Sponsors Link

15 Aplikasi untuk Membuat Video Animasi Gratis di Android

Sponsors Link

Membuat animasi bukan lagi hal yang sulit di zaman serba canggih ini. Siapapun sudah bisa membuat beragam hal bahkan animasi sekalipun. Bila pada zaman terdahulu kita harus memiliki berbagai perangkat dan software mutakhir maka pada saat ini kamu dapat menciptakan video animasi hanya dengan bermodal smartphone Androidmu. Melalui sederet aplikasi berikut ini, kamu akan tahu aplikasi untuk membuat video animasi gratis di Androidmu.

ads

Baca juga:

1. Flipaclip – Cartoon Animation

Flipaclip adalah aplikasi animasi yang sangat basic seperti terciptanya animasi menggunakan gambar frame by frame. Jadi untuk membuat animasi pada aplikasi ini, kamu harus menggambar tiap-tiap pola pergerakan agar membuat animasi kamu terlihat bergerak selayaknya yang kamu inginkan. Dalam segi tools, aplikasi ini cukup lengkap dalam penyediaan tools untuk menggambar. Tampilannya pun tidak rumit sehingga kamu akan mudah untuk menguasainya. Terlebih lagi Flipaclip juga menyediakan video tutorial dalam menggunakan aplikasinya. Untuk kamu para pemula yang berniat membuat animasi, Flipaclip bisa jadi salah satu tujuan kamu.

Baca juga: Aplikasi Kamera iPhone Terbaik

2.Drawing Cartoons

Drawing cartoons merupakan aplikasi yang lebih variatif dibanding aplikasi sebelumnya. Pada aplikasi ini, kamu dapat membuat karakter sendiri melalui gambar yang kamu buat tapi kamu juga bisa memakai karakter yang sudah tersedia didalam aplikasi. Ada beragam karakter dan juga beragam alat-alat pendukung seperti peralatan perang hingga aksesoris wanita. Drawing Cartoon juga menyediakan opsi gambar latar belakang untuk kamu gunakan. Aplikasi ini juga cukup mudah untuk digunakan, terutama dalam menggerakan karakter di setiap framenya, drawing kartun telah menyediakan titik-titik pada tiap karakter maupun benda sebagai patokan penggerak. Namun dalam aplikasi ini, animasi yang dihasilkan masihlah berupa 2D.

Baca juga: Aplikasi Edit Video iPhone

3. StickDraw – Animation Maker

StickDraw merupakan aplikasi animasi yang sangat sederhana. Prinsip menggambarnya hanya seperti menggunakan software paint pada PC. Pada aplikasi ini kamu benar-benar membuat animasi dengan background polos yang dapat diubah warnanya. Namun dalam segi tools sangat sederhana dan tidak terdapat karakter yang telah tersedia ataupun yang bisa dikombinasikan didalam animasi yang kita buat. Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini benar-benar membuat animasi dengan sangat manual frame by frame secara basic lukisan tangan.

Baca juga: Aplikasi Android Berbayar Tercanggih

4. Stickfigure Animator

Stickfigure Animator pada awalnya merupakan software pembuat animasi yang bisa kamu gunakan pada PC maupun laptop. Namun saat ini kamu sudah bisa menggunakannya pada smartphone kamu. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store secara gratis. Tampilannya sangat sederhana dan yang kamu bisa buat dalam aplikasi ini seperti karakter stickman. Belum ada karakter-karakter pendukung lainnya. Meski masih berupa animasi yang dasar pun bukan berarti kamu tidak bisa membuat karya yang menarik. Banyak sekali para pengguna stickfigure yang telah membuat beragam animasi action figure meski berupa stickman tapi mereka dapat mengeksplore imajinasi dan karakter mereka kedalam animasi action story.

Baca juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik

5. Animasi Kamera – GIF Mob

Aplikasi untuk membuat video animasi selanjutnya adalah Animasi Kamera – GIF Mob yang merupakan aplikasi animasi yang bisa kamu gunakan dengan hanya bermodal kamera HP. Animasi yang dibuat pada aplikasi ini memerlukan gambar demi gambar yang kamu hasilkan dari jepretan foto kameramu ataupun yang berasal dari gambar yang sudah tersedia di gallery smartphone kamu. Konsepnya sederhana yaitu seperti membuat stop motion animasi, kamu harus membuat rangkaian foto yang memiliki pergerakan yang selaras disetiap foto yang kamu hasilkan.

Foto demi foto dengan shot yang berbeda disetiap foto akan diurutkan pada aplikasi ini dan kemudian akan diputar dengan durasi tertentu sehingga menciptakan animasi bergerak dari objek yang berada pada foto tersebut. Bagi kamu yang tidak terlalu suka menggambar namun ini membuat animasi, aplikasi ini bisa menjadi referensi bagi kamu. Sehingga kamu dapat membuat animasi dengan objek apapun yang ada disekelilingmu.

Sponsors Link

Baca juga: Aplikasi Android Penghasil Uang

6. Animation Desk – Sketch & Draw

Animation Desk merupakan aplikasi animasi 2D yang cukup baik dalam segi tools penggambaran. Terdapat beberapa macam brush yang bisa kamu variasikan saat menggambar animasi. Masih seperti animasi basic, kamu harus menggambarnya frame by frame. Aplikasi ini tidak menyediakan karakter instan yang bisa kamu gunakan. Maka kamu harus menggambarnya secara manual. Namun kelebihannya adalah kamu dapat merekam suara sebagai penambah kreasi dalam video animasi yang kamu buat. Bahkan kamu juga bisa menyematkan rekaman video dari kamera sebagai kombinasi untuk animasimu.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Terbaik iPhone

7. Pixel Studio – Animation Maker

Seperti namanya Pixel Studio, mencitrakan tampilan aplikasinya dengan jenis animasi pixel. Pada aplikasi ini, kamu akan membuat animasi dengan acuan pixel. Pixel merupakan rangkaian kotak-kotak kecil sebagai satuan pencipta gambar digital visual. Segala hal yang kita lihat dalam format gambar digital memiliki dasar terkecil yaitu pixel yang tersusun dan menciptakan gambar. Maka dengan aplikasi ini kamu bias menciptakan animasi melalui gambar yang kamu buat pixel demi pixelnya.

Pada aplikasi ini kamu juga dimungkinkan untuk memilih ukuran pixel, apakah rangkaian besar atau kecil yang pastinya akan berelasi dengan banyaknya pixel pada setiap gambar. Bila kamu memilih size pixel besar maka kamu akan mendapatkan tampilan kotak pixel yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan size pixel kecil. Namun yang harus kamu ketahui adalah semakin banyak dan semakin kecil pixel akan membuat gambar animasimu menjadi lebih nyata dan halus.

Maka kamu dapat mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum mulai membuat animasi. Pixel Studio juga memberikan kamu fasilitas untuk membuat animasi melalui rangkaian gambar berformat png. Kamu bisa mengimport gambar demi gambar yang saling berbeda posisi sehingga ketika disatukan akan membentuk suatu gerakan yang selaras.

Baca juga: Aplikasi Edit Video Terbaik Android

8. Zoobe

Jika kamu menginginkan video animasi 3D tanpa perlu menggambar terlebih dahulu, maka kamu bisa menginstall Zoobe. Aplikasi ini telah menyediakan berbagai karakter, baik kartun, human visual, hingga karakter orang-orang ternama dunia. Aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan, kamu hanya perlu memilih karakter yang kamu inginkan lalu mengisi suara melalui rekaman suara pada aplikasi setelah itu kamu bisa memilih background yang kamu inginkan. Maka kamu sudah bisa menikmati video animasi karyamu sendiri. Bagi kalian yang hobby mengisi suara atau bermain karakter menggunakan berbagai macam warna suara, aplikasi ini sangat menarik untuk kalian coba. Hasil dari video tersebut dapat kamu save dan share pada akun sosmed kalian. Jadi, kamu bisa memvariasikan pesan-pesan singkat yang unik dan menarik melalui animasi. Patut kalian coba!

Baca juga: Aplikasi Kamera Android Terbaik

Sponsors Link

9. Animate it!

Animate it  juga merupakan aplikasi animasi 3D yang mudah untuk digunakan. Aplikasi ini telah menyediakan karakter serta benda-benda pendukung untuk digunakan pada video animasi yang akan kamu buat. Kamu dapat menentukan gerakan tiap gerakan yang dilakukan oleh karakter yang kamu pilih disetiap frame. Meskipun aplikasi ini juga menerapkan pergerakan frame by frame yang harus kamu buat sendiri namun akan lebih mudah dan simple karena kamu hanya tinggal menggerakan titik-titik point pada karakter tersebut tanpa perlu menggambar tiap pergerakan layaknya aplikasi-aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga: Tips Merekam Video dengan HP

10. Veemee Avatar Creator

Pada aplikasi ini kamu dapat menciptakan avatar berbentuk 3D yang kamu inginkan. Bila pada aplikasi sebelumnya kamu lebih banyak menemukan karakter-karakter yang hanya sebatas kartun ataupun monster. Maka dengan aplikasi ini kamu bebas berkreasi membuat karakter human visual yang kamu inginkan. Mulai dari bentuk fisik, warna rambut hingga aksesoris seperti baju, sepatu dan topi dapat kamu pilih sesuai keinginan.

Setelah kamu membuat karakter yang kamu inginkan, kamu dapat mulai menciptakan video animasi buatanmu sendiri dengan karakter yang telah kamu siapkan. Kamu juga dapat memilih background pada frame yang kamu buat. Bahkan kamu bisa menggunakan foto yang terdapat pada galerimu untuk dikombinasikan pada video animasi ini. Sungguh menarik bukan bila kamu membuat animasi dengan background rumahmu atau lingkungan sekitarmu sendiri.

Baca juga: Hp Tertipis di Dunia

11. Animate Me!

Aplikasi yang satu ini lebih cocok digunakan untuk anak-anak. Aplikasi ini dibuat untuk mengenalkan animasi dasar kepada anak-anak. Karakter yang disediakanmu merupakan karakter-karakter yang menarik untuk anak-anak usia dibawah 10 tahun. Penggunaannya pun sangat mudah karena sudah disesuaikan dengan umur pengguna aplikasi ini. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menggerakkan karakter animasi frame by frame. Aplikasi ini sangat bagus untuk kalian yang ingin mengenalkan animasi kepada anak ataupun adik-adik kecil kalian diusia yang sedini mungkin.

Baca juga: Hp Tahan Banting

ads

12. BuddyPoke 3D Avatar Creator

Sejenis dengan aplikasi Veemee, aplikasi BuddyPoke juga akan memfasilitasi kalian dalam membuat animasi dengan avatar yang kamu ciptakan sendiri. Aplikasinya tak jauh berbeda, kamu juga akan menemukan tools untuk membuat avatar secara fisik hingga menentukan aksesoris yang dikenakan avatar buatanmu. Karakter yang kamu buat dapat diisi dengan suara hasil rekamanmu sendiri dan diberikan background sesuai yang kamu inginkan.

Hanya saja perbedaan antara Veemee dan BuddyPoke adalah pada hasil karakter yang dibuat. Bila Veemee akan menampilkan hasil avatar yang terkesan seperti visual digital remaja dengan porsi jenjang tinggi dan postur tubuh remaja maka pada BuddyPoke kamu akan disuguhkan dengan bentuk animasi yang lebih kepada visual human versi anak-anak. Meskipun dari segi aksesoris terbilang cukup dewasa namun karakter yang tercipta memiliki looks seperti karakter anak-anak dan postur tubuhnya pun lebih terkesan kecil.

Baca juga: Hp Unik di Indonesia

13. CreAnima Monster Creator

CreAnima Monster Creator merupakan aplikasi pembuat animasi karakter monster. Aplikasi ini terbilang aplikasi yang unik jika dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya. Bila aplikasi sebelumnya memakai teknik menggambar langsung pada aplikasi dan menghasilkan gambar animasi berupa 2D. Maka dengan aplikasi CreAnima kita dapat membuat karakter 3D dari hasil gambar yang kita buat namun uniknya kita menggambar karakter tersebut tidak langsung didalam aplikasi melainkan di kertas biasa.

Kita buat terlebih dahulu karakter monster yang kita ciptakan didalam secarik kertas dan lengkap dengan warna alias gambar yang kita buat harus kita warnai secara manual. Setelah gambar yang kita buat selesai, maka kamu dapat membuka aplikasi dan klik pada tools bergambar kamera. Kamu foto gambar yang telah dibuat tadi maka gambarmu akan dibuat menjadi karakter animasi 3D didalam aplikasi CreAnima. Selain itu kamu juga dapat memainkan dan menggerakkan karakter yang kamu buat tadi.

Baca juga: Hp Android Khusus Game

14. CreAnima Fashion Creator

Masih sama produksi animasi keluaran CreAnima ini memiliki konsep merubah gambar pada kertas menjadi visual 3D didalam aplikasi. Bila pada aplikasi sebelumnya kamu membuat karakter monster. Maka pada CreAnima Fashion ini karakter yang kamu buat adalah model. Kamu dapat membuat gambar pada kertas yang menampilkan karakter model dengan kreasi busana sesuai yang kamu inginkan, kemudian kamu foto gambar tersebut melalui tools kamera yang terdapat pada aplikasi CreAnima. Dalam sekejap kamu telah mendapatkan karakter model 3D yang kamu ciptakan sendiri. Bukan hanya sekedar digerakan saja, namun karakter yang kamu buat ini dapat menunjukkan aksinya diatas catwalk yang telah disediakan oleh aplikasi CreAnima. Kamu dapat share video catwalk modelmu sendiri loh.

Baca  juga:

15. Toontastic 3D

Toontastic merupakan aplikasi animasi yang memungkinkan kita membuat film kartun dengan cerita yang kita buat sendiri. Pada aplikasi ini telah tersedia bermacam karakter animasi dan juga berbagai background untuk melatarbelakangi suasana didalam cerita yang kamu buat. Bukan hanya sekedar membuat cerita sendiri namun kamu dapat mengisi suara pada setiap karakter sesuai yang kamu inginkan dan tentunya dengan suara kamu sendiri yang direkam melalui aplikasi Toontastic. Bahkan kamu dapat mengganti muka pada karakter kartun dengan foto yang kamu miliki pada smartphone.

Toontastic juga telah menyediakan beberapa pilihan dalam membuat animasi, yaitu pilihan cerita pendek atau cerita dengan durasi panjang. Kamu tidak perlu bingung harus memulai dengan seperti apa karena Toontastic telah menyediakan story board yang akan kamu isi bagian demi bagian sehingga cerita kamu menjadi terstruktur. Hasil dari kartun yang kamu buat pun bisa disimpan kedalam memory smartphone kamu, sehingga kamu dapat mulai mengoleksi kartunmu sendiri. Seru bukan!

Baca juga:

Jadi sudah siap untuk membuat video animasi hasil kreasi sendiri? Dengan menggunakan aplikasi untuk membuat video animasi di atas, hasil video kamu pastinya akan terlihat bagus dan keren. So, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi