatas rata – rata. Namun, jika dilakukan selama berjam – jam lebih dapat membuat HP yang cocok untuk game berat tersebut mengalami overheat, apalagi ketika pengaturan di dalam game yang kamu mainkan menggunakan settingan high atau yang biasa disebut “Rata Kanan”.

  • Overload atau Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Beberapa orang diluar sana sangat suka membuka aplikasi secara bersamaan dengan maksud untuk mempercepat pekerjaannya agar selesai. Namun, dengan membuka aplikasi secara bersamaan dapat membuat kinerja HP menjadi lebih cepat dan keras. Otomatis. HP pun akan lebih cepat mengalami overheat.

  • Adanya Settingan yang belum diubah dan suhu di ruangan

Settingan seperti kecerahan layar, GPS dan bluetooth yang belum dimatikan, menggunakan teralu banyak widget dan menggunakan wallpaper bergerak dapat mempengaruhi suhu HP. Selain itu, suhu diruangan juga dapat membuat HP menjadi panas.

  • Sinyal dan Kualitas Baterai yang Buruk

Ketika sinyal di HP kamu melemah. HP kamu akan mencari sinyal lebih keras dari biasanya sehingga dapat membuat bagian belakang HP menjadi panas. Begitu juga dengan baterai HP. Semakin lama HP maka baterainya pun akan semakin tua. Ketika baterai sudah tua performanya pun akan menurun.

Setelah mengetahui apa saja yang dapat membuat HP kamu menjadi lebih cepat panas. Sekarang adalah cara mengatasi agar tidak cepat panas yaitu :

  • Atur Waktu Untuk Bermain Game: Meskipun para vendor perusahan HP smartphone telah mengatasi overheat dari Chipset Snapdragon 810. Ada baiknya kamu juga mengatur waktu untuk bermain game dan menonton film. Kamu bisa membatasi waktu. Misalnya bermain game hanya 1 sampai 2 jam saja. Lalu mengistirahatkan HP sejenak.
  • Menggunakan WIFI: Selain membatasi waktu, kamu juga bisa menggunakan WIFI untuk mengurangi kinerja HP kamu saat bermain game dan menonton film. Dengan menggunakan WIFI HP tidak perlu bekerja keras untuk mencari sinyal.
  • Gunakan Aplikasi Seperlunya: Jangan biasakan menggunakan aplikasi secara bersamaan atau multi-tasking. Tutup aplikasi yang tidak digunakan melalui tombol home atau biasa disebut fitur clear recent app.
  • Menghapus Cache atau data yang tersimpan: Cache sendiri adalah tempat penyimpanan data dari aplikasi tertentu. Sebenarnya, sistem android sudah bisa menghapus cache sendiri. Namun, ketika HP kamu panas dan gagal membuka suatu aplikasi. Kamu bisa menghapus cache secara manual. Dengan menghapus cache maka tempat penyimpanan internal kamu juga akan menambah besar dan akan memperlancar performa dari HP itu sendiri.

Sekarang kamu sudah mengetahui banyak informasi mengenai Chipset Snapdragon 810, HP yang dapat mengjinakan Chipset Snapdragon 810, hal – hal yang dapat membuat HP menjadi panas hingga mengatasi panas di HP. Semoga setelah mengetahui infomasi diatas kamu bisa menggunakan HP secara bijak. HP itu seperti manusia yang perlu istirahat ketika melakukan pekerjaan yang keras. Lagi pula dengan menggunakan HP secara bijak maka HP kamu bisa lebih tahan lama.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi